SalSari Resto & Coffee

Bosan dengan kehidupan ibukota dan ingin menikmati liburan aesthetic yang instagramable? Anda bisa pergi ke Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki yang terletak di Jakarta Pusat.

Di sini Anda bisa menikmati waktu dengan berbagai aktivitas-aktivitas menyenangkan. Mulai dari bersantai di area taman, melihat pameran, hingga pementasan seni semua bisa nikmati selama berkunjungi di sini.

Tempat ini juga menarik untuk anak-anak karena terdapat Planetarium Jakarta yang akan memukau dan menambah wawasan anak Anda. Penasaran dengan keseruan lain di tempat ini, berikut informasi selengkapnya:

Sejarah Taman Ismail Marzuki

Sekilas Tentang Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki merupakan pusat kesenian Jakarta yang sangat terkenal. Berbagai macam barang seni seperti lukisan foto atau instalasi seni modern dan kontemporer bisa Anda lihat termasuk pementasan budaya.

Gubernur Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin meresmikan Pusat Kesenian Jakarta ini pada 10 November 1968. Sejak berdirinya, pusat kesenian ini telah menjadi ruang ekspresi bagi banyak seniman.

Nama taman ini sendiri merupakan nama seorang seniman, yaitu Ismail Marzuki (1914 – 1957). Sebagai seorang komponis pejuang, seniman kelahiran Betawi (Jakarta) ini telah menciptakan lebih dari 200 lagu nasional dan populer lainnya.

Pusat Kesenian Jakarta ini dibangun di atas lahan seluas sembilan hektar. Dulunya tempat ini merupakan Taman Raden Saleh, yaitu Kebun Binatang Jakarta sebelum berpindah ke Ragunan. Selain itu, di tempat ini juga ada lintasan balap anjing, gedung bioskop dan lainnya.

Meskipun sekarang isinya berubah, fungsinya sebagai tempat rekreasi tidak berubah. Anda bisa membaca buku, melihat galeri seni, pameran lukisan, menonton pertunjukan balet, pertunjukan musikal, serta berbagai teater yang ada disini.

Harga Tiket Masuk Taman Ismail Marzuki

Tiket masuk Taman Ismail Marzuki ini gratis jadi Anda tidak perlu membayar biaya apapun. Namun untu sejumlah tempat, Anda perlu menyiapkan budget sendiri dan biayanya pun tidak terlalu mahal.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Pusat Kesenian Gratis
Tiket Masuk Planetarium Anak Rp7.000,00
Tiket Masuk Planetarium Dewasa Rp12.000,00

Rute Menuju Taman Ismail Marzuki

Lokasi Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki terletak di Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Dari pusat kota Jakarta hanya membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit dengan kendaraan pribadi.

Dari Stasiun Gambir, Anda bisa langsung menuju Jl. Menteng Raya melewati Tugu Tani. Setelah sampai di Simpang Cikini, Anda bisa lanjutkan perjalanan di Jl. Cikini Raya hingga sampai ke kantor Damkan dan belok ke Jl. Cikini IX untuk tiba di taman ini.

Untuk memudahkan perjalanan, Anda bisa manfaatkan layanan rental innova Jakarta terdekat. Bersama sopir yang berpengalaman, Anda bisa mencapai tujuan lebih mudah sekaligus mengunjungi lebih banyak destinasi di Jakarta dan sekitarnya.

Jam Buka Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki buka dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Salah satu waktu terbaik mengunjungi tempat ini biasanya saat akhir pekan mulai dari pagi hari, sebab Anda bisa mengunjungi lebih banyak tempat menarik.

Selain itu, ada bisa juga datang ketika sore hari saat beberapa pedagang makanan khas Betawi mulai bermunculan. Sehingga Anda dapat bersantai sembari menikmati hidangan lezat dari suku asli Jakarta ini.

Daya Tarik Taman Ismail Marzuki

Setelah mengalami revitalisasi pada Juli 2019, luas ruang terbuka di taman ini bertambah 27%. Desain gedung-gedung juga semakin modern dan aesthetic, sehingga daya tarik tempat ini semakin banyak. Berikut beberapa daya tarik lainny:

Gedung Estetik

Setelah mengalami revitalisasi, Gedung Panjang mendapat nama baru, yaitu Gedung Ali Sadikin. Gedungnya memiliki bentuk artistik yang terinspirasi dari kapal pinisi, serta lagu Rayuan Pulau Kelapa.

Bagian atas gedungnya merupakan not balok lagu ciptaan Ismail Marzuki tersebut. Lalu ada barisan jendela dengan corak batik Betawi yang membuatnya semakin estetik dan apik menjadi tempat berfoto.

