SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ibu Kota Jakarta yang dikenal menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian Indonesia ini ternyata juga menyimpan banyak keunikan terutama budaya Betawi dengan makanan khas Jakarta yang enak. Suku asli Jakarta ini memiliki kekayaan budaya dari segi seni hingga kuliner yang membuat Jakarta penuh warna.

Banyak biro perjalanan dan wisata di Jakarta yang menawarkan pengalaman mengenal budaya Betawi terlebih lagi untuk urusan kulinernya yang terkenal enak. Anda bisa mencoba berbagai macam makanan lezat khas betawi seperti Kerak Telor, asinan, hingga soto Betawi yang selalu dicari.

Selain beberapa makanan tersebut, Jakarta khususnya Suku Betawi masih memiliki banyak hidangan terkenal lain yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut ini rekomendasi Makanan Khas Jakarta mudah di buat yang wajib Anda coba saat mengunjungi Kota Jakarta:

Daftar Makanan Khas Jakarta yang Enak dan Terkenal Wajib Kamu Coba

Gado-gado

Makanan Khas Jakarta Gado-gado

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Gado-gado merupakan makanan khas Betawi yang sudah terkenal di seluruh nusantara karena cita rasanya lezat. Sekilas Gado-gado ini terlihat mirip dengan lotek atau karedok, yang berbeda hanya pada pada isian sayur yang digunakan.

Gado-gado biasanya menggunakan sayuran seperti selada, kubis, kubis, tauge, kacang panjang, kentang, dan juga mentimun. Tidak lupa pula tambahan seperti potongan tempe, tahu, lontong dan telur rebus yang semuanya disiram menggunakan saus kacang yang pedas.

Salah satu tempat terkenal untuk mencoba Gado-Gado terenak di Jakarta adalah Warung Gado-Gado Cemara yang sudah memiliki banyak cabang. Harga satu porsi Gado-gado ini juga cukup murah berkisar antara Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung isian porsinya.

Ketoprak

Makanan Khas Jakarta Ketoprak

Selain Gado-gado, Ketoprak juga bisa jadi pilihan Makanan Khas Jakarta selain kerak telor untuk mengobati rasa lapar Anda saat pagi hari. Perbedaan utama Ketoprak dan Gado-Gado ini terletak pada isian Ketoprak yang menggunakan bihun dan lebih sedikit sayur dibandingkan gado-gado.

Cara membuat Ketoprak ini pun sangat mudah, cukup siapkan tahu goreng, tauge, bihun, mentimun, lontong, dan juga telur rebus. Setelah itu siram semua bahan tadi dengan saus kacang, jangan lupa tambahkan kerupuk dan taburan bawang goreng agar semakin nikmat.

Untuk lebih jelasnya bisa cek resep Ketoprak Jakarta yang ada di Internet atau beli langsung dari pedagang Ketoprak yang lewat. Untuk harga, ketoprak termasuk hidangan yang murah yakni sekitar Rp8.000,00 hingga Rp12.000,00 per porsinya.

Soto Betawi

Makanan Khas Jakarta Soto Betawi

Soto Betawi termasuk salah satu makanan khas Betawi yang masih bisa Anda temukan dengan mudah di Jakarta dan daerah lainnya. Cita rasa Soto Betawi yang nikmat dan khas membuatnya berbeda dengan soto lainnya sehingga selalu diminati.

Rahasia kenikmatan tersebut terletak pada resep soto betawi yang menggunakan campuran santan dan susu sebagai kuah soto. Rasa gurih kuah soto terasa semakin nikmat dengan tambahan daging atau jeroan sapi yang menjadi isian dari Soto Betawi ini.

Salah satu tempat terkenal untuk menikmati Soto Betawi ini terletak di Daerah Setiabudi tepatnya di Warung Soto Betawi Haji Husein. Untuk satu porsinya Soto Betawi ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp20.000,00 tergantung isian dan ukuran porsinya.

Kue Lumpur

Kue Lumpur

Saat lebaran atau di acara-acara khusus adat Betawi biasanya disajikan hidangan manis yang tidak pernah terlewat yakni Kue Lumpur. Kue berbahan dasar kentang, santan, tepung terigu, telur ini memiliki rasa manis yang khas sehingga menjadi favorit banyak orang.

