earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tanah Lot, pura unik yang berada di tengah laut ini merupakan salah satu destinasi andalan Bali. Tempat wisata bali ini selalu dipadati turis lokal maupun mancanegara terutama saat senja dan hari libur. Ada banyak pesona keindahan yang bisa Anda eksplor di tanah lot. Tidak hanya keindahan alam namun juga sejarah dan cerita kebudayaan.

Sejarah Pura Tanah Lot

Banyak tempat di Indonesia memiliki cerita legenda tentang asal usul tempat tersebut, tidak terkecuali Pura Tanah Lot. Cerita rakyat yang berkembang berawal dari kisah tentang perjuangan Bhagawan Dang Hyang Nirartha menyebarkan agama Hindu dari Jawa ke Bali.

Alkisah pada abad ke 15, Dang Hyang Nirartha atau Dang Hyang Dwijendra menyebarkan agama Hindu di Bali. Raja Dalem Waturenggong yang saat itu berkuasa menyambut dengan baik niatan beliau sehingga agama Hindu bisa tersebar hingga pelosok Bali.

Hingga suatu hari, Dang Hyang Nirartha melihat cahaya dari arah selatan Bali. Karena penasaran beliau mencari asal sinar dan sampailah di desa Beraban Tabanan.

Karena melihat keindahan pantai yang ada di sini, Dang Hyang Nirartha pun memilih tempat ini sebagai lokasi untuk bersemedi kepada dewa laut. Sebagian besar masyarakat desa pun tertarik untuk mengikuti Dang Hyang Nirartha dan beralih menganut agama Hindu.

Konflik dengan Bendesa Beraban Sakti

Sayangnya Bendesa Beraban Sakti, pemimpin desa Beraban iri dan tidak suka karena banyak pengikutnya yang berpaling dari aliran Monotheisme nya. Akhirnya ia mengusir dan meminta Dang Hyang Nirartha pergi dari tempat beliau bersemedi.

Tapi sebelum pergi Dang Hyang Nirartha memindahkan batu karang tempat bersemedi nya ke tengah pantai menggunakan kesaktiannya. Batu karang tersebut dinamai Tanah Lot yang berarti batu karang tengah lautan dan Dang Hyang Nirartha mendirikan pura di sana.

Bendesa Beraban Sakti yang melihat hal tersebut akhirnya sadar dan mengikuti ajaran Hindu yang dibawa Dang Hyang Nirartha. Sejak saat itu seluruh masyarakat desa Beraban pun menganut agama Hindu dari Dang Hyang Nirartha.

Untuk menjaga pura tersebut Dang Hyang Nirartha mengubah selendang yang ia gunakan menjadi ular laut penjaga. Selain itu beliau juga memberikan keris sakti kepada masyarakat desa yang bisa menghilangkan penyakit pada tanaman.

Setiap enam bulan sekali dilangsungkan upacara keagamaan di Pura Tanah Lot untuk berdoa bersama mensyukuri berkah yang diberikan dewa. Sedangkan untuk keris sakti tersebut sekarang tersimpan di Puri Kediri atau Puri Agung Tabanan.

Daya Tarik dari Pura Tanah Lot

Daya tarik Tanah Lot mampu memikat banyak wisatawan, bahkan wisatawan pun dibuat penasaran untuk melihat langsung tempat satu ini. Anda bisa menggunakan jasa biro wisata di Bali dengan mengambil paket liburan jika ingin mengunjungi tempat wisata ini. Memangnya seperti apa daya tarik dari Tanah Lot ini, berikut ulasannya.

Keunikan Pura Tanah Lot Bali

Hal yang sangat melekat pada Tanah Lot adalah keberadaan Pura di atas batu karang tengah pantai. Pura ini dibangun tepat di atas batu karang hitam di tengah pantai dan menghadap langsung ke arah lautan.

Ketika air laut pasang, batu karang ini akan terlihat seperti terapung di tengah laut dengan pura di atasnya. Sedangkan saat surut, wisatawan bisa melihat secara dekat pura ini dan goa di batu karang tersebut.

Tidak jauh dari kawasan ini juga terdapat Pura Batu Bolong yang juga berada di atas tebing batu karang. Hanya saja karang tersebut bolong dan terlihat seperti jembatan yang menghubungkan daratan dengan pulau yang berada di tengah pantai.

Menyaksikan Sunset

Momen sunset Tanah Lot selalu dinanti banyak wisatawan yang datang. Perpaduan keindahan budaya dengan keindahan alam Bali akan sangat terasa dan jadi hal indah tersendiri.

Saat matahari terbenam, langit sore dengan lembayung nya menjadi latar pemandangan indah di Tanah Lot. Siluet pura yang terkena sinar mentari senja dapat menutup hari indah di Pantai Tanah Lot.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan sunset ini sambil bersantai di kafe yang terdapat di pinggir tebing pantai. Senja dan kopi jadi pasangan yang pas untuk menyaksikan keindahan Tanah Lot di sore hari.

