Keseruan berwisata ke Bali akan semakin lengkap dengan membeli oleh-oleh khas Bali terbaik untuk Anda bawa pulang sehabis liburan. Ada banyak sekali pilihan oleh oleh Bali yang bisa Anda bawa pulang mulai dari jajanan khas Bali hingga kerajinan tangan.

Oleh-oleh khas Bali tersebut bisa Anda temukan dengan mudah dijual di sekitar Tempat Wisata Bali terkenal seperti Pantai Kuta. Anda juga bisa mendapatkan oleh oleh tersebut dengan bantuan paket wisata ke Bali yang ditawarkan oleh biro perjalanan yang siap mengantar.

Salah satu pusat oleh-oleh Bali yang wajib Anda kunjungi adalah Krisna Bali yang menjual berbagai macam souvenir khas Bali. Berikut ini 22 rekomendasi pilihan oleh-oleh khas Bali yang halal dan wajib untuk Anda beli sebelum pulang:

Daftar Oleh-oleh Khas Bali yang Terkenal

Pie Susu

Pie Susu Bali

Pie Susu sudah menjadi salah satu jajanan khas Bali yang sudah terkenal dengan rasanya yang manis dan renyah. Bentuknya bulat tipis dengan pinggiran crusty dan pada bagian tengah pie biasanya diisi vla susu creamy yang manis.

Rasa yang tersedia juga beragam mulai dari rasa original, topping keju, kismis, kacang almond, hingga choco chips. Ada beberapa merek Pie Bali terkenal yang bisa Anda pilih seperti Pie Susu Dhian dan juga Pie Susu Enaaak.

Satu kotak pie susu Bali biasanya dijual dengan harga sekitar Rp25.000,00 per kotaknya dengan isi 10 buah. Saking terkenalnya oleh-oleh khas Bali satu ini, Anda harus rela mengantre cukup lama untuk bisa mendapatkan satu kotaknya.

Kebaya Bali

Kebaya Bali

Selain makanan, Kebaya Bali juga cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh setelah menghabiskan waktu liburan ke Bali. Model kebayanya yang khas dengan ornamen bunga serta bordiran di setiap bagian kebaya membuat siapapun yang mengenakannya akan terlihat cantik.

Pilihan warna dan model kebaya Bali yang tersedia juga beragam mulai dari putih polos hingga kebaya Bali modern berwarna terang. Bahkan sekarang sudah mulai banyak kebaya Bali hijab untuk wisatawan muslim yang juga ingin terlihat anggun menggunakan kebaya Bali.

Anda bisa mendapatkan satu setel kebaya khas Bali ini di pusat oleh-oleh Bali seperti Krisna Bali atau toko kain Bali. Harga yang dijual juga bervariasi tergantung dengan model atau ukuran kain yang digunakan untuk membuat kebaya.

Kacang Koro

Kacang Koro

Kacang Koro Bali merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa Anda temukan di Bali dan olahannya disukai banyak wisatawan. Hampir semua toko oleh-oleh khas Bali menjual kacang koro dengan berbagai pilihan rasa berbeda seperti asin, pedas, atau rasa barbeque.

Kacang Koro dari Bali sendiri sedikit berbeda dengan kacang koro pada umumnya yang masih berkulit dan berwarna kecoklatan. Bentuk Kacang Koro ini lebih tipis dan memiliki warna kuning keemasan dengan rasa yang gurih dan renyah.

Kacang jenis ini sangat cocok untuk menjadi teman makan Anda di perjalanan atau saat bersantai menikmati minuman. Satu bungkusnya pun dijual dengan harga yang murah mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung ukurannya.

Pia Legong

Pia Legong

Bakpia tidak hanya bisa ditemukan di Jogja, Pulau Dewata juga memiliki varian bakpia yang tidak kalah lezat yakni Pia Legong. Pia Legong sendiri sudah ada sejak tahun 2006 dan menjadi favorit wisatawan karena jajanan tradisional ini dikemas dengan cara modern.

Terdapat tiga varian rasa yang bisa Anda pilih yakni kacang hijau, cokelat, dan keju yang tahan 1 hingga 2 minggu. Ciri khas Pia Legong Bali ini terletak pada ukurannya yang besar dan diproduksi setiap hari dengan jumlah terbatas.