Biasanya kue ini memiliki bentuk bulat berwarna kuning dengan tambahan kismis atau potongan kelapa muda pada bagian atasnya. Teksturnya yang lembut dan halus saat digigit membuat kue ini diberi nama sebagai kue lumpur.

Anda bisa menemukan kue ini dijual di berbagai toko kue basah di Jakarta dengan pilihan rasa dan versi yang bermacam-macam. Biasanya kue ini dijual dengan harga mulai dari Rp1.250,00 hingga Rp2.000,00 untuk satu potongnya.

Semur Jengkol

Makanan Khas Jakarta Semur Jengkol

Bila Anda mampir ke rumah makan atau restoran khas Betawi, sajian Semur Jengkol selalu hadir sebagai salah satu menu pilihan. Meski tidak semua orang menyukai bau tidak sedap dari jengkol, rasa nikmat Semur Jengkol khas Betawi ini wajib untuk dicoba.

Makanan ini memiliki banyak pengaruh dari budaya luar seperti Eropa, Timur Tengah, Cina, dan India yang sangat dekat dengan Betawi. Resep Semur Jengkol sebagian besar menggunakan rempah India dan Timur Tengah dengan teknik memasak dari Eropa dan cita rasa Cina.

Keunikan dari rasa Semur Jengkol ini bisa Anda nikmati di salah satu warung terkenal yakni warung Betawi Ngoempoel Tanah Baru. Untuk satu porsi Semur Jengkol khas Betawi ini biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp20.000,00 hingga Rp35.000,00.

Kue Cucur

Kue Cucur

Selain kue lumpur, kue tradisional khas Betawi seperti Kue Cucur juga masih bisa Anda temukan saat acara adat Betawi berlangsung. Kue dengan bahan tepung beras, dan gula merah atau gula aren ini memiliki rasa manis yang legit.

Bentuknya mirip dengan serabi namun dengan tekstur yang lebih renyah di bagian tepiannya dan seringkali berwarna coklat. Jajanan ini sangat nikmat disantap bersama gorengan atau menjadi kudapan saat bersantai minum kopi atau teh saat sore hari.

Kue Cucur masih sering dijual di berbagai pasar tradisional di sekitar daerah Jabodetabek dengan pilihan rasa yang beragam. Harganya sendiri biasa dijual sekitar Rp1.000,00 hingga Rp2.000,00 per buah tergantung varian rasa yang dipilih.

Kerak Telor

Makanan Khas Jakarta Kerak Telor

Berbicara wisata kuliner Jakarta dan Makanan khas Betawi tentu tidak bisa lepas dari yang namanya Kerak Telor. Hidangan satu ini sudah menjadi ikon utama kuliner Jakarta yang terkenal memiliki rasa yang lezat dan cukup sulit untuk didapatkan.

Kerak telor biasanya menggunakan beras ketan putih, telur ayam atau bebek, bawang goreng, ebi kering dan bumbu halus khusus. Cara membuat kerak telor ini juga cukup unik karena wajan akan ikut dibalik agar bagian atas kerak telor matang sempurna.

Pedagang kerak telor biasanya bisa Anda temukan di taman-taman kota seperti Monas, Kota Tua, Setu Babakan, dan juga Ragunan. Untuk harganya sendiri berkisar antara Rp10.000,00 bila menggunakan telur ayam dan Rp15.000,00 jika memakai telur bebek.

Kue Lupis

Kue Lupis

Anda yang menyukai makanan manis tidak boleh melewatkan untuk mencoba Kue Lupis, salah satu kue basah khas Betawi. Kue ini terbuat dari beras ketan yang dikukus dan disajikan bersama taburan parutan kelapa serta kuah gula aren cair.

Biasanya Kue Lupis memiliki bentuk segitiga dan memiliki warna hijau atau hitam sesuai dengan beras ketan yang digunakan. Rasa manis, gurih, dan legit dari Kue Lupis sangat cocok dinikmati sebagai kudapan saat bersantai di sore hari.

Anda bisa membeli Kue Lupis di berbagai toko kue basah atau toko makanan khas Betawi yang ada di Jakarta. Untuk harganya sendiri berkisar antara Rp1.500,00 hingga Rp3.000,00 per potong atau Rp18.000,00 per kemasan.

