SalSari Resto & Coffee

Sebetulnya, Cilacap itu lebih dikenal sebagai kabupaten penghasil tambang. Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada tempat wisata Instagramable di Cilacap. Terletak di pesisir selatan Jawa membuat pulau ini tidak kekurangan pantai cantik. Salah satunya adalah Pantai Teluk Penyu.

Biasanya, pantai ini selalu jadi tempat wisata anak-anak sekolah di Cilacap. Itu menunjukkan bahwa pantai ini bukan cuma menawarkan panorama yang indah, tapi juga edukasi.

Sama seperti pantai-pantai lain yang menghadap langsung ke Samudera Hindia, pantai yang satu ini juga memiliki ombak yang besar. Namun, itu justru menjadi daya tarik.

Sekilas Tentang Pantai Teluk Penyu

mancing di Pantai Teluk Penyu

Objek wisata bahari ini bisa jadi tempat berlibur bersama keluarga. Di akhir pekan, tempat ini selalu ramai pengunjung. Itu karena Pantai Teluk Penyu ini punya akses jalan yang mudah. Selain itu, ada banyak daya tarik di pantai yang cantik ini.

Mengapa diberi nama Teluk Penyu? Rupanya, seperti yang sudah bisa Anda duga, ada banyak penyu di pantai ini. Bukan cuma sekadar lewat, penyu-penyu itu pun memilih berkembang biak di pantai ini. Maka itulah kemudian pantai ini disebut dengan sebutan Teluk Penyu.

Sayangnya, sekarang ini ekosistem penyu di sini jadi terganggu karena ulah orang-orang tak bertanggung jawab. Maka penyu-penyu jadi tidak bisa lagi bertahan hidup di sini.

Nasib mereka juga kian sulit untuk diselamatkan. Alhasil, nama Teluk Penyu sekarang tinggal nama belaka. Pengunjung sudah semakin jarang menemukan penyu di tempat ini.

Namun, itu tidak memuat wisatawan jadi enggan datang. Malah, semakin ke sini semakin banyak yang berduyun-duyun datang, karena tempat ini memang populer di kalangan warga lokal.

Lokasi Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu letaknya dekat dengan Segara Anakan, Benteng Pendem, dan Nusakambangan. Jadi, rasanya sayang kalau hanya mengunjungi pantai ini saja. Pantai ini sendiri letaknya di Pantai Selatan, Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Rute perjalanannya paling mudah yaitu dengan menggunakan bantuan Google Maps, Anda bisa mengaksesnya di sini.

Supaya Anda bisa sekalian mengunjungi tempat-tempat wisata di dekat pantai ini, kami sarankan untuk menyewa mobil di  tempat rental mobil terbaik di Cilacap. Dengan begitu, Anda bisa diantar ke mana-mana oleh sopir profesional yang sudah hafal rute. Tentu lebih praktis daripada naik kendaraan umum bagi wisatawan luar kota.

Jam Operasional Pantai Teluk Penyu

Jam Buka Pukul
Setiap Hari 24 jam

Fasilitas Pantai Teluk Penyu

fasilitas warung Pantai Teluk Penyu

Pantai ini sudah begitu terkenal di kalangan penduduk sekitar, apa lagi wisatawan. Jadi, pengelolanya lalu melengkapi tempat ini dengan fasilitas yang memadai. Berikut ini beberapa sarana dan prasarana yang bisa dimanfaatkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Penyu

Meski pantai ini sangat populer, tiket masuknya tidak mahal, kok. Anda bisa datang bersama keluarga di hari biasa maupun di akhir pekan, dan harga tiketnya tetap sama. Berikut ini adalah harga tiket masuk Pantai Teluk Penyu:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp10.000,00
Parkir motor Rp3.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Daya Tarik Pantai Teluk Penyu

bermain di Pantai Teluk Penyu

Bermain Air dan Pasir

Seperti lazimnya wisata pantai lainnya, Anda bisa puas bermain air dan pasir di Teluk Penyu. Meski ombaknya besar, Anda dan keluarga bisa bermain-main di tepi pantai. Pasirnya berwarna gelap, sama seperti pantai Parangtritis dan pantai Samas di Yogyakarta. Namun, teksturnya lembut.

