SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Masih berpikir kalau tujuan liburan itu wajib ke Bali? Kali ini bagaimana kalau mencoba destinasi yang selama ini mungkin belum terpikirkan, yaitu Cirebon. Tempat wisata di cirebon tak kalah dengan kota-kota wisata populer di Tanah Air, tempat wisata Cirebon juga sama menariknya untuk ditelusuri.

Memang ada banyak wisata cirebon yang murah dan cocok sekali untuk berlibur bersama keluarga, anak-anak maupun teman dekat anda. Namun orang-orang mengenal cirebon dari jalan pantura yang tekenal seantero indonesia.

Lihat juga tempat wisata di bandung

Cirebon dapat dibilang menyediakan tujuan dan atraksi wisata yang lengkap mulai dari pantai, air terjun, pegunungan, sampai taman hiburan. Anda tinggal pilih saja sesuai selera, ini rekomendasi selengkapnya untuk Anda.

Tempat Wisata di Cirebon Yang Hits

Situ Cicerem

  • Maps : https://goo.gl/maps/f3bBifNYJ6u16AMY6
  • Alamat : Desa Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45559

Situ Cicerem

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Mendekat dengan alam adalah solusi yang tepat untuk mengatasi stres dan penat akibat rutinitas kesibukan yang menggunung. Situ atau telaga Cicerem yang indah dan dikelilingi pepohonan rindang bisa jadi pilihan terbaik untuk menyegarkan diri.

Daya tarik obyek wisata ini adalah pada airnya yang demikian jernih hingga kadang terlihat kebiru-biruan memantulkan warna langit. Inilah sebabnya telaga ini kadang juga disebut Telaga Biru Cicerem oleh masyarakat setempat. Tempat ini juga menjadi habitat berbagai jenis ikan yang tak segan muncul ke permukaan.

Aktivitas wisata yang cukup populer di sini adalah hunting foto estetik atau bersantai di telaga menggunakan pelampung. Selain itu Anda dapat berjalan-jalan mengelilingi telaga, atau sekedar duduk-duduk menikmati suasana nan asri.

Keraton Kasepuhan Cirebon

  • Maps : https://goo.gl/maps/FRhAZnBDy2zGyqS38
  • Alamat : Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114

Keraton Kasepuhan

Penyuka wisata sejarah budaya wajib singgah ke tempat ini jika berkesempatan mengunjungi Kota Cirebon. Pasalnya di sinilah tonggak sejarah berdirinya Kota Udang ini. Tak heran begitu banyak benda bersejarah yang dapat Anda saksikan pada destinasi yang satu ini sembari menikmati keunikan arsitekturnya.

Keraton Kasepuhan sendiri merupakan wujud nyata dari percampuran kultur masyarakat setempat, unsur Tiongkok, hingga sentuhan agama Islam. Salah satunya adalah point of interest tempat ini, yaitu Singa Barong yang merupakan kereta kencana raja yang digunakan turun-temurun.

Keistimewaan kereta kencana tersebut adalah pada desainnya yang merupakan akulturasi kebudayaan Islam, Hindu, dan Cina. Pengunjung boleh mengabadikan kereta tersebut dengan kamera, namun dilarang untuk menyentuh atau menaikinya.

Alun-alun Kejaksan

  • Maps : https://goo.gl/maps/t5PnQcKTeyCXBPvE9
  • Alamat : Jl. Kartini, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45121

Alun-alun Kejaksan

Tempat wisata ini sangat pas Anda singgahi di waktu sore menjelang senja karena memang merupakan tempat nongkrong yang murah-meriah. Apalagi pengelola telah menambahkan cukup banyak hiasan lampu berkelap-kelip untuk memeriahkan suasana.

Jangan lewatkan untuk menikmati wisata kuliner rakyat yang dijajakan para pedagang keliling dan kaki lima di sekitar taman kota ini. Selain itu Anda juga bisa berkunjung di hari minggu pagi dan berbaur dengan masyarakat sekitar untuk berolahraga saat car free day.

Setelah puas menikmati tempat wisata di Cirebon taman kota ini, Anda sekaligus dapat singgah ke Masjid Raya At-Taqwa. Masjid terbesar di Kota Cirebon ini dibangun oleh R. Adipati Salmon Salam Suryaningrat pada tahun 1918. Lokasinya sendiri tak terlalu jauh dari alun-alun dan dapat Anda jangkau cukup dengan berjalan kaki.

