SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Purbalingga tidak hanya terkenal sebagai Kota Knalpot, kota ini juga punya banyak tempat wisata seru yang wajib Anda kunjungi. Pilihannya pun beragam mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi rekreasi semua ada.

Berbagai tempat wisata di Purbalingga tersebut sangat cocok menjadi alternatif destinasi wisata Anda. Berikut 18 rekomendasi objek wisata yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Purbalingga.

Daftar Tempat Wisata di Purbalingga Populer

Owabong Water Park Purbalingga

Owabong Water Park Purbalingga

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Warga Purbalingga dan sekitarnya tentu sudah sangat mengenal Objek Wisata Air Bojongsari atau Owabong Waterpark. Tempat wisata air di Purbalingga ini menawarkan berbagai wahana permainan seru untuk Anda rekreasi bersama keluarga seperti di Transera Waterpark.

Di sini Anda bisa mencoba kolam ombak atau seluncuran air panjang yang pasti seru dan menantang. Terdapat pula kolam busa dan waterboom mini untuk anak-anak yang ingin puas bermain air.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan wahana kering seperti go-kart atau zipline coaster yang wajib Anda coba. Semua keseruan di waterpark ini bisa Anda nikmati dengan biaya sekitar Rp25.000,00 hingga Rp35.000,00 saja.

Untuk lokasinya sendiri, Owabong Waterpark beralamat di Jl. Raya Owabong No.1, Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Anda bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Masjid Agung Darussalam Purbalingga

Masjid Agung Darussalam Purbalingga

Seperti halnya Masjid Agung Semarang, Masjid Agung Darussalam termasuk tempat wisata religi paling populer di Purbalingga. Pasalnya masjid ini memiliki desain yang mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid agung ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1853 namun bentuknya belum seindah sekarang. Perubahan wajah masjid ini terjadi pada tahun 2002 dan menghabiskan biaya renovasi hingga 2 miliar.

Tempat ini sering menjadi pilihan wisatawan luar kota untuk beristirahat serta beribadah saat liburan. Lokasinya pun sangat strategis karena berada di depan alun-alun kota tepatnya di Jl. Jambu Karang No.1, Purbalingga Lor, Purbalingga.

Tidak ada tiket masuk yang harus Anda bayarkan karena tempat ini gratis. Selain itu, kawasan masjid ini juga terbuka untuk umum selama 24 jam sehingga Anda bisa bebas datang kapanpun.

Rainbow Garden Kutabawa

Rainbow Garden Kutabawa

Senang melihat kecantikan bunga beraneka warna? Datang saja ke Rainbow Garden Kutabawa atau yang terkenal dengan nama Kutabawa Flower Garden. Taman bunga ini menyajikan keindahan bunga yang tertata rapi seperti yang ada di Batu Flower Garden.

Hawa di tempat ini pun terasa begitu sejuk karena berada di lereng Gunung Slamet. Jadi Anda bisa bersantai menikmati suasananya yang asri sambil berfoto ria di spot-spot unik yang tersedia.

Selain dapat melihat bunga cantik seperti lavender, celosia, dan marigold, Anda juga bisa membeli bibit bunga di sini sebagai oleh-oleh. Lokasi taman bunga Kutabawa ini sendiri berada di daerah Pejagan 1, Kutabawa, Karangreja.

Untuk tiket masuknya, Anda perlu membayar biaya sekitar Rp15.000,00 per orang. Objek wisata alam ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Gunung Slamet

Gunung Slamet

Keindahan Gunung Slamet ternyata juga bisa Anda nikmati dari daerah Purbalingga, tepatnya dari Dusun Bambangan, Kutabawa, Karangreja. Gunung tertinggi kedua di Jawa setelah Gunung Semeru selalu menjadi incaran bagi para pendaki.

Trek pendakiannya pun terbilang berat namun dengan keindahan yang tidak mengecewakan. Dari puncaknya, Anda dapat menikmati panorama sunset dan sunrise dengan latar lautan awan serta gunung-gunung di Jawa Tengah.

Alasan ini pula yang membuat Gunung Slamet menjadi tempat wisata di Jawa Tengah favorit banyak orang. Biaya retribusi pendakian gunung ini juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp25.000,00.

Anda bisa datang langsung ke basecampnya antara pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Pengalaman mendaki Gunung Slamet ini bisa jadi pengalaman paling berkesan selama liburan.

Lembah Pleset

Lembah Pleset

Meski termasuk tempat wisata di Purbalingga terbaru, Lembah Pleset berhasil menarik perhatian banyak orang. Sebab objek wisata ini menawarkan keindahan taman selfie serta kolam renang di tengah lembah yang asri.

