SalSari Resto & Coffee

Siapa bilang Purbalingga tidak punya apa-apa? Kota di Jawa Tengah ini buktinya punya Purbasari Pancuran Mas, sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Purbayasa, Padamara.

Tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Wisatawan lokal dan bahkan yang dari luar kota pun selalu memadati tempat wisata ini. Tak bisa dipungkiri, tempat ini memang sangat indah.

Sebagai salah satu tempat wisata hits di Jawa Tengah, Anda bisa menikmati panorama sambil berwisata di sini. Ada banyak jenis wahana yang ditawarkan. Hampir semuanya berhubungan dengan air, dari mulai waterpark sampai aquarium.

Sekilas Tentang Purbasari Pancuran Mas

danau buatan di Purbasari Pancuran Mas

Slogan yang diusung oleh Purbasari Pancuran Mas yaitu “Ayo berwisata sambil bermain”. Sudah bisa ditebak dari slogannya, tempat wisata ini mengemas konsep rekreasi dan edukasi sekaligus.

Dengan konsep seperti itu, tidak heran kalau tempat ini jadi salah satu pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) di tahun 2018 oleh Kementrian Pariwisata. Luar biasa, bukan?

Tempat ini dulu terkenal karena ada ikan raksasa dari Sungai Amazon yang bernama Arapaima Gigas. Setelah kini sudah dibangun berbagai wahana dan atraksi, ikan raksasa yang lembut ini masih jadi ikon.

Tamannya sendiri sudah lama berdiri. Resmi buka dari tahun 2001, tempat wisata ini sudah punya banyak wahana untuk menghibur pengunjungnya. Anda bisa mengajak seluruh keluarga ke sini, karena tempat ini bisa dinikmati pengunjung dari berbagai usia.

Sebetulnya, wisata alam yang ada di sini tidak merupakan alam asli, melainkan buatan. Alam buatan tersebut kemudian digabungkan dengan berbagai wahana modern. Jadilah tempat wisata populer yang instagrammable.

Yang jadi daya tarik utama yaitu berbagai koleksi ikan lengkap yang ada di taman ini. Anda bisa melihat berbagai jenis makhluk air ini dari dekat. Ada juga bird park yang memuat banyak koleksi burung. Intinya, Anda tidak akan bosan berada di sini.

Alamat Purbasari Pancuran Mas

Taman wisata pendidikan Purbasari Pancuran Mas beralamatkan di Jl. Raya Purbayasa, RT.03/RW.02, Area Sawah, Purbayasa, Kec. Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Buat Anda yang datang dari luar kota, Anda bisa memanfaatkan jasa rental mobil plus driver dari Salsa Wisata. Salsa Wisata menyediakan berbagai jenis mobil, elf, hiace, dan bahkan bus pariwisata yang bisa Anda sewa.

Jam Operasional Purbasari Pancuran Mas

Jam Buka Pukul
Senin – Minggu 08.30 – 16.30 WIB

Fasilitas Purbasari Pancuran Mas

fasilitas kolam renang Purbasari Pancuran Mas

Secara keseluruhan fasilitas yang ada di Purbasari Pancuran Mas sudah cukup lengkap. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan.

  • Parkiran
  • Toilet
  • Mushola
  • Area istirahat
  • Homestay
  • Kolam renang
  • Camping ground
  • Sewa tenda
  • Wahana permainan

Harga Tiket masuk Purbasari Pancuran Mas

Konsep tiketnya yaitu terusan. Jadi, Anda cukup membayar tiket masuk dan semua wahana di Purbasari Pancuran Mas bisa Anda nikmati tanpa ada tambahan biaya lagi, kecuali wahana Wisata Perahu dan Film 3D. Anak di atas usia 3 tahun wajib bayar tiket penuh. Berikut ini rincian harga tiketnya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp23.000,00

Daya Tarik Purbasari Pancuran Mas

aquariaum Purbasari Pancuran Mas

Menikmati River World

Wahana ini menampilkan banyak jenis ikan air tawar dari seluruh penjuru dunia. Totalnya ada dua ratus jenis ikan di sini. Wahana ini bukan cuma sebagai tempat wisata, tapi juga sebagai sarana edukasi.

