SalSari Resto & Coffee

Kota Jepara memang terkenal dengan wisata pantainya yang bagus dan masih alami. Di mana kawasan bagian utara dan barat Jepara berbatasan langsung dengan laut, sehingga tak ayal kawasan tersebut banyak terdapat pantai. Salah satu wisata pantai yang terkenal yaitu Pantai Bondo.

Pantai Bondo menawarkan keindahan pasir putih yang eksotis dengan wahana permainan yang seru. Pemandangan di Pantai Bondo sangat menyejukkan mata. Hal ini karena kebersihan pantainya selalu terjaga. Pohon-pohon pandan yang banyak tumbuh di sekitar pantai menambah kesan asri.

Barisan pohon pandan yang rimbun biasa untuk tempat berteduh saat panas sedang teriknya. Duduk bersantai memandang pemandangan pantai ditemani suara deburan ombak merupakan sensasi yang menenangkan. Tempat wisata pantai Jepara ini selalu ramai pengunjung, baik sedang masa liburan atau hari-hari biasa.

Sekilas Tentang Pantai Bondo

wisata pantai bondo

Nama Pantai Bondo diambil dari lokasi desanya yang bernama Desa Bondo. Awalnya sebelum seramai sekarang Pantai Bondo hanyalah pantai biasa dengan pasir putihnya dan masih terlihat sampah berserakan. Bahkan beberapa kali sempat menjadi tempat parkir kapal nelayan.

Namun, guna memajukan perekonomian oleh masyarakat sekitar direnovasi dan dibangun sarana prasarana yang layak. Promosi dan publikasi mulai gencar dilaksanakan agar banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Tema pembangunan yang ada di pantai ini yaitu alami. Maksudnya seluruh bangunan yang ada di pantai menggunakan bahan serba alami dan semi permanen. Tidak menggunakan semen karena ingin menjaga kelestarian alamnya. Bangunan yang ada hanyalah gapura selamat datang, gazebo, dan tempat duduk saja.

Sampai akhirnya, saat ini wisata Pantai Bondo selalu ramai pengunjung. Selain di akhir pekan atau hari libur nasional, Pantai Bondo juga akan ramai pada saat Jum’at Wage. Mitosnya mengatakan, haris tersebut mempunyai magnet spiritual yang lebih dengan manfaat yang luar biasa.

Kabarnya, siapa saja yang mandi di pantai pada hari tersebut akan lancar rezekinya, enteng jodoh, awet muda, hingga dijauhkan dari bala.

Harga Tiket Masuk Pantai Bondo

Seperti tempat wisata pada umumnya, setiap wisatawan yang ingin masuk diharuskan untuk membayar tiket masuk. Adapun besaran tarif harga tiket masuknya cukup terjangkau, untuk lebih jelasnya bisa simak tabel di bawah ini.

[/fusion_text]
Retribusi Tarif
Tiket Masuk Dewasa Rp8.000 – Rp10.000
Tiket Masuk Anak Rp5.000 – Rp7.000

Harga tiket yang kami cantumkan di atas masih dapat berubah-ubah tergantung dari kebijakan pengelola setempat. Terlepas dari itu, dengan mengetahui tarif tiket masuk dapat mengetahui besaran biaya yang harus dikeluarkan saat liburan.

Lokasi Pantai Bondo

wisata alam Pantai Bondo

Secara administratif Pantai Bondo beralamatkan di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dari pusat Kota Jepara berjarak sekitar 17 kilometer. Jika berangkat dari kota silahkan arahkan laju kendaraan ke arah utara. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti papan petunjuk arah yang mengarahkan ke Pantai Bondo.

Akses jalannya sudah cukup bagus. Anda bisa datang menggunakan kendaraan roda dua atau layanan rental bus pariwisata Jepara murah. Jika mengalami kesulitan dalam menuju ke pantai ini, Anda dapat memanfaatkan aplikasi petunjuk arah seperti Google Maps atau Waze.

Daya Tarik Pantai Bondo

Pemandangan Bersih yang Memanjakan Mata

sunset Pantai Bondo

Saat berkunjung ke wisata pantai tentu ingin menikmati suasananya yang jauh dari keramaian kota. Pemandangan laut yang indah juga menjadi alasan. Bila Anda datang berombongan bersama teman kantor dan ingin menikmati panorama Pantai Bondo bisa menggunakan layanan rental big bus Jepara.

Angin pantai yang sejuk, pasir pantai, air laut biru, seakan berpadu dalam harmoni keindahan. Tampilan pesonanya berupa bentang pantai ini akan semakin indah saat matahari mulai tenggelam. Suasana sunsetnya begitu romantis dengan langit sore yang berwarna jingga keemasan. Para wisatawan yang berkunjung dapat menikmatinya dengan duduk-duduk santai di pinggir pantai.

Berenang dan Bermain

bermain di Pantai Bondo

Bermain dan basah-basahan di air tentu sudah menjadi hal yang wajib saat berkunjung ke wisata pantai. Terutama anak-anak pasti akan sangat senang bermain basah-basahan.

