Jakarta merupakan salah satu destinasi yang paling digandrungi di Indonesia. Banyak sekali wisatawan, baik dalam maupun luar kota, yang datang ke ibukota hanya untuk menikmati berbagai tempat wisata Jakarta.

Hal ini tak mengherankan karena terdapat beragam jenis kawasan wisata Jakarta, baik itu wisata alam maupun wisata buatan. Untuk Anda yang ingin tahu mana saja destinasi wisata Jakarta yang patut untuk dikunjungi, kami telah menyiapkan deretan rekomendasi tempat wisata Jakarta yang dijamin ciamik.

Anda penasaran? Simak rekomendasinya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Jakarta Populer

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Destinasi yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin berwisata dengan unsur budaya Indonesia. TMII menawarkan pemandangan kebudayaan bangsa yang mencakup aneka busana dan tarian daerah, miniatur kepulauan Indonesia, kereta gantung, museum, dan lain-lain.

Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp20.000,00 per orang untuk tiket pintu masuk (belum termasuk tiket lain-lain). Taman wisata Jakarta Timur ini buka setiap hari mulai Senin-Minggu mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Ancol merupakan salah satu destinasi wisata yang ramah keluarga. Di sini, Anda dan keluarga bisa menikmati berbagai jenis tempat dan wahana seru, menantang, dan juga edukatif seperti kolam renang, kereta wisata, dan lain-lain.

Harga tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol pun sangat murah, hanya dibanderol Rp25.000,00 per kepala (belum termasuk tiket lain-lain). Ancol buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Wisata dengan menyaksikan berbagai flora dan fauna tentu akan menyenangkan, apalagi untuk Anda yang mengajak rombongan keluarga. Berbagai macam flora dan fauna akan Anda temukan di sini. Ada sesi memberi makan hewan yang tak kalah seru pula.

Biaya tiket masuk kebun binatang ini hanyalah Rp3.000,00 untuk anak-anak dan Rp4.000,00 untuk orang dewasa.

Wisata Kota Tua Jakarta

Wisata Kota Tua Jakarta

Ingin menikmati Jakarta dengan vibes tempo dulu? Datanglah ke sekeliling area Kota Tua Jakarta dan rasakan nuansa jadul Kota Jakarta tanpa perlu merogoh kocek sedikitpun alias gratis.

Banyak sekali fasilitas menarik lain di tempat wisata Jakarta kota ini, seperti museum, cafe, dan lain-lain.

Jakarta Aquarium & Safari

Jakarta Aquarium & Safari

Seperti namanya, di sini Anda dapat menikmati wisata edukasi fauna akuatik dan nonakuatik, bahkan berkesempatan untuk berinteraksi langsung! Tempat ini berkolaborasi dengan Aquaria KLCC, Malaysia.

JAQS buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB dengan batas kunjungan terakhir pukul 20.00 WIB. Hanya dengan Rp142.500,00 untuk tiket dewasa reguler, Anda sudah bisa masuk dan menikmati wisata Jakarta aquarium ini.

Allianz Eco Park

Allianz Eco Park

Wisata Jakarta Utara yang satu ini termasuk dalam deretan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Namun, tempat ini lebih menawarkan pengalaman wisata di taman atau padang yang luas bertemakan padang golf.

Biaya masuknya gratis, asal tidak lewat pintu gerbang utama. Namun, jika ingin menaiki wahana di dalam, Anda harus membayar untuk tiket dengan harga berbeda-beda.

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi

Dufan adalah taman hiburan yang juga tergabung dalam deretan wisata Ancol. Tempat ini menyediakan berbagai wahana permainan yang seru dan menantang, seperti bianglala, ontang anting, halilintar, dan lain-lain.

Wisata Jakarta Dufan buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tak perlu risau, Anda cukup membayar Rp295.000,00 untuk tiket masuknya.

SeaWorld Ancol

SeaWorld Ancol

Lagi-lagi, tempat ini merupakan salah satu destinasi yang disediakan oleh Ancol. Di sini, Anda bisa menikmati fauna bahari yang beragam dan memanjakan mata. Selain menambah pengetahuan, Anda pun bisa mengambil banyak foto ciamik di berbagai sudut tempat ini.

Sea World Ancol buka mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai dari Rp115.000,00 saja.

Pasar Seni

Pasar Seni

Yang satu ini lagi-lagi merupakan salah satu bagian dari wisata Ancol. Taman Seni berfokus untuk mempertemukan dan mempromosikan hasil karya para pekerja seni Indonesia untuk menyalurkan bakat seni mereka.

Di sini, Anda bisa melihat hasil karya berbagai seniman yang tentunya keren dan menarik untuk dinikmati.

Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir

Destinasi ini adalah salah satu alternatif wisata Jakarta murah meriah dan nyaman untuk keluarga di area Jakarta Selatan.

Di sini, Anda dan keluarga dapat menikmati beragam fasilitas, seperti kolam renang, spot outbound, naik kuda, flying fox, dan permainan lainnya.

