SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Keberadaan Pantai Balekambang menjadi bukti pesona yang dimiliki Malang tidak hanya kebun apel dan theme park. Pantai indah dengan pasir putih ini juga bisa Anda temukan di daerah Malang.

Keunikan pantai ini terletak pada bangunan yang berada di tengah pantai persis seperti Pura Tanah Lot yang ada di Bali. Dari keunikan inilah pantai ini diberi nama Balekambang yang memiliki arti Rumah yang Mengambang dari kata Bale dan Ngambang dalam bahasa Jawa.

Sekilas Tentang Pantai Balekambang Malang

Sejarah Pantai ini berawal saat Syaikh Abdul Jalil seorang ulama asal Yogyakarta membuka hutan di kawasan pantai. Beliau dipercaya sebagai salah satu tokoh yang menyebarkan agama islam di wilayah pesisir Pantai.

Pantai ini pertama kali ramai dan dibuka untuk umum oleh warga desa sekitar tahun 1978. Lalu di tahun 1983 Pantai ini diresmikan sebagai objek wisata Malang oleh Eddy Slamet, Bupati Malang pada waktu itu.

Sejak saat itu, Pantai Balekambang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan dari Kabupaten Malang. Pesona pasir putih yang luas dan air laut yang jernih jadi daya tarik tersendiri Pantai ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Malang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pantai Balekambang memiliki segudang alasan yang membuat tempat ini begitu ramai diminati wisatawan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi daya tarik dari Pantai ini dan sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Pura di Tengah Pantai

Di Pantai ini terdapat pulau karang kecil yang dibangun sebuah Pura di atasnya. Pura tersebut dikenal dengan nama Pura Amerta Jati dan berada di Pulau Ismoyo.

Jarak pulau ini tidak terlalu jauh dengan bibir pantai sehingga saat air laut surut wisatawan dapat melihat dari dekat pura ini. Untuk memudahkan akses juga dibuat sebuah jembatan yang menghubungkan daratan dengan pulau agar dapat dilewati saat air laut sedang pasang.

Pura ini juga sering digunakan untuk ibadah umat Hindu terutama saat upacara keagamaan atau hari besar. Keunikan inilah yang membuat Pantai Balekambang disebut juga sebagai Tanah Lot Pulau Jawa.

Wisata Religi

Pantai ini juga ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berziarah ke makam Syeikh Abdul Jalil. Peziarah biasanya datang dari berbagai daerah yang puncaknya saat bulan Suro atau Muharram.

Lokasi makam atau petilasan beliau berada sekitar 1 km dari Pantai ini dekat dengan Kali Barek. Tidak jarang para peziarah ini melanjutkan perjalanannya menuju Pantai ini untuk sekedar berfoto dan bersantai.

Dengan adanya Pura Amerta Jati dan Makam Syeikh Abdul Jalil, Pantai ini menjadi salah satu wisata religi lengkap.  Pengunjung bisa beribadah sekaligus bisa menikmati keindahan Pantai.

Sunrise dan Sunset

Sudah menjadi hal umum untuk datang menikmati sunset di pantai, tidak terkecuali di Balekambang. Keindahan suasana matahari terbenam ditambah pemandangan khas pantai Balekambang akan menjadi hal yang tak terlupakan.

Tidak hanya sunset, dari pantai ini Anda juga bisa menyaksikan keindahan saat matahari terbit dari ufuk timur. Bersama suara deburan ombak yang lembut dan angin laut, momen sunset dan sunrise Anda akan semakin menakjubkan.

Flying Fox

Jika Anda berkunjung saat weekend Anda bisa bermain flying fox di sekitar kawasan Pantai. Aktivitas ini bisa jadi hal baru dan menarik yang jarang Anda dapatkan ketika berlibur ke pantai.

Anda akan meluncur dari Pulau Ismoyo ke pinggiran Pantai ini dengan kecepatan tinggi. Sambil memacu adrenalin, Anda dapat melihat pemandangan pantai yang berbeda dari biasanya.

Camping di Pinggir Pantai

Camping bersama teman termasuk kegiatan seru lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Balekambang. Hamparan pasirnya yang luas bisa menjadi tempat yang pas mendirikan tenda dan beraktivitas di malam hari.

Jika Anda belum memiliki tenda, bisa menyewa tenda di tempat penyewaan yang ada di sini.  Selain itu Anda juga tidak perlu takut kehabisan makanan karena ada warung yang buka hingga malam hari di sekitar pantai.