Melihat Pameran Karya

Galeri Annex termasuk salah satu ruangan favorit wisatawan sebab koleksi seni di dalamnya sangat menarik. Berbagai macam karya seni berukuran masif bisa Anda temukan di ruangan setinggi 9 meter ini.

Beberapa mural pun bisa Anda saksikan di ruang pameran salah satunya karya Studio Mahavisual yang sempat dipamerkan di sini. Jadi kalau Anda berkunjung ke taman ini, jangan lupa mampir juga ke Galeri Annex ini.

Perpustakaan Modern

Perpustakaan Taman Ismail Marzuki

Selain itu, gedung ini juga terdiri dari 14 lantai yang terbagi menjadi ruang pamer karya seni, serta galeri seni. Namun salah satu ruang paling menarik adalah perpustakaannya karena memiliki area working space.

Perpustakaannya sendiri berada di lantai 4 sampai 6 dan memiliki berbagai buku lengkap, dari fiksi sampai sastra. Uniknya lagi, perpustakaan mini di tempat ini punya cukup koleksi lengkap untuk anak-anak puas membaca.

Planetarium

Gedung Planetarium Jakarta juga termasuk tempat populer yang tidak boleh Anda lewatkan. Di sini Anda bisa melihat langsung berbagai benda langit menggunakan teropong yang tersedia di dalam planetarium.

Selain itu, ada berbagai ruangan lain yang bisa Anda kunjungi, seperti ruangan cinema yang memutar film mengenai astronomi. Selanjutnya, ada pula ruangan pameran miniatur-miniatur benda langit, serta ruangan lainnya yang masih berbau langit.

Menyaksikan Pentas Budaya

Sebagai pusat kesenian Jakarta, tempat ini juga memiliki gedung khusus untuk pementasan seni yakni Graha Bhakti Budaya. Di gedung ini berbagai pertunjukan seni seperti teater, musik, dan lainnya biasa berlangsung.

Jika Anda tertarik dengan seni budaya, mengunjungi gedung ini bisa jadi pilihan terbaik selama liburan. Untuk jadwal pementasannya sendiri bisa Anda cek langsung di Instagram resmi Gedung Graha Bhakti Budaya.

Masjid Amir Hamzah

Selain Masjid Istiqlal, ada banyak masjid Jakarta lainnya yang wajib Anda kunjungi. Salah satunya adalah Masjid Amir Hamzah. Nama Amir Hamzah sendiri berasal dari nama sastrawan Indonesia yang diangkat menjadi pahlawan nasional.

Dengan kolam yang mengitarinya, lalu dinding kaca yang memisahkannya dengan taman, masjid ini terlihat sangat aesthetic. Apalagi saat sore menjelang malam, ketika lampu-lampu mulai dinyalakan. Pastinya sangat menenangkan beribadah disini.

Fasilitas Taman Ismail Marzuki

Gedung Estetik Taman Ismail Marzuki

Gedung parkir yang sudah menjadi lebih luas. Gedung ini bentuknya miring, agar tidak menutupi kubah Planetarium yang merupakan icon PKJ TIM. Untuk memasukinya Anda hanya membutuhkan STNK.

Selanjutnya, meskipun sudah ada masjid, wisata kesenian ini juga menyediakan mushola. Selain itu, ada juga toilet, dan ATM berbagai bank. Ada ATM Mandiri, BNI, BCA serta beberapa bank lainnya.

Kalau Anda lapar, Anda juga bisa langsung ke foodcourt center yang menyediakan mulai dari snack sampai makanan berat. Di sini, Anda juga bisa mencicipi berbagai makanan dan camilan lezat khas Jakarta.

Anda yang menyukai seni dan kebudayaan pasti merasa puas sekali bisa berkunjung ke Taman Ismail Marzuki ini. Jika masih haus akan wisata kesenian, Anda bisa berkunjung ke Museum Seni Rupa dan Keramik di kawasan Kota Tua.

Nikmati juga keseruan lain di Jakarta bersama biro perjalanan seperti Salsa Wisata. Melalui berbagai layanan berupa rental mobil, pemesanan tiket, dan paket wisata liburan Anda pasti lebih mudah dan banyak destinasi lain yang bisa Anda kunjungi.

Jadi jangan ragu lagi, segera hubungi kami sekarang dan dapatkan liburan seru dengan biaya terjangkau bersama Salsa Wisata.



By Categories: Destinasi, Jakarta

Bagikan Artikel Ini Ke:

Rate this post