Untuk mendapatkan sekotak Pia Legong isi 8 buah Anda harus siap mengantre dan hanya boleh membeli maksimal dua kotak. Supaya tidak kehabisan Anda bisa meminta sopir dari Sewa Mobil Bali untuk memesan jauh-jauh hari sebelum membeli. Harga Pia Legong sendiri sekitar Rp100.000,00 per kotaknya tergantung jumlah isian dan varian rasa yang dipilih.

Pia Eiji

Pia Eiji

Selain Pia Legong, alternatif lain yang bisa Anda pilih adalah Pie Eiji yang tidak kalah nikmat dengan Pia Legong. Varian rasa yang tersedia dari Pie Eiji juga lebih banyak mulai dari strawberry, durian, kacang tanah, cokelat, keju, dan lainnya.

Ciri khas dari Pia Eiji ini adalah kemasannya yang berwarna kuning cerah dengan bentuknya yang unik dan isian yang tebal. Hampir semua varian rasa Pia Eiji Bali bisa bertahan hingga 1 bulan kecuali kacang hijau yang hanya tahan 2 minggu.

Anda bisa membeli langsung di sejumlah cabang Pia Eiji Bali yang tersedia di sekitar Kota Denpasar. Harga Pia Eiji pun relatif lebih murah yakni mulai dari Rp50.000,00 per kotaknya dengan isi 8 buah. Jika Anda ingin memesan jajanan khas Bali ini dengan jumlah banyak sebaiknya memesan terlebih dahulu ke Toko Pia Eiji.

Topeng Bali

Topeng Bali

Bali juga terkenal dengan karya seni ukirannya yang khas dan menarik seperti misalnya Topeng Bali. Bentuk Topeng Bali yang khas dan penuh warna menjadikannya salah satu souvenir Bali yang selalu dicari wisatawan.

Topeng Barong dan Topeng Leak Seram termasuk jenis topeng Bali yang sangat diminati wisatawan. Anda bisa mendapatkan topeng Bali ini di sejumlah pasar seni Bali seperti Pasar Seni Sukawati atau Pasar Seni Kumbasari.

Beberapa galeri seni ukir di Desa Mas Bali juga menawarkan kursus mengukir Topeng Bali yang hasilnya bisa Anda bawa pulang. Topeng Bali ini bisa menjadi oleh oleh khas Bali terunik yang bisa Anda dapatkan saat berlibur di Bali.

Udeng Bali

Udeng Bali

Sebagai pasangan dari Kebaya Bali yang dikenakan wanita, Anda bisa membeli Udeng yang biasa digunakan kaum pria di Bali. Udeng atau Ikat Kepala khas Bali ini bisa Anda jumpai hampir di setiap tempat wisata Bali maupun pura.

Berbeda dengan Udeng Jawa, Udeng Bali memiliki warna lebih mencolok yang masing-masing warnanya memiliki makna tersendiri. Namun saat ini Udeng Bali bisa digunakan kapanpun dan oleh siapapun tidak hanya pada saat pelaksanaan upacara tertentu.

Anda bisa mendapatkan Udeng Bali ini di pasar-pasar tradisional, pusat oleh-oleh Bali, atau langsung di tempat pengrajinnya di Desa Sidemen. Harga iket Bali ini juga masih sangat terjangkau mulai dari Rp15.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung jenis motifnya.

Kain Bali

Kain Bali

Saat mengunjungi pantai di Bali, tentu Anda sering melihat wisatawan mengenakan kain bermotif bunga dengan warna yang cantik. Kain tersebut lebih dikenal dengan nama kain pantai Bali yang memiliki bahan halus dan terasa dingin saat digunakan.

Tidak sedikit pula wisatawan yang menjadikan kain pantai Bali ini sebagai oleh-oleh khas Bali untuk dibawa pulang. Selain berupa kain, bahannya yang lembut juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi baju pantai yang tidak membuat gerah saat dipakai.

Anda bisa membeli kain pantai atau kain Bali ini di sejumlah toko di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh Bali. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari Rp15.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung ukuran dan motif.

Kacang Disco

Kacang Disco

Kacang Disco sudah menjadi salah satu camilan terkenal di Indonesia dan bisa Anda temukan di berbagai daerah termasuk Bali. Namun berbeda dengan kacang disko di daerah lain, Kacang Disco Bali memiliki ciri khas rasa rempahnya yang begitu terasa.