Berbagai macam spot foto apik bisa Anda jumpai di sini, seperti  yang ada di The Lost World Castle. Selain itu, Anda dan keluarga bisa puas berenang di air kolam yang segar.

Pokoknya tempat ini cocok sekali menjadi alternatif destinasi wisata Anda bersama keluarga. Tiket masuknya pun hanya sekitar Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 saja.

Untuk Anda yang ingin berkunjung bisa datang ke alamatnya di Dusun II, Krenceng, Kejobong, Kabupaten Purbalingga. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

Purbasari Pancuran Mas

Purbasari Pancuran Mas

Taman rekreasi lain yang juga sangat populer di Purbalingga adalah Purbasari Pancuran Mas. Tempat ini sering mendapat sebutan sebagai Taman Impian Jaya Ancol mini di Purbalingga karena fasilitas dan wahananya yang lengkap.

Ada beberapa area yang bisa Anda coba di tempat ini seperti area waterboom dan taman bermain anak. Selain itu, ada pula area edukasi yang juga tak kalah menarik, misalnya river world dan istana burung.

Namun dari semua area yang ada, Planet Aquarium Toyoshuka menjadi salah satu favorit wisatawan. Semua kawasan wisata ini bisa Anda nikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp25.000,00 per orang.

Usahakan untuk datang pada jam operasionalnya yakni antara pukul 08.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Alamatnya sendiri berada di Jl. Raya Purbayasa, Purbayasa, Padamara, Kabupaten Purbalingga.

Curug Sumba

Curug Sumba

Salah satu rekomendasi curug terbaik di Purbalingga adalah Curug Sumba. Curug ini memiliki banyak daya tarik selain keindahan air terjunnya yang masih sangat alami seperti halnya Coban Rondo.

Misalnya saja seperti goa kecil yang berada di salah satu sisi curug. Selain itu, Anda juga bisa puas berenang di kolam alami yang menampung semua air jernih nan segar dari curug ini.

Untuk Anda yang senang berfoto, curug ini juga menyediakan taman bunga cantik yang bisa jadi tempat foto selfie asyik. Penasaran dengan daya tarik lain tempat ini? Datang saja ke lokasinya di Kemojing, Tlahab Kidul, Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

Curug Sumba ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.30 WIB. Wisatawan yang ingin berkunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp5.000,00 per orang.

Sanggaluri Park Purbalingga

Sanggaluri Park Purbalingga

Satu lagi taman rekreasi lengkap di Purbalingga yang wajib Anda kunjungi yakni Sanggaluri Park. Taman rekreasi ini juga terkenal dengan nama Taman Reptil atau Wisata Dinosaurus berkat koleksi hewan yang ada.

Selain itu, Sanggaluri Park Purbalingga juga punya wahana permainan edukatif seperti yang ada di Jatim Park 3. Permainan seru seperti rumah gempa, labirin kaca, dan kereta mini jadi favorit anak-anak untuk bermain.

Tidak ketinggalan spot-spot foto kekinian yang sangat cantik juga bisa Anda nikmati di tempat ini. Cukup bayar saja tiket masuknya sebesar Rp15.000,00 hingga Rp20.000,00 per orang.

Taman rekreasi ini sendiri buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Lokasinya berada di Jl. Raya Taman Reptil, Dusun II, Kutasari, Kabupaten Purbalingga.

Sefa Garden

Sefa Garden Purbalingga

Wisata keluarga yang juga tidak boleh terlewatkan di Purbalingga adalah Sefa Garden. Tempat wisata ini menawarkan rekreasi taman buah dengan berbagai fasilitas serta wahana menarik.

Sebut saja spot foto kekinian berbentuk taman yang pas untuk Anda bersantai. Selain itu tersedia pula kolam renang anak dan dewasa yang bisa Anda manfaatkan.

Jadi tidak hanya dapat memetik buah, Anda juga dapat rekreasi santai bersama keluarga di tengah nuansa pedesaan. Sefa Garden ini mematok biaya retribusi wisata sebesar Rp10.000,00 per orang.

Untuk lokasinya sendiri beralamat di Dusun 5, Karangcengis, Bukateja, Kabupaten Purbalingga. Anda bisa datang antara pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya.

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Jejak sejarah Laksamana Cheng Ho tidak hanya bisa Anda temukan di Klenteng Sam Poo Kong saja. Masjid Muhammad Cheng Ho yang ada di Purbalingga juga punya nilai sejarah yang sama.

