SalSari Resto & Coffee

Garut secara geografis memang mendukung berbagai potensi wisata alam. Ada cukup banyak destinasi wisata viral di Garut yang bertema alam. Misalnya seperti Situ Bagendit yang menawarkan keindahan alam.

Situ atau danau alami menyimpan kisah legenda yang unik terkait bagaimana danau ini terbentuk. Selain itu, view menakjubkan serta wahana rekreasi air di situ ini juga menjadi daya tarik wisatawan.

Sejarah Situ Bagendit

Situ Bagendit Garut merupakan danau alami dan menjadi destinasi wisata yang selalu ramai oleh warga Garut. Lokasinya memang sangat cocok sebagai spot healing untuk anak muda. Juga cocok untuk wisata keluarga.

Legendanya, ada seorang perempuan bernama Nyai Endit yang kikir. Dia kemudian tenggelam di situ ini bersama dengan seluruh hartanya. Boleh percaya boleh tidak, kisah ini tentu memiliki makna yang baik.

Di lokasi ini, wisatawan dapat menikmati keindahan situ di setiap sudutnya. Apalagi, semua masih tampak alami, bahkan wahana seperti rakit bisa wisatawan gunakan untuk menyusuri area situ.

Fasilitas danau ini juga cukup lengkap sehingga pengunjung tidak perlu khawatir untuk datang ke sini bersama teman atau keluarga. Jadi sempatkan untuk mampir ke salah satu tempat wisata hits Jawa Barat ini jika Anda berada di Garut.

Harga Tiket Masuk Situ Bagendit

Tiket Masuk Wisata Situ Bagendit

Tiket masuk Situ Bagendit di hari biasa atau akhir pekan tetap sama yakni sekitar Rp10.000,00 saja. Pengunjung anak-anak hanya perlu membayar setengah dari orang dewasa. Biaya ini sendiri tidak termasuk parkir kendaraan.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Anak Rp5.000,00
Tiket Masuk Dewasa Rp10.000,00

Rute Menuju Lokasi Situ Bagendit

Wisata Situ Bagendit

Lokasi Situ Bagendit berada di Desa Banyuresmi, Garut, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Garut ke situ ini hanya 4 km. Sehingga tidak perlu bingung untuk sampai ke lokasi, gunakan saja Google Map dengan link di atas.

Paling mudah dan nyaman datang ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Sehingga bisa juga membawa bekal sendiri dengan nyaman jika tidak ingin membeli makanan di lokasi situ.

Jam Buka Situ Bagendit

Situ Bagendit sebenarnya buka selama 24 jam, namun untuk rekreasi air dan wahana permainan anak hanya pagi sampai sore. Biasanya fasilitas wisata tersebut buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya.

Semua fasilitas wisata tersebut termasuk warung apung biasanya ramai saat akhir pekan. Jadi jika Anda berencana berkunjung bisa sesuaikan dengan kondisi Situ Bagendit yang ramai atau sepi sesuai keinginan Anda.

Fasilitas Situ Bagendit

Fasilitas Situ Bagendit sangat lengkap. Area parkir luas, toilet, wahana permainan anak, gazebo atau saung, mushola dan banyak lagi. Jangan lupakan juga ada banyak warung dan kios cinderamata serta jajanan.

Pemerintah juga telah mengkampanyekan destinasi wisata ini ke kancah internasional. Sehingga semua yang berkaitan dengan fasilitas tentunya akan semakin lengkap dan berstandar.

Daya Tarik Wisata Situ Bagendit

Daya Tarik Wisata Situ Bagendit

Situ Bagendit Garut memiliki berbagai daya tarik wisata yang membuat pengunjung merasa betah berlibur ke sini. Daya tarik ini mulai dari pemandangan hingga wisata kuliner di tepi danau.

Keindahan Seperti Lukisan

Sepertinya tidak berlebihan jika mengatakan bahwa danau ini menawarkan keindahan menakjubkan bak sebuah lukisan. Panorama alam yang mempesona ini bisa wisatawan saksikan dan nikmati selama ada di sini.

Bahkan, di sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata, wisatawan dapat melihat keindahan alam yang segar dan asri. Sebab, danau ini berada di area pedesaan, penuh dengan perkebunan dan sawah di sekelilingnya.