Bermain Air

Berenang saat berlibur ke Pantai tentu jadi hal wajib yang tidak bisa Anda tinggalkan. Pantainya yang landai dan panjang sangat pas bagi Anda yang ingin bermain ombak.

Air yang jernih juga memungkinkan Anda melihat langsung biota laut yang ada di karang sekitar pantai. Namun Anda perlu berhati-hati dengan batu karang tajam atau ombak besar yang sewaktu-waktu bisa datang.

Berfoto

Kegiatan yang juga tidak boleh terlewat saat berkunjung ke Pantai ini tentu saja hunting foto. Banyak spot menarik yang bisa Anda jadikan tempat berfoto yang apik.

Pada saat air surut biasanya wisatawan akan turun dan berfoto di sekitar pulau Ismoyo sambil memperlihatkan Pura. Sedangkan waktu yang paling pas untuk berfoto di Pantai ini biasanya saat pagi dan sore hari.

Lihat tempat wisata malang lainnya: Museum Angkut Malang.

Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang

Tiket masuk Pantai Balekambang Malang sangat terjangkau dan murah. Anda tidak memerlukan uang hingga ratusan ribu untuk bisa masuk ke kawasan pantai.

Selain itu berbagai wahana dan fasilitas yang ada juga tidak terlalu mahal. Berikut ini rincian biaya yang bisa jadi referensi Anda sebelum berkunjung ke Pantai ini.

Kategori/Fasilitas Harga Tiket
Tiket masuk Rp15.000,00
Flying fox Rp20.000,00
Makanan di sekitar pantai Rp10.000,00 – Rp25.000,00
Sewa tenda Rp100.000,00
Sewa tikar Rp5.000,00 – Rp20.000,00
Hotel wibisono Rp200.000,00 – Rp500.000,00
Homestay dhilpatris start from Rp266.00
Parkir motor Rp5.000,00
Parkir mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Selain itu belum semua biaya dari fasilitas yang ada masuk dalam daftar.

Meskipun begitu, daftar harga ini bisa Anda jadikan acuan berapa uang yang perlu Anda persiapkan sebelum ke Balekambang. Agar biaya liburan menjadi lebih murah, pilih saja paket wisata Malang yang tersedia di biro perjalanan karena ada banyak keuntungan menanti.

Fasilitas di Pantai Balekambang

Tiket Masuk Pantai Balekambang

Terdapat fasilitas penunjang yang cukup lengkap bagi wisatawan. Misalnya seperti toilet dan kamar mandi umum untuk bilas setelah bermain air banyak tersedia.

Selain itu juga banyak warung yang menjual makanan serta minuman di pinggir pantai. Begitu juga dengan toko oleh-oleh, berbagai pernak pernik menarik bisa Anda dapatkan di sini.

Tempat ibadah pun sudah tersedia termasuk penginapan-penginapan untuk Anda yang tidak ingin bermalam di tenda. Dengan adanya semua fasilitas ini, pengunjung yang datang bisa dengan nyaman berlibur ke Pantai ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Balekambang

Lokasi Pantai Balekambang

Lokasi Pantai Balekambang ini termasuk cukup jauh dan terpencil karena berada di wilayah paling selatan Kabupaten Malang. Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan jarak 60 km dari Kota Malang.

Lebih persisnya, pantai ini berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Sayangnya belum ada angkutan umum yang bisa langsung mengantarkan Anda, karena jalan menuju Pantai Balekambang yang cukup sulit.

Anda harus melewati area Jurang Mayit, jalan menanjak dengan tikungan tajam yang sering membuat wisatawan yang baru pertama kali kesulitan. Meskipun begitu, jalan Anda lewati nanti sudah teraspal dengan baik sehingga motor atau mobil bisa lewat dengan mudah.

Jika Anda baru pertama kali mengunjungi Pantai ini, lebih baik untuk menyewa sopir dari tempat sewa mobil yang ada. Dengan begitu perjalanan Anda bisa berjalan lancar dan aman karena sopir dari tempat sewa mobil sudah sangat berpengalaman.

Jam Operasional Pantai Balekambang

Anda bisa mengunjungi Pantai Balekambang kapanpun waktunya, karena pantai ini buka selama 24 jam setiap hari. Datang saat malam pun tidak masalah karena banyak tersedia penginapan serta warung yang buka hingga malam hari.

Ingin berkunjung ke Balekambang dan juga tempat wisata di Malang? pilih saja paket wisata Malang dari agen perjalanan. Anda dan rombongan bisa berlibur dengan biaya yang murah tapi bisa menikmati beberapa tempat wisata sekaligus.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Salsa Rizqi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)