SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Anda bosan dengan hiruk pikuk kehidupan kota? Rindu dengan suasana sejuk dan udara segar? Tangkuban Perahu bisa jadi alternatif terbaik untuk Anda.

Gunung yang mirip dengan perahu terbalik ini adalah salah satu objek wisata paling terkenal di Kota Kembang. Objek wisata ini terkenal dengan cerita legendanya yang sangat merakyat yakni cerita Sangkuriang.

Namanya pun memang terinspirasi dari bentuk gunung yang bisa kita lihat sekarang ini. Dengan ketinggian 2.084 mdpl, ratusan hutan pinus tumbuh subur di sekelilingnya.

Hamparan kebun teh milik warga lokal makin menambah elok destinasi wisata ini. Anda bisa mengunjungi gunung ini dengan memanfaatkan paket liburan ke Bandung dari Salsa Wisata.

Cerita Tangkuban Perahu

Mungkin sebagian besar masyarakat kita pernah mendengar cerita legenda di balik munculnya objek wisata ini. Namun, tidak ada salahnya jika kita bahas secara singkat seputar gunung ini.

Warga setempat meyakini bahwa gunung ini dahulunya adalah sebuah perahu besar yang ditendang oleh Sangkuriang. Ia merasa kesal karena cintanya mendapat penolakan dari Dayang Sumbi.

Pada kenyataannya, Sangkuriang adalah putra kandung Dayang Sumbi. Dulu, wanita cantik ini pernah mengusir putra semata wayangnya.

Setelah dewasa, Sangkuriang kemudian berkelana dan bertemu dengan Dayang Sumbi. Ia kemudian jatuh cinta dan hendak menikahi Dayang Sumbi.

Ketika sedang memadu kasih, tanpa sengaja Dayang Sumbi menemukan bekas luka di kepala kekasihnya. Seketika ia sadar bahwa kekasihnya adalah putera tercinta yang ia usir beberapa tahun lalu.

Dayang Sumbi kemudian memutar otak bagaimana caranya agar Sangkuriang gagal menikahinya. Ia lalu mengajukan syarat kepada Sangkuriang. Ia meminta dibuatkan telaga dan perahu dalam satu malam.

Sangkuriang pun menyanggupi. Sayangnya, usahanya untuk menyelesaikan persyaratan tersebut gagal karena tipu daya Dayang Sumbi.

Ia pun marah dan menendang perahu hingga perahu tersebut terbalik. Perahu terbalik ini lambat laun menjadi sebuah gunung.

Meski ini hanya cerita legenda, banyak warga setempat yang meyakini kebenaran akan cerita ini. Bagaimana dengan Anda? Yang jelas, objek wisata ini kini menjadi destinasi wisata terfavorit.

Cerita serupa juga sering Anda dengar bila mengunjungi Candi Prambanan yang ada di Jogja. Kisah tentang Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso di candi juga masih menyimpan banyak misteri.

Daya Tarik Tangkuban Perahu

Daya Tarik Tangkuban Perahu

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Destinasi wisata gunung ini menawarkan pengalaman liburan yang menarik. Ada beberapa spot atau kawah yang menjadi destinasi wisata utama. Kawah-kawah tersebut selalu menjadi ‘magnet’ bagi para wisatawan.

Penasaran dengan apa saja yang ada di area wisata ini? Simak informasinya berikut:

Kawah Ratu

Area Kawah Ratu ini bisa dibilang adalah spot yang paling populer dan paling favorit. Popularitas kawah ini terus menggaung berkat keindahannya. Apalagi jika dilihat dari bibir kawah.

Anda boleh ber-swafoto dengan latar belakang Kawah Ratu ini. Soal keamanan, tenang saja, area Kawah Ratu ini telah diberi pagar pengaman yang kuat.

Kawah Upas

Tak jauh dari spot Kawah Ratu, terdapat kawah lainnya yang dinamakan Kawah Upas. Salah satu kawah yang bisa jadi spot cantik untuk Anda berfoto.

