SalSari Resto & Coffee

Jika selama ini Anda ke Kota Batu, Malang, Anda cuma mengunjungi objek wisata alam, Anda ketinggalan banyak hal. Ternyata, selain Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3, ada lagi tempat wisata Malang Instagramable, yakni The Bagong Adventure Museum Tubuh.

Bila Anda berlibur ke Malang bersama keluarga, jangan lewatkan museum kekinian yang satu ini. Bukan cuma koleksi menariknya yang ditawarkan, tapi juga spot-spot edukasi. Dijamin, anak-anak tidak akan bosan jika berkunjung ke museum ini.

Jangan bayangkan museum yang gelap, suram, kuno, dan berdebu. Semua sudut museum ini cocok untuk jadi latar belakang foto yang cantik. Rasanya tidak akan cukup waktu seharian untuk mengeksplor tiap sudutnya.

Sekilas Tentang The Bagong Adventure Museum Tubuh

pintu masuk The Bagong Adventure Museum Tubuh

Sebetulnya, museum ini masih terbilang baru. Objek wisata ini baru dibuka pada 20 Desember 2014 silam. Meskipun begitu, Museum Tubuh sendiri merupakan museum penampang tubuh manusia yang pertama di Indonesia.

Berdiri di atas lahan seluas satu hektare, empat ini juga konon merupakan museum tubuh manusia terbesar di Asia. Lokasinya sendiri masih satu area dengan Jawa Timur Park 1, terletak di Jl. Kartika No 2, Batu, Malang, Jawa Timur.

Nama lengkap museum ini sendiri yaitu The Bagong Adventure Museum Tubuh. Ada karakter pewayangan Bagong yang dibentuk sebagai muka bangunan, lengkap dengan pahatan tubuh manusia.

Gedung museumnya terdiri dari enam lantai. Seperti layaknya museum modern lainnya yang ada di Indonesia, museum ini juga dilengkapi dengan banyak fasilitas multimedia. Semua itu berguna untuk mendukung zona-zona yang ada.

Total ada tiga belas zona di dalam museum ini. Zona tersebut tersebar di semua lantai. Nama zona-zonanya juga sesuai dengan anatomi tubuh manusia. Ada zona jantung, tulang, pembuluh darah, usus besar, usus halus, paru-paru, telinga, hidung, mulut, dan lain sebagainya.

Fasilitas The Bagong Adventure Museum Tubuh

fasilitas The Bagong Adventure Museum Tubuh

Banyak yang ditawarkan Museum Tubuh demi kenyamanan pengunjung. Salah satu fasilitas yang bisa Anda nikmati yaitu food court. Setelah lelah menyusuri area seluas satu hektar, Anda bisa melepas lelah sambil mencicipi berbagai makanan khas Malang kekinian.

Ada aturan yang meminta Anda untuk tidak membawa makanan dari luar. Namun tidak perlu khawatir. Kami jamin Anda tidak akan kelaparan di sini. Selain itu, ada juga deretan kios di mana Anda bisa beli oleh-oleh.

Beberapa fasilitas penunjang lainnya meliputi area parkir, toilet, dan tempat ibadah. Ada juga pusat informasi kalau Anda bingung atau tersesat.

Fasilitas yang merupakan bagian dari museum meliputi perlengkapan multimedia, koleksi yang menarik, taman bermain, pusat edukasi, dan wahana permainan anak. Berbagai spot foto yang hits juga bisa Anda manfaatkan sebagai bagian dari fasilitas.

Harga Tiket Masuk The Bagong Adventure Museum Tubuh

Untuk bisa menikmati semua fasilitas di atas, Museum Tubuh tidak mematok harga yang terlalu mahal untuk pengunjung. Jika memiliki waktu lebih, Anda bisa membeli paket terusan dengan destinasi tujuan Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, dan Eco Green Park.

Retribusi Tarif
Tiket Weekdays Rp50.000,00
Tiket Weekend dan tanggal merah Rp70.000,00
Paket 1 (Museum Tubuh dan Jatim Park 1) Rp130.000,00
Paket Sakti 2 hari (BNS, Predator Fun Park, Museum Tubuh, Museum Angkut, Eco Green Park, Jatim Park 1 & 2) Rp375.000,00
Paket Sakti 3 hari (BNS, Predator Fun Park, Museum Tubuh, Museum Angkut, Eco Green Park, Jatim Park 1 & 2) Rp450.000,00

Jangan lupa untuk siapkan uang tunai lebih guna membayar parkir dan membeli makanan atau oleh-oleh khas malang tahan lama di wilayah sekitar museum.

Rute Menuju The Bagong Adventure Museum Tubuh

rute The Bagong Adventure Museum Tubuh

Bisa dibilang, akses menuju The Bagong Adventure Museum Tubuh cukup mudah. Letaknya berada di pusat kota Batu, yang berarti cuma sekitar 30 km dari alun-alun kota Malang.