Bahkan, tempat ini juga bisa jadi tempat riset bagi pelajar dan mahasiswa. Beberapa jenis ikan air tawar di sini merupakan spesies eksotis. Seperti misalnya Arapaima Gigas si ikan raksasa, Aba-aba Amazon, dan bahkan piranha.

Wisata Air di Telaga Fulus

Setelah puas melihat-lihat ikan, Anda bisa menikmati Telaga Fulus. Telaga ini adalah semacam danau buatan yang memang dibangun untuk wahana wisatawan. Beberapa wahana yang bisa Anda nikmati yaitu speed boat, kano, perahu dayung, dan sepeda air. Semua sudah teruji keamanannya.

Melihat Area Konservasi Rusa

Ingin melihat lebih dekat hewan-hewan yang jinak ini? Anda bisa datang langsung ke area konservasinya. Di sini, Anda bisa melihat banyak rusa di halaman berumput. Anda juga boleh memberi makan dengan makanan yang sudah disediakan. Pengelola masih terus mengembangkan area konservasi rusa ini.

Berenang di Waterpark dan Waterboom

Selain River World, wahana inilah yang selalu menarik minat pengunjung. Ada berbagai kolam renang untuk semua pengunjung dari berbagai usia. Dari mulai kolam anak sampai kolam dewasa dan waterboom yang punya lintasan sepanjang 70 meter. Di sekitar waterpark ini, ada berbagai gazebo bagi Anda untuk bersantai.

Foto-foto di Diorama Satwa

Diorama satwa ini isinya hewan-hewan yang sudah diawetkan. Semua hewan di sini dulunya adalah hewan betulan yang hidup. Setelah mati, jasadnya diawetkan untuk dipamerkan di sini. Selain merupakan koleksi dari pengelola sendiri, satwa-satwa ini ada juga yang dihibahkan dari masyarakat.

Beberapa satwa yang diawetkan di sini yaitu biawak, tupai pohon, musang, berang-berang, ikan buntal, penyu raksasa, dan tentu saja Arapaima gigas. Anda bisa mengamati bentuk tubuh hewan-hewan tersebut dari dekat.

Melihat-lihat Aquarium Toyoshuka

Berbeda dari River World, area ini merupakan aquarium. Pada dasarnya, keduanya merupakan tempat untuk melihat koleksi ikan. Bedanya, di aquarium Toyoshuka ini, Anda bisa melihat ikan-ikan dari kaca akuarium sebesar 25 x 15 meter dan tinggi 8 meter. Anda juga melihat berbagai landmark terkenal di dunia dalam bentuk miniatur di akuarium ini.

Main di Playground

Untuk anak-anak yang lebih kecil, Anda bisa mengajak mereka main di playground. Anda sendiri sebagai pendamping juga bisa, kok, menikmati area ini. Beberapa wahana yang ada yaitu ayunan, jungkat-jungkit, seluncuran, dan sepeda wisata. Yang terakhir ini bisa sekalian Anda manfaatkan untuk olahraga.

Ke Istana Burung

Wahana di sini tidak melulu yang berhubungan dengan air. Ada juga bird park yang bernama Istana Burung. Koleksi burungnya lengkap, mulai dari unggas lokal sampai mancanegara. Total ada 75 jenis burung langka dan eksotis yang dipamerkan di sni. Ada Lady Peasant, Sedirit Sanghie, Elang Laut, sampai Merak.

Ingin eksplor Purbalingga dengan maksimal? Anda bisa gunakan jasa Salsa Wisata. Sebagai penyedia layanan liburan, Salsa Wisata punya banyak pilihan paket wisata.

Selain bisa mendatangi tempat-tempat wisata hits di Purbalingga, Anda juga bisa mampir ke tempat oleh-oleh atau mencicipi berbagai kuliner khas Jawa Tengah yang enak. Liburan di Purbalingga bisa maksimal bersama keluarga.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)