Meski bukan bangunan asli peninggalan Laksamana, arsitektur masjid ini mengikuti Masjid Cheng Ho yang ada di Surabaya. Tampilan luarnya terlihat seperti bangunan klenteng dengan ornamen khas Cina.

Karena keunikan tersebut, masjid ini termasuk salah satu tempat wisata di Purbalingga yang lagi hits. Jika Anda tertarik datang, masjid ini tidak mematok biaya sepeserpun.

Begitu pula dengan jam operasionalnya yang selalu buka selama 24 apalagi untuk ibadah. Anda bisa langsung meluncur ke alamatnya di Jl. Purbalingga – Bobotsari No.16, Dusun 3, Selaganggeng, Mrebet, Kabupaten Purbalingga.

Goa Lawa

Goa Lawa

Golaga atau Goa Lawa Purbalingga menawarkan pengalaman susur goa berbeda dari yang ada di Goa Pindul. Sebab dinding goa ini terbentuk dari lava yang telah mendingin ribuan tahun silam sehingga panoramanya berbeda.

Selain susur goa, lokasinya yang berada di lereng Gunung Slamet membuatnya menjadi tempat yang pas pula untuk berbagai aktivitas. Misalnya saja seperti camping, outbound, atau menjelajah bukit dan air terjun.

Sehingga tidak heran jika misalnya kawasan goa lawa ini sering menjadi pilihan bagi paket gathering murah sejumlah biro perjalanan. Untuk tiket masuknya sendiri goa lawa tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp20.000,00 hingga Rp25.000,00.

Anda yang ingin berkunjung, bisa datang pada jam operasionalnya sekitar pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Alamatnya terletak di Desa Siwarak, Karangreja, Dusun IV, Siwarak, Kabupaten Purbalingga.

Wadas Gantung

Wadas Gantung

Untuk Anda yang senang camping namun tidak kuat mendaki terlalu lama, Wadas Gantung bisa jadi solusinya. Tempat ini merupakan pos 1 pendakian Gunung Slamet melalui Gunung Malang dan memiliki panorama sunrise seindah Seruni Point.

Hanya butuh 1.5 jam perjalanan dari basecamp untuk bisa sampai ke spot camping favorit ini. Hal ini pula yang membuat Wadas Gantung jadi lokasi favorit wisatawan untuk camping menikmati sunrise.

Jika Anda ingin merasakan langsung sensasinya, bisa datang ke basecamp pendakian Gunung Malang di Gerdu, Serang, Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Tempat ini buka selama 24 jam sehingga Anda bisa bebas memperhitungkan waktu pendakian.

Untuk tiket masuknya Anda hanya perlu membayar retribusi sekitar Rp15.000,00 saja. Pengalaman camping di Wadas Gantung ini bisa jadi pengalaman liburan yang paling berkesan.

Taman Sentul Purbalingga

Taman Sentul Purbalingga

Objek wisata ini bukan bagian dari tempat wisata di Sentul Bogor yang terkenal, melainkan asli Purbalingga. Konsepnya pun berbeda karena Taman Sentul Purbalingga merupakan taman kota yang ramah anak.

Taman ini memiliki banyak wahana permainan anak mulai dari ayunan, jungkat-jungkit, hingga papan titian. Saat akhir pekan, tempat ini menjadi favorit warga lokal untuk bersantai bersama keluarga.

Selain karena suasananya yang asri, tempat ini pun tidak mematok biaya yang mahal. Pengunjung yang ingin datang hanya perlu membayar biaya sebesar Rp2.000,00 per orang.

Alamatnya sendiri berada di Jl. MT. Haryono, Desa Karangsentul, Karangsentul, Padamara, Kabupaten Purbalingga. Anda pun bisa bebas datang kapanpun karena taman ini buka selama 24 jam.

Puncak Sendaren

Puncak Sendaren

Keseruan di Puncak Becici juga bisa Anda rasakan saat mengunjungi Puncak Sendaren. Tempat ini menawarkan panorama cantik dari atas bukit dengan berbagai spot selfie menarik.

Misalnya saja spot gardu pandang berbentuk tangan yang menghadap langsung pemandangan kota. Foto dari lokasi ini sudah pasti menjadi gambar yang apik selama Anda liburan.

Dengan suasana sejuk khas perbukitan, kawasan Puncak Sendaren ini sangat cocok untuk Anda bersantai di pagi hari. Kawasan wisatanya juga buka 24 jam jadi Anda bisa bebas datang kapanpun Anda mau termasuk untuk camping.

