SalSari Resto & Coffee

Bagi sebagian besar orang, Jepara hanya dikenal sebagai kota kelahiran Ibu Kartini. Jarang ada yang mengasosiasikan Jepara dengan tempat wisata. Padahal, tempat wisata hits di Jepara cukup beragam. Sebagai salah satu kota pelabuhan di zaman kolonial, tentunya kota ini punya banyak pantai yang cantik. Sudah pernah dengar tentang Pantai Teluk Awur?

Pantai yang satu ini letaknya di desa Telukawur, Tahunan, Jepara. Jaraknya cuma sekitar 4 km dari pusat kota. Sebagai tempat wisata alam, tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Namun, tidak seperti objek wisata lainnya, yang paling sering datang ke sini justru anak-anak muda yang ingin sekadar berkumpul bersama teman-teman. Mungkin karena di pantai ini sering menjadi tempat acara tahunan.

Sekilas Tentang Pantai Teluk Awur

spot foto Pantai Teluk Awur

Sama seperti Pantai Bondo, Pantai Teluk Awur juga ombaknya tenang dan pasirnya putih. Sayangnya, di musim penghujan, sampah-sampah tampak menumpuk di pinggir pantai karena terbawa ombak. Sampah-sampah tersebut terbawa oleh derasnya arus air.

Ada kisah di balik nama Teluk Awur. Kabarnya, kisahnya melibatkan Raja Jokowongso yang merebut istri salah seorang rakyatnya.

Sang raja tersebut berakhir tewas di tangan prajuritnya sendiri yang tidak mengenalinya, akibat siasat suami dan istri yang direbut. Di saat-saat terakhirnya, Raja Joko Wongso menyebut-nyebut “Teluk…ngawur…teluk…ngawur..”.

Akhirnya, pantai ini diberi nama Teluk Awur.

Sebagai salah satu tempat wisata populer di Jawa Tengah, ada banyak penginapan di sekitar Teluk Awur. Jadi untuk Anda wisatawan yang berada dari luar kota, Anda bisa mencari akomodasi di sekitar pantai.

Berbagai penginapan yang ada di sini beragam, mulai dari kelas menengah sampai kelas atas. Beberapa yang terkenal yaitu Ocean View Beach Resort, Bayfront Villa, Jepara Marina, dan Jepara Beach Hotel.

Penginapan-penginapan mewah tersebut sudah ada sederet fasilitas lengkap. Penginapan-penginapan tersebut gampang diakses dari pusat kota. Letaknya pun dekat dengan berbagai cafe dan warung makan kekinian di sekitar pantai.

Jam Operasional Pantai Teluk Awur

Jam Buka Pukul
Setiap hari 24 jam

Lokasi Pantai Teluk Awur

Panati Teluk Awur beralamatkan di Jl. Tlk. Awur, Telukawur, Kec. Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Seperti wisata lain di Jepara, pantai ini juga sulit dijangkau dengan kendaraan umum.

Karena itu, Kami sarankan untuk menggunakan mobil pribadi. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan rental mobil. Kalau Anda datang bersama rombongan, Anda juga bisa sewa bus pariwisata Jepara murah.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Awur

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Tiket masuk liburan Rp10.000,00
Parkir Rp5.000,00,00
Sewa pelampung bebek Rp10.000,00
Sewa ban Rp10.000,00

Fasilitas Pantai Teluk Awur

fasilitas Pantai Teluk Awur

Sebagai salah satu pantai di Jepara yang jadi tempat festival tahunan, tentunya pengelola berusaha memberikan yang terbaik bagi pengunjung. Berikut ini adalah berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati di Teluk Awur:

  • Area parkir
  • Gazebo
  • Toilet dan kamar mandi untuk bilas
  • Persewaan ban dan pelampung
  • Berbagai wahana air
  • Restoran dan cafe untuk mencicipi berbagai makanan kekinian
  • Warung-warung makan dan minuman untuk mencoba makanan khas Jawa Tengah yang enak dan seafood.
  • Penginapan

Daya Tarik Pantai Teluk Awur

berenang di Pantai Teluk Awur

Pasir Putih yang Berpadu Dengan Mangrove

Pantai Teluk Awur memiliki pasir yang putih bertekstur lembut, sehingga cocok menjadi tempat duduk-duduk beralaskan tikar. Anda bisa menikmati keindahan pantai sambil duduk di pasir ini.

Selain itu, ada juga hutan Mangrove di pantai ini, sama seperti Pantai Baros di Jogja. Pohon-pohon mangrove di sini berguna untuk menahan abrasi. Selain itu, pohon-pohon itu juga berguna sebagai peneduh.

Sunset

Bukan cuma pemandangan alamnya saja yang indah, pantai ini juga punya pesona sunset yang spektakuler. Menurut penduduk kota Jepara, pesona sunset paling indah di pantai ini. Efek pembiasan cahaya akan membuat langit jadi berwarna jingga, kuning, dan kemerahan.

Tak heran kalau banyak pengunjung yang rela datang ke pantai ini cuma untuk menyaksikan sunset. Pemandangan matahari terbenam berpadu dengan semilir angin dan deburan pantai yang tenang membuat pantai ini tampak menarik.

Mandi dan Berenang

Menurut mitos yang beredar di masyarakat, air Teluk Awur itu berkhasiat bisa menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit. Air lautnya sangat jernih dan bersih. Tidak seperti ombak di pantai-pantai selatan, seperti di pantai Parangtritis atau pantai Pelabuhan Ratu, ombak di pantai ini sangat tenang.

Itulah sebabnya banyak orang yang suka mandi dan berenang di sini. Untuk bisa menikmati airnya, Anda bisa menyewa pelampung bebek atau ban. Jangan lengah, meski ombaknya tidak ganas, Anda tidak tahu sampai batas mana laut berubah menjadi dalam.

Wahana Air

Tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk bisa menikmati berbagai wahana air. Di sini, Anda juga bisa naik flying fish boat, jet ski, dan banana boat untuk mengarungi pantai. Lebih seru kalau wahana ini dinikmati bersama teman dan keluarga.

Semua wahana dan perlengkapannya bisa disewa dengan harga murah di pinggir pantainya. Akan lebih murah menyewa wahana ini jika Anda pergi bersama rombongan dan menggunakan jasa paket wisata.

Dengan begitu, semua atraksi wisata yang ada di pantai ini bisa Anda coba dengan harga murah, yang sudah dibayar di awal saat memesan paket wisata.

Festival Tradisonal

Seperti pantai-pantai lain di Jepara, pekan Syawalan, atau satu minggu setelah Idul Fitri, di sini diadakan Pesta Lomban. Pesta lebih merupakan ritual sedekah laut ketimbang lomba. Pesta ini disebut juga dengan nama Bakda Kupat.

Festival ini merupakan tradisi tahunan masyarakat Teluk Awur sebagai bentuk syukur telah mampu menjalani sebulan penuh berpuasa Ramadhan. Pesta Lomban ini juga punya tujuan lain, yakni menarik minat wisatawan.

Tertarik ingin memesan paket wisata? Anda bisa menghubungi Salsa Wisata untuk memilih paket wisata yang Anda inginkan. Paket wisatanya beragam, ada di berbagai kota di Indonesia.

Paket tersebut sudah termasuk akomodasi, tiket wisata, makan, dan transportasi plus sopir. Dengan begitu, liburan Anda jadi lebih simpel dan praktis.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)