earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pura Lempuyang Bali termasuk salah satu pura tertinggi dan tertua yang ada di Bali dengan ketinggian mencapai 1.174 mdpl. Dengan ketinggian tersebut pemandangan yang terlihat dari kawasan pura terlihat begitu mempesona berhias lautan awan dan latar Gunung Agung.

Banyak wisatawan yang menjadikan pura ini sebagai destinasi wisata untuk mendapatkan foto terbaik selama liburan. Dengan keindahannya tersebut tidak heran bila tempat wisata Bali satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Anda bisa mengunjungi Pura ini dengan mudah menggunakan paket gathering Bali yang ditawarkan dari biro perjalanan. Namun sebelum berkunjung mari simak terlebih dahulu beberapa hal menarik mengenai Pura ini:

Sejarah Pura Lempuyang

Berdasarkan beberapa sumber dari Babad Bali, Pura ini telah berdiri sejak abad ke-8 Masehi saat dimulainya penyebaran Hindu di Indonesia. Pura ini serta sebagian besar pura di Bali dibangun Rsi Markandeya, orang suci yang juga menyebarkan Hindu di Bali.

Pembangunan Pura ini ditujukan untuk memudahkan proses penyebaran agama Hindu di sekitar Gunung Agung yang dipercaya menjadi tempat bersemayam Dewa. Nama Lempuyang sendiri berasal dari kata Lampu atau cahaya dan Hyang yang berarti tuhan sehingga memiliki arti Cahaya Tuhan.

Usia Pura ini sudah cukup lama, membuatnya menjadi salah satu pura tertua dan paling awal didirikan di Bali. Pada awal pembuatannya, bangunan Pura ini masih sangat sederhana karena hanya terbuat dari batu serta sebuah pohon besar.

Namun setelah tahun 2001 Pura ini telah dipugar dan memiliki bangunan yang lebih kokoh sehingga nyaman untuk ibadah dan dikunjungi. Saat berkunjung, Anda bisa melihat bagaimana kemegahan bangunan pura tertua di Bali ini dengan pemandangan indah alam sekitarnya yang mempesona.

Sekilas Tentang Pura Lempuyang

Pura ini bisa disebut sebagai pura tertinggi di Bali karena berada pada ketinggian kurang lebih 1.174 mdpl Gunung Lempuyang. Nama asli dari pura ini adalah Pura Penataran Agung Lempuyang atau lebih dikenal dengan nama Pura Lempuyang.

Pura ini masih termasuk Pura Sad Kahyangan Jagad atau enam tempat suci yang ada di Bali bersama dengan Pura Besakih. Selain Pura Agung satu ini masih banyak pura lain yang dibangun di sekitar Gunung Lempuyang atau Bukit Bisbis ini.

Saking banyaknya, terkadang para pengunjung sering salah tujuan saat ingin mengunjungi Pura Penataran Agung Lempuyang yang memiliki pemandangan paling indah. Beberapa pura tersebut di antaranya Pura Madya Lempuyang, Pura Pasar Agung Lempuyang, dan yang tertinggi Pura Lempuyang Luhur.

Daya tarik utama dari Pura ini adalah keindahan pemandangan yang terlihat dari ketinggian dan berbagai spot pura yang instagenic. Bahkan wisatawan asing sering menyebut bagian gapura utama menuju Pura Penataran Agung Lempuyang ini sebagai The Gate of Heaven.

Pura ini memiliki tiga tingkatan namun hanya tingkatan pertama saja yang bisa wisatawan manfaatkan untuk kunjungan dan berfoto. Dua tingkatan lainnya hanya buka untuk sembahyang atau saat upacara adat berlangsung  selain itu wisatawan yang datang wajib menggunakan sarung.

Aktivitas Menarik di Pura Lempuyang

Pura ini sudah sangat terkenal sebagai destinasi wisata yang sangat menarik untuk Anda kunjungi saat berada di Bali. Ada berbagai macam hal menarik yang bisa Anda lakukan dan temukan di Pura ini saat berkunjung berikut beberapa di antaranya:

Trekking Menuju Pura Lempuyang

Untuk mengunjungi setiap pura yang ada di kompleks Pura ini, Anda harus melewati ratusan hingga ribuan anak tangga. Total sekitar 1.700 anak tangga yang menghubungkan setiap pura yang ada di komplek ini dengan puncak Lempuyang Luhur.

Perjalanan biasanya bermula dari Pura Telaga Mas dan memerlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan untuk tiba di Lempuyang Luhur. Selama perjalanan Anda bisa menikmati kawasan hutan sekitar yang masih asri dan terasa sejuk dengan suara kicauan burung yang terdengar.

