Bukan hanya terkenal sebagai Kota Ukir, Jepara juga mempunyai sederetan pantai yang indah. Beberapa diantaranya bahkan mempunyai pesona pasir putih halus seperti pantai-pantai di Bali atau daerah lainnya yang punya pantai cantik.

Keindahan pantai-pantai di Jepara dapat memikat kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Tentunya dengan daya tarik masing-masing pantai yang dapat membuat pengunjung betah berlama-lama main di sana.

Penasaran apa wisata pantai di Jepara, Jawa Tengah yang bagus bisa dan aksesnya mudah? Berikut ini rangkumannya.

Daftar Pantai di Jepara yang Terkenal Bagus

Pantai Kartini Jepara

Pantai Kartini Jepara

Rekomendasi objek wisata pantai yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Jepara tentu saja Pantai Kartini. Pantai paling terkenal di Jepara ini sudah menjadi ikon wisata yang tidak bisa terpisahkan.

Saat pertama kali tiba di pantai, Anda akan langsung disambut dengan sebuah patung penyu raksasa. Meskipun hanya berupa patung, namun penyu raksasa tersebut merupakan salah satu spot foto favorit pengunjung.

Apalagi patung ini bukan sekadar pajangan saja, melainkan sebuah wisata bahari bernama Kura-kura Ocean Park. Di dalamnya terdapat sejumlah akuarium besar dan pertunjukan edukatif yang menarik.

Selain itu, tempat wisata Jepara yang gratis di weekday ini juga terdapat berbagai spot hiburan seperti panggung atraksi, hingga dermaga penyeberangan kapal menuju Karimun Jawa.

Secara keseluruhan tempatnya sangat luas. Jadi, Anda bisa datang dengan menggunakan sewa bus pariwisata Jepara untuk kunjungan wisata dalam jumlah rombongan yang banyak.

Pulau Karimunjawa

Pulau Karimunjawa Jepara

Bicara mengenai wisata bahari di Jepara, tentu tak lepas dari Pulau Karimunjawa. Ketenaran pulau eksotis ini bahkan sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara karena dianggap seperti Maldives Indonesia.

Pantai Jepara dengan suasana seperti di Bali ini menawarkan berbagai aktivitas seru untuk Anda coba. Seperti snorkeling, menyelam, melihat penangkaran hiu dan penyu hingga berburu kuliner seafood enak.

Untuk pergi ke Pulau Karimun Jawa ini Anda harus menyeberang dengan perahu selama beberapa jam. Namun perjalanan selama berjam-jam ini tidak membuat tempat wisata Jawa Tengah yang hits ini sepi pengunjung.

Sebab ada banyak layanan open trip Karimunjawa yang siap mengurus semua kebutuhan perjalanan Anda. Dengan begitu perjalanan menuju Karimunjawa ini bisa lebih mudah dan tanpa perlu repot urusan apapun.

Pantai Blebak Jepara

Pantai Blebak Jepara

Keindahan Pantai Blebak memang memang sudah banyak yang mengakuinya. Pasir putih, deburan ombak yang menyerbu diantara pasir halus tersebut tentu saja membuat siapapun akan betah berlama-lama.

Bukan hanya itu, airnya yang biru bening, dan batu-batu besar di tepian menambah keindahan Pantai ini. Ombaknya cukup tenang sehingga Anda bisa berenang, menyelam, bermain kano atau bersantai di sana.

Saat perut lapar pun, Anda bisa memesan makanan di warung-warung yang tersedia di sekitar pantai. Ada banyak pilihan makanan khas Jepara terkenal seperti bontosan, lontong krubyuk, dan lain-lain yang bisa Anda nikmati.

Anda tak perlu khawatir jika datang dari luar kota dan kemalaman saat tiba di sana. Karena Pantai Blebak ini buka terus selama 24 jam dan bisa datang kapan saja waktu yang Anda inginkan.

Pantai Tirta Samudera Bandengan

pantai bandengan jepara resort

Satu lagi rekomendasi pilihan pantai di Jepara yang terkenal dengan keindahan pasir putih dan akses yang mudah yaitu Pantai Tirto Samudro Bandengan.

Pantai ini memiliki daya tarik pemandangan pantai pasir putih dengan momen matahari terbenam cantik di sore hari. Alasan inilah yang membuat pantai ini selalu ramai wisatawan.

Selain itu, tempat wisata hits di Jawa Tengah ini mempunyai karakteristik air laut yang tenang dan landai, cocok untuk memainkan berbagai wahana watersport.

Ada banyak pilihan wahana yang bisa Anda coba, seperti banana boat, kano, jetski, atau wave house. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp30.000 sampai Rp250.000 saja.

Pantai Kampung Prau Jepara

Pantai Kampung Prau Jepara

Tidak jauh dari Pantai Tirto Samudro Bandengan, terdapat satu pantai tersembunyi bernama Pantai Kampung Prau. Sesuai dengan namanya, kawasan pantainya dipenuhi dengan perahu-perahu nelayan yang sedang menepi.

Meskipun banyak perahu, ada juga bagian pantai yang memiliki pasir yang luas dan tersambung dengan Pantai Tirto Samudro. Di sini, Anda bisa bersantai sambil menikmati sajikan yang ada di kedai-kedai tepi pantai.

Misalnya seperti menikmati es kelapa mudah di sejumlah ayunan yang ada di sini. Selain itu, pantai ini juga menyediakan tempat untuk camping. Denga ombak yang juga relatif tenang, dan Anda bisa melihat kegiatan para nelayan di sana.

