SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pasar Bawah Pekanbaru merupakan destinasi yang tepat untuk Anda yang senang berbelanja. Terlebih pasar tradisional ini terkenal banyak menyajikan barang-barang import-nya yang murah namun berkualitas.

Ada banyak makanan khas seperti kacang pukul, bolu kemojo, batik khas riau, perabotan rumah tangga, hingga barang antik. Maka tak heran bila banyak yang menyebut Pasar Bawah sebagai surganya oleh-oleh Pekanbaru.

Yang datang ke sana pun tak hanya dari warga lokal saja. Banyak pelancong dari Malaysia atau Singapura belanja oleh-oleh di sana. Lalu apa saja hal yang menarik dari Pasar Bawah di Pekanbaru ini? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Sejarah Pasar Bawah Pekanbaru

Sejarah Pasar Bawah Pekanbaru

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pasar Bawah merupakan tempat perbelanjaan berkonsep pasar tradisional yang dimiliki dan dikelola langsung oleh Pemerintah Daerah Tingkat II Pekanbaru. Tujuannya tentu untuk meningkatkan perekonomian warga yang berjualan.

Walaupun namanya Pasar Bawah, bukan berarti lokasinya ada di bawah tanah. Namanya sendiri berasal dari letak geografisnya yang berada tepi Sungai Siak, salah satu daerah yang kontur tanahnya lebih rendah dari daerah lainnya.

Selain itu, pasar wista ini termasuk salah satu pasar tradisional yang paling tua di Pekanbaru. Berdasarkan catatan sejarah yang ada, pasar ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 1700-an.

Desain bangunannya dirancang oleh Raja atau Sultan ke-4 dari Kerajaan Siak Sri Indrapura yang bernama Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah. Dulunya, kerajaan tersebut ada di daerah Senapelan  nama lawas dari Pekanbaru.

Sehingga saat berkunjung ke pasar wisata ini nuansa tradisional khas Pekanbaru akan sangat terasa. Bangunan pasarnya berbentuk rumah tradisional Pekanbaru, Selaso Jatuh Kembar dengan atapnya yang khas.

Lalu seiring waktu, popularitas Pasar Bawah sebagai pusat perbelanjaan semakin maju, sehingga pemerintah daerah menjadikannya sebagai destinasi pasar wisata. Pasarnya sendiri terdiri dari tiga lantai dan satu basement yang menjual berbagai barang menarik.

Daya Tarik Wisata Pasar Bawah Pekanbaru

Daya Tarik Pasar Bawah Pekanbaru

Pasar bawah ini sempat mendapatkan penghargaaan sebagai Objek Wisata Belanja Terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017. Bahkan penghargaan dari Kemenparekraf pun pernah didapat.

Hal ini karena banyak alasan dan daya tarik yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi pasar ini. Lalu ada apa saja di dalam Pasar Bawah Pekanbaru? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Komplek Pasar Tradisional di Basement

Lantai basement ini merupakan gambaran pasar tradisional pada umumnya yang menjual berbagai macam barang. Misalnya saja kios keripik dan makanan khas Pekanbaru yang menjual berbagai sajian keripik dan jajanan lainya.

Selain itu ada pula kios kaos serta toko kain untuk berbagai keperluan. Di sini, Anda bisa memesan gorden kustom hasil request langsung ke penjahitnya atau membeli sejumlah kaos sebagai oleh oleh.

Lalu yang paling ramai biasanya komplek pasar basah yang menjual rempah-rempah, segala macam ikan-ikanan, bumbu dapur, dan lainnya. Opsi pilihan lain yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh yaitu olahan ikan salainya karena tahan lama.

Belanja Aksesoris Unik dan Lucu

Kios di lantai 1 ini terdiri dari toko tas, perhiasan, baju khas melayu, aneka tenun songket, sepatu wanita, dan perhiasan. Jadi cocok sekali untuk Anda yang sedang mencari perintilan sebagai oleh-oleh di rumah nantinya.

Masih di lantai yang sama banyak tersedia pula aneka aksesoris khas Pekanbaru. Seperti misalnya taplak meja, gantungan kunci, piring ukir, tempat pensil, miniatur, kain khas melayu, dan masih banyak lagi.

Ingin memperindah rumah dengan perabotan rumah tangga yang unik dan lucu? Tersedia kios penjual keramik antik, toko guci, bantal shabby renda, aneka taplak meja, hingga beragam bunga plastik warna-warni.

