SalSari Resto & Coffee

Terkenal akan wisata baharinya, Lombok seolah tidak pernah kehabisan pantai. Bagi Anda yang selalu suka pantai, Anda harus jajal datang ke Pantai Tebing. Pantai yang satu ini merupakan salah satu dari deretan pantai di Lombok Utara.

Dibanding dengan pantai Senggigi dan pantai Kuta di Lombok, pantai yang satu ini memang belum begitu terkenal di kalangan wisatawan. Itulah yang membuat pantai Tebing cocok untuk Anda yang tidak begitu suka menikmati pantai bersama banyak pengunjung lain.

Meski terbilang sepi, pantai ini benar-benar asri. Pasir dan airnya belum tercemar. Air laut di sini tapak jernih berwarna kebiruan.

Sekilas Tentang Pantai Tebing

pasir Pantai Tebing Lombok

Pantai ini dinamakan tebing karena bibir pantainya memang memiliki sebuah tebing setinggi dua puluh dua meter. Tebing berwarna putih tua ini timbul akibat besarnya erupsi gunung Rinjani kuno di masa lalu. Dulu, Gunung Rinjani bernama Gunung Samalas.

Di tahun 1257, gunung tersebut meletus dengan dahsyat. Tebing ini adalah salah satu muntahan material gunung Rinjani kuno. Dengan tebal kira-kira lima puluh meter, tebing ini menjadi saksi hebatnya bencana alam di waktu itu.

Berdasarkan buku-buku sejarah, erupsinya Gunung Samalas alias Rinjani Tua adalah erupsi gunung terdahsyat dalam waktu tujuh ribu tahun terakhir.

Muntahan materialnya pada saat itu lebih dari empat puluh kilometer kubik. Dan itu jauh melampaui muntahan Gunung Krakatau pada tahun 1883, yang hasil muntahannya hanya 12,3 kilometer kubik.

Tebing di pantai ini merupakan tebing pasir. Tebing itu terbuat dari lempeng endapan piroklastik, hasil dari muntahan Gunung Samalas. Lempeng itu terbuat dari endapan awan panas.

Awan panas yang bertabrakan dengan air laut yang dingin kemudian memicu letusan lain. Letusan lain ini lalu terlempar ke daratan dan membentuk bukit batu ini. Tegak berdiri di bibir pantai.

Lokasi Pantai Tebing

Pantai Tebing terletak di Luk, Desa Sambi Bangol, Gangga, Lombok Utara, NTB. Dari Mataram, butuh waktu berkendara sekitar 1,5 jam, karena jaraknya kira-kira 46 km.

Untuk memudahkan Anda, disarankan untuk menggunakan aplikasi Google Maps. Peta online bisa memudahkan Anda untuk mencapai destinasi wisata. Rute mapsnya bisa Anda akses di sini.

Kalau datang ke pantai ini, Anda harus naik kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang sampai ke sini. Jika tidak bawa kendaraan pribadi, Anda bisa gunakan layanan rental mobil Pajero Lombok plus driver dari Salsa Wisata.

Jam Operasional Pantai Tebing

Jam Buka Pukul
Setiap Hari 24 jam

Fasilitas Pantai Tebing

fasilitas di Pantai Tebing Lombok

Walau pantai ini terbilang masih sepi, fasilitasnya cukup lengkap. Setidaknya ada fasilitas standar yang bisa memudahkan pengunjung. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan:

  • Parkiran
  • Toilet
  • Warung makan
  • Penginapan
  • Mushola

Harga Tiket Masuk Pantai Tebing

Retribusi Tarif
Tiket masuk Gratis
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Daya Tarik Pantai Tebing

bukit Pantai Tebing Lombok

Seperti layaknya wisata alam Lombok Instagramable lainnya, Pantai Tebing juga menawarkan panorama yang indah. Ini sederet hal yang bisa Anda nikmati:

Menikmati Indahnya Tebing di Pinggir Pantai

Keberadaan tebing di pinggir pantai itu tidak umum. Apalagi mengingat sejarahnya. Meskipun tebing ini begitu menggoda untuk dipanjat, wisatawan tidak boleh menaikinya.

Tidak terdapat tembok pengaman di tebing ini. Meski terlihat kokoh, jika dipanjat, material tebing bisa longsor. Sangat berbahaya tanpa adanya dinding pengaman.

Karena itu, Anda hanya bisa menikmati tebing dengan dari jauh saja. Atau, bisa juga menjadikannya sebagai latar belakang foto. Spot foto di depan tebing sangat Instagramable.

Melihat Pemandangan Pantai yang Indah

Berlibur ke pantai memang tujuan utamanya adalah melihat pemandangan pantai yang indah. Namun, itu tidak membuat pantai ini jadi tampak sama dengan pantai-pantai lainnya di Lombok.

Ketika pertama kali Anda melangkah di sini, Anda akan merasakan atmosfer yang berbeda. Selain tebingnya yang menjulang, pantai ini juga dikelilingi perbukitan rendah yang menghijau.

Perbukitan tersebut mengapit pantai dari sisi kanan dan kiri. Itu membuat objek wisata ini jadi terkesan terisolasi. Sangat pas untuk menjauh sejenak dari hingar bingarnya kota.

Bermain Air dan Berenang

Ombak di pantai yang satu ini tidak besar. Anda bisa menikmatinya dengan cara berenang di pinggir atau sekadar bermain air. Tidak perlu khawatir tiba-tiba akan muncul ombak besar. Ombak-ombak kecil ini menyuguhkan pemandangan yang menenangkan.

Apalagi jika ombak-ombak tersebut membasahi kaki. Anda bisa berjalan menyusuri pantai sambil menikmati gelitik ombak di telapak kaki. Duduk di atas pasir sambil sesekali diguyur ombak kecil bisa membawa energi positif pada tubuh dan mental Anda.

Bermain di Atas Pasir Hitam nan Bersih

Seringnya, pasir pantai berwarna putih. Namun di pantai ini, pasirnya berwarna hitam eksotis, mengingatkan Anda akan pantai Parangtritis di Jogja. Bedanya, pantai yang ini jauh lebih sepi.

Pasir hita ini terasa sangat lembut, apalagi jika dipadukan dengan ombak-ombak kecil. Anda bisa bermain voli pantai untuk memanfaatkan area pasirnya yang luas dan bersih.

Apa lagi pantai cantik ini sangat bersih, karena masih jarang terjamah manusia. Jika Anda berkunjung ke sini, tetaplah jaga kebersihan pantai untuk menjaga keasriannya.

Memancing

Buat Anda yang hobi memancing, boleh juga menjajal kemampuan Anda menangkap ikan di pantai ini. Airnya yang jernih dan tenang akan lebih memudahkan kail pancing Anda untuk mendapatkan ikan.

Harap ingat untuk membawa peralatan memancing Anda sendiri, karena belum disediakan fasilitas persewaan alat pancing di sini. Anda bisa duduk di atas karang, lemparkan kail, dan coba keberuntungan Anda di sini.

Jika Anda berlibur ke Lombok dan mengunjungi Pantai Tebing, jangan lupa untuk gunakan Paket Wisata dari Salsa Wisata. Berlibur dengan jasa agen perjalanan itu jauh lebih mudah, murah, dan efisien ketimbang harus menyiapkan segalanya sendiri.

Salsa Wisata menyediakan pilihan paket untuk Anda, berikut akomodasi dan transportasI. Anda bisa memilih paket dan destinasi0 yang sesuai dengan budget Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)