SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tirta Empul merupakan nama dari salah satu pura dan air suci yang ada di Bali tepatnya di kecamatan Tampak Siring. Air suci Pura Tirta Empul ini dipercaya tidak akan kering meskipun bulan kemarau sehingga sering digunakan untuk upacara penyucian

Keberadaan kolam di dalam pura dan suasana asri sekitar pura inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang mengunjungi. Masih banyak hal menarik lain yang bisa Anda temukan di Pura Tirta Empul Bali dan berikut ini ulasan lengkapnya

Sejarah Pura Tirta Empul

Menurut sejarah dalam Lontar Usana Bali, kehadiran Tirta Empul ini berkaitan dengan perang antara Batara Indra dan Raja Mayadenawa. Pada saat itu Raja Mayadenawa ini sangat sakti mandraguna, namun karena itu Ia menjadi sombong dan mengaku sebagai tuhan.

Untuk menyadarkan dan meluruskan kembali Raja Mayadenawa, akhirnya Batara Indra memerangi Raja Mayadenawa. Ketika perang berlangsung Raja Mayadenawa dan pasukannya lari ke kawasan hutan sambil berjalan miring.

Tujuan nya untuk meninggalkan jejak kaki yang mengecoh pasukan Batara Indra. Jejak kaki miring inilah yang menjadi asal penamaan daerah Tampak Siring yang berarti ‘tapak miring’.

Selain membuat jejak palsu, Raja Mayadenawa pun membuat sebuah kolam beracun untuk menjebak Batara Indra. Jebakan ini pun berhasil, sebagian besar pasukan Batara Indra yang kelelahan meminum air beracun tersebut dan sakit.

Batara Indra pun menancapkan senjatanya ke tanah lalu tidak lama munculah sumber air yang menyembur dan menyembuhkan prajuritnya. Sumber mata air ini pun dinamakan dengan Tirta Empul karena airnya yang menyembur.

Setelah berabad-abad berlalu, di tahun 882 Caka barulah sumber air ini dibangun menjadi taman air oleh Raja Indrajaya Sigha Warmadewa. Baru kemudian di sekitar komplek petirtaan ini dibangung Padhermanan atau tempat suci pemujaan Dewa Indra.

Hingga sekarang Tirta Empul tetap digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu di Tampak Siring. Bahkan saat ini Pura Tirta Empul menjadi salah satu tempat wisata terindah di Bali.

Hal Menarik Dari Tirta Empul

Mengunjungi Tirta Empul tidak hanya sekedar berkeliling dan melihat panorama yang indah. Ada banyak hal menarik lian yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke Pura Tirta Empul, berikut ini beberapa diantaranya

Keindahan Tirta Empul

Kawasan Pura Tirta Empul terbagi menjadi tiga bagian yakni Jaba Pura, Jaba Tengah, dan Jeroan. Area Jaba Pura merupakan halaman paling luar Pura dengan sebuah kolam dan Bale Wantilan yang mengisi halaman.

Lalu di Jaba Tengah, Anda akan melihat dua kolam dengan total 22 pancuran yang sering digunakan untuk upacara penyucian. Di salah satu kolam inilah foto-foto indah tentang Pura Tirta Empul di ambil.

Setiap pancuran memiliki nama tersendiri yakni Pengelukatan, Pebersihan, dan Sudamala. Lalu di kolam terpisah terdapat Yeh Cetik atau Pancuran Cetik yang diyakini sebagai kolam beracun peninggalan Raja Mayadenawa.

Kemudian di Jeroan atau bagian dalam ini menjadi tempat ibadah dan sembahyang kepada para Dewa. Arsitektur bangunan yang unik serta suasana kawasan Pura yang asri membuat tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi.

Menikmati Segarnya Air Tirta Empul

Tirta Empul

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Kolam air dan pancuran di area Jaba Tengah bisa dinikmati oleh wisatawan yang datang. Kolam besar ini disekat menjadi tiga bagian yang dibedakan berdasarkan fungsi nya masing-masing.

Pada kolam Pengelukatan terdapat 13 pancuran, lalu di kolam Pebersihan memiliki 2 pancuran dan terakhir kolam Sudamala memiliki 6 pancuran. Wisatawan yang ingin masuk kedalam kolam harus mengikuti aturan yang berlaku.

Pertama harus menggunakan kain dan selendang kuning untuk menghormati tempat ibadah dan masyarakat sekitar. Kemudian saat masuk air langsung berendam tepat di bawah pancuran, jadi tidak sembarangan langsung masuk seperti berenang.

