earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tidak hanya terkenal sebagai kota penghasil marmer, Tulungagung juga punya banyak tempat wisata menarik yang sayang untuk Anda lewatkan. Bahkan kota ini juga mendapat julukan Sweden van Java, karena keindahannya seperti tempat wisata Bandung yang bergelar Paris van Java.

Namun sedikit berbeda dengan Bandung, sebagian besar tempat wisata yang hits di Tulungagung biasanya berupa pantai. Mulai dari pantai berpasir putih hingga yang memiliki view eksotis semua ada.

Pokoknya ini cocok sekali untuk Anda yang ingin liburan santai saat berada di sisi selatan Jawa Timur. Penasaran apa saja pesona lain yang ada di Tulungagung, berikut ini 14 rekomendasi tempat wisata Tulungagung terbaik untuk Anda:

Daftar Tempat Wisata di Tulungagung Populer

Pantai Pacar

Pantai Pacar

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Rekomendasi pertama destinasi yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Pacar yang berada di daerah Pucanglaban. Tempat ini termasuk salah satu pantai terindah di Indonesia dengan hamparan pasir putih yang menawan.

Ukuran pantainya memang tidak terlalu luas, namun suasana asri dan tenang pantai ini jadi salah satu daya tariknya. Tidak sedikit pengunjung yang datang dan memilih camping di sekitar pantai untuk melepas penat saat liburan.

Selama berkemah, Anda dapat menyaksikan panorama cantik momen sunset di pantai. Bisa pula dengan bermain air atau mencari ikan dengan tangan kosong saat air laut sedang surut dan tenang.

Pantai ini juga mempunyai air terjun yang langsung mengalir ke laut seperti yang ada di Pantai Jogan. Walau tidak terlalu tinggi, air terjun ini bisa jadi pilihan tempat bermain air atau membilas tubuh setelah bermain.

Eksotisme batu karang yang ada di tepian pantai pun bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan foto yang apik. Semua keseruan di pantai ini bisa Anda dapatkan hanya dengan biaya Rp3.000,00 sampai Rp5.000,00 saja.

Langsung saja berkunjung ke lokasinya di Desa Pucanglaban, Pucanglaban, Tulungagung. Tempat ini buka selama 24 jam, namun pastikan datang saat cuaca cerah dan sebelum sore untuk dapatkan momen terindahnya.

Pantai Sine Tulungagung

Pantai Sine Tulungagung

Suasana seperti di Pantai Parangtritis bisa sedikit Anda rasakan saat mengunjungi Pantai Sine. Hamparan pasir putihnya yang lembut begitu luas membentang di antara dua bukit.

Tak hanya itu saja, pantai ini juga memiliki dua muara dari sungai berbeda yang masing-masing berada di tiap ujung pantai. Biasanya di tempat inilah, Anda bisa puas bermain air tanpa takut terbawa ombak pantai yang cukup besar.

Kedua muara ini bisa Anda kunjungi dengan mudah menggunakan ATV sewaan yang tersedia. Sehingga tidak perlu lagi lelah berjalan dari ujung ke ujung untuk bisa menikmati keindahan pantai seutuhnya.

Anda juga bisa menyewa sejumlah perahu nelayan seperti di Pantai Ngrenehan jika ingin berkeliling pantai. Namun untuk Anda yang ingin berhemat, duduk santai piknik di tepi pantai pun sudah cukup menyenangkan.

Area sekitar pantai yang teduh berkat pepohonan cemara menjadi tempat ternyaman menikmati indahnya sunset atau sunrise di pantai ini. Biaya masuknya pun tidak terlalu mahal karena hanya Rp10.000,00 per orang.

Apalagi tempat ini bisa Anda kunjungi selama 24 jam penuh jadi pas sekali untuk aktivitas camping. Lokasi Pantai Sine sendiri berada di Jl. Pantai Sine Tulungagung, Sine, Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung.

