SalSari Resto & Coffee

Anda pernah berkunjung ke Pemandian Air Panas Cimanggu yang berada di Bandung? Ternyata, Subang juga memiliki tempat serupa. Namun bedanya di sana bernama Pemandian Air Panas Ciater.

Pemandian air panas adalah salah satu rekomendasi tempat wisata untuk melepas penat. Pengunjung bisa menikmati sensasi berendam di air panas yang membuat badan merasa nyaman.

Jika Anda sedang memerlukan sebuah tempat yang dapat mengembalikan lagi semangat beraktivitas, maka pemandian air panas ini bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Jadi, mari atur waktu untuk pergi ke tempat rekreasi yang satu ini. Namun, jika Anda ingin mencari tahu lebih banyak lagi informasi mengenai kawasan rekreasi ini maka bisa menyimak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Pemandian Air Panas Ciater

wisata Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater adalah sebuah wisata air yang berada di Jalan Raya Ciater, Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Lokasinya hanya berjarak 5,4 kilometer dari tempat wisata lainnya yaitu Curug Cibareubeuy.

Tempat wisata ini memiliki air dengan suhu mencapai 46 derajat celcius. Anda juga bisa mengajak keluarga dan anak-anak jika berkunjung ke sini.

Karena tempat wisata ini menyediakan juga kolam pemandian air panas untuk anak-anak. Jadi, selain orang dewasa, anak-anak juga dapat menikmati kesegaran pemandian air panas ini. Total ada 10 kolam yang bisa pengunjung gunakan untuk berendam.

Namun tenang saja karena suhu air di kolam anak-anak berbeda dengan dewasa. Kolam anak-anak hanya bersuhu kurang lebih 39 derajat celcius. 

Jadi, Anda tidak perlu khawatir anak-anak Anda akan cedera karena mandi di kawasan ini. Sebab, selain air yang tidak terlalu panas, di sini juga tersedia petugas di beberapa titik.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Ciater

fasilitas Pemandian Air Panas Ciater

Fasilitas yang tersedia di Pemandian Air Panas Ciater juga cukup lengkap. Beberapa yang tersedia antara lain kamar mandi, mushola, toilet hingga kamar ganti. 

Selain itu, terdapat warung atau tempat makan. Pengunjung bisa memesan dan membeli makanan dan minuman. Jadi rekreasi Anda juga bisa menikmati wisata kuliner Subang.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciater

Harga tiket masuk ke kawasan wisata Pemandian Air Panas Ciater terbagi menjadi beberapa bagian. Anda bisa memilih destinasi pilihan dengan harga yang relatif terjangkau.

Jangan lupa untuk menyisihkan uang Anda untuk membeli oleh-oleh khas Jawa Barat terkenal, seperti nanas madu. Berikut rincian harga tiket masuknya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Taman Rekreasi Weekday and Weekend Rp35.000,00
Tiket Masuk Park Weekday Rp40.000,00
Tiket Masuk Park Weekend Rp45.000,00
Tiket Masuk Pool Weekday Rp60.000,00
Tiket Masuk Pool Weekend Rp70.000,00

Rute Menuju Pemandian Air Panas Ciater

daya tarik Pemandian Air Panas Ciater

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi dari arah Kota Bandung, maka bisa mengambil rute Jalan Dr Setiabudi menuju ke arah Ledeng, lalu Lembang, Cikole dan Ciater.

Sementara bagi Anda yang datang dari arah Jakarta, maka jalur yang bisa Anda ambil adalah via jalan tol Cikampek-Bekasi sejauh 180 KM. Alternatif lainnya jika anda ambil arah lewat Puncak Bogor, maka perlu keluar di Subang via Tol Cipali.

Rekomendasi bagi Anda yang ingin pergi ke kawasan rekreasi ini dan beberapa tempat wisata Jawa Barat lainnya maka bisa menggunakan layanan rental mobil Innova plus driver dari Salsa Wisata. Anda akan mendapatkan layanan yang terbaik dengan driver berpengalaman.

Daya Tarik Pemandian Air Panas Ciater

Membayangkannya saja sudah bisa membuat siapapun seolah merasakan kesegaran mandi di air panas Ciater. Salah satu tempat wisata Subang kekinian ini memang telah menjadi favorit warga sekitar karena kesegaran air panasnya.

Air panas di pemandian ini memang menjadi incaran para wisatawan baik dari dalam maupun luar kota. Namun tidak hanya itu, ternyata ada banyak daya tarik dari area wisata ini yang jarang diketahui oleh orang.

Nikmatnya Berendam di Air Panas

berndam di Pemandian Air Panas Ciater

Setiap pengunjung yang datang ke tempat ini pasti memiliki tujuan yang sama yakni menikmati pemandian air panasnya. Berendam dan bersantai di kolam air panas mungkin sudah Anda bayangkan sebelum sampai ke tempat ini.