HTM Kampung Main Cipulir adalah Rp8.000,00. Harga tersebut belum termasuk tiket masuk ke beberapa area seperti spot outbound. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Monumen Nasional

Monumen Nasional

Lokasi yang umum pula disebut Monas ini merupakan monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Ada dua destinasi yang bisa Anda pilih, yaitu Cawan & Museum serta Puncak Monas.

Wisata Jakarta Pusat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. HTM berkisar antara Rp2.000,00 hingga Rp.15.000,00.

Planetarium

Planetarium

Destinasi ini terletak di Taman Ismail Marzuki Jakarta. Anda bisa menikmati wisata bertemakan perbintangan dan objek luar angkasa lain. Selain itu, Anda juga bisa menonton atraksi yang memiliki tema serupa.

HTM tempat ini adalah Rp5.000,00 hingga Rp12.000,00. Planetarium ini buka setiap hari Selasa-Minggu pada pukul 08.00-15.00 WIB.

Kidzania

Kidzania

Kidzania adalah tempat hiburan menarik untuk bermain sembari belajar untuk anak-anak. Anak-anak bisa mencicipi berbagai aktivitas seru mengenai beragam profesi, seperti Beauty Salon, Aviation Academy, Building Climbing, dan lain-lain.

Tempat ini buka mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB di hari Senin-Jumat dan 10.00 – 17.00 WIB di hari Sabtu-Minggu. Harga tiket masuknya berkisar mulai Rp175.000,00-Rp275.000,00.

Bundaran Hotel Indonesia

Bundaran Hotel Indonesia

Mungkin bagi masyarakat lokal, tempat ini bukanlah sebuah destinasi wisata Jakarta malam hari yang utama. Namun, warga luar Jakarta mungkin ingin merasakan sensasi berada di sini dan melihat Monumen Selamat Datang yang ikonik.

Apalagi jika Anda datang pada malam hari, vibes yang terasa akan seperti di luar negeri.

Wisata Pendidikan Pinisi

Wisata Pendidikan Pinisi

Tempat ini adalah taman bermain dalam ruangan yang berada di Pasar Raya Blok M. Konsep wisata ini sangat cocok untuk anak-anak. Tempat ini mengusung desain bertema kota pelabuhan dengan landmark kapal kayu tradisional.

Ada beragam wahana seperti Pinisi Boat, Flying Fox, Carousel, 4D Simulator, dan lain sebagainya. HTM berkisar antara Rp75.000,00 hingga Rp190.000,00. Tempat ini buka setiap hari pada pukul 10.00-17.00 WIB di hari Senin-Jumat dan 10.00-19.00 di hari Sabtu-Minggu.

Wisata Kali Besar Jakarta

Wisata Kali Besar Jakarta

Kawasan ini merupakan sebagian area dari Kota Tua Jakarta. Di sini, Anda dapat menyusuri jembatan penghubung Kali Besar dan berswafoto dengan latar belakang suasana Kota Tua yang membangkitkan nostalgia jadul.

Anda bisa menikmati wisata ini tanpa merogoh saku sedikitpun alias gratis.

Taman Burung TMII

Taman Burung TMII

Tempat ini terletak di bagian belakang atau timur dari kawasan TMII, berdekatan dengan PP IPTEK dan Museum Migas ‘Graha Widya Patra’.

Taman ini memamerkan ratusan koleksi jenis burung di Indonesia dengan jumlah mencapai ribuan ekor.

Penataan koleksi burung dibagi berdasarkan zoogeografi atau pola persebaran binatang dengan membagi lahan menjadi dua bagian: kubah timur dan barat. HTM taman ini hanyalah Rp30.000,00 per kepala.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa

Meski disebut pelabuhan, aktivitas yang terjadi di tempat ini hanyalah bongkar muat barang. Oleh karena itu, tempat ini sekarang telah disulap menjadi tempat wisata bersejarah juga.

Wisatawan bisa melihat kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan dan bahkan ikut mencicipi naik perahu dengan membayar sejumlah Rp50.000,00 dengan view Sunda Kelapa.

Balai Kota Jakarta

balai kota jakarta

Tempat ini adalah lokasi tempat kerja Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta milik Pemda DKI Jakarta. Namun, pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama, bangunan ini mulai dibuka untuk umum sebagai wisata.

Di sini, pengunjung dapat menikmati nuansa bangunan peninggalan Belanda dan berjalan-jalan untuk mencicipi berbagai makanan khas Jakarta yang dijajakan.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Untuk Anda si bookaholic, berwisata ke Perpusnas merupakan pilihan yang tepat. Perpusnas terdiri atas 24 lantai dengan fungsi berbeda-beda setiap lantainya.

Ada fasilitas seperti ruang teater, layanan koleksi buku langka, data center, area baca, dan lain-lain. Untuk bisa masuk ke sini, Anda harus terdaftar sebagai member dengan cara registrasi online di website resmi Perpusnas.

Gedung Sangkrini

Gedung Sangkrini

Gedung Sanggar Krida Wanita atau Sangkrini Jaya Raya terletak di area TMII. gedung ini merupakan salah satu bagian bangunan TMII. Kegiatan yang rutin dilakukan di gedung ini antara lain adalah atraksi kesenian dari warga Betawi. Anda bisa menyaksikan ragam atraksi kesenian dengan gratis di sini.