Pantai Kejawanan

  • Maps : https://goo.gl/maps/n4Kn2hxtaEmT5XSV6
  • Alamat : Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

Pantai Kejawanan

Walaupun pasirnya tak berwarna putih seperti pantai-pantai di Pulau Dewata, namun Pantai Kejawanan, Cirebon menawarkan keindahan alam yang tak kalah menakjubkan. Ini terutama panorama matahari tenggelamnya diiringi kapal beraneka bentuk yang hilir-mudik banyak menjadi obyek foto para wisatawan.

Sementara deretan hutan bakau yang berada di sepanjang garis pantainya menampilkan pemandangan luar biasa yang wajib Anda abadikan.

Keunikan lain dari destinasi wisata ini adalah keberadaan mitos tentang pasir pantai yang konon dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan atau berat. Wisatawan hanya perlu melumuri tubuhnya dengan lumpur untuk mengatasi berbagai masalah kesehatannya. Anda tertarik untuk mencoba?

Kampung Sabin Cirebon

  • Maps : https://goo.gl/maps/mE4T8pMuEn85Z6T38
  • Alamat : Kawasan Kota Baru Keandra, Jl. Nyi Ageng Serang, Sindangjawa, Kec. Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45652

Kampung Sabin

Untuk warga Cirebon dan sekitarnya sekarang tak perlu lagi pergi ke Pulau Dewata untuk menikmati sensasi wisata laksana di kawasan Ubud. Anda tinggal berkunjung saja ke tempat wisata Cirebon rasa Bali Kampung Sabin yang memang sengaja mengadopsi suasana Pulau Dewata.

Umbul-umbul Bali, gapura, dan berbagai pernak-pernik khas Pulau Dewata dapat Anda temukan dengan mudah di sini.

Pengelola menawarkan atraksi wisata menikmati kuliner lezat di pinggir sawah sambil menikmati pemandangan Gunung Ciremai sekaligus hamparan padi yang menghijau. Sementara di malam hari Anda bisa menikmati makan malam romantis bersama orang terdekat serta tak lupa berswafoto dengan background yang Instagramable.

Hutan Plangon

  • Maps : https://goo.gl/maps/5vEF8KWjdquhJWwG6
  • Alamat : Babakan, Kec. Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45612

Hutan Plangon

Inilah obyek wisata murah meriah untuk Anda si penyuka wisata alam dan petualangan. Hutan Plangon sendiri sebenarnya lebih dari wisata alam, tetapi sekaligus jejak sejarah karena merupakan tempat peristirahatan terakhir Pangeran Panjunan dan Kejaksan.

Kakak beradik ini adalah tokoh penting dalam sejarah penyebaran Islam di Cirebon namun memilih menyepi untuk memperdalam agama di Plangon. Untuk mencapai makam kedua pangeran tersebut, pengujung harus mendaki ratusan anak tangga menuju puncak bukit.

Namun jangan takut kelelahan karena suasana di lokasi begitu sejuk dan asri mengingat banyaknya pepohonan yang lebat di kawasan tersebut. Anda juga akan sering menemui monyet ekor panjang karena hutan ini merupakan habitat mereka. Pengunjung diperbolehkan memberikan makanan, namun pastikan tak berbahaya untuk satwa.

Obyek wisata ini berada di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Kampung Batik Trusmi

  • Maps : https://goo.gl/maps/UnSbf2RGpEXc1EgY7
  • Alamat : Jl. Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Kec. Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45154

Kampung Batik Trusmi

Kurang lengkap rasanya jika Anda melewatkan wisata belanja saat traveling. Jadi jangan lupa untuk singgah ke Kampung Batik Trusmi dan memborong batik mega mendung yang menjadi ciri khasnya. Sentra produksi batik ini sudah ada sejak abad ke-14 dan semakin dikembangkan untuk memajukan sektor pariwisata.

Selain berbelanja di pusat grosir Kampung Trusmi Anda juga bisa melihat dari dekat proses pembuatan batik oleh pengrajin bahkan belajar membatik. Untuk mengikuti kelas membatik Anda bisa mendaftar pada Sanggar Katura dan memilih paket kursus yang Anda kehendaki.

