earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Mengajak anak-anak liburan adalah kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang tua. Terutama saat akhir pekan atau masa liburan telah tiba, banyak tempat rekreasi yang bisa jadi pilihan seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kids Fun tentu akan menjadi target utama bagi orang tua yang tinggal di Jogja. Sedangkan orang tua yang tinggal di Jakarta, pasti akan memilih Taman Mini Indonesia Indah sebagai sasaran utamanya.

Taman rekreasi di ibu kota ini terkenal sebagai miniatur Nusantara. Sebab, di sini para pengunjung dapat melihat secara langsung kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Di sini, para pengunjung dapat mengetahui ratusan dan bahkan ribuan jenis pakaian tradisional, lagu daerah, kuliner khas, flora & fauna Indonesia, senjata tradisional, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat miniatur susunan pulau di Indonesia yang dibuat di tengah danau. Untuk dapat melihat tiruan gugusan pulau dari Sabang-Merauke ini, pengunjung harus menggunakan kereta gantung yang tersedia.

Sejarah Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Gagasan pembuatan tempat rekreasi ini pertama kali disampaikan oleh Ibu Negara, Tien Soeharto. Beliau menyampaikan keinginannya ini saat acara pertemuan di Cendana tengah berlangsung.

Melalui Proyek Miniatur Indonesia “Indonesia Indah”, pembangunan tempat  ini pun dimulai. Pembangunan dimulai pada tahun 1972. Lalu sekitar 3 tahun kemudian, tempat ini pun diresmikan. Tepatnya pada tanggal 20 April 1975.

Namanya pun resmi menjadi Taman Mini Indonesia Indah atau yang lebih akrab dengan sebutan TMII. Sejak saat itu, TMII selalu menjadi tempat wisata Jakarta paling hits yang selalu ramai dikunjungi wisatawan hingga sekarang.

Dengan luas mencapai 150 ha, tempat ini menjadi destinasi wisata yang memamerkan paket wisata all in one. Sebab hampir semua kategori wisata bisa Anda dapatkan.

Dari wisata budaya hingga wisata sejarah semua ada di sini. Menariknya lagi, taman rekreasi ini juga menampilkan gambaran topografi asli Indonesia.

Semua didukung dengan kondisi tanah di lokasi yang berbukit-bukit. Sehingga  sangat cocok untuk menciptakan tiruan landskap dan bentang alam Indonesia yang begitu khas.

Harga Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Wisatawan yang ingin berwisata di taman rekreasi ini wajib membeli tiket masuk dengan harga yang cukup terjangkau. Harga tiket masuk ini juga berlaku untuk anak-anak yang sudah berusia 3 tahun ke atas.

Untuk mengetahui informasi harga tiket masuk, berikut ulasan singkatnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp25.000,00/ orang
Parkir Sepeda Rp5.000,00
Parkir Motor Rp15.000,00
Parkir Mobil Rp20.000,00
Parkir Bus Rp40.000,00

Harga di atas berlaku untuk semua hari (Senin-Minggu) dan hari libur nasional.

Daya Tarik Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sebagai salah satu tempat rekreasi terbesar di Indonesia, tersedia banyak sekali daya tarik yang bisa Anda jumpai. Semua hampir begitu lengkap dan dikelompokan menjadi beberapa kategori.

Misal, kategori wisata edukasi, kategori wisata budaya, kategori wisata hiburan, dan masih banyak kategori lainnya. Dan berikut adalah beberapa tempat terfavorit yang biasanya ramai oleh kedatangan wisatawan.

Istana Anak-anak Indonesia

Berbeda dengan The Heritage Palace yang menampilkan miniatur landmark dunia, tempat ini berupa sebuah bangunan istana atau kastil ala cerita di negeri dongeng. Di istana ini, anak-anak dapat bermain sekaligus belajar bersama.

Sayangnya, saat ini Istana Anak-Anak Indonesia sedang dalam masa renovasi sehingga ditutup sementara.