Salah satu keunggulan dari Pantai Bondo yaitu ombaknya yang cukup tenang. Memang karakteristik pantai utara agak berbeda dengan pantai selatan yang ombaknya cenderung lebih besar, seperti Pantai Wedi Ombo di Gunungkidul.

Dengan ombak yang cukup tenang, Anda bisa bebas bermain di pinggiran pantai tanpa takut terseret ombak. Walaupun begitu, tetap memperhatikan batas tepian maksimalnya.

Air lautnya yang jernih dan berwarna merah membuat aktivitas bermain semakin seru. Ikan-ikan laut yang berenang bisa Anda lihat tanpa harus menyelam.

Berkreasi dengan Pasir Pantai

Pantai Bondo mempunyai pasir pantai yang bersih dan halus. Bermain pasir pantai juga menjadi aktivitas favorit wisatawan yang berkunjung. Berkreasi dengan pasir pantai membentuk berbagai bentuk rupa tentu menjadi aktivitas yang mengasyikkan. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga senang bermain pasir.

Ajak anak Anda untuk berkreasi dengan pasir pantai untuk melatih kreatifitas sesuai dengan imajinasinya. Aktivitas ini dapat Anda lakukan menjelang sore hari, saat cuaca tidak panas. Sebab di siang hari cuaca akan sangat panas. Jangan lupa untuk membawa peralatan ember dan sekop mainan untuk bermain si kecil di pantai.

Bergaya di Spot Foto Instagramable

spot foto Pantai Bondo

Untuk menambah daya tarik wisatawan, pihak pengelola telah menyediakan berbagai spot foto Instagramable untuk tempat berswafoto. Persiapkan atribut dan kamera terbaik agar menghasilkan foto yang bagus. Jika ingin berfoto di spot yang telah tersedia, pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya.

Camping Ceria

Saat pertunjukan sunset telah usai, hari berganti malam, langit biru akan beralih menjadi langit malam dengan kerlap-kerlip lampu yang menawan. Lampu kerlap-kerlip yang menyala dari PLTU Jepara membuat seperti ribuan kunang-kunang beterbangan. Pantai Bondo seakan memberikan keindahan yang tiada habisnya.

Keindahan suasana malam Pantai Bondo bisa Anda nikmati dengan camping. Areanya yang luas, landai, dan ombaknya yang tenang membuat merasa nyaman berkemah di sini. Nikmati suasana malam Pantai Bondo bersama obrolan dengan teman sejawat. Di pagi harinya dilanjutkan dengan menyaksikan sunrise yang terbit dari ufuk timur.

Fasilitas Pantai Bondo

fasilitas Pantai Bondo

Bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat, masyarakat mulai menyediakan berbagai fasilitas penunjang untuk kenyamanan wisatawan. Secara keseluruhan, fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap dan memadai. Mulai dari tempat parkir luas, mushola, kamar mandi bilas dan toilet, gazebo, dan tempat duduk santai.

Buat Anda yang tidak membawa bekal dari rumah bisa beli di warung. Tak perlu khawatir, karena di sekitar Pantai Bondo banyak warung makan yang menjual aneka kuliner khas Jawa Tengah enak. Selain itu juga menyediakan kopi, teh, susu, dan cemilan ringan.

Warung makan di sini hadir dengan konsep yang unik. Yaitu berada di kawasan pinggir laut. Anda pun bisa santap makanan sambil memandangi pemandangan laut yang indah. Tak lupa fasilitas wifi diberikan guna menambah kenyaman pengunjung.

Bila Anda membawa keluarga dan tak ingin repot-repot camping, bisa menginap di penginapan yang banyak tersedia di sekitar tempat wisata. Misalnya homestay Kedai Omah Laut yang hanya berjarak sekitar 500 meter.

Jam Buka Pantai Bondo

Jika ingin mengunjunginya termasuk bertumbuh, Anda bisa datang kapan saja karena Pantai Bondo buka setiap hari selama 24 jam. Hanya saja, saat weekend atau masa liburan tiba, kawasan tempat wisata Pantai Bondo akan ramai pengunjung.

Tempat wisata pantai ini memang cocok untuk menjadi tempat mengisi waktu liburan. Baik itu bersama keluarga, pasangan, ataupun dengan teman main. Berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan di sini. Tentunya bisa menjadi ajang healing dan refreshing di tengah kesibukan.

Selepas puas bermain dan refreshing waktunya untuk kembali beraktivitas seperti biasanya. Sebelum pulang ke rumah, sempatkan mampir ke toko oleh-oleh khas Jawa Tengah tahan lama, Jepara khususnya untuk diberikan kepada kerabat di rumah.

Namun, semua bisa menjadi lebih seru dengan menggunakan layanan biro travel terbaik seperti Salsa Wisata. Berbagai paket wisata yang ditawarkan dapat membuat pengalaman liburan di Jepara menjadi berkesan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)