View landscape di area situ semakin sempurna dengan lukisan pegunungan yang tampak dari kejauhan seperti siluet. Belum lagi, udaranya sangat bersih dan segar sehingga cocok untuk melarikan diri dari rutinitas kota.

Memang danau ini sangat cantik dengan perpaduan pepohonan dan pegunungan. Di pagi hari, view instagenik akan nampak ketika matahari mulai menyemburat dari ufuk timur. Keindahannya bak lukisan alam.

Mengelilingi Danau

Keindahan Situ Bagendit ini tidak cukup hanya dengan Anda lihat dan saksikan, tetapi bisa juga dengan menyusurinya. Ada beberapa wahana yang bisa wisatawan gunakan seperti sepeda air, perahu dan rakit.

Untuk rakit ini masih sangat alami dan tradisional dengan menggunakan beberapa batang bambu. Tapi, wisatawan tidak perlu khawatir karena akan ada petugas yang akan menjalankan sekaligus mengarahkan laju rakit.

Jika ingin lebih santai dan menikmati suasana romantis, wisatawan bisa memilih sepeda air. Air danau ini sangat tenang, tidak ada ombak sehingga bersepeda air ke tengah pun tidak masalah, tapi tetap berhati-hati.

Jogging dan Bersepeda

Bersepeda di Situ Bagendit

Untuk pengunjung yang rumahnya tidak terlalu jauh dari objek wisata Situ Bagendit, mereka bisa datang di pagi hari untuk olahraga. Biasanya, mereka lebih menyukai untuk jalan santai, jogging atau bersepeda.

Kegiatan seru ini bisa juga mereka lakukan di sore hari. Tapi, pagi hari udara masih begitu sejuk dan pepohonan masih basah karena embun. Apalagi sambil menyaksikan detik-detik matahari terbit.

Bersepeda juga merupakan kegiatan seru yang bisa pengunjung lakukan ketika berada di sini. Area di pinggir danau ini memang bisa untuk berbagai aktivitas seru.

Spot Foto Ciamik

Menikmati keindahan danau memang bisa dengan beragam cara. Bagi pengunjung yang mencintai dunia fotografi atau hanya sekedar mengabadikan momen, ada banyak spot foto ciamik.

Setiap sudut di danau ini menjadi latar foto yang instagramable. Foto di atas rakit, perahu, sepeda air atau di dekat danau. Semua terlihat instagenik, apalagi foto landscape berupa danau, pohon dan pegunungan.

Ada juga spot foto unik seperti di jembatan menuju kawasan Taman Hutan Bagendit. Semua akan terlihat menarik dan layak untuk Anda pamerkan di media sosial, ini tergantung dari bagaimana Anda mengambil angle.

Wahana Permainan Anak

Wahana Permainan Anak di Situ Bagendit

Situ Bagendit Garut Jawa Barat ini memang cocok untuk wisata keluarga. Ada banyak permainan seru untuk anak-anak. Sementara orang tua bisa istirahat dan menikmati bekal di gazebo atau pinggir danau.

Beberapa wahana permainan ini ada kereta mini, kolam bola, trampolin hingga pemancingan mini. Anak-anak juga bisa mengikuti kegiatan seru dan kreatif seperti mewarnai. Tenang, biaya permainan ini sangat murah.

Kuliner di Warung Apung

Setelah bermain dan menikmati keindahan alam, sekarang saatnya menikmati sajian kuliner khas Sunda yang ada di warung. Warung ini sangat unik karena berada di atas danau dengan menggunakan bambu.

Warung ini terapung sehingga ada sensasi bergoyang-goyang seperti menaiki perahu. Sangat unik dan menarik memang, tapi inilah yang menjadi daya tarik wisata kuliner di danau Bagendit.

Di area wisata situ, ada banyak kios oleh-oleh dan cinderamata. Jadi, sebaiknya tetap membawa uang lebih untuk bisa membeli oleh-oleh dan souvenir dari masyarakat sekitar.

Pastikan saja kenyamanan dan keamanan perjalanan menuju Situ Bagendit dengan menggunakan layanan dari Salsa Wisata. Anda bisa memilih kendaraan dengan driver profesional, serta ada juga paket wisata menarik.



By Categories: Destinasi, Garut

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)