Air di pemandian ini memang begitu menyegarkan. Betapa tidak, air hangat yang mengalir di kawasan ini ternyata berasal langsung dari mata air di kaki Gunung Tangkuban Perahu.

Hangatnya air di pemandian ini pasti akan membuat Anda dan keluarga merasa tidak ingin keluar dari kolam. Apalagi jika Anda sedang merasa pegal-pegal, berendam di kolam air panas ini terasa seperti sedang dipijat.

Ketika pertama mandi di air panas, biasanya tubuh belum terlalu familiar dengan suhu air. Oleh karena itu saat berendam di kolam air panas, Anda perlu memasukkan badan secara perlahan.

Anda bisa memulai aktivitas di kolam air panas dengan duduk-duduk di tepi kolam sambil memasukkan kaki ke air. Biarkan badan Anda menyesuaikan suhu air yang terdapat di situ.

Kemudian, Anda bisa memasukkan tubuh secara perlahan ke dalam air. Dimulai dari kaki hingga badan seutuhnya. Jika terasa panas, Anda bisa mengangkat badan lalu kembali memasukkannya lagi ke dalam kolam.

Waktu terbaik untuk berendam air panas yang mengandung belerang adalah 20 hingga 30 menit. Sebab jika lebih dari waktu tersebut, tubuh akan merespon dengan merasakan pusing.

Jika Anda malu untuk berendam di kolam air panas umum, maka bisa memilih kolam pribadi. Kawasan di kolam ini lebih tertutup sehingga membuat Anda seperti berada di dalam rumah sendiri.

Kolam Renang

kolam renang Pemandian Air Panas Ciater

Kawasan wisata ini ternyata menyediakan kolam renang bagi para pengunjungnya. Anda bisa memilih kolam renang dewasa hingga anak-anak.

Anda bisa bermain seluncuran ketika berada di dalam kolam. Seluncuran tersebut tidak terlalu tinggi jadi cocok dan aman untuk anak-anak Anda.

Menjelajah ke Curug Jodo

curug jodo Pemandian Air Panas Ciater

Tidak hanya pemandian air panas saja, Anda juga bisa pergi ke Curug Jodo yang lokasinya tak jauh dari kolam. Akses menuju curug ini juga mudah, jadi Anda bisa dengan mudah sampai ke tempat ini.

Curug ini tidak terlalu tinggi namun tetap memiliki air yang panas. Ya, keunikan curug yang satu ini adalah mempunyai air yang panas, tidak seperti curug lainnya seperti Curug Pasir Reungit di Bogor.

Namun karena suhu air tersebut panas bahkan melebihi tempat pemandian sebelumnya, maka Anda tidak boleh mendekati curug. Pihak pengelola juga sudah membangun pagar untuk membatasi pengunjung yang ingin masuk ke curug.

Sebagai gantinya, Anda bisa menikmati air curug di bawah aliran sungai. Banyak pengunjung yang berenang, berendam atau hanya menjulurkan kaki ke aliran air sungai.

Wahana Permainan

trampolin Pemandian Air Panas Ciater

Agar Anda tidak merasa bosan ketika berada di tempat ini, maka Anda bisa menikmati berbagai wahana permainan yang menarik. Anda bisa bermain trampolin yang berguna untuk melatih otot motorik.

Selain trampolin, Anda juga bisa menikmati bebek air yang berada tak jauh dari area trampolin. Anda juga bisa menaiki perahu bebek dan berkeliling kawasan wisata.

Bagi Anda yang suka menembak maka bisa melakukannya di tempat ini. Ingat, peluru yang Anda gunakan bukan peluru asli jadi tetap aman digunakan selama permainan.

Setelah lelah bermain, Anda pasti mencari tempat makan untuk mengisi perut. Nah, jangan khawatir karena di tempat ini ada warung yang menyediakan makanan khas Jawa Barat enak atau juga makanan ringan.

Jam Operasional Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Namun, jam operasionalnya berbeda-beda, jika Senin hingga Jumat buka mulai 06.00 hingga 22.00 WIB. Sabtu dan Minggu yaitu mulai dari 04.00 hingga 22.00 WIB.

Jadi, pastikan Anda telah merencanakan dengan matang perjalanan Anda menuju ke kawasan wisata pemandian air panas ini.

Salah satu hal yang juga harus Anda persiapkan adalah akomodasi selama berada di kawasan wisata. Anda bisa memesan paket gathering murah dari Salsa Wisata untuk menemani perjalanan Anda di Subang dan sekitarnya.

Dengan pengalaman melayani pelanggan di berbagai daerah di Indonesia, Salsa Wisata memiliki tenaga profesional dan layanan yang terbaik.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)