Selain aksesoris, banyak juga terdapat beragam jajanan khas Pekanbaru dan makanan Import dari Malaysia dan Singapura. Jadi jika ingin mencicipi kuliner khas Singapura tak perlu datang ke negaranya.

Belanja Fashion Pria dan Wanita

Naik ke lantai 2 Anda akan menjumpai aneka toko pakaian menarik bagi pria maupun wanita. Pernak-pernik dan fashion untuk pria lengkap di lantai ini. Mulai dari sepatu yang elegan, ikat pinggang, kemeja, jeans, celana bahan, kemeja, jaket, dan kaos.

Sedangkan untuk fashion wanita ada toko gaun pesta, gamis, baju sehari-hari, hingga pakaian dalam. Selain itu terdapat juga kios yang menjual peralatan haji dan umrah lengkap dari pakaian ihram, mukena, sarung, peci, tasbih, dan sajadah.

Thrifting Fashion Branded

Di lantai paling atas ini terdapat toko pakaian pria dan wanita. Namun yang unik pakaian yang tersedia merupakan baju bekas yang dijual sangat murah. Walaupun bekas namun kebanyakan merupakan pakaian bermerk.

Bila beruntung Anda bisa mendapatkan harta karun berupa pakaian bermerek dengan harga yang murah. Usai berkeliling bangunan pusat Pasar Bawah, jangan lewatkan untuk cuci mata di toko yang ada di sekitarnya.

Misalnya di area Jalan Saleh Abbas banyak berjejer kios fashion, perabotan rumah tangga seperti sprei, karpet, perabotan dapur, dan lainnya. Jadi toko sekitarnya melengkapi barang lain yang Anda butuhkan setelah berbelanja di pasar.

Fasilitas di Pasar Bawah Pekanbaru

Fasilitas di Pasar Bawah Pekanbaru

Pasar wisata ini menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang seluruh kebutuhan para wisatawan yang datang berkunjung. Mulai dari area parkir yang luas bahkan muat hingga 4000 kendaraan bermotor.

Selanjutnya untuk kebutuhan rekreasi pengelola menyediakan kolam kecil, area tempat duduk, dan taman terbuka yang banyak pohon rindang. Jika perut keroncongan usai berkeliling, banyak tersedia warung makan di sekitaran pasar.

Anda pun bisa mengunjungi berbagai tempat wisata kuliner enak Pekanbaru yang menyajikan menu khasnya. Sementara fasilitas penunjang di dalam pasar terdapat toilet umum di beberapa titik dan mushola yang ada di lantai 3.

Harga Tiket Masuk Pasar Bawah Pekanbaru

Pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali untuk masuk ke pasar tradisional tertua di Pekanbaru ini, hanya dikenai retribusi parkir saja. Anda pun dapat bebas leluasa melihat perabotan rumah tangga, barang antik, aksesoris, dan lainnya.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Pasar Bawah Pekanbaru

Lokasi Pasar Bawah Pekanbaru

Lokasi Pasar Bawah Pekanbaru terletak di Jl. Saleh Abbas, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Letaknya pun cukup dekat dengan Taman Kota Pekanbaru yang terkenal dengan keasriannya.

Karena lokasinya yang cukup strategis, untuk bisa menuju ke pasar wisata Pekanbaru satu ini cukup mudah. Jika Anda datang dari jauh dan tidak mengetahui jalan, bisa menggunakan layanan sewa mobil elf Pekanbaru.

Driver Salsa Wisata akan memberikan rute terbaik untuk menuju ke Pasar Bawah karena telah hafal medan jalannya. Selain itu, Anda bisa lebih leluasa mengunjungi berbagai destinasi menarik lainnya selema di Pekanbaru.

Jam Buka Pasar Bawah Pekanbaru

Pasar Bawah buka setiap hari biasanya mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Namun perihal mengenai jam buka tesebut bisa berbeda, seperti hari Minggu, Jumat, dan Rabu yang buka lebih awal.

Itu tadi review lengkap mengenai destinasi wisata terkenal Pekanbaru ini. Jika Anda berencana ingin mengunjungi Pasar Bawah Pekanbaru, siapkan budget lebih untuk berbelanja. Supaya Anda bisa puas memilih barang yang Anda inginkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Pekanbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)