Resep Kacang Disco atau Kacang Kribo ini sendiri terbilang mudah karena hanya memerlukan kacang, tepung, dan bumbu rempah. Banyak pusat oleh-oleh Bali yang menjual kacang disco ini dengan berbagai pilihan rasa seperti rasa pedas, udang, keju, dan barbeque.

Kacang Disco ini bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp25.000,00 per bungkusnya dengan ukuran sekitar 250gr. Camilan dengan rasa gurih dan renyah ini sangat cocok dinikmati saat bersantai dan menjadi oleh-oleh untuk Anda bawa pulang.

Kopi Bali

Kopi Bali

Para penikmat kopi tentu tidak boleh melewatkan kesempatan menikmati Kopi Kintamani salah satu jenis Kopi Bali terbaik di Bali. Kopi ini memiliki cita rasa masam yang unik dan khas karena ditanam di lokasi khusus bersama pohon jeruk dan cokelat.

Kualitas yang dimiliki Kopi Kintamani ini bahkan sudah diakui secara internasional dan memenuhi syarat ekspor dunia. Selain membeli dalam bentuk bubuk, Anda juga bisa membeli kopi yang masih berupa biji atau yang sudah diolah menjadi permen.

Kopi arabica khas Bali ini bisa Anda dapatkan di beberapa toko oleh-oleh khas Bali, coffee shop, atau langsung dari Kintamani. Harga yang dijual juga bervariasi tergantung jenis kopi atau ukuran kemasan yang Anda inginkan.

Kaos Joger Bali

Kaos Joger Bali

Kaos Joger Bali sudah menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli bagi para wisatawan yang datang ke Bali. Bahkan Anda belum dianggap berlibur ke Bali bila belum mengenakan kaos asli dari Joger yang unik dan khas.

Keunikan kaos ini terletak dari kata-kata unik menggelitik yang tertulis di bagian depan atau belakang kaos. Selain kaos, Joger juga menjual pernak pernik lain khas Bali seperti sandal joger, topi, jaket, hingga gantungan kunci.

Anda bisa langsung mengunjungi toko Joger atau Teman Joger yang terdapat di Denpasar dan di daerah Luwus. Berbagai macam barang yang dijual di Joger juga sangat terjangkau sehingga cocok menjadi souvenir untuk kerabat saat pulang dari Bali.

Salak Bali

Salak Bali

Oleh-oleh khas Bali lain yang juga tidak boleh terlewatkan adalah buah Salak Bali. Rasa dari Salak Bali ini bahkan mampu menyaingi Salak Pondoh yang sudah sangat terkenal memiliki rasa manis. Salah satu jenis Salak Bali yang terkenal adalah Salak Bali Gula Pasir.

Salak jenis ini memiliki ukuran buah dan biji yang lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis salak lainnya. Meski begitu, Salak Gula Pasir ini memiliki rasa manis dan daging berwarna putih yang sangat sesuai dengan namanya.

Saat musim panen, harga salak Bali jenis ini bisa sangat murah yakni sekitar Rp20.000,00 per kilonya. Namun saat bukan musimnya harga per kilonya bisa mencapai angka Rp90.000,00. Anda bisa membeli salak Bali ini di sejumlah pasar tradisional Bali atau di dekat Bandara meski harganya akan lebih mahal.

Heavenly Chocolate Bali

Heavenly Chocolate

Bali juga terkenal sebagai daerah penghasil cokelat atau biji kakao terbaik di Indonesia. Anda bisa menikmati berbagai olahan cokelat lezat berkualitas khas Bali dari merk produksi lokal seperti misalnya Heavenly Chocolate Bali.

Keunikan cokelat Bali ini adalah kemasan cokelat yang elegan dan campuran kakao lokal dengan coklat dari Belgia yang terkenal kelezatannya. Pilihan rasa yang tersedia juga beragam seperti dark chocolate, milk caramel, taro, dan matcha. Ada pula varian beralkohol dengan rasa Rum dan Baileys yang biasa dibeli wisatawan asing.

Merk cokelat lokal lain yang juga wajib Anda coba adalah Pod Chocolate dengan cita rasa yang tidak kalah nikmat. Satu kotak Cokelat Bali ini biasa dijual dengan harga berkisar antara Rp15.000,00 hingga Rp100.000,00 tergantung jenisnya.

Kacang Asin Bali

Kacang Asin

Oleh-oleh makanan yang juga tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur di Bali ialah olahan Kacang Asin Bali. Kacang ini dikenal juga dengan nama Kacang Bali dan sesuai namanya memiliki rasa asin dan gurih yang khas.