Harga Tiket Masuk Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Tanah Lot wajib membayar tiket masuk dan parkir terlebih dahulu. Biaya nya pun murah dan terjangkau berikut ini rinciannya harganya.

Kategori Harga Wisatawan Domestik Wisatawan Asin
Dewasa Rp20.000,00 Rp60.000,00
Anak-anak Rp15.000,00 Rp30.000,00

Untuk termasuk kedalam kategori anak-anak usianya harus kurang dari 12 tahun. Jika sudah diatas 12 tahun maka akan dikenakan biaya masuk orang dewasa.

Lokasi dan Rute Menuju Pura Tanah Lot

Lokasi Tanah Lot berada di Bali selatan tepatnya Kabupaten Tabanan, Kecamatan Kediri, Desa Beraban. Sepanjang jalur menuju Tanah Lot, wisatawan bisa mengunjungi berbagai tempat yang dilewati tergantung jalur yang dipilih.

Berikut ini beberapa jalur yang bisa Anda pilih untuk menuju pantai Tanah Lot:

Dari Kuta atau Bandara

Jarak dari Bandara Ngurah Rai menuju Tanah Lot ini mencapai 25 kilometer dengan waktu perjalanan lancar membutuhkan waktu sekitar 57 menit. Sedangkan dari Kuta tidak berbeda jauh yakni sekitar 21 kilometer atau sekitar 53 menit jika tidak ada kendala.

Sepanjang jalur ini wisatawan bisa berhenti ke berbagai pantai yang dilalui seperti Pantai Kuta, Pantai double six, atau pantai seminyak. Sehingga saat sore menjelang Anda sudah bisa sampai di Pantai Tanah Lot.

Dari Kuta Selatan

Jika Anda menginap atau berada di Kuta Selatan tepatnya sekitar area Pura Uluwatu, Jarak yang harus Anda tempuh sekitar 43 kilometer. Jarak tersebut bisa dilalui dengan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Karena cukup jauh, biasanya wisatawan berkeliling terlebih dahulu di kawasan wisata Kuta Selatan dan menjadikan Tanah Lot sebagai destinasi terakhir. Anda bisa mengunjungi Pura Uluwatu, Garuda Wisnu Kencana, Nusa Dua atau Tanjung Benoa terlebih dahulu.

Jika Anda menggunakan mobil pribadi atau sewa mobil di Bali lebih mudah untuk menggunakan Google Maps sepanjang perjalanan. Atau bisa juga memanfaatkan paket wisata Bali dari agen perjalanan agar bisa menikmati Tanah Lot dan tempat lainnya tanpa ribet.

Jam Operasional Pura Tanah Lot Bali

Tanah Lot buka mulai dari jam 07.00 WITA sampai 19.00 WITA setiap harinya. Jadi Anda bisa memilih berangkat pagi atau sore di hari apapun yang Anda inginkan.

Tapi jika Anda ingin mengunjungi Tanah Lot pada saat terbaiknya coba kunjungi di waktu-waktu berikut ini.

Pertama datanglah saat low season Bali yakni antara bulan Januari hingga April dan bulan September sampai November akhir. Lalu datang di pagi hari sebelum jam 10.00 WITA dengan begitu Anda bisa menikmati Tanah Lot yang tidak terlalu padat.

Diluar waktu tersebut sudah pasti Tanah Lot akan dipenuhi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Jika itu terjadi tentu yang akan Anda lihat di Tanah Lot hanya kerumunan orang dimana-mana.

Pilihan waktu terbaik lain untuk mengunjungi Tanah Lot adalah saat sore hari, karena keindahan sunset nya sudah tidak perlu diragukan. Biasanya Tanah Lot di jam 17.00 – 17.30 WITA sudah ramai pengunjung jadi sebaiknya Anda tiba di lokasi lebih awal.

Misalnya di jam 16.30 WITA, sisa waktu yang panjang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk berkeliling kawasan pantai. Baru nanti di jam 17.40 – 18.25 WITA Anda bisa menyaksikan puncak keindahan Tanah Lot di sore hari.

Untuk Anda yang ingin melihat lebih dekat karang dan goa ular suci Tanah Lot bisa datang saat air laut surut. Ketika surut Anda bisa turun dan mendekat menuju batu karang dan berfoto langsung di depan area pura.

Namun saat sudah kembali pasang sebaiknya Anda mendekat karena ombak besar dan batu karang tajam bisa sangat berbahaya. Pasang surut ini terjadi biasanya pada selang waktu 4 jam sekali jadi ketahui kapan waktu yang pas saat air surut.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (1 vote)