earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Sumber Jenon merupakan satu dari sekian banyak sumber air segar yang bisa Anda temukan di daerah Malang. Kesegaran air dan nuansa alam alaminya menjadi alasan kuat Sumber Jenon menjadi tempat wisata di Malang yang begitu diminati.

Anda bisa berenang, menikmati pemandangan alam, hingga piknik santai bersama keluarga di sumber air ini. Selain itu ada banyak cerita menarik  serta mitos yang bisa Anda temukan di objek wisata ini.

Tempat wisata ini bisa Anda kunjungi dengan menggunakan paket liburan ke Malang yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun ada baiknya untuk simak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai Sumber Jenon berikut ini.

Asal usul Sumber Jenon

Seperti kebanyakan sumber air atau tempat wisata, selalu ada cerita rakyat atau legenda yang mendampinginya begitu juga dengan sumber Jenon. Kisah terbentuknya destinasi wisata ini berawal ketika  Rantung Grati dan istrinya Irogat melarikan diri dari Kerajaan Mataram yang sedang berperang.

Mereka kabur menuju daerah hutan dan tinggal di sana sambil bercocok tanam untuk menyambung hidup. Singkat cerita, musim kemarau datang dan mereka kesulitan mendapatkan air untuk mengairi tanamannya.

Akhirnya Rantung Grati pergi bertapa ke Gunung Harimau untuk mencari cara agar tanamannya tidak mati kekurangan air. Ia duduk di bawah pohon Jenu dan mulai bersemedi, namun tidak berselang lama, angin kencang bertiup dan merobohkan pohon jenu tersebut.

Dari titik jatuhnya pohon jenu inilah muncul sumber air yang mengalir deras hingga menggenang membentuk sebuah kolam. Sejak saat itu, sumber air ini dinamakan dengan Sumber Jenon atau sumber air Jenon.

Kolam ini memiliki panjang 50 meter dengan lebar sekitar 30 meter serta memiliki kedalaman kurang lebih 5 meter. Air segar dari sumber air ini dipercaya memiliki berbagai macam khasiat dan misteri yang menarik perhatian wisatawan.

Hal Menarik Sumber Jenon

Sejarah Sumber Jenon

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Objek wisata ini tidak hanya sekedar kolam air alami yang hanya bisa Anda nikmati kesegaran airnya. Ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di Sumber Jenon berikut ini beberapa diantaranya

Pemandangan Alam Asri

Sumber Jenon berada di kawasan hutan yang sangat asri karena dikelilingi pepohonan besar rindang. Pohon beringin tinggi menaungi sebagian besar kolam air sehingga saat Anda berenang tidak akan kepanasan.

Dari luar kolam Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah air kolam yang jernih berwarna biru bersanding dengan pepohonan hijau sekitarnya. Anda juga bisa menikmati keindahan Sumber Jenon dari tengah kolam tanpa harus basah.

Pengelola menyediakan sebuah rakit yang dilengkapi kursi untuk Anda duduk santai melihat-lihat pemandangan sekitar. Ada pula jembatan kayu yang selalu jadi langganan wisatawan untuk berfoto.

Suasana tentram, adem, dan asri menjadi alasan tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Anda bisa sejenak beristirahat dari hiruk pikuk kota dan pekerjaan dengan bersantai dan merasakan sejuknya udara di objek wisata ini.

Berenang Menyegarkan Diri

Objek Wisata Sumber Jenon

Hal yang tidak boleh terlewat ketika mengunjungi tempat wisata ini tentu saja berenang. Anda tidak akan tahan untuk menceburkan diri sesaat setelah melihat segarnya air kolam Sumber Jenon yang sangat menggoda.

Anda bisa berenang bebas di kolam air yang luas, membasuh diri dengan air segar asli pegunungan yang sangat menyegarkan. Air yang jernih memudahkan Anda untuk melihat pemandangan bawah air yang tidak kalah indah saat menyelam.

Berengan di bawah jembatan kayu dan juga rakit bisa memberikan sensasi tersendiri yang bisa Anda rasakan. Selain itu ikan dewa berukuran besar pun akan menemani Anda berenang di segarnya air Sumber Jenon.