Olahan kacang asin Bali ini mampu bertahan selama berbulan-bulan sehingga tetap aman untuk dibawa perjalanan jauh. Diantara sekian banyak olahan kacang asing yang beredar, Kacang Bali Rahayu menjadi yang paling populer berkat rasa dan kualitasnya.

Anda bisa mendapatkan Kacang Rahayu berukuran kecil hanya dengan uang Rp7.000,00 per bungkusnya. Sedangkan untuk ukuran paling besar Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp100.000,00 dengan ukuran 800 gram.

Perhiasan Perak

Perhiasan Perak

Bila Anda ingin Oleh-oleh khas Bali yang unik dan berbeda bisa datang ke Desa Celuk, Pusat Kerajinan Perak di Bali. Disini Anda bisa menemukan berbagai barang hasil tangan mahir para pengrajin Bali yang terkenal mulai dari perhiasan hingga peralatan makan.

Kualitas barang yang dijual di desa ini pun sudah diakui dan menjadi salah satu komoditas ekspor terkenal ke berbagai negara. Uniknya lagi Anda masih bisa menawar harga lebih murah dari harga yang sudah dipasang di etalase toko.

Jika beruntung Anda bisa mendapatkan perhiasan cantik seperti cincin, anting, gelang, dan kalung hanya dengan setengah harga. Kerajinan Perak Bali dari Desa Celuk ini sangat cocok menjadi souvenir dan cenderamata khas Bali yang bisa Anda bawa pulang.

Songket Sidemen

Songket Sidemen

Selain Desa Celuk, Anda juga wajib mengunjungi daerah Sidemen di Karangasem bila ingin mendapatkan kain songketnya yang khas. Kain Songket Sidemen memiliki motif dan warna yang unik dan ditenun menggunakan benang emas atau perak.

Keindahan Songket Sidemen ini bahkan sudah sangat terkenal ke seluruh dunia yang membuatnya menjadi salah satu kain termahal. Terdapat empat jenis songket yang bisa Anda pilih yakni songket sidemen emas, perak, katun atau kain songket Sidemen campuran.

Jika Anda datang langsung ke Sidemen tepatnya di Desa Cepik, Anda bisa melihat langsung bagaimana proses kain ini dibuat. Dengan nilainya yang fantastis, wajar bila Songket Sidemen menjadi souvenir Bali yang bergengsi.

Batik Bali

Batik Bali

Masih berkaitan dengan kain, Bali ternyata juga memiliki jenis batik yang tidak kalah cantik dengan Batik Pekalongan maupun Batik Jogja. Batik tersebut lebih dikenal dengan sebutan Batik Bali dan sering terlihat digunakan saat upacara adat, dan kegiatan lainnya.

Motif Batik Bali juga sedikit berbeda dengan motif batik di Jawa karena memiliki filosofi yang sesuai dengan keadaan Bali. Salah satu motif Bali terkenal adalah motif batik singa barong yang sering dicari wisatawan untuk menjadi cenderamata.

Bahkan sebagian besar rental bus Bali menawarkan kunjungan ke pusat pengrajin batik di Bali sebagai salah satu destinasi untuk dikunjungi. Di tempat tersebut Anda bisa bebas memilih berbagai macam bentuk Batik Bali mulai dari sandal, kemeja kaos, tas, atau lainnya.

Sambal Kemasan Khas Bali

Sambal Bali

Bagi Anda pencinta sambal dan makanan pedas, sambal kemasan khas Bali ini wajib masuk daftar oleh-oleh yang harus Anda beli. Bermacam-macam sambal asli buatan rumahan khas Bali bisa Anda nikmati dan bawa pulang dengan mudah.

Sambal kemasan ini sangat cocok menjadi teman bersantap berbagai macam makanan khas Bali yang enak seperti nasi campur Bali atau Ayam Betutu. Selain sambal, sejumlah bumbu racik juga bisa Anda beli dalam kemasan botol yang praktis dibawa saat perjalanan jauh.

Terdapat banyak sekali merk sambal yang bisa Anda pilih seperti Sambal Bu Susan, Sambal Bu Emma, atau Hot Mama Sambal. Jenis sambal yang dijual juga bervariasi seperti sambal terasi, sambal bawang, sambal bongkot dan sambal roa khas Bali. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari Rp17.000,00 hingga Rp50.000,00 per botolnya tergantung jenis sambal dan kemasannya.