Anda bisa membangun istana pasir atau menggelar tikar untuk berpiknik bersama keluarga di pinggir pantai. Bisa juga lho, berbaring di atas pasir dan berjemur, karena pasirnya memang selembut itu.

Berfoto di Jembatan

Tahukah Anda bahwa ada satu objek yang paling menarik bagi wisatawan di pantai ini? Itu adalah sebuah jembatan. Bukan jembatan biasa, jembatan yang ini lebih mirip seperti dermaga, karena bentuknya memanjang dan menjorok langsung ke tengah laut. Anda yang hobi memancing bisa menggunakan jembatan ini untuk menangkap ikan.

Bukan cuma itu, Anda juga bisa foto-foto di atas jembatan dermaga ini. Pemandangan sekitarnya sangat instagrammable. Meskipun begitu, harap tetap hati-hati karena Anda harus meniti bagian pinggir jembatannya. Bagian tengahnya bolong.

Melihat Pemandangan Kapal Tanker

Biasanya, pantai-pantai lain menyuguhkan pemandangan kapal-kapal tradisional nelayan. Namun Teluk Penyu ini berbeda. Alih-alih kapal nelayan, yang ada malah kapal tanker. Itu karena pantai-pantai di Cilacap ini lokasinya memang dekat dengan kilang minyak kepunyaan PT Pertamina.

Jadi, kapal-kapal minyak yang lalu lalang di pantai ini sudah bukan hal yang asing lagi. Adanya kapal tanker ini jadi salah satu ciri khas pantai di Cilacap, khususnya Teluk Penyu.

Naik Perahu Wisata

Anda pun bisa merasakan sensasi mengeliling pantai ini dengan menumpang perahu nelayan. Perahu-perahu tradisional ini memang disewakan untuk pengunjung. Dengan naik kapal, Anda bisa melihat laut lebih dekat. Anda juga bisa melihat ikan-ikan yang ada di permukaan laut, karena air lautnya memang sangat jernih, jadi bisa terlihat dalamnya.

Nah, kalau Anda hobi memancing, Anda juga bisa memanfaatkan perahu nelayan ini untuk memancing. Perahu nelayan ini akan membawa Anda ke berbagai spot bagus yang banyak ikannya. Sewanya murah, cuma sekitar Rp70.000,00 sampai Rp100.000,00.

Melihat Acara Sedekah Laut

Ada keunikan lain yang bisa Anda saksikan setiap tahun di sini. Coba datang di bulan Suro atau bulan Muharam. Anda akan melihat ritual sedekah laut yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Hal ini dilakukan sebagai ucapan syukur atas keamanan dan keberkahan yang diberikan Tuhan pada nelayan. Anda bisa melihat bagaimana prosesnya yang begitu meriah berlangsung. Lihat juga berbagai makanan dan hasil bumi yang disusun tinggi, kemudian dilarung ke laut.

Ingin berlibur dengan praktis tanpa harus sewa mobil lagi? Gampang. Anda bisa pesan paket wisata dari Salsa Wisata. Paket liburan ini bisa Anda pilih di berbagai kota di Indonesia. Pilihan paketnya terbagi berdasarkan tempat-tempat wisatanya.

Anda pun bisa memilih sendiri tempat wisata yang ingin Anda kunjungi dan merancang paket yang hendak Anda pesan. Paket wisata dari Salsa Wisata sudah termasuk transportasi plus sopir, akomodasi, makan, dan tiket wisata. Ayo segera hubungi kami dan biarkan kami membantu merancang liburan Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (1 vote)