Ternyata di Kampung Trusmi ini Anda juga berkesempatan untuk berwisata kuliner menikmati aneka hidangan tradisional Cirebon. Ini antara lain empal gentong, nasi jamblang, docan, tahu kuningan, empal asem, dan sego lengko.

Kampung Batik Trusmi ini terletak di Jalan Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Danau Setu Patok

  • Maps : https://goo.gl/maps/v4YzMbTTs3A55Gkt5
  • Alamat : Setupatok, Kec. Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45173

Danau Setu Patok

Danau atau waduk Setu Patok terbilang tak pernah sepi pengunjung terutama saat musim liburan mengingat panoramanya yang sangat cantik. Di sini Anda dapat menikmati jernihnya air danau yang terhampar luas berlatar-belakang pemandangan Gunung Ciremai yang asri.

Keunikan danau ini adalah keberadaan bukit kecil yang menyembul di bagian tengahnya dan dapat Anda kunjungi di musim kemarau. Cukup dengan membayar tiket sebesar Rp20.000,00 Anda dapat menyebrang dengan boat untuk menjelajahi bukit kecil tersebut.

Sayangnya pada musim penghujan atraksi wisata ini tak memungkinkan mengingat debit air danau yang meningkat. Atraksi wisata lain yang dapat Anda nikmati di tempat ini adalah menginap di cottage, outbond, memancing, atau mengendarai ATV.

Obyek Wisata Danau Setu Patok di Mundu Cirebon Jawa Barat terletak di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

  • Maps :
  • Alamat :

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Sedang mencari tempat wisata di Cirebon yang lagi hits untuk keluarga? Jika demikian Anda wajib mengunjungi Waterland Ade Irma Suryani. Dibangun di lahan berukuran 3 hektar, Anda dan orang-orang tercinta tentu dapat menikmati waktu-waktu yang menyenangkan di sini.

Waterland ini menyediakan 3 buah kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda, yaitu untuk anak-anak, dewasa, hingga kolam berstandar internasional untuk berlomba.

Selain itu Kolam Renang Ade Irma Suryani juga mempunyai restoran unik berbentuk kapal raksasa bertuliskan “Cheng Ho” pelaut kenamaan asal Tiongkok. Disini tersedia berbagai jenis hidangan yang menggoyang lidah mulai dari masakan tradisional hingga modern.

Tak sabar untuk segera mencoba, bukan? Kunjungi destinasi wisata ini di Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111.

Gua Sunyaragi

  • Maps : https://goo.gl/maps/BKB8Q7ouXttgmyNf7
  • Alamat : Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132

Gua Sunyaragi

Lebih dari sekedar gua biasa, menginjakkan kaki ke obyek wisata ini akan mengingatkan Anda pada dunia dongeng yang fantastis. Pasalnya seluruh bagian gua merupakan bangunan dari batu karang dengan arsitektur gabungan gaya renaissance Eropa, Timur Tengah, Cina kuno, dan tradisional.

Konon ada filosofi tersendiri yang terkandung dalam tampilan bangunan tersebut yaitu pembelajaran tentang kehidupan. Tempat yang dahulu menjadi lokasi bersemedi para keluarga kerajaan, kini semakin banyak diincar wisatawan karena keindahan dan kerumitan desainnya.

Di sini pengunjung pasti tak akan kekurangan obyek menarik untuk diabadikan atau menjadi latar belakang jepretan Anda. Beberapa bagian yang tak boleh terlewatkan adalah 3 bangunan berbentuk Joglo bernama Bale Kambang, Mande Beling, dan Gedung Pesanggrahan.

Lokasi wisata dengan keunikan yang melampaui zamannya ini berada di Jalan Brigjen AR Dharsono, Kelurangan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon, Jawa Barat.

Desa Wisata Cikalahang

  • Maps :
  • Alamat :

Desa Wisata Cikalahang

Inilah surganya penghobi memancing atau pecinta kuliner ikan yang wajib Anda kunjungi jika liburan ke Cirebon. Di sini Anda bisa menyalurkan hobi memancing dan selanjutnya meminta restoran di sekitar untuk mengolahnya.

Pasti sangat memuaskan jika dapat menyantap ikan segar hasil tangkapan sendiri sambil menikmati keindahan Gunung Ciremai yang melatarbelakangi Desa Cikalahang.

