Balangan Beach atau Pantai Balangan Bali dulunya pantai yang sangat tersembunyi dan masih sangat sepi dari pengunjung. Namun setelah keindahannya tersebar, Pantai Balangan menjadi salah satu tempat wisata yang selalu dikunjungi wisatawan di Jimbaran.

Pantai Balangan bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin berlibur ke pantai yang indah namun masih sepi. Ketenangan dan keindahan pantai ini selalu membuai wisatawan yang datang dan ingin berkunjung lagi.

Balangan Beach ini bisa Anda kunjungi dengan memanfaatkan paket tour Bali yang ditawarkan Biro Perjalanan. Tapi sebelum itu simak dulu ulasan lengkap tentang Pantai Balangan berikut ini.

Daya Tarik dan Berbagai Aktivitas Seru Pantai Balangan Bali

Tempat wisata di Bali memang tidak ada habisnya menawarkan keindahan dan menjadi surga untuk Anda berlibur. Salah satu hidden gems yang bisa Anda temukan adalah Pantai Balangan.

Di pantai ini Anda dapat melihat kecantikan pantai Bali yang berbeda dari yang lain. Berbagai kegiatan seru pun bisa Anda lakukan di Pantai Balangan mulai dari duduk santai hingga berselancar di pinggir pantai.

Pesona Pantai Balangan Beach

Kecantikan Pantai Balangan terletak di kontur pantainya yang unik. Pantai ini seperti diapit oleh dua tebing karang besar di kedua sisinya. Diperkirakan pantai ini terbentuk akibat tebing yang runtuh terkena deburan ombak.

Tidak hanya itu, jajaran pohon kelapa tersusun rapi di pinggir pantai jadi pemandangan yang jarang ditemukan di pantai Bali manapun. Pohon kelapa, pasir putih, dan deburan ombak disini, menambah kesan tropis dari Pantai Balangan semakin terasa.

Tebing kapur di sekeliling pantai membuat Pantai Balangan seperti terlindungi dan tidak terlihat dari pinggir jalan. Dari tebing ini Anda bisa menyaksikan keseluruhan pantai yang sangat indah di bawah dengan sempurna.

Saat surut, karang-karang yang ada di pinggir pantai akan menampung air dan bisa menjadi tempat yang pas untuk berenang. Anak-anak juga bisa mencari ikan atau rumput laut yang terjebak saat pantai sedang surut.

Sunset Spot Terbaik

sunset di pantai balangan

Eloknya pemandangan Pantai Balangan semakin terlihat saat matahari mulai terbenam. Tebing karang besar di pinggir pantai merupakan salah satu spot sunrise terbaik yang bisa Anda temukan di tempat ini.

Menghadap langsung ke laut lepas, Anda akan melihat cahaya matahari mulai meredup dan menyisakan semburat senja yang apik. Banyak muda mudi dan wisatawan yang memanfaatkan momen ini sambil bersantai dan berfoto di atas tebing.

Saat mulai gelap dari tebing ini Anda dapat melihat di kejauhan lampu bandara kelap kelip dengan sangat indah. Panorama menakjubkan dari tebing karang ini tidak pernah dilewatkan oleh wisatawan yang datang.

Lahannya yang cukup luas juga memberikan kenyamanan tersendiri bagi wisatawan untuk duduk santai tanpa saling mengganggu. Sebuah pengalaman yang pas untuk menutup hari setelah puas menikmati berbagai destinasi wisata yang ada di Bali.

Berselancar

Ombak di Pantai Balangan tergolong cukup tinggi dan cocok digunakan sebagai spot untuk berselancar. Pantai ini juga sering dipilih para peselancar sebagai alternatif ketika Pantai Kuta terlalu ramai dengan pengunjung.

Suasana pantai yang sepi dan ombak yang cukup kencang menjadi alasan Pantai Balangan sangat diminati. Tidak jarang peselancar dari luar negeri terlihat menunggangi ombak Pantai Balangan yang panjang membentang.

Jarak antara tepi laut dan bibir pantai di sini pun bisa dibilang cukup panjang sehingga peselancar bisa puas berseluncur diatas ombak. Anda yang ingin belajar juga bisa memulainya di pantai ini karena banyak tempat penyewaan dan instruktur yang siap membantu.

Namun perlu hati-hati karena perairan Pantai Balangan dipenuhi dengan karang-karang tajam. Usahakan untuk menggunakan pelindung kaki agar terhindar dari benturan berbahaya ke batu karang yang ada.

