SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Liburan ke tempat wisata dengan tema khusus memang sulit dijumpai. Apalagi tempat yang bertemakan luar angkasa dan perbintangan. Namun untuk warga DKI, Anda tak perlu bingung karena ada Planetarium Jakarta.

Tempat rekreasi tematik yang satu ini berada di kawasan Taman Ismail Marzuki. Di dalamnya ada sejumlah wahana simulasi tentang benda-benda langit dan perbintangan.

Sebenarnya tempat wisata ini cocok untuk segala kalangan usia, akan tetapi banyak pengunjung planetarium ini yang berasal dari usia anak-anak. Karena memang tema utama yang diangkat tempat ini sangat cocok untuk anak.

Tak heran jika planetarium ini menjadi salah satu referensi tempat wisata di Jakarta untuk anak terfavorit.

Sekilas Tentang Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta merupakan sebuah tempat rekreasi di Jakarta yang menghadirkan atraksi wisata tematik astronomi dan perbintangan. Tempat ini dibangun atas usulan para ahli astronomi ITB.

Pembangunannya sendiri terjadi sekitar tahun 1964 dan baru rampung dan diresmikan tahun 1968. Adapun daftar wahana yang ada di planetarium ini antara lain Teater Bintang, Teleskop Observatorium, dan ruang pameran.

Masing-masing wahana menawarkan daya tarik dan keunikan yang berbeda. Planetarium ini juga telah mempunyai fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung. Fasilitas-fasilitas ini tergolong memadai sehingga membuat para pengunjung sangat nyaman.

Lihat tempat wisata di Bandung instagramable ini, mungkin bisa menjadi ide liburan Anda bersama keluarga.

Daya Tarik Wisata Planetarium Jakarta

Daya Tarik Planetarium Jakarta

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Deretan daya tarik berupa wahana-wahana edukatif tentu dapat Anda nikmati di sini. Selain wahana, daya tarik lainnya yang juga disuguhkan oleh tempat rekreasi tematik ini adalah berbagai atraksi yang disampaikan secara atraktif.

Dengan cara ini, pengunjung pun tidak akan merasa bosan. Berikut kami cantumkan beberapa daya tarik yang ada di planetarium ini lengkap dengan review singkatnya:

Teater Bintang

Wahana yang satu ini menjadi salah satu wahana yang banyak peminatnya. Pengunjung nantinya memasuki sebuah ruangan luas lengkap dengan seat-nya. Kurang lebih ruangan ini mirip dengan Volcano Theatre di Ketep Pass.

Cuma bedanya adalah bagian langit-langit teater ini berupa kubah raksasa. Kubah ini berfungsi sebagai screen layaknya langit. Screen tersebut nantinya akan menampilkan view langit malam bertaburkan bintang.

Pengunjung juga akan diajak untuk menonton proses lahirnya Tata Surya, proses terjadinya Gerhana Bulan dan Matahari, riwayat bintang, dll. Durasi 60 menit pasti tidak akan terasa karena begitu asik dan juga luar biasa cantiknya.

Teleskop Observatorium

Ketika membicarakan tentang bintang, langit, Matahari, planet, dan benda-benda lainnya, tentu tak bisa jauh-jauh dengan yang namanya teleskop.

Wahana teleskop yang ada di planetarium ini siap ‘mengajak’ Anda untuk berjelajah melintasi angkasa luar dengan cara yang sangat asik – seasik saat berjelajah di Observatorium Bosscha, Lembang.

Di tempat ini menyediakan beberapa pilihan teleskop. Salah satu diantaranya adalah Teleskop ASKO yang merupakan sebuah teleskop reflektor dengan komponen cermin berdiameter 31 cm di dalamnya.

Jenis teleskop inilah yang sering digunakan untuk mengamati hilal menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, ada juga jenis teleskop lain yang dinamakan Teleskop Takahashi. Teleskop ini berjenis teleskop reflektor Newtonian dengan cermin berdiameter 16 cm.

Dan teleskop yang terakhir adalah Teleskop Coude yang memiliki komponen lensa sebagai reflektor dengan panjang diameter 15 cm.

Sebenarnya masih ada 10 jenis teleskop lain yang tersimpan baik di planetarium ini. Kesepuluh teleskop ini adalah teleskop portabel yang lebih praktis dan juga bisa dibongkar-pasang.

Karena praktis, teleskop-teleskop ini sering digunakan oleh peneliti di lokasi-lokasi yang telah ditentukan.

Ruang Pameran

Di ruang pameran ini ada banyak macam peralatan pengamatan di bidang Astronomi. Di samping itu, terdapat puluhan foto atau gambar benda-benda langit lengkap dengan keterangannya.

Menariknya lagi, di ruang pameran ini juga terdapat sampel pecahan meteor beserta informasinya.

Fasilitas di Planetarium Jakarta

Tiket Masuk Planetarium Jakarta

Planetarium ini memiliki daftar fasilitas yang sangat lengkap dan tentunya juga sangat memadai.