Pantai Popoh

Pantai Popoh

Suasana berbeda bisa Anda dapatkan saat mengunjungi Pantai Popoh Tulungagung. Meski berada di teluk seperti Pantai Teluk Asmara, panorama pantai ini jauh berbeda.

Anda tidak akan menemukan hamparan pasir seperti pantai pada umumnya. Meski begitu, view laut lepas, bukit-bukit batu di sekitar pantai, serta jajaran perahu nelayan menjadi ciri khas apik tempat ini.

Anda dapat bersantai, berkeliling pantai, menikmati sunset hingga kulineran saat upacara adat berlangsung sepuasnya. Semua itu bisa Anda dapatkan hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,00 saja.

Untuk menuju lokasi pantainya pun cukup mudah karena terletak di Jl. Raya Pantai Prigi, Watulimo, Popoh, Besole, Besuki, Tulungagung. Kawasan pantai ini buka terus selama 24 jam sehingga Anda bisa bebas datang kapan saja.

Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo

Seperti Waduk Jatigede yang menjadi salah satu tempat wisata di Sumedang yang lagi hits, Waduk Wonorejo di Tulungagung juga punya pesona yang sama. Bendungan ini sering kali menjadi destinasi wisata masyarakat sekitar terutama saat akhir pekan.

Sebab ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan seperti misalnya memancing, piknik santai bersama keluarga atau sekedar menikmati panorama.

Bendungan Wonorejo juga termasuk salah satu destinasi favorit pesepeda saat pagi hari. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini bisa menyiapkan biaya sekitar Rp12.000,00 per orang.

Kawasan bendungan seluas 380 hektar ini sendiri terbuka untuk kunjungan mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Langsung datang saja ke alamatnya yang berada di Kalituri, Wonorejo, Pagerwojo, Tulungagung.

Pantai Coro Tulungagung

Pantai Coro Tulungagung

Meski bernama aneh, pesona Pantai Coro tidak kalah dari sejumlah pantai terkenal di Jogja. Pasirnya berwarna putih bersih dengan area tepian yang rindang.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan senang berfoto. View sunsetnya begitu menawan dengan hiasan batu karang besar di sekeliling pantai.

Sayangnya, ombak pantai ini sangat besar sehingga pengunjung dilarang berenang. Namun hal itu tidak mengurangi keseruan, apalagi tiket masuknya hanya Rp5.000,00 per orang.

Anda juga bisa mengunjungi pantai ini setiap hari antara pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Lokasinya berada di daerah Popoh, Besole, Besuki, Tulungagung sekitar 27 km dari pusat kota.

Pantai Dlodo

Pantai Dlodo

Satu lagi pantai unik yang bisa Anda kunjungi di Tulungagung yakni Pantai Dlodo. Sekilas pantai ini mirip dengan salah satu wisata dekat Parangtritis terkenal yakni Pantai Samas.

Pantainya berpasir putih dengan pulau-pulau pasir yang terbentuk dari aliran muara. Pengunjung yang datang bisa bermain air di sekitar sungai yang relatif lebih aman daripada area lautnya.

Tempat ini juga menjadi favorit wisatawan untuk berfoto menikmati momen sunset di pantai yang begitu menawan. Bahkan tidak sedikit yang memilih berkemah di sekitar pantai agar tidak melewatkan momen indah tersebut.

Asyiknya lagi pantai ini buka selama 24 jam penuh dan gratis. Anda yang tertarik untuk datang bisa langsung menuju lokasinya di Daerah Rejosari Kalidawir, Dlodo, Panggungkalak, Pucanglaban, Tulungagung.

Desa Wisata Mulyosari

Desa Wisata Mulyosari Tulungagung

Tulungagung juga punya desa unik seperti Kampung Warna-warni Jodipan Malang yakni Desa Pelangi Mulyosari. Seperti namanya desa ini berhias dengan berbagai macam warna ceria yang sangat pas untuk berfoto.