Desa wisata ini kian berkembang setelah pengelola dan masyarakat setempat menambahkan fasilitas liburan. Ini antara lain cottage, kolam renang, serta playground. Selain untuk dikunjungi bersama keluarga, destinasi wisata ini juga cocok untuk melewatkan liburan dengan para sahabat.

Lokasi Desa Wisata Cikalahang adalah di Kecamatan Dukupuntang Cirebon, tepatnya satu kilometer dari jalur Cirebon – Majalengka.

Makam Sunan Gunung Jati

  • Maps : https://goo.gl/maps/YLHiTRVahSxqbYYm7
  • Alamat : Jl. Alun-Alun Ciledug No.53, Astana, Kec. Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45151

Makam Sunan Gunung Jati

Mungkin Anda akan merasa agak heran melihat beberapa wisatawan berwajah oriental saat berwisata religi ke makam Sunan Gunung Jati. Penyebabnya adalah beliau ternyata sempat bermukim di Tiongkok dan menikahi salah satu putri kaisar yang bernama Ong Tien Nio.

Inilah juga alasannya bangunan makam ini cukup kental dengan unsur-unsur Tiongkok, seperti porselen dan keramik pada bangunan berarsitektur khas Jawa.  Sementara pada dindingnya terpampang kaligrafi Arab yang terukir indah.

Setelah selesai berziarah dan memanjatkan doa, Anda bisa menghabiskan waktu pada kompleks makam ini untuk menikmati keunikan bangunannya sebagaimana pengunjung lainnya. Yang tak kalah menarik dari situs ini adalah pintu menuju kompleks pemakaman yang berjumlah 9.

Lokasi Makam Sunan Gunung Jati adalah di Jalan Alun-Alun Ciledug No. 53, Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Wanawisata Ciwaringin

  • Maps :
  • Alamat :

Wanawisata Ciwaringin

Masih belum puas menjelajahi alam Cirebon yang indah? Jika begitu Anda harus mencoba berkeliling di Wanawisata Ciwaringin, yaitu kawasan hutan yang didominasi tumbuhan kayu putih. Untuk melewatkan waktu lebih lama di lokasi Anda juga bisa berkemah dan menikmati asyiknya bermalam di tengah alam.

Danau Ciranca juga merupakan bagian dari Wanawisata Ciwaringin yang bisa jadi tujuan petualangan Anda selanjutnya. Danau ini juga menjadi tempat hidup beraneka jenis ikan air tawar sehingga cukup banyak penghobi memancing yang mencoba keberuntungannya di sini.

Kawasan ini juga menawarkan jalur motor cross yang menantang dan memenuhi standar nasional yang bisa jadi lokasi meningkatkan skill Anda.

Jarak obyek wisata alam ini tak terlalu jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 27 km, tepatnya adalah di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

  • Maps : https://goo.gl/maps/n37xjNSAGeQbeQiP6
  • Alamat : Jl. Kasepuhan No.Komplek, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114

Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon

Kota Cirebon memang menawarkan wisata napak tilas sejarah sekaligus religi yang tak ada habisnya. Salah satunya adalah Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang didirikan pada tahun 1498 M dan merupakan bagian dari Keraton Kasepuhan Cirebon.

Tempat ibadah ini adalah hasil karya Sunan Gunung Jati (Syekh Maulana Syarif Hidayatullah) sebagai hadiah bagi istri tercintanya Nyi Mas Pakungwati. Masjid tersebut juga merupakan unsur sejarah yang cukup penting pada masa dakwah Islam oleh Wali Sanga.

Sementara dari segi arsitektur bangunannya, Masjid Agung Sang Cipta Rasa terbilang unik karena tak memilih kubah sebagaimana masjid pada umumnya. Gerbangnya pun terlihat seperti candi, alih-alih tempat ibadah Islam. Selain itu terdapat sentuhan kultur Cirebon dan Demak yang kental pada bangunan ini.

Lokasi wisata religi ini terletak di Jl. Kasepuhan No.Komplek, Kasepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114

Telaga Remis

  • Maps :https://g.page/talagaremis?share
  • Alamat : Kaduela, Kec. Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45559

Telaga Remis

Remis adalah semacam hewan bercangkang yang banyak ditemukan pada danau ini sehingga masyarakat setempat akhirnya menamakannya Telaga Remis. Lokasi wisata ini terlihat unik terutama dengan panorama jajaran pepohonan pinus hijau di sekitar telaga yang seolah-olah membentuk pagar.

