SalSari Resto & Coffee

Keberadaan Pantai Balekambang menjadi bukti pesona yang dimiliki Malang tidak hanya kebun apel dan theme park. Pantai indah dengan pasir putih ini juga bisa Anda temukan di daerah Malang.

Keunikan pantai ini terletak pada bangunan yang berada di tengah pantai persis seperti Pura Tanah Lot yang ada di Bali. Dari keunikan inilah pantai ini diberi nama Balekambang yang memiliki arti Rumah yang Mengambang dari kata Bale dan Ngambang dalam bahasa Jawa.

Sekilas Tentang Pantai Balekambang Malang

Sejarah Pantai ini berawal saat Syaikh Abdul Jalil seorang ulama asal Yogyakarta membuka hutan di kawasan pantai. Beliau dipercaya sebagai salah satu tokoh yang menyebarkan agama islam di wilayah pesisir Pantai.

Pantai ini pertama kali ramai dan dibuka untuk umum oleh warga desa sekitar tahun 1978. Lalu di tahun 1983 Pantai ini diresmikan sebagai objek wisata Malang oleh Eddy Slamet, Bupati Malang pada waktu itu.

Sejak saat itu, Pantai Balekambang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan dari Kabupaten Malang. Pesona pasir putih yang luas dan air laut yang jernih jadi daya tarik tersendiri Pantai ini.

Lihat tempat wisata malang lainnya: Museum Angkut Malang.

Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang

Tiket masuk Pantai Balekambang Malang sangat terjangkau dan murah. Anda tidak memerlukan uang hingga ratusan ribu untuk bisa masuk ke kawasan pantai.

Selain itu berbagai wahana dan fasilitas yang ada juga tidak terlalu mahal. Berikut ini rincian biaya yang bisa jadi referensi Anda sebelum berkunjung ke Pantai ini.

Kategori/Fasilitas Harga Tiket
Tiket masuk Rp20.000,00
Asuransi Rp500,00
Flying fox Rp20.000,00
Makanan di sekitar pantai Rp10.000,00 – Rp25.000,00
Sewa tenda Rp100.000,00
Sewa tikar Rp5.000,00 – Rp20.000,00
Hotel wibisono Rp200.000,00 – Rp500.000,00
Homestay dhilpatris start from Rp266.00
Parkir motor Rp5.000,00
Parkir mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Selain itu belum semua biaya dari fasilitas yang ada masuk dalam daftar.

Meskipun begitu, daftar harga ini bisa Anda jadikan acuan berapa uang yang perlu Anda persiapkan sebelum ke Balekambang. Agar biaya liburan menjadi lebih murah, pilih saja paket wisata Malang yang tersedia di biro perjalanan karena ada banyak keuntungan menanti.

Rute Menuju Lokasi Pantai Balekambang

Lokasi Pantai Balekambang

Lokasi Pantai Balekambang ini termasuk cukup jauh dan terpencil karena berada di wilayah paling selatan Kabupaten Malang. Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan jarak 60 km dari Kota Malang.

Lebih persisnya, pantai ini berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Sayangnya belum ada angkutan umum yang bisa langsung mengantarkan Anda, karena jalan menuju Pantai Balekambang yang cukup sulit.

Anda harus melewati area Jurang Mayit, jalan menanjak dengan tikungan tajam yang sering membuat wisatawan yang baru pertama kali kesulitan. Meskipun begitu, jalan Anda lewati nanti sudah teraspal dengan baik sehingga motor atau mobil bisa lewat dengan mudah.

Jika Anda baru pertama kali mengunjungi Pantai ini, lebih baik untuk menyewa sopir dari tempat sewa mobil yang ada. Dengan begitu perjalanan Anda bisa berjalan lancar dan aman karena sopir dari tempat sewa mobil sudah sangat berpengalaman.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)