Kalau Anda naik kendaraan umum, Anda bisa naik angkot ke arah terminal Landungsaru, kemudian sambung angkot yang lewat persis di depan museum. Naik kendaraan pribadi jauh lebih mudah. Kalau berangkat dari Malang, cuma butuh waktu tiga puluh menit untuk mencapai museum ini.

Anda bisa pilih salah satu dari rute alternatif berikut, lurus lewat Jalan Tlogomas, atau via jalan Ahmad Yani, lalu belok di Karanglo.

Jika Anda wisatawan dari luar kota atau bahkan luar pulau yang tidak bawa kendaraan sendiri, kami sarankan untuk menggunakan jasa rental mobil Pajero Malang murah. Jauh lebih mudah untuk menyewa mobil ketimbang naik turun kendaraan umum.

Daya Tarik Museum The Bagong Adventure Museum Tubuh

Cek Kesehatan Gratis

cek mata The Bagong Adventure Museum Tubuh

Tahukah Anda, di sini pengunjung bisa cek kesehatan gratis, lho! Cek kesehatan tersebut juga dilakukan oleh tenaga medis ahli. Prosesnya sendiri dilakukan di ruang pemeriksaan, karena museum ini punya ruang khusus periksa.

Cek kesehatannya meliputi cek gula darah, cek asam urat, cek kolesterol, cek osteoporosis, cek lemak tubuh, dan cek mata. Sangat lengkap dan menyeluruh. Hanya di museum ini Anda bisa dapat berwisata sekaligus memeriksa kesehatan secara gratis.

Belajar Tentang Sistem Tubuh Manusia

otak manusia The Bagong Adventure Museum Tubuh

Dalam setiap zona, Anda bisa belajar tentang bagaimana cara kerja organ tersebut. Di zona jantung, contohnya, Anda bisa tahu bagaimana jantung memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Di zona paru-paru, Anda juga bisa belajar tentang bagaimana merawat kesehatan paru-paru dan penyakit apa saja yang kerap menjangkitinya.

Semua zona yang ada di museum ini sudah lengkap dan modern. Anda, termasuk para siswa yang datang untuk belajar, bisa belajar secara real dan modern. Kini, pengetahuan tentang sistem subuh manusia bisa Anda pelajari secara visual.

Menonton 3D Movie

Bioskop 3D The Bagong Adventure Museum Tubuh

Jangan lupa untuk menikmati fasilitas bioskop 3D-nya. Di sini, Anda bisa menonton film tentang organ tubuh manusia. Pelajaran yang didapat yaitu sistem tubuh dan bagaimana kerja tubuh. Kapan lagi bisa belajar sambil menonton film?

Konsep tiga dimensi membuat film edukasi ini tidak membosankan untuk Anda tonton. Jika membawa anak-anak, mereka pasti akan menikmati filmnya. Ini adalah cara belajar paling efektif bagi murid-murid sekolah. Anda pun bisa belajar cara merawat kesehatan setelah menonton filmnya.

Virtual Reality

VR The Bagong Adventure Museum Tubuh

Selain bioskop film 3D, ada juga wahana virtual reality yang juga merupakan wahana terbaru dari The Bagong Adventure Museum Tubuh. Anda bisa merasakan petualangan jelajah tubuh manusia secara nyata dengan menggunakan kacamata VR lengkap dengan alat geraknya.

Anda juga bisa bermain game dengan mode VR. Sensasi yang diberikan benar-benar nyata, apa lagi ditambah alat gerak yang menambahkan tampak lebih nyata. Tentunya bermain VR ini bisa menjadi suatu pengalaman yang seru.

Berperan Sebagai Dokter

ruang operasi The Bagong Adventure Museum Tubuh

Rupanya, zona yang ada di museum ini bukan cuma zona organ tubuh saja, melainkan juga zona become a doctor. Sesuai namanya, di zona ini Anda bisa merasakan bagaimana rasanya jadi dokter yang merawat pasien. Percayalah, bukan cuma anak-anak saja yang suka bermain peran. Ketika difasilitasi, orang dewasa pun pasti menikmatinya.

Jangan lupa untuk abadikan momen Anda ketika menjadi “dokter”. Pengalaman tak terlupakan ini tidak boleh terlewat untuk Anda unggah ke media sosial. Di mana lagi Anda bisa merasakan pakai jas dokter dan merawat pasien?

Jam Operasional Museum Tubuh

Museum Tubuh mulai beroperasi dari pukul 08.30 sampai 16.30 WIB setiap harinya. Waktu terbaik untuk berkunjung ke museum ini yaitu di akhir pekan bersama seluruh anggota keluarga. Jangan lupa untuk pakai outfit yang akan terlihat bagus saat berfoto.

Menjelajah kota Malang belum lengkap tanpa paket wisata dari Salsa Wisata. Sayang kalau tidak mengunjungi Bromo pula jika sudah ada di Malang. Anda bisa pesan paket wisata Bromo murah bersama Salsa Wisata, langsung dari Malang. Kami akan membawa Anda untuk mengeksplor pesona gunung Bromo dengan maksimal.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)