SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Anda warga Jakarta tentu tak asing dengan masjid megah yang satu ini. Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara. Tempat ini kerap menjadi pusat kegiatan keagamaan umat Islam di Ibu Kota.

Lokasinya pun cukup unik sebab berhadapan dengan bangunan gereja terbesar di Indonesia, Gereja Katedral. Posisi keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah jalan.

Menariknya lagi, belum lama ini telah dibangun Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan kedua tempat peribadatan tersebut.

Dengan adanya fasilitas baru ini, peran keduanya sebagai simbol silaturahmi juga semakin erat.

Kapasitas jamaah yang lebih dari 200.000 orang, membuat luas bangunan dan halaman masjid ini mencapai 10 ha. Ditambah lagi dengan balutan gaya arsitektur modern, semakin membuat tempat ini terlihat cantik.

Struktur bangunan masjid ini terdiri dari satu lantai dasar dan lima lantai. Di sekeliling masjid, terdapat taman. Di bagian teratas masjid, terdapat kubah besar dengan diameter 45 meter.  Kubah ini ditopang oleh 12 buah tiang.

Sejarah Singkat Masjid Istiqlal

Masjid kebanggaan warga Jakarta ini dibangun sebagai bagian dari mega proyek ‘mercusuar’ yang digagas oleh Presiden Soekarno. Peletakan batu pertamanya terjadi pada tanggal 24 Agustus 1961 lalu.

Sebelum proyek pembangunan masjid ini menjadi bagian dari mega proyek ‘mercusuar’ Soekarno, ada banyak ulama, termasuk KH. Wahid Hasyim, mencetuskan ide untuk mendirikan sebuah masjid megah dan ikonik.

Ide ini kemudian mendapat respon positif, terutama dari kalangan petinggi ulama Indonesia lainnya.

Kemudian, pada tanggal 7 Desember 1954, dibentuklah Yayasan Masjid Istiqlal dengan H. Anwar Tjokroaminoto sebagai ketuanya. Perlahan, ide ini pun direalisasikan melalui Panitia Pembangunan Masjid Istiqlal.

Tepatnya tanggal 24 Agustus 1961, pembangunan masjid megah ini mulai dibangun dengan Frederich Silaban sebagai arsiteknya. Tanggal ini menjadi waktu paling bersejarah terutama bagi umat muslim di Jakarta.

Nama Istiqlal pun diambil sebagai hadiah atau simbol kemerdekaan rakyat Indonesia.

Harga Tiket Masuk Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid termegah ini tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk beribadah sekaligus berwisata.

Meski kini peran masjid ini merangkap sebagai tempat wisata, para pengunjung tidak perlu membeli tiket masuk. Alias gratis.

Bahkan mereka dapat menggunakan fasilitas yang tersedia di sini, baik fasilitas umum maupun fasilitas pendukung.

Liburan murah dan menyenangkan juga bisa Anda dapatkan dengan bantuan Biro Perjalanan. Ada banyak sekali paket tour wisata terbaik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Dalam paket ini pun sudah lengkap dengan segala keperluan perjalanan Anda. Mulai dari tempat menginap, kendaraan, hingga pilihan destinasi menarik yang akan Anda kunjungi.

Tidak hanya di Jakarta, kota-kota wisata populer seperti Bali, Jogja, Bandung, Malang, hingga Lombok pun bisa Anda kunjungi. Sehingga liburan yang Anda idam-idamkan bisa terwujud bersama paket tersebut

Daya Tarik Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal Jakarta

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tak beda jauh dengan Keraton Yogyakarta yang seolah menjadi magnet bagi para wisatawan di Jogja, masjid ini juga menjadi magnet yang sama bagi umat muslim Indonesia.

Ada cukup banyak daya tarik yang ditawarkan di sini. Berikut informasinya.

Pusat Kegiatan Keagamaan

Masjid yang memiliki arti ‘merdeka’ ini menjadi pusat kegiatan keagamaan, terutama saat Bulan Ramadhan. Ada beberapa kegiatan keagamaan rutin di sini.

Sebut saja contohnya buka puasa bersama, solat tarawih berjamaah, tadarus bersama, kuliah subuh, berdialog, nuzulul Qur’an, Qiyamul Lail, pesantren kilat, dan pemberian santunan kepada anak-anak yatim.

Terowongan Silaturahmi Istiqlal – Katedral

Bangunan Terowongan Silaturahmi ini disebut juga dengan nama Jembatan Toleransi. Bangunan yang berupa tunnel ini baru saja selesai dibangun. Tempat ini adalah simbol toleransi dan kerukunan antar umat.

Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

Setelah melalui beberapa kali renovasi, kini masjid ini mempunyai fasilitas tambahan yang memang diperuntukan bagi para penyandang disabilitas.

