Pantai Kondang Iwak belum terlalu dikenal dibanding tempat wisata di Malang yang lain. Padahal pantai ini memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan pantai-pantai terkenal di Malang seperti Pantai Balekambang atau Pantai Ungapan.

Pantai ini memiliki ciri khas berupa muara dan batu karang besar yang menjulang di tengah pantai. Keindahan pantai yang menakjubkan namun masih sepi pengunjung ini membuatnya mendapat sebutan surga yang tersembunyi.

Anda bisa mengunjungi Pantai Kondang Iwak dengan menggunakan paket gathering Malang yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak terlebih dahulu apa saja hal menarik yang bisa Anda dapatkan di Pantai Kondang Iwak berikut:

Sekilas Tentang Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak berada di ujung Selatan Kabupaten Malang searah dengan Pantai Ngliyep Malang. Menurut cerita, pantai ini pertama kali ditemukan oleh Mbah Imam Suwodo sekitar tahun 1920-an.

Saat itu beliau menemukan sebuah Kondang atau muara air tawar yang penuh dengan ikan. Dari kejadian itulah pantai ini akhirnya dinamakan sebagai Pantai ini, atau pantai bermuara penuh ikan.

Hingga sekarang kondang atau muara ini menjadi salah satu daya tarik dari Pantai ini untuk berbagai aktivitas. Luas kondang ini mencapai 800 meter dengan lebar sekitar 40 meter dan sering dimanfaatkan pengunjung untuk memancing dan berenang.

Dengan pasir hitamnya, Pantai Kondang Iwak memberikan pemandangan pantai eksotis yang berbeda dari kebanyakan pantai di Malang Selatan. Anda bisa mendapatkan hal baru saat berlibur dan beraktivitas di Pantai ini.

Daya Tarik Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak Malang

Tergolong sebagai pantai yang masih perawan, Pantai ini menyimpan banyak keindahan untuk dieksplorasi. Berbagai kegiatan seru pun bisa Anda lakukan disini dan berikut ini beberapa diantaranya:

Bersantai Menikmati Panorama Pantai

Suasana pantai yang sepi sangat pas menjadi tempat menenangkan diri dan beristirahat sejenak dari rutinitas. Suara deburan ombak dan hembusan angin laut menjadi suara relaksasi yang dapat melepas stres Anda setelah beraktivitas.

Pemandangan indah hasil perpaduan laut, pasir, sungai, dan hutan di Pantai Kondang Iwak memanjakan mata yang memandang. Sambil duduk santai di tepian Anda bisa melihat megahnya batu karang setinggi 50 meter berdiri tegak di tengah terpaan ombak.

Beberapa gazebo atau gubuk juga terlihat di sekitar pantai untuk tempat Anda berteduh. Tidak jarang pengunjung memanfaatkan rindangnya pohon di sekitar sebagai tiang pengikat hammock.

Berleha-leha di hammock seperti dalam buaian yang terasa sangat nyaman. Pantai ini ingin sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan liburan santai dan jauh dari keramaian.

Menyaksikan Momen Sunset

Sunset di Pantai Kondang Iwak

Keindahan Pantai Kondang Iwak semakin terlihat sempurna saat hari menjelang malam. Langit sore yang berubah jingga menunjukan pesona lain dari eloknya Pantai ini.

Semburat langit berwarna oranye menghias pemandangan laut lepas. Air laut dan muara sungai pun ikut berubah warna menjadi keemasan berhias pasir hitam yang berkilauan.

Momen romantis dari sunset Pantai Kondang Iwak tidak pernah terlewatkan terutama bagi para pengunjung yang sengaja datang sore hari. Jepretan kamera telah siap menangkap setiap detik keindahan dari matahari yang perlahan tenggelam.

Berkemah di Pinggir Pantai

Belum puas dengan hanya menikmati senja, berkemah di Pantai ini bisa jadi solusinya. Area pantai yang luas dan pepohonan yang rindang menjadi tempat pas untuk Anda bermalam mendirikan tenda.

Saat malam tiba, langit di atas berhiaskan bintang serta cahaya bulan yang mempesona. Ditemani suara ombak yang bersahutan serta pohon yang menari menambah syahdu suasana malam Anda.

Anda bisa bercengkrama bersama teman-teman atau sekedar menikmati api unggun untuk menghangatkan malam dingin Pantai ini. Pengalaman berkemah di pinggir pantai yang masih perawan ini dapat menjadi pengalaman paling berkesan untuk Anda.

Melihat Sunrise

Puas menghabiskan malam bersama teman-teman, saat pagi Anda akan disambut mentari pagi yang hangat. Pemandangan matahari terbit di ufuk timur Pantai ini jadi awal yang indah untuk memulai hari.

Matahari bisa terlihat muncul dari balik bukit yang ada di timur pantai. Langit gelap pun perlahan menjadi terang, hijaunya tanaman dan pepohonan sekitar pantai terlihat sangat menyegarkan.

Menyaksikan sunrise Pantai Kondang Iwak menjadi pelengkap sempurna liburan dan camping Anda. Bila ada kesempatan menyaksikan sunrise ini wajib masuk kedalam bucket list liburan Anda di Malang.

