SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ranu Pani atau Ranu Pane mungkin hanya dikenal sebagai basecamp pendakian dari Gunung Semeru, padahal lebih dari itu. Desa ini memiliki sebuah danau dengan nama yang sama dan menjadi salah satu tempat wisata Malang yang bagus cukup terkenal.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dengan biaya yang murah dan pastinya menyenangkan. Tempat ini sangat cocok dikunjungi setelah turun mendaki Semeru atau sebagai alternatif jika tidak jadi mendaki.

Desa Ranu Pani bisa Anda kunjungi dengan mudah menggunakan paket wisata Bromo yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak terlebih dahulu apa saja hal menarik yang telah menunggu Anda di Ranu Pani berikut ini:

Sekilas Tentang Ranu Pani

Ranu Pani merupakan nama dari sebuah danau dan menjadi asal usul nama desa Ranu Pani. Kata ranu sendiri dalam bahasa kawi berarti danau dan Pani bisa diartikan sebagai tangan sehingga bisa diartikan sebagai Danau Tangan.

Desa Ranu Pani sendiri merupakan desa yang berada di sisi utara Gunung Semeru dan dihuni sekitar 2.000 penduduk. Sebagian besar penduduk disini merupakan suku Tengger asli dan berprofesi sebagai porter atau petani.

Danau ini berada di ketinggian sekitar 2100 mdpl dengan suhu yang sangat dingin mulai dari 25 hingga -4 derajat celcius. Pada awalnya luas danau ini kurang lebih 5.6 hektar namun mengalami penyusutan akibat pencemaran.

Begitu juga dengan kedalaman danau yang semula mencapai 12 meter pada tahun 2013 mengalami pendangkalan dan menjadi 7 meter. Meski begitu keindahan dari tempat wisata ini tidak pernah ikut berkurang atau menyusut.

Anda bisa melakukan berbagai hal seru untuk menikmati keindahan dan keasrian Ranu Pani seperti camping. Fasilitas yang tersedia di sini juga cukup lengkap, mulai warung yang menjual makanan khas Malang legendaris atau Suku Tengger hingga penginapan.

Kegiatan Seru di Ranu Pani

Desa Ranu Pani

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Objek wisata ini menyimpan keindahan dan keseruan yang tidak kalah dengan Ranu Kumbolo di ketinggian Gunung Semeru. Berikut ini beberapa kegiatan seru dan hal menarik yang bisa Anda lakukan saat berada di Ranu Pani:

Menikmati Keindahan Danau

Meski tidak seluas saat masih sepi, danau ranu pani tetap menyimpan keindahan yang mempesona. Sekeliling danau ini ditumbuhi pohon pinus dan cemara gunung yang membuatnya terasa sangat asri.

Air danau yang tenang dan jernih nampak begitu menyegarkan, terkadang terlihat burung atau bebek yang berenang di sekitar danau. Rumah penduduk yang berada tidak jauh dari pinggiran danau juga menjadi pemandangan yang menarik.

Pada pagi hari kabut tipis yang menyelimuti destinasi wisata ini membuatnya terlihat begitu menawan namun penuh misteri. Sinar matahari pagi yang berwarna keemasan memantul dengan indah di air danau dan membuat pohon di sekitarnya seperti berkilau.

Anda juga bisa menikmati keindahan tempat wisata ini sambil menikmati makanan dan minuman hangat di rumah makan sekitar danau. Pemandangan indah tempat wisata ini bisa menjadi hal terbaik yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke kawasan Bromo Tengger Semeru.

Camping

Kegiatan seru seperti mendirikan tenda dan berkemah bersama teman bisa pula Anda lakukan di pinggiran Ranu Pani. Salah satu sisi objek wisata ini terdapat tanah lapang yang menjorok ke danau dan menjadi tempat yang pas mendirikan tenda.

Anda bisa melihat dari dekat keindahan objek wisata ini dan merasakan langsung segarnya air danau alami ini. Saat malam hari suhu objek wisata ini dapat mencapai -4 derajat sehingga Anda perlu persiapan dan perlengkapan yang cukup saat berkemah.

Namun dari suhunya yang dingin tersebut, saat pagi Anda bisa melihat fenomena salju dan es dari embun di daun. Fenomena langka ini bisa jadi pengalaman baru dan seru yang bisa Anda dapatkan saat camping bersama teman di destinasi wisata ini.