Kue Rangi

Kue Rangi

Selain Kue Lupis, Kue Rangi juga menjadi kue khas Betawi yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Kota Jakarta. Kue Rangi dikenal juga dengan sagu rangi karena bahan utama membuat kue ini menggunakan tepung sagu atau tepung kanji.

Untuk membuat Kue Rangi dibutuhkan cetakan khusus mirip dengan cetakan kue pancong atau bandros dan adonan ditambahkan parutan kelapa. Biasanya Kue Rangi disajikan bersama dengan saus gula merah kental sehingga kue ini memiliki rasa gurih dan sedikit manis.

Pedagang Kue Rangi masih menjajakan kue ini secara tradisional dan bisa Anda temukan di sejumlah tempat wisata di Jakarta. Anda bisa mendapatkan Kue Rangi dengan harga berkisar Rp1.000,00 hingga Rp10.000,00 tergantung porsi dan isiannya.

Kue Ape

Makanan Khas Jakarta Kue Ape

Betawi juga memiliki kue yang mirip dengan kue Serabi yang dikenal dengan nama Kue Ape atau Kue Tetek. Namun berbeda dengan serabi, Kue Ape ini memiliki pinggiran yang lebih tipis dan garing dengan bagian tengah menggembung seperti ‘tetek’.

Kue Ape biasanya terbuat dari campuran tepung beras atau tepung terigu dengan air daun suji yang membuatnya memiliki warna hijau. Meski termasuk kue tradisional, Kue Ape tetap mengikuti perkembangan zaman dengan sejumlah varian rasa kekinian yang tersedia seperti coklat atau keju.

Anda bisa menikmati Kue Ape dengan rasa kekinian ini di Kafe Betawi yang terletak di Cilandak Town Square, Jakarta. Harga dari Kue Ape ini juga cukup terjangkau mulai dari Rp1.000,00 hingga Rp5.000,00 per buahnya.

Manisan Kolang Kaling

Manisan Kolang Kaling

Pada bulan Ramadhan maupun saat lebaran, Manisan Kolang Kaling selalu menjadi incaran dan sajian wajib warga Jakarta untuk berbuka. Tekstur kolang kaling yang legit dan kenyal sangat pas menjadi isian es campur dan es buah yang segar.

Cara membuat manisan kolang kaling juga cukup sederhana, cukup rebus kolang kaling yang sudah dicuci dengan air mengalir. Tambahkan gula, daun pandan, daun jeruk, fanta, garam, dan pewarna makanan lalu aduk hingga semua tercampur dengan sempurna.

Selain bisa membuat sendiri, Anda juga bisa membeli manisan kolang kaling atau beluluk ini di toko-toko manisan khas Betawi. Harga jualnya pun bervariasi mulai dari Rp20.000,00 hingga Rp50.000,00 per 500 gram Manisan Kolang Kaling.

Kembang Goyang

Kembang Goyang

Kembang goyang merupakan salah satu jenis makanan khas Betawi yang hingga saat ini masih bisa aNda temukan di berbagai tempat. Nama kembang goyang diberikan karena bentuk jajanan ini mirip dengan kelopak bunga dan proses pembuatannya yang digoyang-goyang.

Untuk membuat Kembang Goyang hanya diperlukan tepung beras serta cetakan khusus agar mendapatkan bentuk cantik seperti bunga yang mekar. Resep Kembang Goyang pun sekarang sudah sangat beragam, tidak hanya ada rasa gurih dan manis saja.

Anda bisa membeli Kembang Goyang ini di salah satu Toko Oleh-oleh khas Jakarta yakni Toko Mpok Nini di Bekasi Selatan. Kembang Goyang dengan rasa wijen atau jahe biasanya dijual kisaran Rp15.000,00 hingga Rp 45.000,00 tergantung ukurannya.

Kue Dongkal

Kue Dongkal

Kue Dongkal atau dikenal juga dengan nama Dodongkal merupakan Makanan Khas Betawi yang sudah hampir hilang terutama di Jakarta. Bahan dasar kue ini adalah tepung sagu, tepung beras, dan juga gula merah yang dimasak dengan cara dikukus.