Fasilitas-fasilitas ini meliputi:

  • Petunjuk arah khusus untuk penyandang tuna netra
  • Lift khusus
  • Tempat berwudhu khusus
  • Area parkir khusus untuk kendaraan yang mengangkut penyandang disabilitas

Kaya akan Simbol Islam

Pernah mengunjungi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta? Masjid peninggalan keraton ini mempunyai simbol-simbol agama Islam yang telah diakulturasikan dengan budaya Jawa.

Demikian juga dengan masjid ini. Ada banyak sekali simbol Islam yang disematkan di bangunan masjid ini. Pilar masjid yang berjumlah 12, contohnya. Jumlah pilar ini mengacu pada tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW (12 Rabiul Awal).

Menara setinggi 66,66 meter (6.666 cm) adalah simbol jumlah ayat-ayat dalam Kitab Suci Al Qur’an. Terakhir, 7 buah pintu masuk yang menyimbolkan Asmaul Husna alias nama-nama Allah.

Kunjungan Tamu Kenegaraan

Masjid ini adalah simbol kebangaan rakyat Indonesia, khususnya umat muslim Indonesia. Banyak tamu kenegaraan atau tokoh penting dunia yang kemudian penasaran dengan masjid ini.

Barack Obama beserta istri, Michelle Obama, pernah melawat ke sini. Keduanya terlihat takjub dengan interior dan eksterior bangunan masjid. Ada juga raja Arab Saudi, Raja Faisal.

Pangeran Charles (Inggris) dan Muammar Khadafi (Presiden Libya) juga sempat berkunjung kesini.

Para tamu kenegaraan ini rupanya ingin menyaksikan kemegahan masjid lebih dekat lagi.

Fasilitas di Masjid Istiqlal

Sebagai salah satu tempat wisata Jakarta yang populer, bangunan masjid telah memiliki fasilitas yang lengkap dan mumpuni. Fasilitas-fasilitas tersebut, antara lain:

  • Tempat ibadah
  • Area parkir kendaraan
  • Toilet bersih
  • Kamar mandi bersih
  • Rest Area
  • Tempat wudhu

Di luar fasilitas yang sudah takmir masjid sediakan, Anda juga bisa menikmati berbagai makanan khas Jakarta di warung-warung yang ada.

Bahkan ketika bulan puasa, menu-menu tersebut juga sering disajikan sebagai menu sahur atau berbuka.

Lokasi dan Rute Menuju Masjid Istiqlal

interior masjid istiqlal

Letak masjid ini dulunya ada di bekas Taman Wilhelmina, sebelah Timur Laut dari Lapangan Medan Merdeka. Lokasi ini sangat dekat dengan taman wisata tugu Monas.

Persisnya, masjid ini beralamat lengkap di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Lokasi masjid yang strategis memungkinkan titik ini dapat Anda akses baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan transportasi umum.

Pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, rute yang bisa Anda pilih adalah via Cawang, Cempaka Putih, Grogol, dan via Semanggi. Rute-rute ini akan menempuh jalur yang berbeda-beda.

Sedang pengunjung yang menggunakan transportasi umum, bisa memulai dari bandara dan sejumlah stasiun serta terminal yang ada di Kota Jakarta.

Kondisi lalu lintas Jakarta yang macet tentu akan membuat sebagian besar pengunjung enggan untuk menggunakan moda transportasi umum ataupun menyetir sendiri.

Satu-satunya solusi adalah dengan memesan layanan sewa mobil lengkap dengan sopir. Cara ini juga sangat cocok untuk wisatawan yang berasal dari luar Jakarta.

Rekomendasi terbaik yang bisa Anda dapatkan tentu saja Salsa Wisata. Sebab tersedia banyak pilihan paket untuk berbagai keperluan perjalanan Anda.

Rental Hiace Jakarta, contohnya. Paket yang satu ini terdengar cocok dan masuk akal untuk wisatawan luar kota yang ingin berwisata religi bersama rombongan dalam jumlah banyak.

Jam Operasional Masjid Istiqlal

Sebagai tempat ibadah sekaligus destinasi wisata religi seperti Masjid Agung Jawa Tengah, masjid ini buka setiap hari dan pukul berapa saja.

Sedang untuk kunjungan wisatawan, pihak pengelola masjid telah menyarankan kepada wisatawan untuk berkunjung antara pukul 08.00 sampai pukul 20.00 WIB.

Setelah membaca informasi ini, kira-kira kapan Anda akan berkunjung ke sini? Kapan pun itu, pastikan Anda memilih waktu yang terbaik.

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung dan berasal dari luar kota Jakarta, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa tour organizer terbaik dan terpercaya.

Salsa Wisata adalah salah satunya. Pilihan tempat wisata yang bisa Anda pilih begitu lengkap. Mulai dari wisata sejarah hingga wisata kekinian. Dan yang paling menarik adalah tarif tour yang ‘ramah’ dompet.

Cek situsnya dan reservasi sekarang juga. Happy fun vacation.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jakarta



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)