Taman Air Tirtamas

Taman Air Tirtamas hadir dengan konsep waterboom dengan pilihan kolam renang besar dan kolam renang kecil. Kolam ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB (Weekend) atau 08.00 WIB (Weekdays) hingga pukul 18.00 WIB. HTM berkisar antara Rp20.000,00-RP35.000,00.

Freedom Library

Another heaven untuk para bookaholic yang sedang berburu buku untuk dibaca di Jakarta Pusat.  Tempat ini menawarkan suasana yang cozy dengan koleksi buku cukup lengkap dan genre beragam. Selain itu, tersedia beberapa spot untuk berdiskusi dan berbincang bersama teman.

Galeri Indonesia Kaya

Tempat ini menyajikan ragam hiburan serta budaya yang dapat Anda nikmati secara gratis.

Galeri hasil persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation ini menghadirkan beragam pertunjukan budaya dari berbagai seniman nusantara serta agenda menarik lain, seperti seni panggung, diskusi budaya, musik, hingga pemutaran film.

Ice Skating Mall Taman Anggrek

Bermain ice skating di Indonesia memang hanya bisa dilakukan secara indoor karena kita tak memiliki musim dingin atau musim salju.

Namun, Anda tetap bisa mewujudkan bermain permainan ini di Mall Taman Anggrek. Anda dapat ke sini sendiri maupun membara partner dan keluarga.

Hanya dengan Rp95.000,00 Anda sudah bisa menikmati sensasi bermain ice skating dengan nuansa musim dingin di sini.

Rumah Si Pitung

Si Pitung adalah salah satu pahlawan Betawi yang berjasa melawan penjajah. Rumah yang terletak di Jakarta Utara ini adalah rumahnya yang sebenarnya.

Hingga saat ini, tempat wisata Jakarta Utara ini masih dipelihara dan dirawat untuk mengenang jasa beliau. HTM Rumah Si Pitung adalah Rp5.000,00 saja.

Bricks 4 Kidz

Destinasi wisata ini menyediakan fasilitas permainan lego untuk anak usia 3-12 tahun. Di sini, anak-anak dapat belajar membangun lego untuk menjadi berbagai macam bentuk. Kegiatan ini dapat membantu mengembangkan kreativitas dan skill motorik anak.

Bricks 4 Kidz buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.30 WIB dengan HTM Rp80.000,00 per anak.

The Escape Hunt

Ingin memasuki dunia seperti di Sherlock Holmes atau Criminal Case? The Escape Hunt adalah tempat yang tepat. Di sini, Anda akan berperan sebagai detektif untuk memecahkan beberapa masalah. Anda akan diberi waktu sebanyak 60 menit untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kegiatan ini seru dan dapat mengasah otak. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama teman, keluarga, atau kolega. HTM berkisar antara Rp600.000,00 hingga Rp1.050.000,00 untuk rombongan 2-5 orang.

Cibubur Garden Dairy

Agrowisata Edukasi Sekolah Cibugary menyediakan layanan wisata edukasi dengan dominasi produk susu dan yoghurt. Tempat wisata ini merupakan suatu kawasan peternakan sapi perah bernuansa kebun/taman.

Anda dapat mengajak rombongan study tour sekolah untuk memperkenalkan peternakan sapi perah kepada para siswa.

Paket liburan Cibugary berkisar antara Rp70.000,00-Rp100.000,00 per orang. Selain berwisata, Anda juga akan mendapat souvenir berupa produk olahan hasil peternakan sapi perah tersebut.

Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield

Agro wisata Jakarta yang satu ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Tempat ini menawarkan berbagai objek wisata di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan.

Anda pun dapat berkesempatan mencoba hal-hal baru dengan panduan ahli. Dengan berkunjung ke sini, Anda bisa lebih dekat dengan alam. HTM Kuntum Farmfield adalah Rp50.000,00.

Kampung Cina

Etnis Cina memang merupakan salah satu etnis dengan jumlah banyak di Jakarta. Oleh karena itu, Anda dapat merasakan berada di chinatown dengan berkunjung ke Kampung Cina.

Bangunan di sini masih mempertahankan nuansa cina. Yang paling ikonik adalah bangunan Gerbang Kemakmuran yang biasa dipilih sebagai spot foto oleh para pengunjung.

Untuk bisa masuk ke sini, Anda harus membeli tiket seharga Rp15.000,00 saja.

Atlantis Water Adventure

Tempat ini tergabung dalam wisata Taman Impian Jaya Ancol. Di sini, Anda bisa merasakan keseruan wahana kolam renang dan seluncuran  dengan 8 jenis kolam renang, yaitu Poseidon, Aquarius, Octopus, Plaza Atlas, Atlantean, dan Kiddy Pool.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati wisata edukasi mengenai hewan-hewan laut. HTM tempat wisata ini adalah Rp94.000,00-Rp140.000,000.