Anda yang tidak bisa berenang atau ingin bersantai juga bisa menyewa ban pelampung yang disediakan pengelola. Sambil duduk diatas ban, Anda bisa bersantai menikmati pemandangan sambil menyegarkan diri di Kolam Sumber Jenon.

Menikmati Kuliner

Selain pelampung, pihak pengelola juga sudah menyediakan cafe dan tempat makan untuk para pengunjung di tepi kolam. Cafe sederhana ini menyediakan berbagai makanan khas Malang yang sangat terjangkau.

Mendoan, nasi pecel, mi goreng dan rebus bisa Anda beli di warung makan ini. Selain itu minuman hangat dan dingin seperti kopi, es teh, es jeruk dan lainnya juga siap melepas dahaga Anda setelah berenang.

Cafe yang menghadap kolam dan kursi meja yang berada di tepian menjadi tempat yang pas untuk bersantai menikmati cantiknya kolam. Anda juga bisa membawa bekal sendiri dan menyantap bersama rombongan di tempat ini.

Rasa lapar dan lelah setelah berenang pun bisa hilang setelah Anda menikmati hidangan lezat di pinggir kolam. Wisata Anda pun bisa menjadi piknik terbaik yang Anda dapatkan di destinasi wisata ini.

Tempat Penuh Misteri

Sumber Jenon juga terkenal sebagai tempat yang keramat dan penuh dengan misteri. Saat malam satu suro selalu banyak peziarah yang berkunjung dengan berbagai macam tujuannya.

Ada yang mandi kembang, membersihkan pusaka, atau bertapa di Sumber Jenon yang memancarkan pesona magis nya. Misteri lain yang ada di sini adalah keberadaan ikan dewa yang jumlahnya tidak pernah berkurang ataupun bertambah.

Sejak kolam ini ditemukan ikan dewa yang ada di destinasi wisata ini selalu berjumlah 37 dan bisa terlihat berenang bebas di kolam. Misteri yang paling menghebohkan dari tempat ini adalah motor tenggelam yang tidak bisa diangkat dan tiba-tiba menghilang begitu saja.

Air kolam yang dipercaya berkhasiat dan suci ini juga menjadi kepercayaan warga sekitar yang masih diselimuti misteri kebenarannya. Dari banyak cerita itulah yang membuat Sumber Jenon selalu dipenuhi pengunjung yang penasaran dan ingin membuktikan

Harga Tiket Masuk Sumber Jenon

Pengunjung yang ingin datang berenang ke Sumber Jenon tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karena tiketnya yang murah. Fasilitas yang adapun bisa Anda nikmati dengan hanya membayar beberapa ribu rupiah berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp3.000,00
Sewa Ban Rp5.000,00
Naik Rakit Rp5.000,00
Parkir Kendaraan Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya ketika ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Anda juga bisa lebih mudah  mengunjungi tempat wisata lain di Malang menggunakan paket wisata Domestik dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala akomodasi Anda selama liburan dengan biaya yang sangat terjangkau.

Lokasi dan Rute Menuju Sumber Jenon

Sumber Jenon berada di kawasan hutan Desa Gunungronggo, Tajinan, Malang. Jaraknya sekitar 18 km dari pusat kota Malang dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit.

Bila Anda berangkat dari Kota Malang, Anda akan melewati tempat wisata lain yang ada di Malang seperti Kampung Warna Warni. Rute terbaik menuju objek wisata ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan petunjuk jalan dari Google Maps.

Bisa juga dengan bantuan jasa sopir dari rental elf Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi. Dengan begitu Anda tidak perlu repot mencari angkutan umum atau menghafal jalan menuju Sumber Jenon.

Jam Operasional Sumber Jenon

Tempat wisata ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Jika Anda ingin mengunjungi Sumber Jenon lebih dari jam operasionalnya juga bisa namun harus meminta izin terlebih dahulu.

Sedangkan waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat siang hari sekitar pukul 14.00 WIB. Air segar Sumber Jenon akan menghilangkan rasa gerah dan panas siang hari dan terasa sangat nikmat.

Usahakan juga untuk datang saat musim panas agar perjalanan Anda tidak terganggu oleh hujan yang turun mengguyur. Selain itu saat hujan jalan yang dilalui menjadi lebih licin dan berbahaya dari biasanya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)