Pusat Rekreasi

Ada sekitar 8 pilihan tempat seru di pusat rekreasi ini. Tiap tempat menawarkan aktivitas yang sangat asik, terutama bagi anak-anak. Kedelapan tempat wisata ini diantaranya adalah:

  • Snowbay Water Park
  • Theater IMAX Keong Emas
  • Taman Legenda Keong Emas
  • Kereta Layang
  • Teater 4 Dimensi
  • Sky World

Pengunjung yang ingin menikmati berbagai wahana di sini harus mengeluarkan biaya tiket masuk dengan harga tiket yang berbeda. Mulai dari Rp15.000,00 hingga Rp80.000,00 sesuai dengan wahana yang dipilih.

Ragam Museum

Jika di Solo Anda dapat memilih Museum Danar Hadi, lain lagi jika Anda mengunjungi tempat satu ini. Fakta mengatakan bahwa TMII memiliki situs museum terbanyak di dunia. Total ada sekitar 14 situs museum yang bisa Anda kunjungi.

Wisata Flora dan Fauna

Sebagai wahana edukasi, ada 3 pilihan tempat yang asik untuk berpetualang bersama anak-anak di sini. Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga adalah spot yang pertama. Biaya tiket masuknya sebesar Rp35.000,00 per orang.

Di sini, Anda dan pengunjung lainnya dapat melihat aneka satwa air tawar dan spesies serangga asli Nusantara. Spot yang kedua adalah Taman Burung dan Taman Bekisar. Harga tiketnya Rp30.000,00 per orang. Ragam spesies unggas bisa Anda jumpai di tempat ini.

Spot yang terakhir adalah Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia. Museum  Fauna Indonesia berisi ratusan koleksi informasi seputar fauna Indonesia secara lengkap.

Fasilitas di Taman Mini Indonesia Indah

Tiket Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Berbagai fasilitas umum dapat Anda jumpai dengan mudah di area TMII. Toilet umum dan area parkir yang luas adalah dua contoh fasilitas yang memang siap untuk membuat pengunjung nyaman.

Pengunjung dari luar kota Jakarta juga bisa mencoba dagangan dari penjaja kue pancong dan kerak telor yang tak lain adalah makanan khas Jakarta yang sangat otentik.

Para penjual ini biasanya mulai berjualan dari sore hingga malam hari di gerbang terluar kawasan ini. Selain dua fasilitas di atas, ada juga beberapa jenis fasilitas tambahan lainnya. Fasilitas-fasilitas ini hanya bisa Anda nikmati di kawasan ini saja. Berikut adalah nama fasilitas-fasilitas tersebut:

  • Teater Tanah Airku
  • Sasono dan Puri
  • Hotel Desa Wisata
  • Resto Puri Caping Gunung lengkap
  • Graha Wisata Remaja
  • Transportasi

Lokasi dan Rute Menuju Taman Mini Indonesia Indah

Alamat lengkap TMII terletak di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. Ada beberapa pilihan rute menuju ke objek wisata ini. Pengunjung yang menggunakan TransJakarta, pilih TransJakarta Koridor 9 dengan tujuan Pinang Ranti, lalu turun di Taman Mini Garuda.

Perjalanan bisa Anda lanjutkan dengan menaiki angkutan umum menuju Bambu Apus atau Cilangkap. Baru kemudian turun di Pintu 1 TMII.

Memang terasa merepotkan serta melelahkan. Waktu pun banyak yang terbuang jika menggunakan transportasi tersebut. Namun akan berbeda kondisinya bila Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Alternatif terbaik lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyewa mobil. Anda dan rombongan dapat menyerahkan urusan rute perjalanan kepada sopir dari rental hiace Jakarta atau mobil lain yang Anda gunakan.

Jam Operasional Taman Mini Indonesia Indah

Pintu Masuk TMII buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB. Akan tetapi Anda wajib cek situs resmi TMII terlebih dahulu untuk mengetahui info terupdate tentang kondisi terkini tempat wisata ini.

Liburan bersama keluarga tentu menjadi momen yang sangat spesial. Apalagi dengan Taman Mini Indah sebagai tujuan utamanya. Selain dapat berkesempatan untuk menyuguhkan destinasi wisata edukasi yang tepat, Anda juga dapat memberikan hiburan kepada putra-putri Anda.

Dapatkan momen liburan yang lebih meriah, mudah, dan hemat tentunya bersama kami, Salsa Wisata. Kami memiliki banyak pilihan paket tour menarik dengan destinasi wisata yang paling update. Soal harga, kami siapkan harga terbaik untuk Anda, termasuk penginapan dan transportasi.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)