Keripik Ceker Ayam Bali

Keripik Ceker Ayam

Keripik Ceker Ayam Bali bisa menjadi alternatif oleh-oleh makanan khas Bali untuk Anda yang senang dengan rasa gurih dan asin. Terbuat dari ceker ayam tanpa tulang yang diberi bumbu dan rempah tradisional, rasa gurih dan asin dari keripik langsung terasa.

Keripik ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tulang karena mengandung protein, zat kapur, dan kolagen yang penting untuk tubuh. Penyakit tulang seperti tulang keropos atau osteoporosis bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi keripik ceker ayam ini.

Anda bisa mendapatkan Keripik Ceker Ayam Bali ini hampir di setiap toko oleh-oleh dan jajanan khas Bali dengan merek Jago. Harga satu bungkus Keripik Ceker Ayam ini juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp15.000,00 untuk ukuran 250gr.

Bagiak Bali

Kue Bagiak

Anda yang pernah mencoba wisata kuliner Bali tentu sudah tidak asing lagi dengan kue Bagiak Bali. Kue kering khas Bali satu ini berbahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan minyak nabati, gula, dan mentega.

Rasa dari kue Bagiak ini sedikit gurih dan manis dengan tekstur kue yang kering dan renyah. Kue Bagiak sangat cocok untuk menjadi camilan waktu bersantai Anda di sore hari atau saat perjalanan pulang kembali dari Bali.

Saat ini kemasan Kue Bagiak juga lebih praktis dan bisa Anda temukan di berbagai toko kue kering khas Bali. Harganya pun tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp15.000,00 per kotaknya dengan isi 155 gram. Enaknya lagi kue ini mampu bertahan cukup lama sehingga cocok menjadi oleh-oleh dari Bali.

Dodol Buleleng Bali

Dodol Buleleng

Bali juga memiliki varian dodol yang tidak kalah nikmat dengan dodol Betawi atau dodol Garut yaitu Dodol Buleleng. Seperti namanya dodol ini berasal dari daerah Buleleng dan masih dibuat dengan cara tradisional sehingga memiliki rasa yang khas.

Keunikan lain dari dodol ini terletak pada bungkusnya yang terbuat dari daun jagung kering dan diikat dengan tali rafia. Bentuknya pun terlihat seperti permen atau guling kecil dan biasa dijual dengan cara digantung.

Setiap gantungnya dodol Buleleng ini dibanderol dengan harga Rp10.000,00 untuk isi 10 buah. Anda bisa menjadikan dodol Buleleng ini sebagai oleh-oleh tanpa harus takut jamuran karena mampu bertahan hingga 3 minggu.

Coklat Luwak Bali

Coklat Luwak

Bila Anda ingin mencoba oleh-oleh khas Bali yang unik, Coklat Luwak khas Bali ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Coklat jenis ini hanya bisa Anda temukan di pulau Bali dan selalu dicari wisatawan baik lokal maupun luar negeri.

Proses pembuatannya pun hampir sama dengan Kopi Luwak dimana biji kakao dimakan terlebih dahulu oleh luwak sebelum diproses. Rasa yang dihasilkan cokelat ini juga lebih nikmat karena tidak terasa pahit dan bebas penggunaan gula.

Coklat Luwak Bali ini bisa Anda temukan di sejumlah toko di sekitar tempat wisata Bali atau di outlet resminya. Untuk harganya sendiri Coklat Luwak ini masih terbilang mahal yakni sekitar Rp100.000,00 hingga Rp400.000,00 per kilonya. Harganya yang mahal ini sebanding dengan rasa yang didapat dan proses sulit untuk memperolehnya.

Selain beberapa barang yang sudah disebutkan di atas, masih banyak jajanan, makanan, dan barang-barang menarik yang bisa Anda jadikan cenderamata. Semua barang tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan memanfaatkan jasa sopir dari rental mobil.

Para sopir dari tempat sewa mobil innova di Bali ini siap mengantar Anda berburu setiap oleh-oleh khas Bali yang Anda inginkan. Bahkan Anda bisa mendapatkan rekomendasi tempat berbelanja yang tidak semua orang tahu saat berjalan-jalan. Dengan begitu liburan Anda di Bali akan semakin lengkap dan Anda siap membagikan oleh-oleh tersebut kepada sanak keluarga.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

4.4/5 - (7 votes)