SalSari Resto & Coffee

Biasanya, ketika membahas objek wisata di Garut, yang ada di dalam benak adalah seputar pegunungan. Wajar saja, karena Garut berada di dataran tinggi. Tapi, ternyata Garut memiliki pantai bernama Pantai Sayang Heulang.

Berbeda dengan destinasi wisata hits Garut lainnya, wisata yang satu ini menawarkan hamparan pantai luas. Keindahannya mampu menjadi magnet bagi wisatawan. Apalagi, pesona alamnya membuatnya seperti pantai virgin.

Sekilas Tentang Pantai Sayang Heulang

Wisata Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang Garut menawarkan keindahan berupa bentangan alam yang berdampingan dengan batuan karang serta pepohonan. Ombak pantai cukup tenang dan menawan, begitu juga dengan atmosfernya.

Untuk Anda yang sedang mencari tempat wisata Jawa Barat yang cocok untuk healing, pantai ini adalah jawabannya. Ketika berada di sini, yang ada hanya kedamaian, deburan ombak, angin sepoi dan aroma khas pantai.

Tidak ada keramaian atau rutinitas kehidupan kota. Apalagi, pantai yang satu ini sangat luas sehingga ada banyak kegiatan wisata seru yang bisa wisatawan lakukan. Ayo, agendakan untuk berlibur ke pantai cantik ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sayang Heulang

Tiket masuk Pantai Sayang Heulang juga murah karena hanya Rp10.000,00 saja. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya parkir yang juga tidak terlalu mahal, berikut ini rincian biaya lengkapnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Rute Menuju Lokasi Pantai Sayang Heulang Garut

Lokasi Wisata Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Jika Anda berangkat dari Kota Garut, jaraknya sekitar 90 km dengan waktu tempuh hampir 3 jam perjalanan.

Rutenya pun mudah karena bisa mengikuti rute dari Google Map. Namun pastikan kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima karena jalan menuju lokasi pantai cukup sempit dan berkelok-kelok.

Jika Anda tidak mau repot bisa manfaatkan saja layanan sopir dari sewa mobil murah terdekat. Sebab sopir lokal tersebut sudah sangat hafal jalan dan siap mengantar Anda ke lokasi dengan lebih cepat dan aman.

Jam Buka Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang buka setiap hari tanpa ada jam tutup selama 24 jam penuh. Namun, untuk Anda yang ingin camping sebaiknya izin terlebih dahulu kepada warga atau petugas yang berjaga di area sekitar.

Selain itu untuk sejumlah fasilitas seperti warung, ada juga yang buka dari pagi sampai malam. Jadi saat perut lapar ketika sedang camping, Anda tidak akan kesulitan mencari makan terutama jika Anda lupa membawa bekal.

Fasilitas Pantai Sayang Heulang

Fasilitas Wisata Pantai Sayang Heulang

Wisatawan yang berencana datang ke pantai ini tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Fasilitas Pantai Sayang Heulang sudah lengkap dari parkir untuk kendaraan sepeda motor, mobil bahkan bus hingga toilet.

Ada tempat ibadah dan warung yang menyajikan menu makanan khas Jawa Barat, harganya juga terjangkau. Pastinya, keberadaan warung ini akan melengkapi waktu libur di pantai.

Daya Tarik Wisata Pantai Heulang

Ada beberapa daya tarik yang membuat wisatawan selalu berkunjung ke Pantai Sayang Heulang. Mereka datang ke sini karena kemolekannya, apalagi terdapat spot terbaik untuk menyaksikan kehadiran sunset.

Kemolekan Pantai Perawan

Objek wisata ini memang sangat recommended untuk Anda datangi di akhir pekan bersama teman dan keluarga. Keindahannya mampu menghipnotis semua teman dan keluarga yang Anda ajak ke sini.

Luas keseluruhan pantainya mencapai 10 hektar dengan garis pantai sejauh 3,5 km. Pasirnya putih dan ada area perbukitan yang menambah dekorasi keindahan. Pepohonan rimbun pun turut mempercantik kawasan pantai.