Bounce Street Trampoline Park

Bounce Street Trampoline Park

Tempat ini adalah trampoline park pertama yang ada di Indonesia. Terdapat 11 arena trampoline berstandar internasional. Seluruh arena permainan dijaga ketat oleh 20 orang pelatih profesional sehingga pengunjung dapat bermain dengan aman,

Fasilitas yang tersedia cukup beragam, mulai dari kolam bantalan busa, wahana bouncing, sampai basket bouncing. Wahana ini buka setiap hari pada pukul 11.00-18.00 WIB di hari Senin-Jumat serta 11.00-20.00 WIB di hari Sabtu-Minggu. HTM berkisar antara Rp140.000,00-Rp150.000,00.

Kid City Cempaka Putih

KidCity Cempaka Putih adalah versi mini dari taman bermain Trans Studio Meski mini dan indoor, tempat ini memiliki banyak wahana dan permainan untuk bermain bersama si kecil. Mulai dari kolam bola, aktivitas memanjat, kereta api mini, hingga ayunan terbang.

Anda hanya perlu membeli kartu permainan dan mengisi ulang saldonya untuk memainkan setiap wahana yang ada di dalam KidCity. KidCity buka setiap hari mulai pukul 12.30-20.00 WIB.

Taman Wisata Alam Mangrove Angke

Taman konservasi mangrove yang berlokasi di Jakarta Utara ini merupakan salah satu alternatif wisata alam di Jakarta.

Di sini, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas, seperti rekreasi, wisata air, penanaman dan konservasi, photoshoot, gathering, shooting video klip, shooting sinetron & film, bahkan sewa tempat pernikahan.

Jembatan Kota Intan

Ingin mengunjungi tempat dengan pemandangan air? Anda bisa datang ke Jembatan Kota Intan yang berlokasi di Jakarta Barat. Jembatan ini adalah jembatan tertua di Indonesia—sudah dibangun sejak zaman VOC di Indonesia!

Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota di daerah Kemayoran ini menjadi salah satu kawasan alam di tengah kota Jakarta. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, di antaranya menilik beragam jenis flora yang telah terpampang namanya di masing-masing tanaman, berfoto dengan latar belakang hutan yang rindang, jalan-jalan santai menikmati udara sejuk, bahkan memancing.

HTM taman ini adalah Rp1.000,00 saja. Anda bisa datang mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB setiap harinya.

Pulau Payung

Pulau ini merupakan salah satu pulau penduduk yang baru-baru ini di-boost sebagai tempat wisata yang tergabung dalam wisata Jakarta Pulau Seribu, apalagi tempat ini memiliki jumlah penduduk paling sedikit dibanding pulau lain di Kepulauan Seribu.

Untuk bisa ke sini, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari dermaga Marina Ancol dengan menaiki speedboat. Lalu, tambah lagi 2 jam dari Pelabukan Kali dengan menaiki kapal feri kayu.

Pulau Ayer

Pulau Ayer juga termasuk dalam area Kepulauan Seribu Jakarta. Di pulau yang indah ini, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru seperti jet ski, banana boat, canoe, billiard, dan lain sebagainya.

Pulau Tidung

Pulau Tidung

Tempat yang satu ini terletak kurang lebih 40 km dari ibukota dan termasuk salah satu bagian Kepulauan Seribu yang paling populer. Pulau ini menawarkan obyek wisata yang sangat indah dengan berbagai aktivitas menyenangkan dari mulai snorkeling, water sport, dan lain-lain.

Pulau ini memiliki 2 lokasi yang berdekatan, yaitu Pulau Tidung Kecil (tak berpenghuni) dan Pulau Tidung Besar (berpenghuni). Ada juga beberapa spot menarik seperti Jembatan Cinta, Makam Raja TIdung XIII, Pantai Saung Perawan, dan lain sebagainya.

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari terletak di lokasi paling dekat dengan ibukota, yaitu sekitar 20 menit dari dermaga Marina Ancol. Ada spot ikonik di sini, yaitu Benteng Martello. Anda dapat merasakan sensasi liburan di pulau yang nyaman dan privat di pulau ini.

Setu Babakan

Setu Babakan adalah sebuah danau buatan di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan dengan fungsi utama sebagai penampung air resapan. Selain danau, tempat wisata Jakarta Selatan ini pun menyediakan fasilitas wisata lain seperti deretan wisata kuliner Jakarta, rumah-rumah khas Betawi, kesenian khas Betawi, dan upacara adat khas Betawi.

Anda tak perlu membayar tiket masuk untuk berwisata di sini. Namun, Anda yang membawa kendaraan pribadi tetap harus membayar biaya parkir.

Danau Cavalio

Danau yang terletak di Jakarta Selatan ini cukup ramai dikunjungi oleh para warga yang ingin sekadar berjalan-jalan melihat pemandangan maupun memancing ikan. Program penebaran benih ikan oleh Pemerintah Jaksel menjadikan danau ini ramai pengunjung.

Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun

Pulau ini merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang masih termasuk ke area Kepulauan Seribu Jakarta. Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru di sini, seperti jalan-jalan menyusuri pantai, snorkeling, memancing, atau sekadar menikmati sunset di sore hari. HTM pulau ini adalah Rp40.000,00.

Pulau Pramuka

Pulau ini pun masih termasuk area Kepulauan Seribu. Nama “Pramuka” diambil dari seringnya kegiatan pramuka dilaksanakan di pulau ini. Namun, Anda tak hanya bisa mengadakan agenda pramuka saja di sini. Anda pun bisa menikmati aktivitas seperti snorkeling, kano, banana boat, bahkan diving.