Anda juga bisa berkeliling di sekitar danau dengan sepeda air sambil menikmati udaranya yang sejuk. Untuk yang ingin berolahraga, pengelola telah menyediakan jogging track di sekeliling danau.

Telaga ini tak hanya menjadi habitat remis, tetapi juga berbagai jenis ikan seperti mujair dan mas. Jadi jangan lupakan alat pancing Anda jika mengunjungi tempat wisata di Cirebon Kuningan ini.

Obyek wisata alam ini tepatnya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Keraton Kanoman

  • Maps : https://g.page/keraton-kanoman?share
  • Alamat : Jl. Kanoman No.40, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111

Keraton Kanoman

Mempunyai pesona yang tak kalah dengan Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman sebaiknya juga Anda masukkan dalam list tujuan wisata Kota Cirebon. Untuk mengantisipasi lapuknya bangunan, pemerintah memang telah melakukan pemugaran namun tanpa mengubah arsitektur asli bangunan.

Ada percampuran budaya Jawa dan Tiongkok yang berpadu dalam nafas Islam pada bangunan kesultanan ini. Sementara benda-benda bersejarah yang menjadi koleksi keraton adalah kerajinan tembikar, keramik, lukisan, pusaka, serta kereta kencana Paksi Naga Liman.

Setiap bulan Maulid, keraton akan menggelar Ritual Panjang Jimat atau pencucian benda pusaka kerajaan sekaligus ungkapan syukur kepada Tuhan. Jika beruntung mungkin Anda berkesempatan menyaksikan perwujudan kearifan lokal tersebut.

Lokasi wisata ini adalah di Jalan Kanoman No.40, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111.

Bukit Gronggong

  • Maps : https://goo.gl/maps/cY88a92VcHu3TEoc7
  • Alamat : Patapan, Kec. Beber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45172

Bukit Gronggong

Ini adalah destinasi wisata yang tepat untuk menyaksikan Kota Cirebon dari ketinggian. Lokasinya adalah di dataran tinggi pada perbatasan antara kawasan Cirebon dengan Kuningan. Baik pagi maupun malam hari, tempat wisata ini menyajikan pemandangan yang sama-sama menakjubkan.

Saat matahari terbit Anda dapat menikmati cantiknya Kota Cirebon dari puncak bukit yang menghijau oleh rerumputan dengan pohon-pohon kersen yang lebat. Sementara di malam hari Kota Udang ini akan tampak seperti lautan bintang yang bersumber dari lampu rumah-rumah penduduk.

Tentu seru sekali menikmati pemandangan menakjubkan ini sambil ditemani jagung panggang lezat yang banyak dijajakan di lokasi.

Batu Lawang

  • Maps : https://goo.gl/maps/Cb2top7shhFDHYrE8
  • Alamat : Cupang, Kec. Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45161

Batu Lawang

Obyek wisata berupa tebing menghijau ini tak hanya menawarkan keindahan pemandangan alam namun juga nuansa mistik yang menyertainya. Karena bentuknya yang mempunyai banyak patahan, beberapa orang meyakini tempat ini adalah gerbang menuju ke alam yang berbeda.

Terlepas dari mitos tersebut, destinasi yang satu ini menarik untuk dijelajahi sekedar untuk bersantai atau berfoto-foto dengan latar-belakang alam yang indah. Pilihan atraksi wisata yang dapat Anda lakukan di sini adalah menunggang ATV, bersepeda, atau main flying fox.

Kesimpulan:

Ternyata Kota Cirebon juga dapat menjadi tujuan liburan yang cukup menarik dengan beragam objek wisata yang dapat Anda pilih sesuai selera. Ingin berwisata alam, kuliner, belanja, sampai wisata sejarah budaya dan religi, semuanya dapat Anda lakukan di Kota Cirebon.

Jadi segera buat itinerary dengan daftar tempat wisata di Cirebon untuk liburan Anda di tahun ini. Semoga menginspirasi.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Sutoro

Ada kepompong ada kupu-kupu. Bales dong tulisan dari aku.
By Categories: Cirebon, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)