Selain itu, desa ini juga menawarkan wisata agro yang tak kalah menarik. Tempat tersebut bernama Agrowisata Kahyangan dan di sini Anda bisa menikmati keindahan khas pegunungan yang sangat menawan.

Fasilitas yang tersedia di desa wisata ini juga cukup lengkap serta cocok untuk Anda yang ingin outbound atau gathering bersama keluarga. Retribusi wisata desa ini pun terbilang murah karena hanya sekitar Rp3.000,00 per orang.

Anda bisa mengunjungi lokasinya yang berada di Jl. Raya Pagerwojo No.184, Pabyongan, Mulyosari, Pagerwojo, Tulungagung. Kawasan wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Pantai Sanggar

Pantai Sanggar

Rekomendasi pantai cantik yang tersembunyi selanjutnya adalah Pantai Sanggar. Keindahan yang akan Anda dapatkan di sini begitu menakjubkan, tidak kalah dari tempat wisata di Bali yang hits.

Pantai ini sendiri termasuk tempat wisata Tulungagung yang instagramable, sehingga meski aksesnya susah tidak menghalangi pengunjung yang datang. Pasirnya yang putih dan lautnya yang biru mampu menghipnotis siapapun yang datang.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin healing dengan tenang di menikmati pantai. Alamat persis pantai ini sendiri berada di Area Pegunungan, Jengglungharjo, Tanggunggunung, Tulungagung.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 untuk bisa menikmati keindahan pantai selama 24 jam. Namun waktu terbaik untuk berkunjung biasanya saat pagi atau siang hari ketika cuaca cerah.

Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Jika Yogyakarta punya Pantai Wediombo, Tulungagung punya Pantai Kedung Tumpang untuk Anda yang ingin berenang di laguna. Pantai ini memiliki kolam alami dari celah karang yang muncul saat air surut.

Di kolam ini Anda bisa puas berenang menghadap ombak lautan yang menerjang. Sayangnya kolam ini hanya bisa Anda nikmati saat surut sebelum pukul 10.00 WIB saja.

Meski begitu, keindahan area pantai yang berada di bawah tebing tetap terlihat menarik dan apik untuk Anda sekedar berfoto. Jadi tetap usahakan untuk datang pagi hari walaupun pantai ini buka selama 24 jam.

Jika Anda penasaran dengan keseruan berenang di Kedung Tumpang, bisa datang ke daerah Pucanglaban, Tulungagung. Siapkan saja biaya parkir sebesar Rp5.000,00 saja karena tempat wisata ini gratis.

Ranu Gumbolo Tulungagung

Ranu Gumbolo Tulungagung

Keindahan Bendungan Wonorejo juga bisa Anda nikmati dari Ranu Gumbolo. Tempat ini memang terinspirasi dari Ranu Kumbolo yang ada di kawasan Semeru.

Di sini Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru seperti memancing, camping, atau sekedar bersantai. Selain itu, tersedia pula wahana permainan air dan spot selfie yang membuat semua semakin seru.

Apalagi dengan suasana yang sejuk dan asri serta pemandangan yang indah membuat tempat ini sangat cocok untuk liburan Anda. Tiket masuknya pun tidak mahal hanya sekitar Rp6.000,00 sampai Rp8.000,00 per orang.

Anda bisa langsung datang ke lokasinya antara pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya. Alamat tempat wisata ini sendiri berada di daerah Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Tulungagung.

Goa Selomangleng

Goa Selomangleng

Selain memiliki nama yang sama dengan salah satu tempat wisata di Kediri terkenal, ternyata Goa Selomangleng juga punya sejarah yang berkaitan. Goa ini merupakan peninggalan kerajaan Kediri sejak abad ke sepuluh.

