earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pantai Ngliyep sudah sangat dikenal sebagai tempat wisata Malang terbaik dan sudah ada sejak lama. Bahkan Pantai ini lebih dulu terkenal dibanding pantai favorit Malang lain seperti Pantai Balekambang.

Anda bisa puas bermain air, bermain pasir, hingga berkemah di pinggir Pantai ini karena lokasinya yang luas. Selain keindahannya, pantai ini juga sering menjadi tempat diadakannya upacara adat larungan oleh warga sekitar.

Pantai ini bisa Anda kunjungi dengan menggunakan paket wisata Bromo dan Malang yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum itu, mari simak terlebih dahulu segala hal menarik yang bisa Anda dapatkan di Pantai Ngliyep berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep termasuk pantai pertama yang menjadi tempat wisata di Malang hits. Keindahan pantai ini sudah terkenal sejak tahun 1980an dan menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Timur.

Pantai ini pertama kali ditemukan oleh seorang perantauan Yogyakarta pada tahun 1919. Baru di tahun 1951 Pantai Ngliyep diresmikan sebagai tempat wisata namun sayang pengelolaan nya kurang baik karena sengketa.

Nama ngliyep sendiri diambil dari bahasa jawa yang memiliki arti mengantuk. Hal ini karena siapapun yang datang ke Pantai ini akan terbuai dengan suasana dan pemandangan indahnya hingga mengantuk dan tertidur.

Pantai ini memiliki pantai berpasir yang luas dan landai. Diperkirakan pantai ini memiliki luas mencapai lebih dari 10 hektar dengan pepohonan yang tumbuh disekitar pantai memberikan suasana asri.

Sejarah pantai ini juga tidak lepas dari mitos Nyi Roro Kidul yang bertapa di sekitar Pantai ini. Segala keindahan dan cerita dibalik Pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

Hal Menarik di Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep yang populer pada masanya sudah tentu memiliki banyak daya tarik yang ditawarkan. Mulai dari pemandangan pantai hingga aktivitas seru yang bisa dilakukan dan berikut ini beberapa daya tarik lain dari Pantai ini.

Bermain di Pantai

Hamparan pasir putih dan lembut Pantai ini menjadi salah satu keunggulan dari pantai ini. Wisatawan juga bisa bebas bermain pasir karena luasnya bentangan pasir di Pantai.

Anak-anak biasanya akan membuat istana pasir atau mengubur badan dengan pasir hingga tertidur. Pasir halusnya ini juga nyaman untuk Anda bersantai duduk melihat pemandangan sekitar.

Pantai yang landai dengan ombak yang tidak terlalu tinggi sering dimanfaatkan pengunjung untuk berenang dan bermain air.  Orang tua tidak perlu takut anaknya tergulung ombak besar atau tenggelam karena pinggiran Pantai Ngliyep tergolong dangkal.

Pantai ini juga tidak terlalu panas berkat hadirnya pepohonan rindang dan pohon kelapa di sekitar pantai. Anda bisa duduk santai, bermain pasir, atau sekedar berfoto menikmati keindahan dari Pantai ini.

Menyaksikan Sunset

Sunset di Pantai Ngliyep

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pemandangan Pantai Ngliyep semakin terlihat indah saat matahari mulai terbenam. Cahaya jingga matahari serta lembayung senja menghiasi langit Pantai ini di sore hari menjadi pemandangan yang tidak boleh terlewatkan.

Banyak pengunjung yang menunggu momen indah ini untuk mendapatkan foto terbaik untuk upload sosial media. Spot ayunan tengah pantai jadi spot favorit wisatawan untuk mengabadikan pemandangan sunset Pantai Ngliyep.

Selain itu bukit-bukit sekitar Pantai ini juga menyajikan pemandangan menarik yang bisa Anda pilih sebagai spot sunset disini. Menikmati sunset Pantai Ngliyep sambil duduk santai di atas pasir pun tidak kalah menawan dan menyenangkan.

Anda bisa bercengkrama bersama teman menikmati sunset ditemani minuman hangat dan segar. Panorama Pantai Ngliyep saat senja ini terkenal menjadi salah satu yang terbaik di Malang.

Berkemah

Pantai ini juga sering menjadi tempat camping bagi para wisatawan yang ingin lebih lama menikmati keindahan pantai ini. Pepohonan rindang dan pasir pantai lembutnya jadi tempat yang pas untuk Anda bersantai di malam hari.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan apik bintang dan pantai sambil menyalakan api unggun di dekat tenda. Bersama sinar bulan, kegiatan camping Anda bersama teman akan sangat terasa menyenangkan.

Anda yang ingin camping juga tidak perlu repot membawa tenda dari rumah karena pengelola sudah menyediakan banyak tempat penyewaan tenda. Selain itu untuk urusan makanan, warung-warung sekitar pantai siap menyediakan persediaan makanan khas Malang yang terkenal untuk Anda santap.

