earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Museum Kereta Api Ambarawa bisa menjadi alternatif tujuan wisata untuk Anda kunjungi ketika sedang berada di Semarang. Di tempat ini Anda bisa belajar sejarah lengkap perkeretaapian Indonesia seperti halnya di Lawang Sewu.

Berbagai jenis kereta yang dulu sempat berjaya di Indonesia bisa Anda lihat masih terawat di museum ini. Anda pun bisa merasakan pengalaman menaiki kereta uap jaman dulu untuk dengan menikmati tour wisata kereta Ambarawa.

Museum Kereta Api ini bisa Anda kunjungi dengan menggunakan paket liburan ke Semarang dari Biro Perjalanan. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai Museum Kereta Api Ambarawa berikut ini

Sekilas Tentang Museum Kereta Api Ambarawa

Pada awalnya Museum Kereta Api ini merupakan stasiun kereta api aktif di Ambarawa dengan nama Stasiun Willem I. Stasiun ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1873, karena itulah diberi nama Willem I seperti nama asli dari Benteng Pendem.

Jalur stasiun Willem 1 ini dibuat untuk membantu KNIL dan pemerintah Belanda untuk pengiriman dari Semarang menuju Solo. Panjang jalur kereta pertama yang dibuat dari stasiun ini sekitar 34 km yang menghubungkan Kedungjati dan Ambarawa.

Namun akibat erupsi Gunung Merapi pada tahun 1972 membuat jalur yang menghubungkan Stasiun Ambarawa dengan stasiun lain jadi terputus. Hingga akhirnya tahun 1976 Stasiun ini resmi berhenti beroperasi dan menyisakan banyak lokomotif tua yang terbengkalai.

Prihatin dengan hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah pada waktu itu, Soepardjo Rustam, bersama Kepala PJKA Eksploitasi Tengah, mengusulkan pembuatan museum. Museum ini menjadi cikal bakal dari Museum Kereta Api ini yang kemudian diresmikan pada tahun 1978.

Sejak saat itu Stasiun Willem I ini beralih fungsi menjadi museum yang dikenal dengan nama Museum Kereta Api Ambarawa. Museum yang berisi berbagai koleksi perkeretaapian Indonesia yang sayang untuk dilewatkan.

Hal Menarik di Museum Kereta Api Ambarawa

Koleksi Kereta Api Ambarawa

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ada banyak alasan mengapa Museum Kereta Api Ambarawa bisa menjadi tempat wisata Semarang yang menarik untuk Anda kunjungi. Berikut ini beberapa hal diantaranya

Belajar Tentang Kereta Api

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan tempat yang tepat untuk Anda belajar segala hal tentang kereta terutama yang ada di Indonesia. Anda akan belajar bagaimana sejarah, rute, serta detail dari  miniatur kereta api Indonesia sejak dulu hingga masa sekarang.

Di museum ini Anda juga bisa melihat cara kerja pemutar lokomotif yang sudah jarang digunakan di stasiun modern. Lalu ada juga halte-halte tua yang didatangkan dari luar daerah Ambarawa sebagai upaya pelestarian sejarah.

Museum Kereta Api ini juga memiliki perpustakaan yang bernama Kereta Api Pustaka. Di dalam perpustakaan ini Anda bisa membaca berbagai macam buku dengan nyaman dari berbagai genre bacaan termasuk dokumentasi kereta api.

Belajar tentang sejarah kereta api akan sangat menyenangkan ketika Anda mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa. Kapan lagi Anda bisa belajar sambil berlibur selain di museum kereta yang ada di Ambarawa ini.

Melihat Koleksi Antik Kereta Api

Museum ini memiliki banyak sekali koleksi menarik tentang kereta api Indonesia yang sudah sangat sulit untuk ditemukan. Salah satunya adalah koleksi dari berbagai jenis kereta api uap yang dulu pernah beroperasi di Indonesia.

Lokomotif antik berseri lama mulai dari B, C, D, hingga ukuran terbesar seri CC bisa Anda lihat di museum ini. Beberapa dari lokomotif uap ini masih digunakan untuk tujuan edukasi dan wisata bagi para pengunjung yang datang.

Selain lokomotif, ada juga mesin pencetak tiket yang sudah ada sejak tahun 1840 dan mesin pernah dipakai hingga tahun 2009. Benda antik dan unik lain yang bisa Anda lihat di museum ini adalah roda kereta bergigi.

Roda kereta ini hanya ada tiga di dunia yakni Indonesia, Swiss, dan India. Khusus di Indonesia, roda kereta ini masih dipakai untuk perjalanan kereta wisata dari museum Ambarawa.