Hal itu terlihat dari pahatan di atas salah satu mulut goa yang berbentuk persegi panjang. Bentuk goa yang unik serta sejarahnya yang menarik menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Anda juga bisa mengunjungi air terjun kecil yang berada tidak jauh dari lokasi goa atau candi ini. Untuk waktu berkunjungnya, goa ini buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap hari.

Letaknya sendiri cukup terpisah dari pemukiman tepatnya di daerah Sanggrahan, Boyolangu, Tulungagung. Siapkan saja biaya tiket masuk sebesar Rp5.000,00 jika Anda ingin mengunjungi goa unik ini.

Pantai Ngalur

Pantai Ngalur

Satu lagi hidden gem Tulungagung yang tidak boleh Anda lewatkan yakni Pantai Ngalur. Pantai ini punya panorama yang apik seperti Pantai Ngudel Malang dengan pasir putih dan gugusan karangnya.

Anda bisa bersantai dengan nyaman karena suasana di sini terasa sepi dan menenangkan cocok untuk healing atau piknik bersama. Panorama pantainya yang apik juga menjadi nilai lebih yang membuat pantai ini istimewa.

Namun siapkan fisik dan kesabaran Anda, karena jalan menuju lokasi cukup panjang dan melewati jalan sempit. Lokasi persisnya berada di daerah Jengglungharjo, Tanggunggunung, Tulungagung.

Anda bisa berkunjung kapanpun karena tempat ini buka selama 24 jam setiap hari. Siapkan saja biaya Rp10.000,00 untuk tiket masuk dan Rp25.000,00 jika Anda ingin menggunakan ojek menuju lokasi.

Pantai Sidem

Pantai Sidem

Panorama pantai yang eksotis juga bisa Anda dapatkan saat mengunjungi Pantai Sidem. Bentang alamnya mirip dengan Pantai Depok Jogja yang landai dan berpasir lembut.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda dan keluarga bersantai bersama sambil menyantap kuliner lezat yang tersedia di warung. Tak hanya itu, kondisi ombaknya pun relatif aman untuk bermain air atau memancing di tepian.

Di salah satu ujung pantai ini juga terdapat saluran air dari bendungan Niama yang menjadi ciri khas Pantai Sidem. Lokasi pantai ini sendiri berada di teluk Popoh tepatnya di Jl. Pantai Sidem, Popoh, Besole, Besuki, Tulungagung.

Untuk masuknya pun tidak perlu biaya mahal, cukup membayar sekitar Rp3.000,00 saja per orang. Kawasan wisata pantai ini bisa Anda kunjungi pada jam buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Pantai Molang

Pantai Molang

Tidak jauh dari Pantai Pacar, Anda bisa mampir sejenak ke Pantai Molang yang berada di sisi selatannya. Pantai ini memiliki kawasan pasir yang lebih luas seperti halnya Pantai Parangkusumo.

Karena area berpasirnya yang luas tersebut, tempat ini sering menjadi lokasi camping sebagian besar wisatawan. Pemandangan sunset dan sunrise di pantai ini pun sangat menawan.

Apalagi dengan suasana pantai yang masih sepi dan asri membuat Pantai Molang pas sekali menjadi tujuan liburan Anda. Anda bisa langsung datang ke lokasinya di daerah Pucanglaban, Tulungagung.

Tiket masuknya pun gratis dan bisa bebas Anda kunjungi kapanpun selama 24 jam penuh. Namun waktu terbaik berkunjung tentu saja saat musim panas di sore hari sebelum senja.

Splash Waterpark Tulungagung

Splash Waterpark Tulungagung

Satu lagi rekomendasi tempat wisata Tulungagung selain pantai yang wajib Anda kunjungi yakni Splash Waterpark. Keseruan di waterpark ini tidak kalah dari Splash Waterpark yang menjadi tempat wisata keluarga di Bali.

Berbagai macam wahana permainan air bisa Anda coba mulai dari mandi busa, seluncuran air, hingga kolam dewasa semua ada. Selain itu tersedia pula wahana lain yang juga menarik yakni cinema 9D dan area bermain.

