SalSari Resto & Coffee

Sumatera Utara yang terletak di kepulauan paling barat Indonesia memang punya segudang pantai cantik. Beberapa diantaranya adalah pantai Salju dan pantai Putra Deli. Terapit dua lautan membuat provinsi ini punya banyak tempat main air alami. Salah satunya adalah Pulau Pandang.

Mungkin belum banyak yang menyadari potensi wisata bahari di pulau ini. Di dekat Malaysia, terdapat sebuah pulau yang, jika dilihat di peta, mungkin hanya berupa sebuah titik.

Namun, Anda akan terkejut saat melihat pantai elok dengan pasir yang bersih. Kalau dari Medan, pulau ini letaknya lumayan jauh. Namun, Anda bisa berangkat dari Medan untuk bisa ke sini.

Sejarah Pulau Pandang

pantai Pulau Pandang Batu bara

Pulau Pandang dijaga langsung oleh Departemen Perhubungan Distrik Navigasi. Tempat ini terkenal sebagai surga buat para pemancing. Kekayaan baharinya luar biasa.

Begitu sampai di sini, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan terumbu karang yang terlihat jelas karena air lautnya sangat jernih. Oleh penduduk sekitar sendiri, tempat ini dijuluki sebagai surganya Kabupaten Batubara.

Anda bisa membuktikan sendiri. Pasir putih berpadu dengan air jernih berwarna zamrud yang berkilauan. Bukan cuma itu, di perimeter pulau ini juga ada hutan lebat menghijau yang begitu memanjakan mata.

Selain panorama indahnya, di sini juga ada batu belah, benda mistik yang sering membuat penasaran para wisatawan. Seperti namanya, batu ini memang terlihat terbelah dua.

Namun, tidak seperti belahan batu pada umumnya, batu ini terbelah dengan sangat rapi, seolah dipotong dengan alat. Kabarnya, batu mistik ini bisa menelan orang. Batu ini ada di puncak bukit di bagian selatan pulau.

Untuk menuju ke sana, sudah ada tangga dari beton, jadi Anda tidak perlu repot-repot hiking ke puncak bukit. Ada juga menara mercusuar yang tegak berdiri di tengah-tengah pulau.

Anda bisa datang ke sini dan melihat langsung keseluruhan pulau dari atas. Berdiri di puncak mercusuar akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan. Bayangkan melihat keseluruhan laut dari sudut pandang seekor burung.

Rute Menuju Pulau Pandang

Secara administratif, Pulau Pandang ini ada di desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Untuk lebih simpelnya, Anda bisa gunakan jasa agen perjalanan Salsa Wisata. Kami menyediakan layananan sewa mobil Grand Fortuner Medan murah  dan paket wisata yang bisa Anda manfaatkan. Semua masalah transportasi dan akomodasi bisa Anda serahkan pada kami.

Dengan harga yang terjangkau, kami akan bawa Anda menikmati berbagai destinasi wisata hits di Medan yang ingin Anda kunjungi. Kami juga menyediakan paket wisata lain di berbagai kota dan provinsi di Indonesia.

Jam Operasional Pulau Pandang

Jam Buka Pukul
Setiap hari 24 jam

Fasilitas Pulau Pandang

fasilitas Pulau Pandang Batu bara

Sebagai salah satu destinasi wisata populer di Sumatera Utara, Anda tidak perlu khawatir soal fasilitasnya. Bisa dibilang, semua sarana dan prasarana yang ada di pulau ini sangat memadai. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan

  • Parkiran
  • Toilet
  • Dermaga
  • Camp ground
  • Gazebo
  • Sewa tenda
  • Pemandian
  • Mercusuar

Harga Tiket Masuk Pulau Pandang

Sebetulnya, masuk ke Pulau Pandang itu gratis. Tidak ada tiket masuknya. Anda juga bisa datang ke sini kapan saja Anda mau. Yang agak mahal adalah transportasi menuju ke pulaunya.

Karena letaknya terpencil, tentu butuh usaha untuk menjangkaunya. Berikut rincian perkiraan biaya transportasinya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Gratis
Tiket kapal start dari pelabuhan Rp179.000,00
Tiket kapal start dari Medan Rp279.000,00

Daya Tarik Pulau Pandang

camoing di bukit Pulau Pandang Batu bara

Tempat yang Tenang dan Terpencil

Pulau ini letaknya jauh dari keramaian kota-kota besar di Sumatera Utara. Cuma ada beberapa alat transportasi saja yang biasa terlihat di sini. Benar-benar cocok untuk Anda yang ingin healing, yang ingin lari sejenak dari hiruk-pikuknya kota metropolitan.

Suara yang terdengar cuma suara deburan ombak yang berpadu dengan suara kicauan burung dari hutan di sisi-sisi pulau. Anda bisa merasakan sensasi menyatu dengan alam di pulau ini.

Pemandangan yang Indah Untuk Foto-foto

Tidak perlu spot-spot foto kekinian untuk bisa menghasilkan foto yang instagrammable. Cukup dengan objek foto yang cantik, Anda bisa menciptakan foto yang memukau. Di sini, Anda bisa puas berfoto, karena tidak ada pembatasan area foto.

Anda juga bisa menyaksikan sunset dan sunrise. Menyaksikan matahari terbit dan terbenam di tempat ini berbeda dari di pantai biasa. Soalnya, pulau ini ada di tengah laut dan juga mempunyai sebuah bukit. Lokasi pantainya merata. Anda bisa buktikan sendiri.

Berenang dan Bermain Air di Pantai

Air laut di sini juga bisa Anda manfaatkan untuk berenang, lho. Jangan khawatir, ombaknya tenang dan laut di bagian pinggirnya tidak dalam. Airnya juga jernih, jadi bisa terlihat jelas dasarnya.

Kalau tidak bisa berenang, Anda juga bisa sekadar main air di sini. Pemandangan laut dengan terumbu karang bisa Anda nikmati di tepi pantai. Di sela-sela karang itu, bisa terlihat juga kehidupan biota laut.

Snorkeling dan Diving

Untuk Anda yang hobi menyelam, Anda juga bisa coba snorkeling dan diving di tempat ini. Ada beberapa spot di pulau yang bisa untuk menyelam.

Anda bisa melihat lebih dekat berbagai jenis ikan warna-warni di dalam laut. Pengelola sudah menyiapkan peralatannya, jadi bisa Anda sewa. Ada panduan singkat juga, jadi bagi Anda yang pemula, bisa juga menikmati olahraga air ini.

Memancing

Seperti yang tadi sudah sekilas disebutkan, memancing di pulau ini memang merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa. Anda bisa bawa peralatan memancing Anda, lalu sewa kapal untuk membawa Anda ke tengah laut.

Nanti, ikan hasil tangkapan Anda itu bisa anda masak di tempat yang memang sudah dikelola oleh penduduk lokal. Bisa jadi selingan yang menarik dari makanan khas Medan kekinian.

Jika Anda tertarik untuk liburan di pulau cantik ini, bisa memanfaatkan layanan paket wisata dari Salsa Wisata. Segala kebutuhan perjalanan wisata sudah disiapkan mulai dari akomodasi, transportasi, hingga tiket masuk wisata.



By Categories: Destinasi, Medan

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)