Tulungagung, salah satu daerah di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, menawarkan beragam pesona pantai yang memikat hati. Salah satu surga tersembunyi yang wajib dikunjungi adalah Pantai Sanggar.

Dengan julukan “The Dreamland of Tulungagung”, pantai ini menawarkan panorama alam yang indah dan fenomena ombak yang mengagumkan, membuatnya menjadi destinasi yang menarik bagi para wisatawan.

Sekilas Tentang Pantai Sanggar Tulungagung

Wisata Pantai Sanggar Tulungagung

Terletak di lingkar jalur pantai selatan, Pantai Sanggar dikenal dengan ombak yang besar dan menggulung tinggi. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan luar biasa saat ombak menjemput batu karang dengan kekuatannya yang mengesankan.

Suara ombak yang memecah di atas karang menambah keunikan dan keasyikan pengalaman di pantai ini. Pantai ini termasuk dalam tempat wisata di Tulungagung baru, sehingga masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Hal ini menjadikan pantai ini tetap terjaga kebersihannya dengan pasir putih yang memikat dan suasana yang tenang. Anda dapat menikmati kebebasan berjalan di sepanjang pantai yang luas, menikmati keindahan alam yang masih alami tanpa terganggu keramaian.

Jam Buka Pantai Sanggar Tulungagung

Pantai Sanggar Tulungagung buka setiap hari selama 24 jam. Kalian bisa datang kapan saja sesuai dengan keinginan kalian.

Namun, jika kalian ingin menikmati pemandangan yang lebih indah, sebaiknya datang pada sore hari saat matahari mulai terbenam. Kalian juga bisa menginap di pantai ini dengan mendirikan tenda di area camping ground yang tersedia.

Alamat Pantai Sanggar Tulungagung

Pantai Sanggar Tulungagung terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk menuju ke pantai ini, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil di tempat sewa mobil terdekat dari pusat kota Tulungagung.

Akses jalan menuju pantai ini cukup menantang karena masih berupa jalan bebatuan dan tanah. Kalian harus berhati-hati dan mengikuti petunjuk arah yang ada.

Harga Tiket Masuk Pantai Sanggar Tulungagung

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00

Mobil Rp5.000,00

Daya Tarik Pantai Sanggar Tulungagung

Laut Biru dengan Pasir Putih

Salah satu daya tarik utama dari pantai ini yaitu lautnya yang berwarna biru dengan pasir putih yang bersih dan lembut. Kalian bisa bermain air, berenang, atau sekadar berfoto di pantai ini.

Pantai ini memiliki ombak yang sangat besar dan menantang, terutama di sore hari. Jika Anda berani, Anda bisa mencoba berselancar di atas gelombang raksasa ini. Namun, jika Anda lebih suka menikmati pemandangan, Anda bisa melihat keindahan alam di sekitar pantai.

Ada banyak ikan warna-warni yang berenang di antara karang-karang yang indah. Anda juga bisa menemukan bulu babi yang unik dan menarik. Pantai ini adalah surga bagi para pecinta alam dan petualangan

Sunset yang Menawan

sunset di Pantai Sanggar Tulungagung

Pantai ini juga menawarkan pemandangan sunset yang menawan saat sore hari. Kalian bisa menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat dengan latar belakang langit yang berwarna-warni. Suasana pantai ini akan semakin romantis dan tenang saat matahari mulai terbenam.

Bagi para pecinta fotografi, Pantai Sanggar menawarkan latar belakang yang memukau. Anda dapat mengabadikan momen indah saat matahari terbenam di ufuk barat, menciptakan siluet yang menakjubkan dengan balutan warna-warni langit.

Keindahan alam yang tiada duanya di Pantai Sanggar akan menghasilkan foto-foto yang memesona dan mengesankan.

Camping Ground yang Nyaman

camping di Pantai Sanggar Tulungagung

Jika kalian ingin menginap di pantai ini, kalian bisa mendirikan tenda di area camping ground yang tersedia di pinggir pantai. Area camping ground ini cukup luas dan nyaman untuk bermalam.

Anda bisa menikmati suasana malam di pantai ini dengan bintang-bintang yang bersinar di langit. Kalian juga bisa membuat api unggun dan berkumpul bersama teman-teman atau keluarga.

Pantai-Pantai Lain yang Dekat

Pantai Sanggar Tulungagung tidak sendirian, karena di sekitarnya terdapat beberapa pantai lain yang juga menarik untuk dikunjungi. Kalian bisa menyusuri bukit untuk menuju ke Pantai Ngalur yang berada di sebelah timur pantai.

Pantai Ngalur juga memiliki laut biru dengan pasir putih yang indah. Kalian tidak perlu membayar tiket masuk lagi untuk masuk ke pantai ini. Di sebelah barat Pantai Sanggar, terdapat Pantai Pathok Gebang yang memiliki ombak yang sangat besar saat sedang pasang.

Ombak di pantai ini bisa mencapai ketinggian 15-20 meter dan menabrak karang-karang yang ada. Pantai ini sangat cocok untuk kalian yang suka tantangan dan sensasi.

Selain itu, kalian juga bisa mengunjungi Pantai Sine, Pantai Coro, dan Pantai Sioro yang berada di sekitar Pantai Sanggar. Kalian bisa melakukan beach hopping dan menikmati keindahan pantai-pantai di Tulungagung.

Fasilitas di Pantai Sanggar Tulungagung

Fasilitas di Pantai Sanggar Tulungagung

Meskipun masih tergolong baru dan alami, Pantai Sanggar Tulungagung sudah memiliki beberapa fasilitas yang bisa kalian gunakan saat berkunjung ke sini. Berikut adalah beberapa fasilitas yang ada di pantai ini:

  • Tempat parkir
  • Loket tiket
  • Jembatan kayu
  • Gubuk-gubuk
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Camping ground
  • Genset

Setelah menikmati keindahan Pantai Sanggar Tulungagung, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Tulungagung terkenal sebagai kenang-kenangan untuk keluarga dan teman-teman.

Tulungagung terkenal dengan kerajinan batik, tenun, dan ukiran kayu yang indah. Jangan lewatkan kesempatan untuk membeli oleh-oleh ini sebagai bukti keindahan dan keunikan budaya Tulungagung.

Selain itu, untuk memaksimalkan liburan Anda di Tulungagung, Salsa Wisata siap membantu Anda dalam merencanakan perjalanan yang menyenangkan.

Anda dapat memesan rental Hiace harian murah untuk perjalanan kelompok atau memilih paket wisata yang telah disesuaikan dengan minat dan preferensi Anda.

Dengan Salsa Wisata sebagai mitra perjalanan, Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan dan bebas dari segala hambatan logistik.

Jadi, jangan lewatkan keindahan Pantai Sanggar Tulungagung, beli oleh-oleh khas Tulungagung, dan percayakan perjalanan wisata Anda kepada Salsa Wisata.

Nikmati pesona alam dan budaya Tulungagung dengan cara yang paling menyenangkan. Liburan Anda di Tulungagung akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan penuh kenangan indah.

Bagikan Artikel Ini Ke:




Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (10 votes)