SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pekanbaru terkenal dengan sebutan kota seribu ruko. Walaupun cuaca kota tersebut cenderung panas, kota ini menawarkan pesona wisata yang berbeda. Identik dengan budaya Melayu sehingga beberapa tempat wisata Pekanbaru juga merupakan simbol dari kebudayaan tersebut.

Pekanbaru kaya dengan wisata budaya, sejarah, kuliner, hingga masjid. Iklim bisnis di bumi Lancang Kuning juga tumbuh subur. Simbol-simbol Melayu bisa terlihat di pusat perkotaan dan sebagian daerah pesisir.

Bila Anda punya rencana berkunjung lama ke Pekanbaru, berikut rekomendasi 18 tempat wisata paling hits untuk Anda kunjungi:

Daftar Tempat Wisata Pekanbaru Populer dan Instagramable

Danau Buatan Kayangan

Danau Buatan Kayangan

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Danau Buatan Kayangan berada di Kecamatan Rumbai, berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota. Tempat wisata di Rumbai Pekanbaru ini pernah difungsikan sebagai lokasi pelaksanaan olahraga dayung Pekan Olahraga Nasional (PON).

Di tepian danau terdapat beberapa spot menarik seperti taman bunga, tribun untuk pengunjung, dan panggung untuk hiburan. Di hari libur, tempat wisata ini jadi alternatif warga Pekanbaru yang ingin berwisata alam.

Bila Anda masuk melalui pintu utama, Anda akan dikenakan tiket wisata sebesar Rp 10-15 ribu per orang belum termasuk parkir. Namun, para pengunjung juga bisa masuk dari pintu gratis di sekeliling danau dan hanya membayar parkir.

Di kawasan danau ini pengunjung bisa berfoto, mengambil video konten, bersantai, mencoba sepeda air, hingga menikmati hiburan di akhir pekan.

Masjid Agung An-Nur Pekanbaru

Masjid Agung An-Nur Pekanbaru

Di Pekanbaru ada beberapa masjid yang ikonik, salah satunya Masjid An-Nur. Arsitektur masjid ini cukup mirip dengan Taj Mahal di India. Beberapa fotografer sering mengabadikan pengambilan jarak jauh masjid dengan latar kolam perairan, mirip Taj Mahal.

Masjid ini memiliki eskalator yang menghubungkan lantai satu dan dua. Di kawasan masjid ini juga berdiri kantor-kantor lembaga keagamaan seperti MUI dan sebagainya. Halaman yang luas, taman bunga yang terawat membuat Masjid An-Nur jadi salah satu destinasi wisata religi Pekanbaru.

Uniknya lagi, di masjid ini kerap terselenggara kajian bersama ustadz-ustadz kondang seperti Ustadz Abdul Somad (UAS) dan dai-dai nasional yang diundang khusus oleh pengurus masjid.

Hutan Kota Pekanbaru

Hutan Kota Pekanbaru

Di tengah panasnya kota, Pekanbaru memiliki tempat wisata hutan rimbun yang lokasinya berada di Jalan Diponegoro.

Hutan ini memiliki jalur tracking untuk olahraga, parit-parit cantik dan beberapa spot gazebo untuk istirahat. Anda bisa berkunjung ke hutan kota ini pada siang hari saat cuaca sedang terik.

Masuk ke kawasan wisata ini free alias tidak ada tiket masuk. Anda bisa berfoto, bersantai atau olahraga jogging di sore hari.

Asia Heritage Pekanbaru

Asia Heritage Pekanbaru

Wisata Pekanbaru terbaru yang menarik Anda kunjungi adalah Asia Heritage. Tempat wisata ini menampilkan ikon-ikon landmark negara-negara di Asia yang tentunya menjadi tempat berfoto yang unik.

Di tempat wisata ini Anda bisa menyaksikan ikon-ikon seperti Masjid Cheng Ho, Jeju Village, Little Kyoto, Great Wall, Rainbow slide, Floating Market, dan lainnya. Anda bisa berfoto dengan kimono dan hanbok.

Tiket masuk ke tempat wisata ini cukup terjangkau, yakni Rp30 ribu dan Anda bisa berfoto sepuasnya di kawasan tersebut.

Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso, KM 12, Muara Fajar Kecamatan Rumbai. Bila ingin sewa kostum atau mencoba beberapa wahana dikenakan biaya terpisah. Jika Anda bersama rombongan ingin mengunjungi objek wisata instagramable ini, kami merekomendasikan sewa hiace Pekanbaru.