Memancing

Selain untuk berlibur tidak sedikit juga pengunjung yang datang ke Pantai Balangan melakukan kegiatan seperti memancing. Pantai yang langsung menghadap laut lepas serta batu karang disekitarnya membuat banyak ikan-ikan kecil berkeliaran.

Para pemancing ini sering menggunakan tebing karang di sisi utara pantai sebagai spot memancing andalan. Mereka akan turun ke bagian bawah tebing lalu duduk santai hingga umpan mereka dimakan oleh ikan.

Jika Anda tertarik, bisa bawa sendiri peralatan memancing Anda dari rumah karena belum terlalu banyak tersedia tempat penyewaan. Saat memancing rasakan sendiri sensasi tarikan ikan sembari mempertahankan posisi di atas tebing karang Pantai Balangan.

Foto Pre Wedding

Cantiknya pemandangan Pantai Balangan ditambah suasananya yang relatif sepi sering dimanfaatkan pasangan untuk melakukan sesi foto Pre Wedding. Spot yang paling sering dipilih untuk pemotretan ini adalah tebing karang Pantai Balangan.

Dari tebing ini terutama saat senja, pemandangan pantai yang terlihat indah selalu dijadikan latar belakan foto. Momen-momen emas seperti ini tidak pernah dilewatkan oleh fotografer untuk mendapatkan gambar terbaik.

Latar pasir putih pantai dan ombak yang tenang saat surut juga tidak kalah indah menjadi spot foto pre wedding. Nuansa khas pantai Bali namun dengan suasana yang sepi menjadi alasan Pantai Balangan sangat diminati para calon pengantin.

Bersantai di Pantai

Cara paling asyik untuk menikmati keindahan Pantai Balangan tentu saja dengan bersantai di tepi pantai. Ada banyak tersedia payung dan kursi pantai untuk Anda duduk berteduh memandang cantiknya panorama Pantai Balangan.

Di sekitar pantai juga terdapat banyak warung, cafe, dan restoran untuk Anda memesan makanan dan minuman. Makanan khas Bali, seafood, atau yang lain akan menghilangkan rasa lapar setelah puas berenang atau sekedar tiduran.

Semakin nikmat dengan ditemani kelapa muda segar yang bisa langsung Anda dapatkan dari penjual. Berlibur ke Pantai Balangan bisa sangat sesuai dengan gambaran liburan santai di pinggir pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Balangan Bali

Keindahan Pantai Balangan ini bisa Anda nikmati hanya dengan biaya yang murah. Fasilitas yang tersedia pun tidak mematok biaya yang mahal, lebih jelasnya perhatikan tabel berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp5.000,00
Sewa Payung dan Kursi Sundeck Rp50.000,00
Makanan dan Minuman Rp30.000,00 – Rp80.000,00
Kursus Surfing Rp450.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum pada tabel diatas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari masing-masing pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan referensi dan perkiraan sebelum nantinya datang berkunjung ke Pantai Balangan.

Biaya lebih murah bisa Anda dapatkan jika menggunakan paket wisata yang ditawarkan Biro Perjalanan. Selain itu Anda bisa mengunjungi lebih banyak objek wisata tanpa pusing urusan akomodasi selama liburan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Balangan

Pantai Balangan dapat diakses dengan mudah dari manapun karena letaknya yang cukup strategis. Dari Pantai Kuta Anda hanya memerlukan waktu 30 menit berkendara dalam kondisi jalan lancar.

Alamat persis Pantai Balangan terletak di Jl. Pantai Balangan No.54, Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Lokasinya sangat dekat dengan Dreamland Beach dan Pantai Labuan Sait.

Untuk menuju tempat ini tidak tersedia kendaraan umum, jadi Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa innova Bali. Setelah itu manfaatkan bantuan dari Google Maps untuk bisa tiba di lokasi Pantai Balangan dengan rute tercepat dan terbaik.

Jam Operasional Pantai Balangan Bali

Sama seperti kebanyakan kawasan pantai di Bali, Pantai Balangan tidak memiliki jam operasional khusus. Anda bisa berkunjung kapanpun Anda mau karena tempat ini buka selama 24 jam penuh tinggal pilih waktu yang paling pas.

Saat pagi hingga siang hari, Pantai Balangan sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai menikmati pemandangan pantai. Lalu saat air laut mulai pasang di siang hingga sore hari, Anda bisa puas berselancar menaklukan ombak.

Di sore hari ini juga Anda bisa melihat langsung keindahan matahari terbenam dari atas tebing Pantai Balangan. Jika Anda ingin berenang maka waktu sore saat air mulai surut bisa jadi waktu yang pas untuk Anda.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)