Menaiki Kereta Wisata Ambarawa

Kereta Wisata yang ada di museum ini menjadi wahana yang paling menarik untuk Anda coba. Anda akan diajak berkeliling menaiki lokomotif uap dan gerbong wisata mengelilingi kawasan Ambarawa.

Paket kereta wisata ini bernama Ambarawa Railway Mountain Tour dan akan membawa Anda melihat indahnya Gunung Merbabu, Ungaran, dan Telomoyo. Ada dua jalur yang bisa Anda pilih untuk rute kereta wisata ini yang pertama rute Ambarawa-Bendono dengan jarak 35 km.

Jalur lainnya adalah Ambarawa-Tuntang dengan jarak tempuh sekitar 7 km. Semua rute ini dilalui pulang pergi, jadi Anda tidak perlu takut ketinggalan kereta atau turun di satu stasiun saja.

Sayangnya kereta wisata ini hanya beroperasi saat hari libur atau akhir pekan. Walaupun begitu, keindahan selama perjalanan di kereta wisata Ambarawa ini akan sangat memuaskan liburan Anda.

Berfoto dan Belanja Souvenir

Rekreasi kurang lengkap rasanya bila tanpa berfoto dan berbelanja tidak terkecuali di Museum Kereta Api Ambarawa. Ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda pilih di area museum kereta ini salah satunya lokomotif.

Wisatawan biasanya memanfaatkan lokomotif uap tua yang ada di sini sebagai tempat berfoto berbagai pose. Gaya kuno, antik namun menarik dari lokomotif ini akan menjadi sebuah foto yang apik untuk Anda upload ke sosial media.

Tidak lupa pula toko souvenir yang menjual berbagai barang unik khas kereta api bisa Anda kunjungi. Miniatur kereta api atau barang lainnya bisa menjadi cinderamata tanda Anda sudah berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa.

Terkadang museum ini juga digunakan untuk berbagai event dan kegiatan besar yang menambah daya tarik wisatawan untuk datang. Bazzar, festival, pertemuan, hingga pemotretan bisa Anda lakukan di Museum Kereta Api ini.

Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa

Untuk masuk Museum Kereta Api ini, Anda tidak perlu membayar biaya yang mahal. Hanya dengan beberapa ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati museum ini, lebih jelasnya perhatikan tabel berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Wisatawan Dewasa Rp10.000,00
Tiket Wisatawan Anak Rp5.000,00
Tiket Turis Mancanegara Rp10.000,00
Tiket Rombongan Rp5.000,00
Tiket Pelajar Rp5.000,00
Tiket Kereta Wisata Reguler Rp50.000,00
Sewa Kereta Wisata Rombongan Mulai dari Rp5.000.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum pada tabel diatas sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan acuan dan persiapan biaya jika Anda ingin mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa.

Nikmati juga berbagai tempat wisata lain nya di Semarang dengan paket wisata yang ditawarkan Biro wisata. Melalui paket tersebut, segala urusan akomodasi wisata Anda sudah dipersiapkan dengan baik sehingga Anda bisa liburang dengan tenang.

Lokasi dan Rute Menuju Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api ini sangat mudah untuk dijangkau karena lokasi nya berada di tengah Kota Ambarawa. Alamat persisnya terletak di Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kecamatan Ambarawa, Semarang.

Dari Kota Semarang, museum ini berjarak sekitar 42 km dengan waktu tempuh 45 menit jika melewati Tol Semarang Solo. Pintu keluar Tol Bawen menjadi pintu keluar yang Anda pilih untuk menuju lokasi museum.

Setelah keluar tol Bawen, lanjutkan perjalanan menuju Monumen Palagan Ambarawa lalu belok ke Jl. Pemuda. Dari jalan ini Anda bisa melihat museum berada di sisi kanan jalan dan Anda sudah sampai ke tujuan.

Cara termudah untuk menuju museum bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Google Maps sebagai penunjuk rute terbaik. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa mobil hiace Semarang atau Biro Perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi museum.

Jam Operasional Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Jika Anda ingin mengunjungi ruang audio visual, bisa datang antara pukul 09.00-10.00 WIB atau 13.00-14.00 WIB.

Sedangkan untuk menikmati tour kereta wisata Ambarawa, Anda bisa datang saat akhir pekan atau hari libur mulai dari pukul 08.00 WIB. Namun jadwal keberangkatan kereta sewaktu-waktu dapat berubah, untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kontak pengelola museum kereta.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)