Sekilas rasa dari Kue Dongkal ini mirip dengan putu namun yang berbeda adalah bentuk Kue dongkal yang seperti tumpeng. Tekstur yang lebih kenyal dengan ukuran yang lebih besar ini membuat kue dongkal sangat nikmat disantap bersama-sama selagi hangat.

Meski sudah sulit untuk ditemukan di Jakarta, Anda masih bisa menemukan penjual Kue Dongkal ini di sekitar Jabodetabek, terutama Tangerang. Satu porsi Kue Dongkal biasanya berisi 7 sampai 10 potong dengan harga sekitar Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00.

Es Selendang Mayang

Makanan Khas Jakarta Es Selendang Mayang

Selain makanan, Betawi juga memiliki minuman khas nya sendiri yang tidak kalah nikmat yakni Es Selendang Mayang. Isian Es Selendang Mayang ini terbuat dari tepung beras atau tepung sagu aren berbagai warna dengan tekstur seperti puding.

Selendang Mayang biasa disajikan bersama siraman sirup, gula merah, atau santan dengan tambahan es batu biar segar. Rasa manis, dingin, dan segar membuat es Selendang Mayang sangat pas dinikmati saat panas di siang hari.

Minuman jadul Betawi ini bisa Anda nikmati di sejumlah restoran atau rumah makan khas Betawi dan di tempat-tempat Wisata Jakarta. Biasanya satu mangkuk Es Selendang Mayang dijual kisaran harga Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung ukuran porsi.

Asinan Betawi

Makanan Khas Jakarta Asinan Betawi

Asinan Betawi termasuk salah satu jenis Makanan khas Betawi yang sudah sangat terkenal kenikmatannya seperti asinan Bogor. Hal yang membedakan antara asinan Bogor dan Asinan Betawi ini terletak pada bumbu dan bahan yang digunakan.

Asinan Betawi lebih sering menggunakan asinan atau acar dari sayuran seperti selada, tauge, sawi, dan kembang kol dengan tambahan tahu. Kuah dari Asinan Betawi juga menggunakan bumbu kacang serta campuran cuka dan cabai sehingga memiliki rasa yang segar.

Anda bisa menemukan banyak pedagang asinan Betawi berkeliling dan berjualan di pinggir jalanan Jakarta terutama di tempat-tempat wisata. Harganya pun masih sangat terjangkau, untuk satu porsi biasanya dipatok sekitar Rp10.000,00 hingga Rp20.000,00 tergantung ukurannya.

Nasi Ulam

Makanan Khas Jakarta Nasi Ulam

Nasi Ulam dikenal juga sebagai nasi rames khas Betawi yang memiliki banyak varian lauk serta rasa yang sangat nikmat. Hal yang membuat Nasi Ulam ini istimewa adalah penggunaan serundeng kelapa, dendeng, dan juga tumbukan kacang tanah sebagai tambahan lauk.

Terdapat dua tipe Nasi Ulam yang bisa Anda temukan di Jakarta yakni Nasi Ulam basah berkuah dan Nasi Ulam Kering. Keduanya sama-sama menggunakan bihun goreng, mentimun, tauge, daun kemangi, telur dadar, serta perkedel kentang sebagai lauk dari Nasi Ulam Betawi.

Salah satu warung terkenal untuk menikmati Nasi Ulam ini adalah Warung Nasi Ulam Misjaya yang ada di Jakarta Barat. Harga Nasi Ulam ini juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp15.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung isian dan porsinya.

Nasi Uduk Betawi

Makanan Khas Jakarta Nasi Uduk Betawi

Nasi Uduk merupakan salah satu hidangan khas Betawi yang bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai wilayah di Indonesia. Sekilas nasi ini mirip dengan Nasi Ulam namun dengan lauk berbeda dan nasi yang lebih gurih dibandingkan nasi ulam.

Cara membuat nasi uduk Betawi juga sangat mudah cukup kukus beras bersama santan yang diberi bumbu seperti merica dan lainnya. Setelah matang sajikan dengan emping goreng, telur, abon, tempe, ayam, timun, serta sambal kacang tidak lupa pula taburan bawang goreng.