Taman Wisata Alam Mayang

Taman Wisata Alam Mayang

Tempat wisata hits di Pekanbaru sepanjang masa adalah Taman Wisata Alam Mayang. Wisata alam ini terletak di Kecamatan Tenayan Raya, arah ke Kabupaten Pelalawan.

Di Alam Mayang menawarkan banyak wahana seperti memancing, sepeda air, berkuda, taman bermain anak, outbond, dan sebagainya. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini Rp30 ribu/orang untuk dewasa.

Di kawasan wisata ini juga sering ditaja event-event khusus seperti festival memancing, konser musik regional, event wisata dan sebagainya. Kawasannya cukup nyaman, teduh dengan tempat wisata kuliner yang mendukung di dalamnya.

Setiap harinya tempat wisata ini buka mulai pukul 8 pagi dan tutup pukul 5 sore. Hal tersebut untuk menjaga keamanan lokasi bebas dari aktivitas asusila pengunjung.

Mall SKA Pekanbaru

Mall SKA Pekanbaru

Wisata belanja mall yang sangat favorit di Pekanbaru adalah Mall SKA. Ada pusat perbelanjaan lainnya seperti Living World, Mall Pekanbaru, Mall Ciputra, tetapi Mall SKA tetap jadi idola.

Mall ini selain lengkap dengan aneka outlet dan supermarket, secara harga pun terkenal lebih murah. Pada akhir pekan, banyak masyarakat luar Pekanbaru yang sengaja jauh-jauh ingin berbelanja dan liburan di mall tersebut.

Lokasi Mall SKA berada di perempatan Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Tuanku Tambusai. Fasilitas di sekitar mall juga lengkap. Tersedia hotel bintang empat dan auditorium CoEx yang besar dan mewah.

Makam Marhum Pekan

Makam Marhum Pekan

Wisata sejarah di Kota Pekanbaru yang cukup populer adalah makam pendiri Kota Pekanbaru Makam Marhum Pekan. Lokasinya berada tak jauh dari Masjid Raya Senapelan Pekanbaru. Kawasan ini adalah titik bersejarah asal pembentukan Kota Pekanbaru.

Makam bersejarah tersebut biasanya akan ramai dikunjungi wisatawan menjelang Ramadan, Idul Fitri dan sebagainya. Tempat ini biasanya juga menjadi pusat penyelenggaraan acara budaya Petang Magang yang dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Datang ke makam ini umumnya pengunjung melakukan ziarah, melihat bukti-bukti otentik asal usul Kota Pekanbaru.

Perpustakaan Wilayah Soeman HS

Perpustakaan Wilayah Soeman HS

Tempat wisata di Pekanbaru 2020, sebelum tahun tersebut hingga saat ini yang menjadi ikonik kota salah satunya adalah perpustakaan dengan arsitektur megah dan unik. Perpustakaan Soeman HS memiliki arsitektur berbentuk buku terbuka dengan bangunan mewah dan fasilitas lengkap.

Bangunan yang menjadi kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau ini memiliki ruang anak, bilik Tenas Effendy, Bilik Melayu, Ruang Diskusi, aula pertemuan, ruang seminar, ruang Ismail Suko, koleksi ribuan buku, fasilitas lift, kafe, musala, parkir yang luas, taman, dan sebagainya.

Perpustakaan ini banyak dikunjungi pelajar, mahasiswa, guru, hingga masyarakat umum yang datang sengaja untuk berfoto. Fasilitas full AC, wifi, dan spot-spot menyimbolkan budaya Riau bisa Anda nikmati di perpustakaan tersebut.

Buka setiap hari hingga pukul 3 petang waktu setempat, dan pukul 12 untuk hari Sabtu dan Ahad.

Kompleks Bandar Serai Purna MTQ

Kompleks Bandar Serai Purna MTQ

Salah satu tempat wisata di Kota Pekanbaru yang dekat dengan kawasan bandara adalah Bandar Serai Purna MTQ. Kawasan yang merupakan taman mininya Riau ini memiliki berbagai miniatur rumah adat seluruh kabupaten di Riau. Lokasinya berada di Jalan Sudirman, sebelah kiri dari arah bandara.