Pulau Kelapa

Pulau yang satu ini tersaji dengan konsep semi resort. Lalu, tempat ini terkenal dengan pemandangan hutan mangrove yang mengelilingi area pulau dengan lebat.

Air laut yang jernih dan udara khas laut yang sepoi-sepoi membuat pulau ini menjadi favorit wisatawan. Selain itu, banyak kegiatan yang bisa wisatawan lakukan, seperti kano, jetski, banana boat, memancing, dan snorkeling.

Pantai Marunda

Pantai Marunda

Tempat ini berlokasi sama dengan Jembatan Cinta. Pantai ini termasuk salah satu pantai di area Jakarta yang ramai pengunjung setiap harinya. Anda bisa memanjakan mata dengan pemandangan air laut yang indah dan tanaman mangrove yang rindang di sini. HTM Pantai Marunda adalah Rp10.000,00 dan belum termasuk biaya tiket parkir.

Pasar Barang Antik

Di antara banyak sentra barang antik di Jakarta, Pasar Barang Antik di Jalan Surabaya ini adalah salah satunya. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai barang antik seperti arloji, vinyl, lukisan, kamera, aksesoris, dan beragam barang kuno lainnya. Harga yang dibanderol berkisar mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp5.000.000,00, bahkan lebih.

Namun, jangan risau. Seperti pasar pada umumnya, Anda tetap dapat melakukan transaksi tawar menawar dengan pedagang sebelum membeli barang antik di daerah wisata Jakarta ini.

Pasar Tanah Abang

Jika Anda ingin berwisata sekaligus shopping atau sekadar window shopping, Pasar Tanah Abang merupakan salah satu opsinya. Di sini, Anda akan menemukan berbagai jenis barang dagangan, mulai kaos oleh-oleh khas Jakarta hingga makanan. Tempat ini semakin berkembang setelah dibangun Stasiun Tanah Abang, Masjid Al Makmur, dan Klenteng Hok Tek Tjen Sien di areanya.

Petak Sembilan

Petak Sembilan merupakan sentra perbelanjaan chinatown atau pecinan dengan aneka barang yang beragam di area Jakarta Barat. Mulai dari baju, souvenir, cindera mata, hingga kuliner dapat Anda temukan di sini.

Selain itu, harga yang dibanderol di area wisata Jakarta yang bagus ini pun rata-rata tergolong masih masuk akal. Tempat ini biasanya akan sangat ramai pengunjung saat menjelang Imlek.

Museum Sejarah Jakarta

Museum dengan nama lain Museum Fatahillah ini memiliki koleksi peninggalan Belanda yang dulunya sempat bermukim di Batavia. Koleksi tersebut meliputi buku-buku, perabot rumah tangga, mebel, keramik, senjata, dan peta.

Museum ini buka hari Senin-Sabtu pada pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. harga tiket masuk lokasi wisata Jakarta murah meriah ini yaitu Rp2.000,00 untuk dewasa, Rp1.000,00 untuk mahasiswa, dan Rp600,00 untuk anak-anak.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Destinasi yang satu ini merupakan salah satu destinasi edukatif wisata Jakarta Barat. Gedung museum ini telah diresmikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah. Rasakan pengalaman berkeliling museum dan melihat dokumen-dokumen serta benda penting milik BI.

Museum Bank Indonesia buka setiap hari pada pukul 08.00 – 15.00 WIB di hari Senin – Jumat dan pukul 08.00 – 16.00 WIB di hari Sabtu – Minggu. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, yaitu Rp5.000,00 untuk umum dan gratis untuk pelajar (menunjukkan kartu identitas pelajar).

Museum di Tengah Kebun

Salah satu destinasi wisata Jakarta Selatan ini memiliki nama yang unik. Sesuai dengan namanya, museum ini benar-benar terletak di tengah-tengah kebun seluas 3.500m2. Museum ini berisi lebih dari 4.000 koleksi sejarah dan seni dari dalam maupun luar negeri.

Untuk bisa masuk ke sini, Anda tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun, Anda hanya harus membawa setidaknya 10 orang dalam satu rombongan karena museum ini tak menerima kunjungan perorangan.

Museum Maritim

Satu lagi alternatif wisata museum yang menarik adalah Museum Maritim. Sesuai dengan namanya, museum ini memamerkan berbagai macam benda bersejarah berbau maritim, seperti kapal laut, senjata, lukisan, dan benda-benda bersejarah lain yang bertema maritim.

Harga tiket masuk Museum Maritim hanya berkisar dari Rp2.000,00-Rp5.000,00 saja. Lalu, mereka juga menyediakan layanan wisata virtual secara gratis di website resminya.

Museum Tekstil

Satu lagi destinasi wisata museum jakarta yang menarik, yaitu Museum Tekstil. Museum ini terletak di Jakarta Barat. Fokus dari museum ini adalah showcase tekstil tradisional Indonesia.

Selain itu, objek wisata Jakarta Barat ini juga rutin mengadakan pameran tekstil, workshop, penelitian, publikasi, dan seminar.