Saat cuaca cerah Anda bahkan bisa melihat dengan jelas pemandangan Gunung Agung, kota Amlapura, hingga Pantai Amed. Jika Anda ingin mengunjungi Pura Penataran Agung ada sejumlah pantangan yang harus Anda patuhi seperti tidak boleh mengumpat atau memakan babi.

Mengunjungi Pura Lainnya

Anak tangga yang membentang dari bawah hingga Pura ini Luhur tersambung dengan sejumlah pura lain yang ada di sekitarnya. Saat melewati anak tangga tersebut Anda bisa mampir ke pura lain yang juga memiliki banyak keindahan serta panorama menawan.

Salah satunya tentu saja Pura Penataran Agung Lempuyang yang sudah sangat terkenal dengan keelokan pemandangan perkotaannya. Selain itu adapun Pura Pasar Agung Lempuyang yang terkenal dengan bangunan putih dan kawanan monyet yang sering terlihat berkeliaran.

Bila Anda masih memiliki tenaga bisa lanjutkan ke puncak tertinggi, tepatnya di Pura Lempuyang Luhur berada. Dengan mengunjungi setiap pura yang ada di komplek Pura ini, Anda bisa melihat langsung bagaimana megahnya pura tertua di Bali.

Berfoto di Spot Instagenic

Sekitar tahun 2019 Pura ini sempat viral dengan foto instagenic yang menggambarkan pemandangan indah pura yang seperti di atas awan. Foto ini bisa Anda dapatkan dengan bantuan dari fotografer yang siap mengambil gambar menarik dari Pura ini untuk Anda.

Spot yang selalu jadi pilihan wisatawan adalah spot gapura putih khas bangunan Bali yang menghadap langsung pemandangan indah Gunung Agung. Bahkan banyak wisatawan rela antre hingga berjam-jam hanya untuk bisa mendapat giliran berfoto di gapura tersebut.

Selain itu Anda juga bisa berfoto di tangga menuju tingkat kedua Pura Penataran Agung Lempuyang yang terlihat begitu menawan. Dengan mengunjungi Pura ini khususnya Pura Penataran Agung Lempuyang sudah pastikan akan mendapat banyak foto menarik selama liburan.

Menikmati Pemandangan Sekitar

Sambil menunggu giliran Anda berfoto di Pura ini, Anda bisa menikmati pemandangan indah yang tersaji di sekitar Pura ini. Bahkan saat Gunung Agung erupsi, Pura ini menjadi salah satu lokasi paling ramai mendapat kunjungan wisatawan yang ingin melihat langsung Gunung Agung.

Pesona keindahan dari Pura Penataran Agung Lempuyan juga semakin terlihat indah saat matahari terbit dan saat tenggelam. Langit yang berwarna jingga dan awan yang keemasan terkena sinar matahari tampak begitu menawan melewati celah gapura utama pura.

Tidak sedikit pengunjung yang rela menunggu momen tersebut untuk bisa mendapatkan foto terbaik dan terindah di Pura ini. Semua penat dan bosan Anda dari rutinitas harian bisa hilang sendirinya dengan mengunjungi dan menikmati keindahan pura ini yang begitu menawan.

Harga Tiket Masuk Pura Lempuyang

Untuk masuk kawasan Pura ini Anda perlu mempersiapkan biaya yang cukup mahal per orangnya. Namun dari harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati berbagai hal menarik dari Pura ini dengan puas.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp50.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar di atas bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dan perkiraan biaya yang Anda perlukan saat akan mengunjungi Pura ini.

Anda juga bisa mengunjungi Tempat Wisata di Bali lainnya dengan mudah menggunakan Paket Wisata dari biro perjalanan. Paket ini juga memungkinkan Anda menikmati berbagai macam makanan khas Bali atau membeli oleh-oleh khas Bali yang Anda inginkan.

Lokasi dan Rute Menuju Pura Lempuyang

Pura Lempuyang berada di daerah Bunutan, Abang, Seraya Barat, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem sekitar 10 km dari Tirta Gangga. Jaraknya sekitar 78 km dari Kota Denpasar dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Anda bisa mendapatkan rute terbaik menuju Pura ini dengan menggunakan petunjuk navigasi dari Google Map dari titik Anda berada. Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir dari rental mobil innova Bali atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Pura Lempuyang

Untuk tujuan wisata Pura Lempuyang bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 WITA hingga pukul 22.00 WITA. Di antara jam tersebut, waktu sore menjelang matahari terbenam menjadi waktu terbaik untuk Anda mengunjungi Pura ini.

Usahakan juga untuk datang saat musim kemarau atau saat cuaca cerah agar Anda bisa terhindar dari hujan saat berkunjung. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan Pura ini dengan puas tanpa terganggu langit mendung atau cuaca buruk.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

3.7/5 - (3 votes)