Di kawasan wisata ini berdiri sebuah gedung seni yang cukup terkenal yakni Idrus Tintin. Gedung ini mirip bioskop, tetapi khusus untuk pertunjukan acara-acara panggung seni budaya. Kegiatan festival budaya berskala lokal dan regional bahkan nasional kerap diadakan di bangunan ini.

Pada akhir pekan biasanya pengunjung bisa menyaksikan pemutaran film budaya, acara-acara tarian daerah dan festival bisa Anda saksikan di kawasan budaya. Jika ingin masuk berfoto di kawasan komplek Bandar Serai gratis saja. Tiket hanya berlaku jika Anda ingin menyaksikan pertunjukan.

Taman Kaca Mayang

Taman Kaca Mayang

Taman ini merupakan tempat wisata gratis untuk keluarga dan letaknya di pusat kota Jalan Sudirman Pekanbaru. Seperti taman pada umumnya, tempat ini menawarkan spot cantik seperti gazebo, aneka bunga, panggung pertunjukan, dan aneka permainan anak.

Tempat romantis di Pekanbaru pada petang hari dengan pemandangan pusat kota sekaligus Anda bisa membawa keluarga dan anak-anak untuk bermain. Anda bisa bersantai menghibur anak-anak, berfoto, dan sebagainya.

Desa Okura

wisata desa okura di pekanbaru

Wisata desa yang terkenal sebagai kawasan agrowisata di Pekanbaru adalah Desa Okura. Desa ini terletak di Jalan Raja Panjang Okura, daerah Rumbai Pesisir. Uniknya di desa ini pengunjung bisa menikmati aliran sungai Siak yang bisa Anda jadikan spot memancing.

Selain itu, terdapat beberapa fasilitas outbond dengan suasana desa yang masih alami. Anda bisa masuk ke desa wisata ini gratis untuk sekadar berfoto dan menikmati suasana.

Kawasan Agrowisata Pekanbaru ini juga sempat populer menjadi destinasi yang menawarkan aktivitas uji ketangkasan seperti memanah, berkuda, dan lainnya.

Rumah Singgah Tuan Kadi

Rumah Singgah Tuan Kadi

Salah satu wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi gratis di Pekanbaru adalah Rumah Singgah Tuan Kadi. Lokasinya berada di Kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan.

Rumah ini merupakan rumah peninggalan Sultan Kerajaan Siak. Para pengunjung yang datang ke tempat wisata ini akan mendapatkan banyak informasi terkait sejarah kejayaan Kesultanan Siak di masanya.

Lokasi rumah ini tak jauh dari tepian sungai Siak, sehingga para pengunjung juga bisa langsung mencari spot berfoto yang unik dengan latar sungai. Tempat sering dijadikan sebagai objek wisata edukatif oleh mahasiswa, pelajar, dan para budayawan.

Istana Kerajaan Siak (Istana Siak)

Istana Siak

Istana Siak sebenarnya lokasinya sudah berada di luar Pekanbaru, tepatnya di Kota Siak sebagai ibu kota dari Kabupaten Siak. Jaraknya sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat. Istana ini menjadi tempat wisata di Riau yang sangat ikonik.

Istana Siak merupakan istana Kerajaan Siak yang masih menyisakan bukti-bukti sejarah kerajaan seperti kotak hitam yang fenomenal, aneka guci, keramik, senjata, pakaian, cermin, ruangan-ruangan bersejarah dan sebagainya.

Tiket masuk ke istana tersebut sebesar 15 ribu pada hari biasa, biasanya akan lebih mahal di hari-hari libur. Di Siak ini pengunjung bisa menikmati kuliner khas setempat di tepian sungai, berfoto di kawasan pemakaman raja-raja dan menikmati keindahan kota yang hening dan bersih.

Pasar Bawah Pekanbaru

Pasar Bawah Pekanbaru

Pusat belanja pasar tradisional yang lengkap untuk oleh-oleh bisa Anda temukan di Pasar Bawah Pekanbaru. Ingin belanja produk grosiran, cinderamata khas Riau bisa belanja langsung di kawasan pasar yang ada di Kecamatan Senapelan tersebut.

Masyarakat Riau biasanya datang dari daerah untuk belanja produk-produk grosiran di pasar ini. Bukan hanya produk lokal, di pasar ini juga bisa Anda temukan karpet impor Timur Tengah, aneka keramik asal Cina, hingga elektronik dari negeri seberang.