Museum MACAN

Museum MACAN

Tempat dengan nama panjang The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara adalah museum yang, sesuai namanya, memamerkan berbagai koleksi karya seni modern dan kontemporer dari dalam dan luar negeri.

Objek wisata Jakarta ini buka setiap hari Selama-Minggu. HTM museum berkisar dari Rp80.000,00 untuk anak-anak dan Rp100.000,00 untuk dewasa.

Museum Nasional

Museum ini hadir dengan dengan visi “Terwujudnya Museum Nasional sebagai pusat informasi budaya dan pariwisata yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan peradaban dan kebanggaan terhadap kebudayaan nasional, serta memperkokoh persatuan dan persahabatan antar bangsa”.

HTM Museum Nasional adalah Rp2.000,00 untuk anak, Rp5.000,00 untuk dewasa, dan Rp10.000,00 untuk turis mancanegara.

Museum MH. Thamrin

Museum ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di mana pernah diadakan beberapa acara penting di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Kongres Partai Politik tahun 1935, Kongres Persatuan Arab Indonesia tahun 1939, serta acara Pendidikan Perjuangan Rakyat oleh para tokoh Pergerakan Nasional.

Museum ini buka setiap Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB. HTM museum ini mulai dari Rp2.000,00-Rp5.000,00. Anda bisa datang sendiri atau membawa rombongan sejumlah 30 orang untuk mendapatkan harga khusus.

MOJA Museum

Museum yang terletak di Jakarta Pusat ini menawarkan berbagai karya seni instalasi yang bisa pengunjung nikmati dan berinteraksi dengan wahananya.

Karya seni instalasi di sini rata-rata bernuansa vibrant. Destinasi ini juga termasuk tempat wisata Jakarta Instagramable.

HTM MOJA Museum adalah Rp110.000,00 untuk 2.5 hour pass pada weekdays serta Rp125.000,00 untuk 2.5 hour pass pada weekend.

Museum Joang ‘45

Museum Joang ‘45

Destinasi wisata Jakarta Barat ini menyimpan segudang peninggalan sejarah perjuangan kemerdekaan yang bisa Anda pelajari. Tempat ini menghadirkan lukisan, foto-foto, dan kendaraan perjuangan yang pernah digunakan pada masa lalu.

Selain itu, fasilitas lain seperti children room, teater anak, toko souvenir, bahkan bioskop yang memutar film perjuangan ada di sini.

Dengan HTM Rp2.000,00 saja, obyek wisata Jakarta ini adalah tempat yang cocok untuk wisata hemat dan edukatif.

Museum Wayang

Penggemar wayang harus banget datang ke sini! Museum yang satu ini memamerkan berbagai koleksi wayang dan boneka nusantara hingga mancanegara.

Selain itu, ada juga koleksi gamelan di tempat ini. Untuk Anda penggemar wayang dan ingin datang ke museum ini, Anda cukup membayar tiket Rp5.000,00 saja.

Alive Museum Jakarta

Museum yang satu ini cukup unik karena menghadirkan gambar dan mural 3D yang seolah-olah nyata. Ada 6 area berbeda di sini, yaitu zona fantasi, horor, adventure, amazing, sirkus, dan ekstrim.

Jelajahi museum ini dan niscaya Anda akan mendapatkan banyak stok foto ciamik yang siap diunggah ke laman media sosial Anda maupun disimpan sebagai arsip pribadi. HTM museum ini adalah Rp100.000,00 saja.

Museum Perangko

Anda kolektor perangko? Museum Perangko adalah tempat wisata yang tepat untuk memuaskan rasa penasaran Anda.

Di sini tersedia berbagai macam jenis perangko yang unik dengan nilai sejarah berbeda-beda yang menarik untuk Anda selami lebih dalam. HTM Museum Perangko hanyalah Rp5.000,00 saja.

Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti

Museum yang berlokasi di Jakarta Pusat ini merupakan cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda.

Anda bisa menyaksikan pameran koleksi prasasti, nisan kuno, dan miniatur makam dari 27 provinsi di Indonesia. Ada beberapa makam tokoh Belanda, Inggris, dan Indonesia di sini.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum ini telah berdiri sejak tahun 1870. Di sini, Anda bisa menyaksikan beragam koleksi seni rupa, keramik, perpustakaan, studio gerabah, serta toko cindera mata.

Koleksi karya seninya beragam, mulai dari patung, totem kayu, sketsa, batik lukis, grafis, keramik lokal, hingga keramik asing.

Museum Kebangkitan Nasional

Museum ini adalah sebuah monumen tempat lahir dan berkembangnya kesadaran nasional. Selain itu, museum ini merupakan tempat organisasi pergerakan modern Boedi Oetomo terbentuk.

Sebelum menjadi museum, tempat ini dulunya adalah sekolah kedokteran STOVIA.

Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda

Gedung Kramat Raya 106 yang dulunya adalah tempat tinggal dan tempat belajar pelajar STOVIA ini akhirnya menjadi museum karena memiliki sederet perjalanan sejarah dan menjadi saksi dari proses panjang pembentukan semangat perjuangan bagi kemerdekaan Indonesia.

Tempat ini adalah tempat Kongres Pemuda Kedua terlaksana.