Pantai Bondo Bangsri Jepara

sunset Pantai Bondo

Rekomendasi pantai di Jepara yang bagus dan ramah keluarga selanjutnya yaitu Pantai Bondo Bangsri. Keistimewaan pantai ini terletak pada air lautnya yang sangat tenang dan jarang sekali ada ombak besar.

Mungkin karena itulah banyak yang menjulukinya dengan “Pantai Ombak Mati”. Namun bukan berarti wisata bahari murah di Jepara ini membosankan, ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan.

Beberapa diantaranya yaitu bermain air, voli pantai dan explore laut dengan perahu kano. Selain itu, jangan lewatkan untuk berfoto di spot selfie instgramable yang telah tersedia.

Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak

Jaraknya yang hanya sekitar satu jam berkendara dari Alun-alun Jepara, membuat Pantai Empu Rancak ramai wisatawan. Apalagi air lautnya biru jernih, dengan pasir putih bersih semakin menambah keindahannya.

Selain itu, pantai indah di Jepara ini juga memiliki panorama bawah laut yang menakjubkan, dengan terumbu karang dan ikan hias yang beraneka ragam. Ini tentu saja menjadi surga bagi para penggemar snorkeling dan olahraga selam.

Selain itu, Pantai Empu Rancak juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan pantai yang landai. Ini membuat pantai ini cukup aman untuk berenang dan bermain di tepi pantai.

Pantai Teluk Awur Jepara

Pantai Teluk Awur Jepara

Dari Kota Jepara, Pantai Teluk Awur hanya berjarak sekitar 4 km ke arah selatan. Anda dapat mencapainya dalam waktu sekitar 15 menitan menggunakan motor, mobil atau layanan sewa mobil Jepara murah.

Lokasinya juga strategis sehingga memudahkan Anda untuk mengaksesnya. Bahkan, beberapa bagian pantai berada tepat di pinggir jalan raya. Andan akan melihat banyak penginapan murah berjejeran di sepanjang jalan pantai.

Pesona Pantai Teluk Awur terletak pada pasir pantai putihnya. Para wisatawan yang berkunjung biasanya akan menggelar tikar di pasir untuk bersantai dan menikmati pemandangan laut.

Momen matahari terbenam sangat ditunggu-tunggu. Tak sedikit wisatawan yang rela menunggu hingga petang untuk dapat menyaksikan langsung keindahan sunset yang terkenal cantik di pantai ini.

Nahuntuk Anda yang tak betah jika berdiam diri saja di sekitar pantai, terdapat banyak pilihan aktivitas seru. Mulai dari memancing, berkreasi dengan pasir, berenang, bermain banana boatflying fish boat, hingga jetski.

Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk

Pantai Pukruk merupakan salah satu destinasi wajib untuk Anda pecinta seafood. Karena semenjak revitalisasi tahun 2015, Pantai Pungkruk berubah menjadi pusat kuliner laut khas Jepara.

Di sini Anda dapat menemukan beberapa warung makan yang tertata rapi di sekitar pantai atau di dalam perairan dalam bentuk gazebo. Dengan begitu Anda bisa menikmati hidangan seafood sambil memandangi view laut yang indah.

Selain itu, pantai ini memang cocok untuk liburan keluarga, karena ada taman bermain anak-anak dengan berbagai wahana. Mulai dari jungkat-jungkit, perosotan, ayunan, hingga becak air semua ada.

Pantai Semat Jepara

Pantai Semat Jepara

Jika Anda mencari pantai asri yang masih sepi di Jepara, maka bisa mengunjungi Pantai Semat. Pantai ini memiliki air laut yang biru dan pemandangan yang cantik cocok untuk bersantai.

Di sore hari, Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam yang sangat menawan. Selain itu banyak tersedia warung makan di sekitar pantai yang menyediakan berbagai menu makanan enak.

Tiket masuknya pun murah bahkan kalau beruntung bisa masuk dengan gratis. Tertarik untuk mengunjunginya? Objek wisata Pantai Semat terletak di Desa Semat, Kecamatan Tahunan dan buka 24 jam.

Pantai Pailus

Pantai Pailus

Terletak di ujung Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Pantai Pailus kini bisa dianggap sebagai tempat wisata andalan di Kabupaten Jepara.

Dengan waktu tempuh cuma 30 menit dari alun-alun Kota Jepara, menjadikan wisata Pantai Pailus gampang dikunjungi. Tepatnya hanya berjarak 1 KM saja dari Jalan Raya Bangsri-Mlonggo.

Garis pantainya yang panjang membuat Anda bisa bebas bermain pasir atau jalan-jalan di sekitar bibir pantainya. Selain itu Pantai Pailus juga menjadi salah satu tempat camping favorit di Jepara.

Itulah jajaran wisata pantai di Jepara yang bagus untuk dikunjungi. Setelah mengupas tuntas pesona Pantai di Jepara terpopuler, kini giliranmu untuk menentukan pantai mana yang akan masuk ke dalam list rencana liburan kali ini.

Keenam rekomendasi wisata bahari di Jepara ini memang menawarkan keindahan dan daya tariknya masing-masing. Segera persiapkan segala liburanmu dengan memesan layanan dari Salsa Wisata.

Berbagai layanan seperti paket wisata, paket trip dan rental mobil siap mengakomodasi seluruh kebutuhan liburanmu.

By Categories: Destinasi, Jepara

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)