Air suci yang segar ini dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit baik itu penyakit fisik maupun batin. Ditambah dengan suasana asri sekitar pura, rasa lelah, penat, dan negatif seolah ikut hanyut bersama air mengalir.

Melihat Ikan-Ikan di Kolam

Di dekat area Jeroan Pura Tirta Empul terdapat sebuah kolam yang berisi ikan-ikan besar beraneka warna. Pada awalnya kolam ini merupakan ilalang yang kemudian pada tahun 1957 diubah menjadi sebuah kolam.

Kolam ini pada saat itu difungsikan sebagai tempat pelatihan renang bagi para tentara. Namun di tahun 2000an, kolam inipun dialih fungsi menjadi kolam ikan agar sesuai dengan konsep alami di Pura Tirta Empul.

Ikan-ikan yang mengisi kolam ini adalah jenis ikan Koi dengan ukuran setara paha orang dewasa. Keberadaan ikan ini menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi para wisatawan setelah mengikuti upacara adat.

Mereka biasanya berfoto atau memberikan makan ikan dari pinggir kolam ini sebelum berlanjut keluar. Di dekat kolam ini juga terdapat banyak kios pedagang yang menjajakan berbagai oleh-oleh dan makanan khas Bali.

Mengikuti Upacara Adat

Sebagai tempat suci dan tempat ibadah, umat Hindu sering melakukan upacara adat serta ritual keagamaan di Tirta Empul. Salah satu yang paling sering adalah upacara melukat atau pembersihan diri.

Upacara melukat ini biasanya berlangsung saat bulan purnama oleh masyarakat sekitar. Dalam upacara tersebut pengunjung yang datang akan berendam di bawah pancuran sambil berdoa kepada tuhan untuk menyucikan diri.

Selain melukat, pada hari-hari besar umat Hindu, Pura Tirta Empul juga selalu ramai masyarakat yang ingin beribadah. Banyak yang meyakini air suci dari Tirta ini membawa berkah sehingga sering menjadi bagian dalam upacara-upacara adat lain.

Mengunjungi Tirta Empul pada saat hari besar tersebut bisa jadi pengalaman baru yang berkesan. Anda bisa belajar kebudayaan Bali sambil menikmati keindahan alam serta Pura Tirta Empul.

Pesona inilah yang membuat banyak agen perjalanan memasukan Pura Tirta Empul kedalam paket wisata ke Bali mereka. Apalagi di sekitar Tirta Empul ini masih banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi seperti Istana Kepresidenan.

Harga Tiket Masuk Pura Tirta Empul

Wisatawan yang ingin datang mengunjungi kawasan Pura Tirta Empul tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Hanya dengan beberapa puluh ribu Anda sudah bisa berkeliling Tirta Empul, berikut rinciannya.

Reteibusi Tarif
Wisatawan Lokal Dewasa Rp30.000,00
Wisatawan Lokal Anak Rp15.000,00
Wisatawan Mancanegara Dewasa Rp50.000,00
Wisatawan Mancanegara Anak Rp25.000,00
Sewa Kain dan Selendang Seikhlasnya
Parkir Motor Rp30.000,00
Parkir Mobil Rp30.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan persiapan sebelum berangkat mengunjungi Tirta Empul.

Anda bisa mendapatkan biaya berlibur yang lebih murah dengan menggunakan paket wisata dari biro perjalanan. Banyak paket dengan harga terjangkau yang bisa Anda pilih untuk bisa mengunjungi lebih banyak tempat wisata di Bali.

Lokasi dan Rute Menuju Tirta Empul

Lokasi Pura Tirta Empul terletak di Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Jaraknya sekitar 42 km dari Kota Denpasar dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Anda mengakses tempat wisata ini menggunakan kendaraan pribadi atau rental alphard Bali yang tersedia. Cukup menggunakan petunjuk dari Google Maps, Anda sudah bisa tiba di lokasi dengan rute terbaik.

Namun kebanyakan wisatawan yang datang lebih memilih menggunakan bantuan jasa biro perjalanan untuk mengunjungi Tirta Empul. Dengan bantuan biro perjalanan Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata Bali tanpa ribet dan lebih mudah.

Jam Operasional

Waktu berkunjung kawasan Pura Tirta Empul ini buka mulai dari pukul 08.00 WITA hingga 18.00 WITA setiap hari. Tempat ini akan mulai ramai saat siang hari ketika air segar Tirta Empul dapat memberikan kesejukan di tengah terik matahari.

Musim panas merupakan waktu terbaik jika Anda ingin menikmati keindahan dari Tirta Empul. Pada waktu tersebut pemandangan yang ada akan terlihat jelas dan Anda tidak akan terganggu hujan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Bali, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (1 vote)