Museum Satria Mandala

Museum ini adalah museum sejarah yang mengenang jasa dan perjuangan Tentara Nasional Indonesia.

Dalam museum ini dapat Anda temui berbagai koleksi peralatan perang di Indonesia, dari masa lampau hingga modern seperti koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam bahkan helikopter, serta benda-benda lain yang berkaitan dengan TNI.

Museum Polri

Tempat ini berdiri untuk memperlihatkan perjalanan Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mengabdi kepada masyarakat.

Bangunan museum ini terbagi dalam beberapa ruang, yaitu Ruang Koleksi dan Peristiwa, Ruang Sejarah, Hall of Fame, Ruang Kepahlawanan, Ruang Simbol dan Kesatuan, Ruang Penegakan Hukum, dan Kids Corner.

Museum Basoeki Abdullah

Di sini ada beragam koleksi karya seni pribadi milik Basoeki Abdullah, seperti patung, topeng, wayang, dan senjata.

Selain sebagai museum, museum ini juga hadir sebagai fasilitas pameran, seminar, lokakarya, dan kegiatan-kegiatan lain.

Museum Layang-layang Indonesia

Museum Layang-layang Indonesia

Sesuai dengan namanya, museum ini memamerkan berbagai jenis koleksi layang-layang dari Indonesia dan negara-negara lain seperti Tiongkok, Jepang, Vietnam, dan Belanda. Layang-layangnya hadir dalam berbagai macam bentuk dan ukuran, mulai dari kecil hingga besar.

Katedral Jakarta

Lokasi Katedral Jakarta berseberangan dengan Masjid Istiqlal. Di sini, wisatawan disuguhkan pemandangan bangunan gereja katedral dengan interior khas katedral yang keren.

Untuk bisa masuk dan menjelajahi isinya, Anda harus mengambil kartu visitor di tempat security. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin wisata religi.

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Untuk penggemar wisata Jakarta gratis, terutama wisata religi, Masjid Istiqlal merupakan destinasi populer yang patut dikunjungi. Bangunan masjid ini memiliki desain yang indah untuk dinikmati. Anda dapat mengagumi bangunan masjid untuk selanjutnya beribadah di sini.

Klenteng Jin De Yuan

Klenteng ini telah dibangun sejak tahun 1650 di area Jakarta Barat. Dengan dominasi warna emas dan merah, klenteng ini terlihat menarik dipandang. Anda bisa berwisata religi ke tempat wisata Jakarta Barat ini sekaligus berdoa menjelang Imlek. Lalu, Anda bisa juga hadir saat ada acara Imlek agar lebih meriah.

Masjid Ramlie Musofa

Bangunan dengan nuansa arsitektur Taj Mahal India ini tak boleh Anda lewatkan, apalagi jika Anda adalah penggemar wisata religi. Tempat ibadah ini cukup unik karena bangunannya memadukan 4 unsur budaya, yaitu Indonesia, Tionghoa, India, dan Arab. selain itu, ukiran dan bacaan yang ada di majid tersaji dalam 3 bahasa, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Mandarin.

Taman Menteng

Taman Menteng

Untuk Anda yang mendambakan wisata taman di Jakarta, Anda bisa datang ke Taman Menteng yang berlokasi di Jakarta Pusat. Tempat wisata Jakarta Pusat yang dulunya Stadion Menteng ini merupakan taman publik seluas 30 hektar. Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas di sini, dari sekadar jalan-jalan biasa hingga piknik santai bersama keluarga.

Taman Agro Wisata Cilangkap

Bagi Anda yang ingin merasakan tempat wisata Jakarta Timur yang sejuk dan family-friendly, Taman Agro Wisata Cilangkap adalah salah satu opsinya.

Taman ini merupakan destinasi wisata Jakarta Timur yang lengkap dengan fasilitas jogging track, arena olahraga, arena bermain, danau untuk memancing, bahkan budidaya tanaman hidroponik.

Tak diragukan lagi, destinasi wisata Jakarta Timur adalah lokasi cocok untuk bersantai dan bercengkrama bersama.

Taman Situ Lembang

Salah satu taman tertua di Jakarta ini memiliki sebuah danau air payau kecil yang berada di tengahnya.

Taman ini merupakan tempat wisata Jakarta murah yang bisa diakses gratis oleh siapapun.

Anda bisa mengunjungi taman ini jika ingin sekadar berjalan-jalan, olahraga, maupun duduk santai menikmati udara sejuk.

Taman Suropati

Taman Suropati

Destinasi wisata taman di Jakarta lainnya adalah Taman Suropati. Taman ini merupakan pusat kawasan Menteng dan berada tepat di antara pertemuan tiga jalan utama, yaitu Menteng Boulevard, Orange Boulevard, dan Nassau Boulevard.

Fasilitas yang dimiliki taman ini serupa dengan taman atau ruang terbuka publik pada umumnya.

Taman Langsat

Taman ini berada di Jakarta Selatan, tepatnya di belakang Pasar Burung Barito. Ada danau buatan di dalam taman ini. Fasilitas wisata Jakarta yang gratis ini juga serupa dengan taman pada umumnya.

Anda pun dapat mengambil foto di beberapa spot foto yang aesthetic di taman ini.