Sayangnya, Anda harus berjalan sedikit lebih jauh untuk menjangkaunya. Trek yang cukup terjal harus Anda lewati untuk bisa sampai di kawah ini.

Tapi, setelah tiba di puncak dan di bibir kawah, rasa lelah Anda akan terbayarkan. Anda tidak akan menyesal telah berjalan jauh setelah melihat keelokan kawah ini.

Kawah Domas

Cekungan kawah lainnya yang juga menjadi favorit adalah Kawah Domas.  Lokasi kawah ini tak begitu jauh dari Kawah Ratu. Jika dibandingkan dengan Kawah Upas, Kawah Domas memiliki akses yang lebih mudah. Wajib coba!

Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Memang benar, objek wisata favorit ini sudah sangat populer. Akan tetapi dari segi harga tiket masuk dan biaya-biaya lainnya, masih relatif terjangkau. Berikut informasi harga tiket masuk terkini.

Retribusi Tarif
Wisatawan lokal Rp22.000,00
Wisatawan mancanegara Rp201.000,00
Parkir sepeda motor Rp13.000,00
Parkir mobil Rp26.000,00
Parkir bus pariwisata Rp111.000,00

Tarif tiket masuk di atas dapat mengalami kenaikan sewaktu-waktu.  Meski begitu, kenaikannya tak signifikan.

Kenaikan htm plus biaya parkir juga dapat terjadi saat liburan akhir pekan atau liburan nasional. Nominal kenaikan hanya kurang 50% dari tarif normal.

Tapi yang pasti murah dan cocok di kantong tentu saja Paket Gathering dari Salsa Wisata. Sebab ada banyak pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan budget dan rencana perjalanan Anda.

Fasilitas Gunung Tangkuban Perahu

Objek wisata ini tentu memiliki fasilitas yang lengkap. Sebut saja area parkir yang luas. Zona parkir di sini mampu menampung puluhan kendaraan sepeda motor dan mobil.

Sementara itu, untuk kendaraan besar seperti bus, pihak pengelola wisata telah menyediakan area parkir di tempat yang berbeda.

Fasilitas lainnya adalah sejumlah penginapan yang letaknya tak jauh dari objek wisata ini. Anda bebas pilih penginapan dengan range tarif yang berbeda per-malamnya.

Di sekitar kawasan wisata ini juga terdapat banyak penjual souvenir khas. Di sini, Anda dapat membeli sarung tangan, syal, topi, kerajinan kayu, dan masker. Cocok sekali dijadikan cinderamata untuk keluarga di rumah.

Ada juga sejumlah warung kecil di objek wisata ini. Warung-warung ini menjajakan makanan hangat sederhana lengkap dengan minumannya.

Menu andalannya adalah mie rebus dan mie goreng. Menu lainnya yang paling diburu oleh wisatawan adalah ketan bakar yang menjadi makanan khas Bandung khususnya daerah Lembang.

Fasilitas umum seperti toilet dan mushola juga tersedia di sini. Super-lengkap bukan?

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu

Lokasi Tangkuban Perahu

Nah, lokasi kawasan objek wisata ini sebenarnya tak begitu jauh dari Kota Bandung. Lokasinya sendiri berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Lembang, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Sama seperti Gunung Andong, objek wisata di Lembang ini dapat ditempuh melalui beberapa rute. Anda yang bertolak dari Bandung, Anda hanya akan  menempuh jarak tempuh 7 km untuk sampai di sini.

Kemudian perjalanan dilanjut ke Daerah Cikole, lalu belok kiri. Area yang akan Anda tempuh nantinya adalah kawasan yang sudah dekat dengan objek wisata ini.

Ada banyak alternatif jika Anda masih belum hafal dengan rute di atas. Salah satunya dengan menggunakan jasa sewa avanza Bandung untuk liburan dari Salsa Wisata.