Tepian pantainya memiliki pasir putih yang halus di kaki. Sedangkan antara pasir dan air laut terdapat batuan karang yang menjadi pembatas. Sebagian batu karang ini menjorok ke area pasir.

Sedangkan ombaknya cukup tenang karena sebelum sampai ke bibir pantai, ombak menabrak karang terlebih dahulu. Oleh sebab itu, Anda bisa bermain di tepian pantai dengan aman, termasuk anak-anak.

Bermain Air di Bibir Pantai

Bibir Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang Jawa Barat memang memiliki karakter ombak yang besar. Tapi, berkat batu karang yang memecahnya, di bibir pantai ombak menjadi kecil. Sehingga sangat seru untuk bermain di tepiannya.

Mulai dari bermain pasir atau bermain di area batu karang saat air surut. Saat air surut tersebut akan ada kolam-kolam kecil yang memungkinkan Anda menangkap ikan-ikan kecil yang terjebak dengan tangan kosong.

Bermain Voli Pantai

Memang kawasan pasir di pantai ini berbeda dengan Pantai Pangandaran yang fenomenal itu. Tapi, ini bukan berarti di sini wisatawan tidak bisa melakukan kegiatan wisata di area pasirnya.

Salah satu kegiatan wisata Pantai Sayang Heulang yang bisa pengunjung lakukan adalah bermain voli pantai. Area pasirnya yang luas sangat memungkinkan untuk bermain olahraga yang satu ini.

Oleh sebab itu, ajak teman atau bahkan pengunjung lain untuk bergabung. Pasti akan lebih seru ketika bertemu orang baru dan bermain bersama. Untuk yang satu ini, hanya perlu membawa bola voli saja.

Sunset yang Dramatis

Sunset di Pantai Heulang

Posisi pantai yang menghadap ke arah Samudra Hindia secara langsung menawarkan pemandangan eksotis dan dramatis ketika senja. Sunset begitu indah dan sempurna jika Anda melihatnya dari bibir pantai.

Langit pantai akan berubah kemerahan penuh dengan warna jingga dan ungu. Pesonanya sangat spektakuler, bahkan matahari yang kian tenggelam terkadang menampilkan bulatan yang sempurna dengan ukuran besar.

Untuk bisa menyaksikan betapa majestic atau megahnya senja, datanglah di sore hari. Sambil menunggu, bisa sambil menikmati hidangan masakan Sunda daerah pesisir dari warung-warung.

Berburu Foto Terbaik

Pantai Sayang Heulang memang seperti namanya, memiliki kecantikan panorama yang luar biasa. Sehingga setiap sudutnya dapat menjadi spot foto instagramable. Mulailah dengan berburu foto di area pantai.

Perbukitan yang tampak menjadi latar pemandangan akan menambah kesan dramatis karena menawarkan view seperti lukisan kanvas. Batuan karang juga dapat menjadi latar yang epik ketika berpadu dengan deburan ombak.

Jika tepat timing-nya cobalah tangkap gambar ketika ombak menghantam karang dan menciptakan cipratan air yang dramatis. Bagi pecinta fotografi, ini adalah tantangan tersendiri, tapi hasilnya memang luar biasa amazing.

Selain itu, jangan lupa momen sunset yang begitu khas di pantai ini. Berpose di sebelah matahari atau dengan membuat tampilan gambar hitam seperti siluet adalah cara yang bisa Anda lakukan.

Memadukan antara sunset, bukit, laut dan karang berada di dalam satu frame juga menciptakan kesan yang sangat menyentuh. Keindahan ciptaan Tuhan memang sempurna, tanpa cacat apapun.

Setelah puas menikmati keindahan pantai, sempatkan juga untuk mampir ke Kota Garut. Sebab di Kota Garut sendiri, ada banyak pusat oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi jika ingin membeli buah tangan untuk keluarga di rumah.

Agar perjalanan ke Pantai Sayang Heulang aman dan menyenangkan, pastikan untuk menggunakan kendaraan terbaik dan driver profesional dari Salsa Wisata. Kami adalah partner terbaik untuk perjalanan wisata Anda.



By Categories: Destinasi, Garut

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)