Tempat ini sangat pas untuk Anda yang ingin rekreasi bersama keluarga dengan budget yang murah. Hanya dengan tiket masuk Rp15.000,00 hingga Rp20.000,00 semua fasilitas dan wahana yang ada di sini bisa Anda nikmati.

Kolam renang ini sendiri buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Bagi yang mau berkunjung bisa datang ke alamatnya di Jl. Raya Bendilwungu, Sumbergempol, Tulungagung.

Pantai Klatak

Pantai Klatak

Suasana pantai yang berbeda juga bisa Anda dapatkan saat mengunjungi Pantai Klatak. Pantai ini mempunyai hamparan pasir berbatu yang sangat eksotis dan ombak yang relatif tenang.

Lokasi pun bisa dengan mudah Anda kunjungi menggunakan layanan rental mobil murah karena berada di jalur selatan. Alamat lengkapnya sendiri berada di Jl. Pantai Waru Doyong Klatak, Soireng, Keboireng, Besuki, Tulungagung.

Di sini Anda bisa mengajak anak-anak bermain air, berfoto, atau piknik bersama menikmati panorama yang ada. Agar semakin lengkap, jangan lupa mencicipi hidangan lobster yang menjadi ciri khas pantai ini.

Pantai tersembunyi ini bisa Anda kunjungi selama 24 jam penuh kapanpun Anda mau. Cukup siapkan saja biaya retribusi tiket masuk sebesar Rp5.000,00 dan parkir yang juga tidak terlalu mahal.

Watu Payung

Watu Payung Tulungagung

Berbeda dengan tempat wisata di Gunung Kidul yang bernama sama, Watu Payung Tulungagung ini punya pesona yang lebih alami. Dari bukit Anda bisa melihat panorama Kota Tulungagung dan juga Gunung Budheg yang megah.

Nama watu payung sendiri berasal dari batu yang berbentuk unik menyerupai payung berukuran besar. Di spot ini juga biasanya wisatawan menghabiskan waktunya sambil berfoto dan bersantai.

Keindahan tempat wisata baru Tulungagung ini pun semakin sempurna saat kabut muncul di pagi hari. Sehingga tidak sedikit pengunjung yang memilih untuk camping mendirikan tenda agar dapat menikmati momen tersebut.

Kawasan wisata savana watu payung ini juga masih gratis dan terbuka untuk umum selama 24 jam. Anda yang tertarik berkunjung bisa datang langsung ke daerah Pakisrejo, Tanggunggunung, Tulungagung.

Nangkula Park

Nangkula Park

Anda yang ingin rekreasi murah bersama keluarga bisa mengunjungi Nangkula Park di Daerah Boyolangu. Konsep taman ini mirip dengan Bale Tani, salah satu tempat wisata Jawa Timur terkenal di Jombang.

Berbagai spot foto menarik bisa Anda jumpai di tengah suasana asri taman bunga celosia. Selain itu, ada juga wahana permainan seru seperti bianglala yang bisa Anda coba saat malam hari.

Tempat ini pun sering menjadi lokasi berlangsungnya berbagai acara gathering atau acara dalam skala besar. Alamat Taman Nangkula ini berada di Jl. Raya Bono, Rongganan, Kendalbulur, Boyolangu, Tulungagung.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp2.000,00 hingga Rp5.000,00 saja per orang. Tempat ini bisa Anda kunjungi mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB setiap harinya.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang sudah buka di Tulungagung dan bisa Anda kunjungi saat liburan nanti. Kunjungi pula tempat-tempat menarik lain di Indonesia bersama layanan Salsa Wisata.

Dengan setiap layanan yang tersedia, perjalanan liburan Anda pasti jadi lebih mudah, murah, dan berkesan. Jadi tunggu apalagi hubungi kami dan dapatkan pengalaman liburan impian Anda ke setiap tempat di Indonesia.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)