SalSari Resto & Coffee

Pulau Sulawesi memiliki keindahan alam yang tiada tara. Tidak heran jika pulau ini termasuk dalam salah satu destinasi wisata Indonesia yang menawan. Salah satunya Pulau Dutungan.

Pulau ini menawarkan pesona pantai dan laut yang tak kalah menawan dengan pantai-pantai di Bali atau Lombok.

Tempat wisata ini merupakan hidden gem Sulawesi Selatan sebab masih sedikit masyarakat yang mengetahuinya. Walau begitu, kali ini kami akan mengulas keseruan apa saja yang bisa kalian dapatkan di pulau yang memesona ini.

Sekilas Tentang Pulau Dutungan

Pulau Dutungan Sulsel

Kalian tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan pengalaman berlibur di sebuah pulau yang tenang dengan pantai yang indah. Sebab, kalian bisa mendapatkannya di Indonesia.

Destinasi pulau wisata ini menyuguhkan keindahan pasir putih dengan pesona bawah laut yang sangat indah. Pepohonan rindang yang memenuhi pulai ini menambah sejuknya udara di sekitar.

Pulau ini memiliki sebuah kawasan yang ditumbuhi rumput ilalang. Ada pula deretan hutan jati di sekitar pulau dan pohon bakau di pinggir pantai. Jika kalian menjelajahinya lebih jauh, kalian akan menemukan gugusan batu-batuan karang yang indah di bagian belakang pulau.

Pulau ini tidak memiliki penduduk sehingga para pengunjung yang datang bisa sepuasnya berkeliling. Walau begitu, pulau ini sangat terjaga kebersihannya dan sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan wahana yang mengasyikkan.

Penasaran apa saja yang bisa kalian lakukan di pulau indah ini? Simak keterangan lebih lanjutnya!

Rute Menuju Lokasi Pulau Dutungan

Lokasi pulau wisata ini terletak di Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk bisa mencapai pulau ini, kalian harus melakukan perjalanan ke area Pantai Ujung Indah di Desa Cilellang.

Lokasinya sekitar 2-3 jam perjalanan dari pusat kota Makassar. Atau sekitar 40 menit dari Parepare. Setelah itu dilanjutkan perjalanan dengan kapal khusus menuju dermaga Pulau Dutungan.

Jika kalian pergi bersama keluarga, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar perjalanan lebih nyaman dan efektif. Kalian juga bisa menggunakan layanan sewa mobil innova reborn Makassar murah melalui Salsa Wisata, agen rental mobil yang terpercaya.

Jam Operasional Pulau Dutungan

Jam Operasional Pukul
Jadwal penyeberangan 08.00 – 18.00 WITA
Jam buka Pulau Dutungan 24 jam

Fasilitas di Pulau Dutungan

fasilitas Pulau Dutungan

Secara keseluruhan, fasilitas di pulau ini sudah cukup lengkap dan memadai. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di dalam kawasan Pulau Dutungan.

  • Penginapan
  • Dermaga kapal
  • Restoran
  • Toilet
  • Kamar mandi bilas
  • Mushola
  • Tempat duduk santai
  • Ayunan
  • Sewa alat selam
  • Security
  • Penitipan kendaraan

Harga Tiket Masuk dan Villa Pulau Dutungan

Retribusi Tarif
Tiket Masuk (dewasa) Weekdays Rp30.000,00

Weekend Rp50.000,00

Tiket Masuk (anak-anak) Weekdays Rp15.000,00

Weekend Rp30.000,00

Camping Rp30.000,00
Villa Rp500.000,00 – Rp1.700.000,00

Daya Tarik Pulau Dutungan

Daya tarik Pulau Dutungan

Panorama yang Indah

Daya tarik utama dari pulau ini tentu saja pemandangannya yang sangat indah. Laut sejauh mata memandang bertemu dengan langit biru yang bersih. Pulau yang hijau dan rimbun oleh pepohonan, berpadu dengan pantai berpasir putih.

Benar-benar indah! Jangan lupa untuk berburu foto ya! Sebab, pemandangan di pulau ini sangat cocok untuk dijadikan latar belakang saat berfoto. Apa lagi saat sunrise dan sunset.

Oleh karena bentuknya yang tidak terlalu besar dan luas layaknya Pulau Samalona, maka kalian bisa sepuasnya bertualang dan menjelajahi seluruh pulau. Di bagian belakang pulau terdapat bebatuan cadas, lalu terdapat gugusan karang di bagian barat pulau.

Ada pula gua tersembunyi di sela-sela bebatuan yang bisa dijelajahi saat pasang surut.

Pantai Berpasir Putih

Selain menjelajahi pulau, kalian tentu bisa bersantai di pantai yang memiliki pasir putih. Air lautnya masih bersih dengan batu-batu karang yang tersebar di bibir pantai. Kalian dapat menikmati suasana pantai dan laut dengan embusan angin.

Kalian bisa duduk di ayunan yang terdapat di beberapa titik pantai, atau berbaring di hammock yang tergantung di antara pohon-pohon bakau. Bisa juga bermain di hamparan pasir putih yang lembut dan halus.

Tidak heran jika pantai di pulau ini juga termasuk dalam jajaran pantai terindah di Indonesia!

Olahraga Air

Laut di sekitar pulau Dutungan ini sangat bersih dan masih terjaga keasriannya. Jadi, sangat cocok sebagai arena berolahraga air.

Kalian bisa melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut. Gugusan terumbu karang beserta biota laut di pulau ini yang masih terjaga sehingga terlihat indah. Jangan lupa membawa kamera anti air agar kalian bisa mengabadikan keindahan bawah laut ini ya!

Selain snorkeling, kalian juga bisa melakukan diving. Kedalaman perairan di pulau ini sekitar 1,2 – 43 meter. Jadi, kalian bisa diving dengan santai.

Nah, bagi kalian yang datang bersama keluarga dan teman-teman bisa mencoba wahana yang memacu adrenalin seperti banana boat dan speedboat.

Jika menyewa speedboat, kalian bisa pergi ke tengah laut untuk memancing. Ikan-ikan hasil pancingan tersebut lalu bisa langsung dibakar dan dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Bermalam di Pulau

Kalian tentu tidak ingin lekas-lekas menyelesaikan waktu berlibur di pulau ini kan? Tenang saja! Sebab, di pulau ini sudah tersedia beberapa penginapan dan area berkemah.

Kalian bisa memilih apakah ingin berkemah di alam terbuka atau menginap di villa yang dikelilingi keindahan alam. Sebelum berkemah, kalian melapor dulu ke bagian loket tiket atau administrasi dan mengisi data. Setelah itu, barulah kalian bebas mendirikan tenda, memasak dan membuat api unggun.

Oh ya, Pulau Dutungan dibuka secara terbatas ya! Hanya pengunjung yang menginap yang boleh datang ke pulau ini. Jadi, pastikan kalian sudah melakukan reservasi minimal 10 hari sebelum waktu kunjungan ya!

Jangan lupa pula membawa budget lebih agar kalian bisa membeli oleh-oleh khas Makassar makanan. Bawa pula kamera anti air agar kalian bisa sepuasnya berfoto, baik di darat maupun di laut.

Gunakan layanan paket wisata dari Salsa Wisata untuk mengurus segala kebutuhan liburanmu, mulai dari akomodasi, transportasi hingga tiket masuk wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)