SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Batam mempunyai situs wisata religi terkenal yang berupa sebuah masjid raya.  Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah namanya. Bangunan masjid ini juga menjadi ikon Kota Batam yang terbaru.

Masjid ini sangat populer di mata masyarakat Kota Batam. Selain menjadi ikon religi, situs masjid ini juga menjadi tempat wisata bagi masyarakat lokal dan wisatawan luar Kota Batam.

Sekilas Tentang Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam

Masjid ini berada di jantung Kecamatan Batu Aji. Berdasarkan luasnya, masjid ini adalah masjid terbesar di Pulau Sumatera. Luas lahannya saja mencapai 4.2 Ha.

Sedang luas bangunannya sekitar 41.422 meter persegi. Dengan luas ini, bangunan masjid ini mampu menampung maksimal 25.000 jamaah. Bangunan masjid ini memiliki warna dominan putih.

Proses pembangunan masjid pertama kali dilakukan pada tahun 2017. Dua tahun kemudian, proses pembangunan ini rampung dan masjid ini lalu resmi beroperasi pada tanggal 20 September 2019 lalu.

Tanggal yang sama juga menjadi tanggal peresmian masjid ini. Pada saat acara peresmian, jamaah yang hadir diantaranya adalah 2.000 wisatawan dari Malaysia dan Singapura.

Kemudian dari desain arsitekturnya, tempat wisata Batam hits bertemakan religi ini mengusung gaya arsitektur campuran Arab dan Melayu.

Ciri khas perpaduan gaya arsitektur ini dapat Anda lihat dari adanya payung membran. Benda ini sangat mirip dengan payung membran yang ada di Masjid Nabawi.

Jika Anda pernah berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah, Anda juga akan melihat benda yang sama dengan payung membran yang ada di masjid ini.

Di masjid raya Batam ini, terdapat 8 buah payung membran. Masing-masing payung memiliki tinggi 17 meter. Payung-payung ini terpasang di halaman luar masjid.

Saat hari sudah petang, payung-payung ini secara otomatis akan mengeluarkan cahaya lampu warna-warni.

Harga Tiket Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Hampir semua tempat wisata religi tidak menerapkan kewajiban pembelian tiket kepada siapapun yang ingin masuk ke dalam masjid. Termasuk wisatawan yang hendak berwisata di situs masjid ini.

Wisatawan juga tidak harus membayar tarif parkir kendaraan karena area parkir di masjid ini bebas pakai tanpa adanya pungutan biaya.

Daya Tarik Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Lokasi Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Gaya arsitektur dan gelaran acara penting masuk ke dalam daftar daya tarik yang akan kami rangkum di bawah ini:

Masjid raya ini memang memiliki gaya arsitektur yang menarik dan unik. Anda wisatawan yang datang ke masjid ini akan menyaksikan keindahan fasad, baik interior dan eksterior masjid ini yang tak ada tandinganya.

Memang benar bahwa masjid ini memiliki dominasi warna putih. Akan tetapi, di bagian dindingnya, terdapat hiasan atau ornamen cantik yang bercorak khas Melayu.

Ornamen ini sekilas mirip dengan ornamen khas Melayu di Istana Maimun. Pada masjid raya Batam ini juga terdapat kolam estetik yang berada tepat di bawah dinding.

Rencana Berbagai Event Besar Penarik Wisman

Masjid yang dijuluki Masjid Agung II ini kabarnya akan menjadi lokasi diselenggarakannya event besar. Event ini diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing, khususnya wisatawan dari Singapura dan Malaysia.

Kabarnya lagi, di sekitar area masjid juga akan mendapat tambahan sejumlah fasilitas pendukung dan properti dengan desain yang menarik.

Tentu sebagai destinasi wisata religi yang besar, pihak pengelola harus menambahkan fasilitas-fasilitas umum yang dapat membuat wisatawan nyaman.

Misal: foodcourt lengkap dengan aneka menu makanan khas Batam lengkap dengan minumannya. Kuliner khas ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi wisatawan asing.

Fasilitas Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Dari segi fasilitas, Masjid Agung II ini mempunyai sederet fasilitas yang standar alias sama dengan masjid agung pada umumnya. Sebut saja area parkir yang luas dan dapat menampung sepeda motor, mobil, minibus, dan bus besar.

Kemudian Anda juga dapat menemukan fasilitas kamar mandi dan toilet yang lokasinya satu area dengan tempat wudhu.

Tempat wudhu ini juga dibuat terpisah antara tempat wudhu untuk perempuan dan tempat wudhu untuk laki-laki. Tersedia juga perlengkapan sholat, baik untuk laki-laki dan perempuan.

Semoga kedepannya masjid ini juga memiliki fasilitas yang ramah dengan penyandang disabilitas.

Fasilitas ramah disabilitas ini sudah tersedia dengan baik beberapa tempat wisata religi di Indonesia. Salah satunya adalah di Gereja Katedral Makassar.

Lokasi & Rute Menuju Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam

 

 

Bagi Anda yang penasaran dan tak sabar ingin berkunjung ke tempat ini, silahkan cek terlebih dahulu alamat tempat wisata religi ini. Alamatnya ada di Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Jika Anda bertolak dari Kota Batam, rute terbaik untuk dapat tiba di masjid ini adalah via Jalan Engku Putri Utara. Lalu arahkan setir mobil Anda ke Jalan Raja H. Fisabilillah.

Atau bisa juga gunakan rute ini: Jalan Gajah Mada – Jalan Diponegoro – Tanjung Uncang. Prediksi waktu tempuhnya sekitar 30 menit saja.

Saat Anda berada di Jalan Gajah Mada atau Jalan Diponegoro, sempatkan mampir sejenak untuk membeli oleh-oleh khas Batam yang tahan lama karena di sekitar masjid sulit untuk menemukan sentra oleh-oleh.

Rasakan perjalanan yang super-nyaman dengan menyewa kendaraan di Salsa Wisata. Kami tawarkan banyak paket. Salah satunya adalah paket sewa kendaraan plus driver.

Paket ini tentu akan cocok untuk Anda yang ingin melakukan safari trip ke lebih dari satu lokasi wisata. Selain hemat tenaga, pastinya juga akan hemat biaya.

Nah, terkait dengan kendaraan sewaan, kami juga tawarkan produk paket super komplit. Misal, untuk rombongan wisatawan 15-17 orang, paket sewa Elf Long Batam adalah pilihan yang terbaik.

Jam Operasional Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Sebagai salah satu infrastruktur yang dibuat untuk publik, masjid agung ini selalu buka setiap hari selama 24 jam. Terlebih saat Bulan Ramadhan, masyarakat berkegiatan di masjid hampir 24 jam penuh.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah ini memang sangat istimewa. Selain didapuk sebagai masjid agung terbesar di Sumatera, masjid ini juga merupakan ikon utama pariwisata Kota Batam.

Ada banyak wisatawan yang datang setiap harinya. Anda mungkin juga suatu hari ingin berkunjung ke sini, tentu Salsa Wisata siap memfasilitasi Anda.

Dengan menjadi pengguna paket traveling dari kami, liburan pastinya akan terasa lebih mudah, murah, dan juga nyaman.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Batam, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)