SalSari Resto & Coffee

Jika Anda menyukai tempat wisata bersejarah juga tempat wisata yang modern dan kekinian, Anda wajib mengunjungi Sarinah Malang.

Pusat perbelanjaan ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan telah turut andil dalam masa-masa menuju kemerdekaan sekaligus dalam membangun Indonesia.

Tempat wisata hits Malang ini merupakan pusat perbelanjaan pertama yang berdiri setelah melalui berbagai macam kejadian penting. Oleh sebab itu, tak heran bila lokasi ini kerap ramai pengunjung.

Penasaran dengan mall yang satu ini? Silakan simal ulasan berikut ini!

Sejarah Singkat Sarinah Malang

toko baju Sarinah Malang

Gedung Sarinah ini merupakan gedung modern yang dibangun dengan gaya arsitektur indis. Pada tahun 1820 — 1839, gedung ini memang untuk rumah dinas Bupati Malang Pertama, yaitu Raden Toemenggoeng Notodiningrat.

Setelah itu, gedung ini sempat ditinggalkan sebelum akhirnya dijadikan tempat perkumpulan orang-orang Belanda. Dari sinilah muncul sebutan Gedung Societeit Concordia, yang artinya Gedung Kerukunan Masyarakat.

Pada tanggal 25 Februari hingga 5 Maret 1947, gedung ini digunakan untuk mengadakan Rapat Akbar KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) yang merupakan cikal-bakal dari DPR Republik Indonesia.

Rapat ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting dalam sejarah Indonesia, seperti Soekarno, Hatta, Dr. Soetomo, Ki Hajar Dewantara, Jenderal Soedirman, Bung Tomo dan Douwes Dekker.

Di tahun yang sama, gedung ini pun dibakar habis hingga hanya tersisa puing-puing saja. Hal ini bertujuan untuk strategi gerilya untuk menghalau Belanda masuk lagi ke daerah Malang.

Cukup lama lahan tersebut dibiarkan terbengkalai dengan puing-puing bekas pembakaran. Sampai akhirnya pada tahun 1970, dibangunlah pusat perbelanjaan yang disebut Gedung Sarinah.

Sejak itu, Sarinah Malang ini beroperasi sebagai mall pertama di Malang. Mall ini sempat berjaya selama tahun 1970 — 1990-an, sebelum akhirnya mulai kalah dengan mall-mall yang lebih modern yang bermunculan di awal tahun 2000-an.

Walau begitu, Sarinah ini tetap memiliki arti tersendiri di hati masyarakat Malang.

Lokasi Sarinah Malang

Lokasi Sarinah Malang terletak di Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.2-A, Kidul Dalem, Kec. Klojen, Malang, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi mall ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Jarak dari Museum Brawijaya menuju mall ini hanya sekitar 10 menit perjalanan menuju Sarinah. Tapi jika Anda menggunakan kendaraan umum, perjalanan akan membutuhkan waktu sekitar 35 menit.

Jika Anda datang dari arah Alun-alun Tugu Kota Malang, maka Anda hanya harus berkendara selama kurang lebih 2 menit. Sebab jaraknya tidak terlalu jauh. Agar perjalanan lebih nyaman dan efektif, maka kami sarankan bagi para wisatawan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Jika Anda datang dari luar kota, tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan layanan sewa mobil avanza harian murah di agen berpengalaman seperti Salsa Wisata.

Dengan begitu, Anda bisa berkeliling Kota Malang, menyambangi tempat-tempat wisata seru lainnya, tanpa pusing memikirkan rute perjalanan dan kendaraan umum apa yang harus ditumpangi.

Jam Buka Sarinah Malang

Jam Buka Pukul
Setiap hari 09.00 – 22.00 WIB

Aktivitas Menarik di Sarinah Malang

interior Sarinah Malang

Mall ini terdiri dari 3 lantai yang masing-masing memiliki daya tariknya tersendiri. Memang tidak terlalu besar, namun mall ini tidak pernah sepi pengunjung.

Berbelanja di Lantai 1

Di lantai 1 Anda bisa asyik berbelanja, memilih beraneka ragam pakaian, aksesori, sepatu dan masih banyak lagi. Kebanyakan outlet yang ada di sini merupakan produk dalam negeri yang tak kalah berkualitas dengan produk-produk luar negeri.

Namun, ada pula beberapa outlet produk luar negeri yang terkenal, seperti Kickers dan Wacoal. Di sini Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Malang untuk sanak saudara dan teman-teman terkasih.

Sebab, ada banyak sekali kerajinan tangan dan busana-busana yang merupakan buatan anak-anak bangsa. Jadi, Anda tidak hanya membeli oleh-oleh, melainkan juga membantu usaha-usaha dalam negeri.

Di sini juga terdapat retail yang menyediakan jasa jahit berdasarkan desain dan pesanan pelanggan. Jadi, jika Anda ingin menjahit gaun atau jas atau pakaian lainnya, Anda bisa mengunjungi retail ini.

Berwisata Kuliner di Lantai 2

Naik ke lantai 2, Anda masih bisa menemukan outlet-oulet yang menjual ragam pakaian dan aksesori penunjang penampilan lainnya. Namun, daya tarik utama di lantai ini adalah area food court Makan Nakam.

Di sini, Anda dapat memesan berbagai macam makanan khas Indonesia sambil duduk di bangku-bangku nyaman yang telah disediakan. Anda juga bisa mencicipi bakso malang yang merupakan salah satu makanan khas Malang loh!

Jika tidak ingin makan di sini, Anda dapat mengunjungi KFC, McDonald’s, Samara Cafe n Resto atau Kopi Kenangan yang juga ada di kawasan mall ini.

Tak hanya itu, jika Anda berjalan sedikit sekitar gedung mall, Anda tentu dapat menemukan gerai-gerai dan warung-warung lainnya yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Menonton Bioskop di Lantai 3

Di Sarinah Malang, Anda juga bisa menonton film-film box office loh! Uniknya, bioskop di sini bukanlah Cinema XXI, 21, Cinemaxxx, CGV atau Cinepolis yang sudah terkenal masyarakat luas. Melainkan Movimax.

Tapi hal tersebut tidak akan mengurangi keseruan Anda bersama orang terkasih menonton film kok! Anda bisa memesan tiket bioskop secara langsung atau secara online melalui website resmi Movimax.

Jika Anda ingin popcorn, Anda bisa membelinya di snack bar yang tersedia. Anda juga tidak perlu takut bosan karena menunggu jam mulai film yang terlalu lama. Karena di sini juga terdapat Cafe yang menyediakan beragam jenis makanan dan minuman ringan juga meja dan kursi.

Fasilitas di Sarinah Malang

fasilitas Sarinah Malang

  • Parkiran luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Ruang menyusui
  • Eskalator
  • ATM center
  • Money Changer

Sebelum memasuki gedung Sarinah Malang, sempatkan diri untuk membaca batu monumen sejarah yang ada di depannya ya. Setelah itu, sempatkan diri juga untuk berwisata kuliner mencicipi Bakso President yang legendaris di Malang!

Jika ingin liburan manfaatkan paket wisata dari Salsa Wisata. Ada banyak pilihan paket yang bisa Anda pilih. Segala kebutuhan wisata mulai dari akomodasi, transportasi, konsumsi, hingga tiket masuk wisata sudah diakomodir oleh kami.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)