SalSari Resto & Coffee

Pura Uluwatu menjadi salah satu tempat di Bali yang paling ramai mendapatk kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pemandangan laut dari atas tebing dan pagelaran budaya Bali jadi magnet utama dari Uluwatu.

Tempat yang paling terkenal di Uluwatu adalah Pura Luhur Uluwatu, pura unik yang ada di ujung tebing tepi pantai. Mengapa pura ini unik? Berikut ini akan ulasan lengkap mengenai Pura Uluwatu yang wajib Anda ketahui

Sejarah Pura Uluwatu Bali

Sejarah Pura Uluwatu

Menurut catatan sejarah dari prasasti, Pura Uluwatu merupakan karya dari Mpu Kuturan, orang suci dari Majapahit. Pura ini sudah ada sejak abad ke 10 dan pengembangan nya berjalan kembali pada abad ke 11 oleh Mpu Kuturan.

Nama Pura Luhur Uluwatu sendiri memiliki arti Pura Kenaikan Dewa di Tepi Batu yang berkaitan dengan Legenda Danghyang Dwijendra. Danghyang Dwijendra atau yang terkenal juga dengan nama Danghyang Nirartha, memilih Pura Luhur Watu sebagai tempat terakhir perjalanan spiritualnya

Masyarakat meyakini beliau mencapai titik spiritual tertinggi dan menyatu dengan dewa saat beribadah di pura tersebut. Sehingga pura ini pun mendapatkan sebutan sebagai Pura Luhur Uluwatu.

Umat Hindu Bali sering memanfaatkan tempat ini untuk beribadah memuja Dewa Siwa. Selain itu, pura ini juga termasuk bagian dari Pura Sad Kahyangan dan Dang Kahyangan yang ada di Bali.

Sebelum cantik seperti sekarang, area sekitar pura tertutup oleh semak belukar sehingga tidak terlihat. Sampai akhirnya pada tahun 1983, peneliti menemukan lokasinya tersebut. Lalu pada tahun 1999, bangunan pura tersambar petir dan membuat beberapa bagian rusak sehingga berlangsunglah restorasi besar-besaran

Sekarang tempat suci ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang datang ke Bali. Mereka datang tidak hanya ingin melihat pura namun juga pemandangan dan berbagai pentas budaya yang ada di tempat ini.

Harga Tiket Masuk Pura Uluwatu

Biaya masuk kawasan wisata pura ini terbilang cukup murah dan sangat terjangkau. Hanya dengan beberapa ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati keindahan yang ditawarkan.

Kategori Harga Tiket
Wisatawan domestik dewasa Rp 30.000
Wisatawan domestik anak-anak Rp 20.000
Wisatawan asing dewasa Rp 50.000
Wisatawan asing anak-anak Rp 75.000
Pertunjukan tari kecak Rp 150.000
Parkir mobil Rp 5.000
Parkir motor Rp 2.000

Biaya yang tercantum di tabel sewaktu-waktu dapat berubah dan belum semua biaya termasuk di dalamnya. Namun daftar ini dapat Anda jadikan referensi sebelum berkunjung ke Uluwatu Temple.

Agar biaya perjalanan Anda dapat lebih hemat bisa manfaatkan paket wisata Bali yang tersedia di banyak agen perjalanan seperti Salsa Wisata. Dengan sekali bayar, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat di Bali sekaligus tanpa repot dan pusing.

Rute Menuju Lokasi Pura Uluwatu

Lokasi Pura Uluwatu

Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali tepatnya di sisi paling timur Kuta Selatan. Dari Bandara Ngurah Rai Anda bisa langsung berjalan ke arah selatan menggunakan jalan By Pas Ngurah Rai menuju jalan Uluwatu.

Teruskan perjalanan Anda hingga menyusuri Jalan Uluwatu Pecatu sampai tiba di gerbang masuk kawasan Pura. Perjalanan ini memerlukan waktu sekitar 40 menit jika kondisi jalan lancar tanpa kendala.

Jika Anda bingung bisa gunakan bantuan Google Maps atau sewa mobil beserta sopir di Bali. Keuntungan menggunakan jasa sopir rental mobil alphard Bali ini Anda bisa dengan tenang berkeliling tanpa pusing menghafal rute yang harus dilalui.

Jam Operasional Pura Uluwatu

Untuk tujuan wisata, Pura Uluwatu buka selama 12 jam mulai dari pukul 07.00 WITA sampai pukul 19.00 WITA. Sedangkan untuk loket pertunjukan tari kecak baru buka saat pukul 17.30 WITA karena pementasan dilakukan sekitar pukul 18.10 WITA

Namun jika ada yang ingin mengunjungi Pura untuk beribadah, tempat ini buka 24 Jam tanpa biaya. Pura juga buka setiap hari untuk wisatawan, kecuali hari perayaan atau ibadah umat Hindu seperti Nyepi.

Fasilitas di Kawasan Pura Pura Uluwatu

Sebagai tempat wisata bali yang selalu ramai, fasilitas penunjang wisatawan di Pura terbilang cukup lengkap. Anda bisa bersantap sedap di berbagai warung makan, resto, dan cafe yang ada di sekitar pura.

Selain itu ada banyak pula penginapan dan hotel yang nyaman untuk Anda beristirahat selama berada di kawasan Uluwatu. Fasilitas umum seperti toilet dan pusat informasi juga tersedia untuk kenyamanan Anda berwisata.



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)