Taman Tebet

Ingin wisata dengan nuansa city park di Jakarta Selatan? Taman Tebet bisa jadi alternatifnya. Mengusung konsep ruang terbuka hijau, taman ini bisa digunakan oleh siapapun yang ingin beraktivitas seperti jalan-jalan, olahraga, bermain, dan lain sebagainya.

Taman Tribeca

Tempat yang satu ini cukup unik karena berlokasi di dalam Mall Central Park. untuk Anda yang bosan dengan view mall, Anda bisa langsung melangkahkan kaki ke wisata Jakarta selain mall ini.

Lalu, taman wisata Jakarta Barat ini memiliki aneka jenis tanaman dengan banyak pohon rindang di lingkar dalam taman dan ragam tanaman hias di lingkar luar taman. Untuk sekadar bersantai, ngabuburit, atau memanjakan mata dengan view tanaman.

Taman Tangkuban Perahu

Taman ini merupakan salah satu pilihan taman wisata Jakarta Selatan. Fasilitas yang tersedia di taman ini cukup lengkap, diantaranya ada lapangan basket, lapangan futsal, jogging track, arena bermain anak, dan track khusus yang dengan media kerikil untuk terapi pada kaki.

Taman Proklamator

Taman ini merupakan lokasi bersejarah di mana bapak proklamator Indonesia membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Terdapat beberapa peninggalan sejarah berupa Tugu Petir, Tugu Obelisk, dan Monumen Proklamasi yang dapat Anda saksikan dengan gratis di sini.

Taman Pandang Istana

Taman ini umum dikenal sebagai lokasi demo di depan Istana Merdeka. Tempat yang terletak berdekatan dengan Monas ini memang difokuskan sebagai sarana untuk masyarakat menyampaikan aspirasi melalui berbagai kegiatan kolaboratif.

Namun, Anda tak perlu ikutan unjuk rasa, kok, kalau mau ke sini. Datang saja kapanpun Anda mau, gratis!

Taman Jogging Kelapa Gading

Taman ini memiliki dua lokasi yang berseberangan dan dinamai Taman Jogging 1 dan Taman Jogging 2. Untuk Anda yang ingin wisata taman di Jakarta Utara, tempat ini merupakan lokasi yang cocok.

Anda bisa melakukan berbagai kegiatan di sini, seperti berolahraga jogging, refleksi kaki, bermain di area anak, hingga duduk-duduk di gazebo saja. Tersedia fasilitas alat kebugaran untuk menunjang kegiatan olahraga.

Taman Benyamin Sueb

Taman ini dibangun untuk mengenang seniman Betawi yaitu Benyamin Sueb. Di sini, pengunjung dapat melihat deretan koleksi peninggalan Benyamin Sueb seperti foto, kostum pentas, poster film, piagam penghargaan, foto-foto, lukisan, dan lain-lain.

Jika mulai lelah berjalan, Anda bisa duduk santai sejenak di gazebo yang telah tersedia. Tempat ini memang sebuah destinasi yang cocok untuk mengenang sejarah serta berwisata edukasi.

Senayan Park

Senayan Park

 

Tempat ini dulunya populer dengan nama Taman Ria Senayan sebelum akhirnya rebranding menjadi Senayan Park. fasilitas yang ada di taman ini yaitu tempat duduk dengan jumlah banyak yang tersebar di dalam area taman, area pejalan kaki, hingga air mancur sebagai pelengkap. Banyak spot foto Instagramable yang bisa Anda pilih di taman ini.

Taman Ismail Marzuki

Wisata Jakarta Pusat yang satu ini merupakan destinasi yang cocok untuk Anda pecinta kesenian. Taman ini memiliki 6 ruangan teater modern, bioskop, balai pameran, galeri, dan gedung arsip yang bisa diakses pengunjung dengan bebas. Nikmati beragam karya seni hanya dengan membayar tiket Rp5.000,00.

Taman Pecenongan

Tempat yang satu ini cocok untuk Anda pecinta kuliner Indonesia. Taman Pecenongan dipenuhi dengan kuliner nusantara yang siap memanjakan lidah Anda.

Anda pun tak perlu bingung memilih karena ada banyak sekali pilihan kuliner untuk selera Anda. harga yang ditawarkan pun rata-rata masih masuk akal.

Bagaimana, beragam sekali, kan, tempat wisata Jakarta yang bagus? Rekomendasi wisata Jakarta di atas dapat Anda gunakan sebagai inspirasi saat liburan ke Jakarta nantinya. Selain itu, lokasi wisata Jakarta di atas rata-rata mudah dijangkau karena masih berada dalam kota.

Sewa Kendaraan untuk Wisata Jakarta Lancar dan Nyaman

Untuk kelancaran perjalanan liburan Anda di Jakarta, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan jasa sewa motor atau sewa alphard Jakarta. Dengan menggunakan jasa sewa kendaraan, perjalanan Anda selama liburan di daftar wisata Jakarta akan menjadi makin lancar, nyaman, dan hemat.

Gunakan jasa sewa kendaraan dan rasakan liburan seru dan nyaman untuk wisata Jakarta sekarang juga hanya di sini.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)