Jika Anda mencari tempat wisata yang berbeda di Bandung, mungkin Anda bisa mengunjungi Museum Barli. Museum ini didedikasikan untuk mengenang dan memamerkan hasil karya pelukis Barli Sasmitawinata.

Anda juga bisa melihat koleksi mainan jadul yang ada di museum ini yang bisa membuat Anda bernostalgia dengan masa kecil Anda. Museum ini juga menjadi salah satu referensi tempat nongkrong di Bandung murah lantaran ada cafe-nya.

Sekilas tentang Museum Barli

museum seni barli bandung

Museum Barli Sasmitawinata adalah museum di Bandung yang didirikan pada tahun 1990 oleh Barli Sasmitawinata sendiri. Bangunan museum ini lalu resmi beroperasi pada bulan Oktober 1992.

Museum ini memiliki dua lantai. Di lantai pertama, Anda bisa melihat lukisan-lukisan Barli Sasmitawinata yang bercorak realis dan naturalis.

Sedangkan koleksi di museum lantai 2, berupa lukisan-lukisan karya beliau yang bercorak abstrak dan ekspresionis yang lebih menonjolkan warna-warna cerah dan bentuk-bentuk geometris.

Selain lukisan-lukisan karya pribadi, museum ini pamerkan karya-karya para seniman lain yang pernah bekerja sama dengan beliau. Salah satunya adalah Affandi, pendiri Museum Affandi Yogyakarta.

Lokasi Museum Barli

Lokasi Museum Barli terletak di Jalan Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Sukasari, Bandung . Lokasinya cukup strategis karena berada di pusat Kota Bandung dan mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi.

Lokasi ini dapat Anda jangkau kurang lebih 30 menit saja dari Kota Bandung via Jalan Sukajadi atau Jalan Ir. H. Juanda. Anda bisa ikuti petunjuk dari Google Maps terkait dengan rute.

Sementara untuk Anda para wisatawan, sebaiknya manfaatkan jasa rental kendaraan di Kota Bandung untuk mudahkan mobilitas Anda. Referensinya ada banyak, dan Salsa Wisata jadi salah satu rekomendasi terbaiknya.

Salsa Wisata hadir dengan produk paket rental kendaraan terlengkap dan murah. Misal Anda membutuhkan kendaraan sewa untuk rombongan kecil, paket rental Elf 12 seat Bandung bisa jadi pilihan.

Jam Buka Museum Barli

Barli Museum ini beroperasi selama 6 hari kerja saja, yakni dari hari Senin hingga hari Sabtu dengan jam operasional tetap. Jam buka Museum Barli Kota Baru Parahyangan ini mulai dari jam 10.00 sampai dengan jam 17.00 WIB.

Namun di area museum ini terdapat cafe yang beroperasi hingga malam. Menariknya, cafe ini sangat hits di mata anak-anak Bandung dan menjadi salah satu pusat kuliner malam Bandung 24 jam terkenal.

Bukan rahasia lagi jika Kota Bandung ini mendapat julukan gudangnya kuliner enak nan lezat. Pilihan kulinernya sangat beraneka ragam, mulai dari menu-menu kaki lima hingga menu-menu ala restoran mahal.

Cafe-cafe di sini juga selalu ramai oleh para pengunjung. Uniknya, masing-masing cafe tawarkan tema yang berbeda dan kreatif, serta tentunya tawarkan menu-menu unggulan.

Harga Tiket Masuk Museum Barli

Untuk masuk ke museum ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Museum Barli sebesar Rp20.000,00 per orang . Tiket ini sudah termasuk akses ke semua ruang pameran yang ada di museum ini.

Anda juga bisa menyumbangkan uang seikhlasnya untuk membantu pengelolaan museum ini. Dana yang terkumpul dari pemberian sukarela ini nantinya bermanfaat untuk kepentingan perawatan semua koleksi di museum ini.

Mungkin akan ada budget tambahan apabila Anda ingin singgah di cafe yang ada di area museum ini. Ya, benar sekali, di sini juga terdapat cafe yang sajikan aneka minuman dan makanan.

Sebagai salah satu rekomendasi pusat wisata kuliner Bandung, cafe ini hadir dengan menu makanan dan minuman yang sangat lengkap. Sebut saja minuman kopi, non-kopi, makanan Western, hingga kuliner khas Sunda.

Daya Tarik Wisata Museum Barli

tiket masuk museum barli

Sama seperti Bandung yang terkenal dengan wisata malam Bandung legendaris, museum ini juga menawarkan daya tarik wisata yang unik dan menarik, khususnya bagi para pecinta seni.

Berikut adalah beberapa daya tarik wisata yang bisa Anda nikmati di museum ini:

  • beragam koleksi karya seni lukis karya Barli Sasmitawinata dan sejumlah maestro seni lainnya lengkap dengan informasi seputar masing-masing karya
  • aneka koleksi mainan jadul seperti mobil-mobillan, miniatur pesawat, gimbot, robot-robotan, boneka Barbie, dan juga beberapa permainan tradisional seperti Dakon dan Congklak
  • kuliner lezatnya yang tersaji di cafe yang ada di satu area dengan bangunan museum ini
  • cafe hits dan kekinian untuk tempat bersantai dan kulineran yang mana cafe ini juga berhiaskan berbagai barang-barang jadul seperti TV dan radio jadul
  • spot foto yang tersebar di berbagai sudut di mana spot foto ini tak lain adalah sudut-sudut ruang pamer yang penuh dengan koleksi, sebagian lainnya adalah sudut-sudut cafe yang instagramable.

Fasilitas di Museum Barli

koleksi di museum barli

Museum Seni Barli Bandung menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai untuk para pengunjungnya. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan di museum ini:

  • ruang pameran yang luas dan bersih dengan pencahayaan dan pengaturan suhu yang baik
  • café yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman yang lezat dan terjangkau
  • area hangout yang nyaman dan estetik dengan dekorasi yang unik dan instagramable
  • toilet yang bersih
  • tempat parkir yang luas dan aman untuk kendaraan pribadi maupun umum
  • WiFi gratis untuk para pengunjung
  • pemandu wisata yang ramah dan informatif

Hanya dengan membaca ulasan ini saja, siapa yang tak tertarik untuk segera mengunjunginya. Terlebih fasilitas museum sudah sangat memadai dan ditambah lagi koleksi museumnya yang sangat menarik.

Anda tertarik untuk berkunjung ke Museum Barli? Mulai susun rencana liburannya dari sekarang. Agar mudah dalam menyiapkan kebutuhan transportasi dan penginapan, booking saja layanan paket liburan ke Bandung di Salsa Wisata.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?