Bermain di Pasir

Berbeda dengan kebanyakan pantai di Malang Selatan yang berpasir putih, pasir Pantai ini memiliki warna hitam yang eksotis. Meskipun hitam, pasir pantai ini terasa lebih lembut saat bersentuhan dengan kulit.

Garis pantainya pun panjang dan cukup luas sehingga nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas. Anda bisa bebas bermain sepak bola atau bola voli berkat pantai yang cukup landai.

Bisa juga dengan memanfaatkan angin laut untuk bermain layangan bersama-sama. Dengan berbagai aktivitas ini akan membuat liburan Anda di Pantai ini bertambah seru dan menyenangkan

Memancing

Memancing di Pantai Kondang Iwak

Selain bermain, Anda yang hobi memancing jangan sampai melewatkan kesempatan mendapatkan ikan di muara Pantai Kondang Iwak. Sebagaimana sejarahnya, muara pantai ini memiliki banyak ikan air tawar yang bisa Anda pancing dengan mudah.

Banyak pula spot memancing yang bisa Anda pilih sebagai medan pertempuran bersama para ikan di sekitar area pantai. Sensasi strike tarikan ikan saat tersangkut kail bisa jadi pengalaman seru untuk Anda ceritakan.

Ikan hasil tangkapan pun bebas dibawa pulang atau lepas kembali. Namun yang perlu diingat tetap jaga kelestarian alam dengan memancing tanpa alat berbahaya seperti setrum, pukat, dan racun.

Berenang di Muara

Ombak besar Pantai ini mungkin tidak memungkinkan untuk berenang, namun berbeda halnya jika Anda berenang di muara. Air di muara ini cukup tenang dan pas untuk Anda berenang dan bermain air.

Anda bisa merasakan segarnya air payau dan air tawar disaat bersamaan saat berenang. Warna hijau tosca air muara ini juga sangat cocok menjadi latar berfoto Anda bersama-sama.

Agar tetap aman usahakan membawa pelampung sehingga Anda juga bisa bersantai sambil mengambang di atas air. Berenang di muara Pantai Kondang Iwak akan menjadi pengalaman unik yang jarang Anda dapatkan di pantai lainnya.

Mengelilingi Muara

Muara ini juga sangat menarik untuk dijelajahi keindahannya. Banyak perahu nelayan yang bisa Anda sewa untuk diajak berkeliling kawasan muara Pantai ini.

Dari atas perahu, pemandangan hijau hutan bakau terlihat begitu memukau. Terkadang hewan-hewan kecil seperti ikan, kepiting, dan burung terlihat bebas berkeliaran di sekitar muara.

Keindahan dari Pantai ini juga tidak boleh lepas dari kamera yang Anda bawa. Kenangan indah bermain dan liburan di Pantai Kondang Iwak akan menjadi hal tak terlupakan untuk Anda.

Harga Tiket Masuk Pantai Kondang Iwak

Untuk masuk kawasan Pantai ini Anda tidak perlu membayar biaya sama sekali. Cukup dengan beberapa ribu rupiah untuk parkir, keindahan Pantai Kondang Iwak sudah bisa Anda nikmati.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Gratis
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda gunakan untuk memperkirakan biaya yang dibutuhkan jika ingin mengunjungi Pantai ini.

Anda juga bisa menghemat banyak biaya selama liburan dengan menggunakan paket wisata dari Biro Perjalanan. Cukup sekali pembayaran, urusan akomodasi liburan sudah siap sedia  sehingga sisanya bisa Anda gunakan untuk belanja oleh-oleh khas Malang.

Fasilitas di Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak belum dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai di sekitar pantai. Akses menuju pantai nya pun cukup sulit karena jalan yang belum beraspal.

Anda yang ingin pergi ke toilet atau mencicipi makanan khas Malang di warung makan penduduk harus berjalan agak jauh dari pantai. Jadi Anda harus siap dengan perbekalan cukup bila ingin mengunjungi Pantai ini.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak terletak di area hutan Tulungrejo, Donomulyo, Malang sekitar 62 km dari pusat Kota Malang. Waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk tiba di pantai ini kurang lebih selama 1 jam 55 menit dalam keadaan jalan lancar.

Rute menuju pantai bisa didapatkan menggunakan Google Maps yang akan menunjukan jalan terbaik dari titik keberangkatan Anda. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir sewa alphard Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Pantai Kondang Iwak

Tidak ada waktu operasional khusus yang berlaku di Pantai ini. Keindahan Pantai Kondang Iwak bisa Anda nikmati selama 24 jam penuh setiap hari.

Bisa atur sendiri waktu yang pas untuk Anda berkunjung sesuai tujuan Anda. Namun waktu terbaik biasanya saat sore hari setelah pukul 14.00 WIB dimana matahari tidak terlalu panas.

Jangan lupa untuk datang saat musim kemarau agar Anda terhindar dari hujan saat berkeliling. Sehingga Anda bisa mendapatkan momen liburan sempurna yang tenang dan menyenangkan di Pantai ini.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)