Belanja lebih murah dan lengkap di pasar yang memiliki bangunan dua lantai tersebut. Lokasinya mudah terjangkau dan tak jauh dari Sungai Siak.

Insyirah Oleh-oleh Pekanbaru

Buat Anda yang mencari kuliner Pekanbaru untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, datanglah ke toko oleh-oleh Insyirah Pekanbaru. Lokasinya berada di Jalan Arifin Ahmad, tepi jalan raya.

Di sini Anda bisa membeli makanan khas Riau seperti kue talam durian, pancake, dimsum, kue klepon, aneka kripik (nenas, bayam, nangka, dll), sambal baby cumi, sate kerang, aneka olahan ikan patin, aneka minuman segar dan banyak lagi.

Keunggulan Insyirah ini harganya relatif murah, menu yang lengkap, dan lokasinya strategis. Bukan hanya pengunjung luar yang belanja di toko ini, masyarakat Pekanbaru pun memilih toko oleh-oleh ini. Stok produk selalu banyak dan segar.

Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama

Jika ingin melihat banyak sejarah tentang Riau, Anda juga bisa berkunjung ke museum di Pekanbaru. Museum Sang Nila Utama lokasinya di Jalan Sudirman, tepatnya di depan Kantor DPRD Provinsi Riau atau sebelah Taman Budaya.

Tiket masuk hanya Rp5 ribu dan Anda bisa menyaksikan berbagai koleksi museum seperti foto tokoh dan gubernur lengkap, aneka diorama suku asli Riau, koleksi senjata kerajaan, pakaian adat, benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan di Riau lainnya.

Museum ini menjadi referensi wisata sejarah para siswa sekolah dan kalangan terpelajar lainnya. Lokasinya yang tak jauh dari Taman Budaya cukup menarik bagi wisatawan yang ingin sekalian berfoto di spot yang menarik.

Masjid Arrahman Pekanbaru

Masjid Arrahman Pekanbaru

Jika Anda ingin beristirahat di masjid yang lokasinya di pusat kota, berkunjunglah ke Masjid Arrahman. Masjid kecil dengan bangunan mewah dan elegan keemasan ini menjadi tempat ibadah favorit masyarakat kota. Selain lokasinya yang strategis, arsitekturnya benar-benar indah.

Masjid Arrahman memiliki model arsitektur yang khas, karpet yang tepat, AC yang full dan dingin, kawasan toilet yang bersih dan unik, serta bagian selasar yang nyaman dan indah. Bangunan yang kecil, tetapi indah dan megah.

Masjid ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Tak jauh dari Gramedia dan sebelum Perpustakaan Soeman HS jika Anda berkendara dari arah bandara. Gunakan jasa sewa mobil Alphard Pekanbaru jika kamu dan keluarga ingin mengunjungi mesjir ini.

Arboretum Universitas Riau

Arboretum Universitas Riau

Wisata hutan yang lokasinya di dalam kota bisa Anda temukan di kawasan kampus Universitas Riau. Hutan kecil yang memiliki kekayaan hayati dan menjadi pusat penelitian kalangan cendekiawan. Anda bisa mengunjungi hutan ini di dalam kampus UR, Panam.

Masuk ke kawasan ini gratis dan Anda bisa menikmati spot pemandangan berfoto seperti hamparan padang hijau, jembatan kupu-kupu, aneka gazebo, kawasan dalam hutan dan jembatan kayu.

Tempat ini biasanya ramai dengan pengunjung di sore hari baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum. Pengunjung selain berfoto biasanya juga membuat konten video. Lokasinya tidak jauh dari kantor rektorat Universitas Riau.

Berkunjung ke Pekanbaru juga cukup menarik karena tarif hotel dan penginapan di kota ini relatif cukup terjangkau. Anda juga bisa menikmati aneka kuliner di kafe maupun pusat-pusat jajanan tradisional dengan harga yang masih standar.

Kuliner yang wajib Anda coba adalah asam pedas ikan baung, gulai patin, asam pedas patin, dan masakan khas Melayu lainnya. Rasanya berbeda dan menunjukkan ciri khas masakan Melayu Riau.

Jangan lupa membeli oleh-oleh tanjak khas Riau, baju batik Melayu, songket khas Riau yang biasanya menjadi barang cenderamata premium untuk para wisatawan. Menjelajah ke tempat wisata Pekanbaru semakin sempurna jika pulang membawa oleh-oleh.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

1.6/5 - (39 votes)