Untuk Anda yang ingin camping disini juga tidak perlu repot membawa peralatan sendiri dari rumah. Banyak tempat penyewaan peralatan camping bisa Anda temukan di sekitar desa Ranu Pani, tapi bila lebih siap tentu lebih baik.

Mengunjungi Ranu Regulo

Ranu Regulo

Tidak jauh dari Ranu Pani Anda bisa menemukan tempat yang tidak kalah menarik yakni Ranu Regulo. Jaraknya sekitar 2 km dari objek wisata ini dan hanya memerlukan waktu berjalan sekitar 15 menit melewati jalan setapak.

Keindahan dari danau ini tidak kalah dengan Ranu Pani dan Ranu Kumbolo terutama saat pagi hari sebelum matahari terbit. Cahaya fajar berwarna merah ungu dan oranye menghiasi langit dan tampak begitu epik saat bertemu kabut Ranu Regulo.

Berkat pemandangan tersebut tidak sedikit pengunjung yang juga camping di sekitar Ranu Regulo. Suasana sepi dan jauh dari pemukiman membuatnya terasa lebih nyaman dan mirip dengan Ranu Kumbolo.

Saat malam hari suhu di Ranu Regulo ini dapat mencapai -4 derajat celcius sehingga para pengunjung dilarang berenang di danau. Cukup menikmati malam indah bertabur bintang dan pagi hari epik dari Ranu Regulo yang begitu menawan.

Melihat Upacara Adat Suku Tengger

Pada waktu-waktu tertentu penduduk sekitar yang sebagian besar berasal dari Suku Tengger sering melakukan upacara adat. Salah satu yang cukup sering adalah upacara unan-unan dimana penduduk melakukan doa bersama yang dipimpin oleh Romo Dukun.

Dalam upacara ini seluruh penduduk akan menyembelih kepala kerbau dan membawanya ke Sanggar Agung bersama jodang atau sesaji lainnya. Upacara ini kemudian ditutup dengan doa bersama untuk memohon dilindungi dari segala gangguan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu masyarakat Pengger ini juga sering melakukan bersih desa agar desa bisa terhindar dari hal negatif dan kesialan. Dengan bersih desa ini sendiri lingkungan sekitar desa pun jadi tetap terjaga kebersihan dan keasriannya.

Melihat berbagai upacara adat yang dilakukan salah satu Suku Tertua di Jawa ini bisa menjadi pengalaman baru untuk Anda. Sambil menambah wawasan, Anda bisa menikmati keindahan alam dari Ranu Pani dan sekitarnya

Harga Tiket Masuk Ranu Pani

Untuk masuk kawasan Ranu Pani Anda tidak perlu membayar biaya yang begitu mahal. Hanya dengan beberapa ribu rupiah saja Anda sudah bisa menikmati keindahan dari destinasi wisata ini dan sekitarnya.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Ranu Pani Rp5.000,00
Sewa Jeep Rp650.000,00 per mobil 15 orang
Ojek Motor Rp100.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung keputusan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya saat akan mengunjungi kawasan Ranu Pani.

Anda juga bisa mengelilingi tempat wisata lain di sekitar Bromo dengan menggunakan paket wisata Domestik dari Biro Perjalanan. Paket ini akan membantu Anda dengan segala urusan akomodasi selama liburan hingga pulang membawa oleh-oleh khas Malang yang tahan lama dan kawasan sekitarnya.

Lokasi dan Rute Menuju

Secara administratif Ranu Pani berada di Ranu Pane Satu, Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 17 Km dari Gunung Bromo dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Untuk rute terbaik menuju objek wisata ini bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan jasa sewa innova Malang dan petunjuk arah dari Google Maps. Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir mobil jeep atau Biro Perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Ranu Pani

Untuk mengunjungi Ranu Pani tidak ada batasan waktu tertentu karena tempat ini terbuka selama 24 jam penuh setiap hari. Namun ada waktu tertentu yang bisa Anda pilih untuk berkunjung dan mendapatkan keindahan sempurna dari tempat wisata ini.

Salah satunya saat pagi hari dimana momen matahari terbit menjadi momen terindah yang bisa Anda dapatkan. Anda juga bisa datang saat sore hari untuk mendirikan tenda dan bermalam di tepian destinasi wisata ini.

Usahakan untuk datang saat musim kemarau agar selama liburan Anda tidak terganggu hujan. Namun harus siapkan peralatan camping yang sangat lengkap karena udara dingin saat musim kemarau bisa mencapai -4 derajat Celcius.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Malang



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)