Sebut saja fasilitas tempat parkir yang termasuk sangat luas; bahkan bisa menampung beberapa bus yang biasa disewa untuk rombongan dari paket sewa big bus Jakarta.

Fasilitas toilet juga bisa Anda jumpai di sini. Kondisi toiletnya cukup bersih sehingga sangat layak untuk digunakan oleh para pengunjung.

Agar pengunjung merasa nyaman ketika sedang menunggu giliran untuk menonton di teater, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas ruang tunggu.

Fasilitas ini telah dilengkapi dengan pemutaran film tentang astronomi. Ruang tunggu ini juga ber-AC, jadi sudah pasti sangat nyaman.

Fasilitas ruang tunggu ini sepertinya hanya ada di planetarium ini saja, Anda akan sulit menemukan fasilitas yang sama di sejumlah tempat wisata terdekat seperti Monas.

Sedang pengunjung yang ingin melaksanakan sholat, di sini ada sebuah ruangan khusus yang berfungsi sebagai ruang sholat. Ruangannya cukup besar dan bersih. Di samping ruangan ini juga sudah tersedia tempat wudhu dan juga toilet umum.

Sementara itu, untuk wisatawan yang berniat untuk menginap, memang planetarium ini tidak memiliki fasilitas penginapan.

Akan tetapi, di dekat taman rekreasi edukatif ini terdapat beberapa hotel dengan range tarif yang bervariasi. Fasilitas yang ditawarkan di setiap hotel juga berbeda.

Begitu juga dengan tempat makan, resto, atau warung makan. Ada beberapa referensi yang sangat kami rekomendasikan. Diantaranya ada makanan khas Jakarta legendaris seperti Gado-Gado terkenal ala Gado-Gado Bon Ali.

Harga Tiket Masuk Planetarium Jakarta

Berikut adalah informasi harga tiket masuk terbaru yang berlaku untuk pengunjung perseorangan ataupun rombongan. Info ini kami dapatkan dari website resmi planetarium.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp7.000,00 per orang (Anak-anak)

Rp12.000,00 per orang (Dewasa)

Rp500.000,00 per 100 orang (Rombongan Mahasiswa atau Pelajar)

Rp100.000,00 per 100 orang (Rombongan – Umum)

Anda dapat membeli tiket secara langsung di loket yang sudah tersedia. Namun jika ingin lebih praktis, Anda dapat beli tiket masuk planetarium ini dengan cara online.

Cara beli tiket online atau beli tiket untuk rombongan bisa Anda lakukan dengan menghubungi call center. Kontak call center telah tercantum di halaman website resminya.

Lokasi dan Rute Menuju Planetarium Jakarta

Lokasi Planetarium Jakarta

Lokasi Planetarium Jakarta berada di Jalan Cikini Raya No.73, Menteng, Jakarta Pusat.

Usai puas jalan-jalan di tempat wisata ini, manjakan perut Anda dengan jajan atau kulineran di pusat wisata kuliner Jakarta terdekat.

Anda hanya butuh waktu 10 menit saja untuk tiba di lokasi ini. Rute terbaik yang kami sarankan adalah melalui Jalan Sultan Agung dan Jalan Teuku Cik Ditiro.

Jika Anda adalah wisatawan luar kota dan ingin liburan di sini, gunakan saja layanan paket liburan Jakarta 1 hari dari kami.

Dengan paket ini, Anda nantinya akan merasakan pengalaman wisata terbaik berkat kualitas pelayanan kami yang terbaik.

Jam Operasional Planetarium Jakarta

Pastikan Anda cek jam operasional planetarium ini sebelum memutuskan untuk berkunjung. Berikut rincian jam buka sesuai dengan kategori pengunjung:

Kategori Jadwal Kunjungan Jam
Planetarium Selasa – Minggu 08.00 – 15.00 WIB
Atraksi untuk Rombongan Selasa – Jumat 09.30 – 13.30 WIB
Atraksi untuk Perorangan Sabtu – Minggu 09.30 – 13.30 WIB

Karena berlaku jadwal buka dan jam operasional yang berbeda-beda, penting bagi Anda untuk memperhatikan dan mengetahui info di atas.

Tapi khusus untuk kegiatan melihat-lihat galeri di observatorium, silahkan Anda bisa datang pada hari Selasa hingga Minggu.

Bagaimana, sangat menarik bukan jalan-jalan sambil menambah ilmu tentang astronomi di taman wisata edukatif ini?

Selain dalam rangka liburan, berkunjung ke sini akan menjadi ajang pencarian wawasan baru terutama yang ada kaitanya dengan bidang astronomi.

Setelah puas liburan di Planetarium Jakarta ini, jangan lupa bahagiakan orang di rumah dengan membelikan oleh-oleh khas Jakarta Pusat kesukaan mereka.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jakarta



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)