Anda juga bisa memancing dan mengambil ikan di laut untuk jadi santapan saat camping. Pengalaman camping Anda di Pantai ini bisa menjadi hal baru dan sangat berkesan.

Misteri Gunung Kombang

Meskipun bernama gunung, Gunung Kombang merupakan sebuah nama pulau kecil yang berada tidak jauh dari Pantai Ngliyep. Anda bisa menuju Gunung Kombang hanya dengan berjalan kaki dan menyeberangi jembatan kayu kecil.

Hal yang menarik dari Gunung Kombang ini adalah keberadaan petilasan yang mitosnya menjadi tempat Nyi Roro Kidul bertapa. Masyarakat meyakini sebelum Nyi Roro Kidul menjadi penguasa pantai selatan, beliau bersemedi di Gunung Kombang.

Di tempat yang keramat bagi masyarakat ini sering terlihat sesajen dan orang yang berziarah untuk mencari berkah. Keunikan dan misteri yang ada di Gunung Kombang ini jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Pemandangan dari Gunung Kombang juga tidak kalah indah terutama saat sunset, Anda pun bisa berfoto di sekitar Gunung Kombang ini. Jika Anda mengunjungi Pantai Ngliyep sempatkan untuk mampir ke Gunung Kombang.

Mengunjungi Teluk Putri

Teluk Putri

Selain Gunung Kombang yang penuh misteri, Anda juga bisa mengunjungi Teluk Putri yang menawan. Meskipun kecil dan tidak terlalu luas, pasir putih teluk putri ini terlihat sangat bersih seperti halnya kulit para putri.

Pengunjung bisa mendirikan tenda di sekitar Teluk Putri namun perlu berhati-hati terutama saat air pasang. Kawasan pasir yang sempit hanya bisa menyisakan sedikit ruang bagi pengunjung jika air naik tinggi.

Ombak yang ada di teluk ini juga cukup besar karena ukuran pantai yang kecil. Meskipun begitu, keindahan Teluk Putri ini sangat sayang bila Anda lewatkan begitu saja.

Mengikuti Upacara Larungan

Keberadaan Gunung Kombang yang menjadi tempat keramat di Pantai Ngliyep membuatnya sering menjadi tempat pelaksanaan upacara adat seperti upacara larungan. Upacara larungan atau labuhan ini biasanya berlangsung pada tanggal 14 Rabiul Awwal atau bulan Mulud pada kalender Jawa.

Masyarakat biasanya akan menyembelih kambing dan sapi yang sebagian dagingnya untuk warga. Sedangkan sebagian sisanya diarak ke Gunung Kombang bersama sesaji lain bersama iringan alunan musik tradisional.

Kemudian dari Gunung Kombang, arak-arakan sesaji ini dilarung ke tengah laut sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu upacara ini diharapkan dapat memberikan berkah dan rezeki melimpah selama setahun kedepan.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep tidak mematok biaya yang mahal bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Cukup dengan beberapa ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati pemandangan Pantai ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00
Sewa Peralatan Tenda Rp150.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya yang Anda perlukan saat akan mengunjungi Pantai ini.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain dengan biaya murah menggunakan paket liburan murah dari Biro Perjalanan. Dengan paket ini segala urusan akomodasi Anda selama liburan sudah siap tersedia, sehingga Anda bisa dengan santai menikmati liburan di Malang.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep berada di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang, sekitar 65 km dari pusat Kota Malang atau 2 jam perjalanan. Akses jalan menuju Pantai ini juga sangat mudah karena sudah beraspal semua.

Pantai ini juga bisa Anda akses menggunakan angkutan umum berkode GN1 atau GN2 dari Karangkates dan Kepanjen. Namun untuk memudahkan Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi lalu memanfaatkan Google Maps sebagai penunjuk rute terbaik.

Bisa juga dengan bantuan sopir dari rental hiace Malang atau Biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke Pantai ini. Dengan begitu perjalanan Anda bisa semakin mudah karena tidak perlu menghapal jalan yang harus Anda lalui.

Jam Operasional Pantai Ngliyep

Loket tiket Pantai ini beroperasi mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB setiap hari. Meskipun begitu, Anda tetap bisa menikmati pantai ini kapanpun karena Pantai ini terbuka untuk umum selama 24 jam.

Sedangkan waktu terbaik untuk berkunjung biasanya saat pagi hari atau lewat pukul 15.00 WIB. Pada jam tersebut matahari tidak terlalu panas dan Anda bisa bebas bermain air dan pasir tanpa takut terbakar matahari.

Saat sore hari pada masa liburan Pantai Ngliyep selalu padat oleh pengunjung yang ingin menikmati pemandangan indah sunset. Usahakan juga untuk datang saat musim kemarau atau musim panas agar tidak ada awan mendung yang mengganggu liburan Anda.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)