Terdapat beragam pilihan kendaraan sewa lengkap dengan supir dan tour guide-nya. Sehingga Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata dengan santai dan tenang.

Jam Operasional Gunung Tangkuban Perahu

Objek wisata ini beroperasi setiap hari. Tepatnya, mulai pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB. Sedang waktu kunjungan terbaik adalah pagi hari di mana Anda akan merasakan suasana super-sejuk dan udara segar.

Selain dapat merasakan suasana tersebut, daya tarik tiga kawah unggulan di objek wisata ini juga bisa Anda nikmati secara optimal di pagi hari.

Bayangkan, Anda jogging kecil menyusuri trek menuju Kawah Ratu sembari nikmati kesejukan. Belum lagi pemandangan kawah yang indah dengan langit biru di atasnya.

Tips Berkunjung ke Tangkuban Perahu

Ada beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum berkunjung ke objek wisata ini. Berikut rangkumannya.

  1. Kenakan masker penutup hidung dan mulut, terutama ketika akan mengunjungi kawah-kawah di objek wisata ini
  2. Gunakan sepatu yang cocok untuk trek terjal dan menanjak; jangan lupa pakai sepatu yang nyaman
  3. Kenakan baju hangat seperti jaket atau sweater untuk mengurangi rasa dingin dalam tubuh
  4. Pakailah topi atau payung untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari terpaan sinar UV yang menyengat.
  5. Siapkan pula budget tambahan untuk berjaga-jaga. Siapa tahu Anda membutuhkannya untuk membeli souvenir khas Bandung yang dijual di lokasi.

Penginapan Terdekat Tangkuban Perahu

Ingin lebih lama menikmati momen liburan di objek wisata Lembang ini bersama pasangan? Tak perlu bingung soal penginapan. Ada cukup banyak pilihan hotel dan penginapan di sini.

Berikut daftarnya lengkap dengan informasi fasilitas dan harganya.

Villa Bougenville Lembang Asri

Penginapan yang berupa villa ini menawarkan fasilitas yang komplet. Free akses wifi, tempat tidur, dan AC. Ada juga fasilitas pendukung seperti balkon, teras, dan bonus pemandangan taman cantik.

Lokasinya tak jauh dari objek wisata tujuan Anda, yaitu 4,4 km saja. Jika berminat, Anda bisa langsung booking via booking.com dan aplikasi reservasi lainnya.

Alamat Jl. Lembang Asri, Komplek Villa Lembang Asri Kav S-4, 40192, Lembang, Bandung, Jawa Barat
Tarif/ Malam Mulai dari Rp. 200.000,00

Lembang Asri Resort

Pilihan penginapan lainnya adalah Lembang Asri Resort. Sama-sama berjarak 4 km dari objek wisata Lembang, hotel ini menawarkan fasilitas yang jauh lebih lengkap.

Fasilitas yang ditawarkan antara lain: tempat tidur, WiFi gratis, breakfast, dan masih banyak lainnya. Dengan dukungan fasilitas ini, tak heran jika tarif per malam-nya sedikit mahal.

Alamat Jl. Kolonel Masturi Km. 4, 40391, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Tarif/ Malam Mulai dari Rp. 600.000,00

Jayagiri Guesthouse

Nah, sedikit berbeda dengan dua referensi penginapan sebelumnya, penginapan yang satu ini berupa guesthouse. Fasilitasnya cukup lengkap dengan tarif lebih murah tentunya.

Tapi ada yang istimewa dari guesthouse ini. Jayagiri Guesthouse menyediakan fasilitas sepeda gratis. Cocok sekali untuk Anda yang ingin berkeliling di sekitar guesthouse dengan bersepeda.

Menginap di guesthouse ini akan menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menghemat budget. Jarak guesthouse-objek wisata tujuan juga tak jauh, hanya 5,3 km saja.