Biaya retribusinya pun masih sangat terjangkau hanya sekitar Rp5.000,00 per orang. Untuk lokasinya, Anda bisa datang ke alamatnya di Jl. Ardi Lawet, Dusun I, Panusupan, Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Curug Nini

Curug Nini

Satu lagi air terjun cantik di Purbalingga yang wajib untuk Anda kunjungi yakni Curug Nini. Sekilas, bentuk curug ini mirip dengan Curug Cikuluwung yang ada di Bogor.

Hanya saja, di Curug Nini, area kolamnya lebih luas dan tertata serta lebih dangkal sehingga aman untuk bermain air. Selain itu kawasan ini juga telah memiliki banyak spot bersantai dan foto yang pas bagi keluarga.

Suasana asri area sekitar curug dan suara gemericik air yang terdengar ikut menambah syahdu kunjungan Anda ke tempat ini. Untuk yang penasaran, bisa langsung menuju lokasinya di Dusun IV, Pagerandong, Mrebet, Kabupaten Purbalingga.

Curug ini hanya mematok biaya retribusi sebesar Rp3.000,00 hingga Rp5.000,00 per orangnya. Pastikan untuk datang antara pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB agra tidak melewatkan keseruan bermain air di curug ini.

Kampung Kurcaci

Kampung Kurcaci

Jika di Hutan Pinus Mangunan terdapat kampung hobbit, di Purbalingga Anda bisa mengunjungi Kampung Kurcaci. Lokasinya juga berada di area hutan lereng Gunung Slamet yang masih rapat dan asri.

Tempat wisata instagramable di Purbalingga ini juga menawarkan banyak aktivitas menarik lain. Misalnya saja seperti camping, outbound, sekolah alam, hingga bermain permainan memacu adrenalin.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai aktivitas alam luar ruangan dan ingin tetap bersantai. Tiket masuknya pun hanya sekitar Rp5.000,00 per orang.

Anda bisa langsung menuju lokasinya yang terletak di Krajan, Serang, Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Waktu terbaik berkunjung ke tempat ini tentu saja saat pagi atau sore hari ketika matahari tidak terlalu tinggi..

Situ Tirta Marta

Situ Tirta Marta

Umbul Ponggok bukan satu-satunya tempat untuk eksis berfoto di dalam air, di Purbalingga misalnya, Anda bisa mengunjungi Situ Tirta Marta. Daya tarik utamanya tentu saja spot-spot foto bawah air yang unik dan apuk.

Misalnya saja spot peralatan camping, motor jadul, hingga TV dan cangkul bisa Anda temukan di sini. Airnya yang jernih dan segar juga ikut membuat foto yang Anda dapatkan jadi semakin indah.

Selain itu, pemandian alami ini punya tiket masuk yang lebih murah. Anda hanya perlu membayar Rp3.000,00 jika ingin merasakan keseruan serta kesegaran bermain air di kolam ini.

Lokasinya sendiri beralamat di Dusun 1, Karangcegak, Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Anda bisa datang antara pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya.

Ben Dina Hills

Ben Dina Hills

Satu lagi rekomendasi tempat wisata Purbalingga yang wajib Anda datangi yakni Ben Dina Hills. Kawasan wisata ini menawarkan keseruan wisata di tengah area perbukitan yang asri seperti halnya tempat wisata Lembang terkenal.

Selain menikmati jajaran pohon pinus di perbukitan, Anda juga bisa berenang dan puas berfoto di setiap spot selfie yang ada. Uniknya lagi, tempat ini memiliki konsep nuansa seperti di Bali sehingga banyak wisatawan yang betah berlama-lama.

Biaya yang harus Anda keluarkan pun tidak terlalu banyak hanya Rp10.000,00 per orang untuk tiket masuknya. Objek wisata ini sendiri beroperasi mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya.

Aksesnya pun sangat mudah karean berada tidak jauh dari lokasi pemukiman warga. Alamat persisnya berada di Daerah Purwosari, Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

Nah itulah tadi 18 rekomendasi tempat wisata di Purbalingga instagramable yang tidak boleh Anda lewatkan. Dapatkan pula kemudahan mengunjungi berbagai destinasi wisata menarik lainnya bersama Salsa Wisata.

Dengan berbagai layanan mulai dari paket wisata, akomodasi, serta transportasi segala kebutuhan perjalanan Anda pasti terpenuhi. Sehingga liburan yang mudah dan nyaman bisa Anda dapatkan.

Jadi tunggu apalagi segera pilih destinasi wisata Anda dan rasakan sendiri keseruan liburan yang berkesan dan tak terlupakan bersama Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)