Alamat Jl. Jayagiri No.54, 40391, Lembang, Bandung, Jawa Barat
Tarif/ Malam Mulai dari Rp. 149.612,00

Wulan Garden Villas

Nah, villa ini juga sangat recommended. Area depan villa terdapat taman yang indah dan ‘menyegarkan’ mata. Jarak dari villa ke objek wisata hanya 6,6 km saja.

Anda dapat menjangkau objek wisata gunung ini dengan sepeda motor. Atau jika Anda tak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa manfaatkan jasa sewa motor dan mobil Bandung di Salsa Wisata. Tarif sewa yang ditawarkan sangat terjangkau. Wajib coba.

Alamat Jl. Lapang No.50, RT 01/ RW 01, Kelurahan Kayu Ambon, Lembang, Bandung, Jawa Barat
Tarif/ Malam Mulai dari Rp. 877.500,00

Supaya Anda tidak perlu bingung dan repot memilih penginapan, bisa manfaatkan layanan dari Salsa Wisata. Paket honeymoon ke Bandung yang kami berikan siap melayani semua kebutuhan liburan romantis Anda bersama pasangan.

Objek Wisata di Sekitar Tangkuban Perahu

Foto Tangkuban Perahu

Sebagai tambahan informasi, terdapat 3 referensi objek wisata di sekitar objek wisata ini. Berikut ulasannya.

Wisata Pemandian Air Panas Ciater

Liburan di area pegunungan yang dingin memang paling cocok berendam di air hangat. Pemandian Air Panas Ciater bisa menjadi opsi terbaik usai puas liburan di objek wisata gunung ini.

Suasana santai bisa Anda dapatkan dengan berendam danau alami ini. Air danau yang hangat tentu akan membuat tubuh dan pikiran Anda rileks.

Kandungan sulfur pada air di pemandian ini juga bisa membantu menyehatkan kulit. Siapa di sini yang sudah mulai tergiur untuk mencobanya?

Oh iya, harga tiket masuknya hanya Rp40.000,00 saja loh.

Orchid Forest

Gemar menguji adrenalin? Wajib kunjungi destinasi wisata ini: Orchid Forest. Objek wisata ini sebenarnya bagian dari kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Lokasinya sendiri tepat berada di area masuk objek wisata kebangaan Lembang ini. Ada banyak sekali wahana bermain outdoor yang tersedia. Sebut saja salah satunya adalah flying fox.

Orchid Castle menjadi wahana unggulan bagi wisatawan anak-anak. Di sini, anak-anak bebas bermain sepuasnya.

Harga tiket masuknya sendiri hanya Rp40.000,00 plus biaya asuransi Rp7.500,00.

Wisata Alam Capolaga

Cukup membutuhkan waktu 30 menit saja untuk tiba di objek wisata ini. Di sini, atraksi wisata yang ditawarkan benar-benar natural. Ada sungai dengan aliran air yang bersih dan jernih.

Tak jauh dari sungai, terdapat camping ground yang luas. Anda bisa mendirikan kemah di sini dan menikmati suara gemercik air sungai. Sungguh syahdu, bukan?

Dan tahukah Anda, harga tiket masuk ke wisata alam Capolaga ini hanya Rp10.000,00 saja! Murah meriah, bukan?

Nah, pastikan Anda siapkan segala keperluan liburan dengan baik agar momen liburan Anda sesuai dengan ekspektasi. Salah satu cara dengan memanfaatkan rental bus pariwisata Bandung dari Salsa Wisata.

Rencana perjalanan study tour, karya wisata, atau gathering bisa berjalan dengan lancar. Sebab semua keperluan liburan Anda telah kami siapkan berbekal pengalaman selama belasan tahun.

Jadi tunggu apalagi? Percayakan perjalanan wisata Anda sekarang bersama Salsa Wisata. Have a nice trip!



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Bandung, Destinasi

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)