Nasi Uduk Betawi ini bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai tempat di Jakarta baik pagi maupun malam hari. Satu porsi Nasi Uduk betawi biasanya dihargai sekitar Rp15.000,00 hingga Rp20.000,00 tergantung dengan lauk dan porsinya.

Kue Pepe

Kue Pepe

Selain jajanan kue khas Betawi, Jakarta juga memiliki kue yang sangat terkenal dan berasal dari pulau seribu yakni Kue Pepe. Kue Pepe disebut juga sebagai kue lapis karena saat dipotong akan terlihat beberapa lapisan dengan berbagai warna yang sangat menarik.

Namun berbeda dengan Kue Lapis Legit, Kue Lapis ini berbahan dasar tepung sagu dan santan sehingga memiliki tekstur kenyal dan gurih. Tiap warna dari Kue Pepe dibuat secara terpisah baru kemudian ditumpuk satu persatu saat akan dikukus pada wadah loyang.

Kue Pepe ini masih bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai toko kue basah yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Untuk harganya sendiri berkisar antara Rp2.000,00 per potong atau Rp150.000,00 per loyang dengan isi 90 pcs.

Toge Goreng

Toge Goreng

Toge Goreng termasuk makanan Betawi yang cukup populer terutama di daerah Jabodetabek karena rasanya yang unik. Hidangan mirip Toge Goreng Betawi juga bisa Anda temukan di Bogor dengan nama yang sama. Namun perbedaan keduanya terletak di kuah yang digunakan terutama pada Toge Goreng Betawi yang memiliki kuah lebih pekat.

Untuk isiannya, Toge Goreng Betawi biasa menggunakan tauge, mie kuning, tahu, tauco, dan lontong yang disiram kuah oncom kental. Pertama tauge ditumis dan direbus bersama dengan bahan lainnya hingga cukup panas dan setelah itu disajikan bersama kuah oncom. Rasa gurih dan segar dari Toge Goreng ini mampu menunda lapar dan bisa jadi menu nikmat bersantap di siang hari.

Sajian lezat Toge Goreng ini masih bisa Anda temukan dengan mudah di sekitar kawasan Jabodetabek terutama daerah Bogor. Biasanya penjual Toge Goreng berjualan menggunakan pikulan dengan hiasan yang unik dan memasak langsung ditempat. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp15.000,00 per porsinya.

Pindang Bandeng

Pindang Bandeng

Jika Semarang yang terkenal dengan Bandeng Prestonya, Jakarta juga memiliki hidangan Bandeng yang tidak kalah nikmat yakni Pindang Bandeng. Namun berbeda dengan olahan pindang dari daerah lain, Pindang Bandeng Betawi dari Jakarta ini menambahkan kecap ke dalam hidangannya.

Selain kecap, terkadang Pindang Bandeng khas Betawi ini ditambahkan juga dengan biji petai yang masih segar sebagai pelengkap. Bumbu yang digunakan pun tidak jauh berbeda dengan bumbu pindang pada umumnya seperti bawang, cabai, serai, jahe, kunyit, dan lainnya.

Kuahnya yang berwarna hitam dari kecap membuat hidangan ini dikenal juga dengan nama Pindang Bandeng Seruni. Anda bisa menikmati hidangan Pindang Bandeng khas Betawi ini di Jl. Ciputat Raya tepatnya di Rumah Makan Betawi Mpok Rodemah. Harga satu porsi Pindang Bandeng Betawi ini juga termasuk cukup murah yakni sekitar Rp9.000,00 meski belum termasuk nasi.

Kue Cantik Manis

Kue Cantik Manis

Kue khas Betawi lain yang bisa Anda coba nikmati adalah Kue Cantik Manis atau disebut juga Kue Cente Manis. Dinamakan Cantik Manis karena kue ini memiliki warna pink dan putih yang cantik serta rasanya yang manis saat digigit.

Bahan utama kue ini adalah tepung hunkwe atau tepung kacang hijau serta biji mutiara atau pacar cina dan juga santan. Untuk membuatnya semua bahan direbus bersama gula dan daun pandan hingga matang baru kemudian dibungkus plastik dan disajikan saat dingin.

Kue Cantik Manis masih bisa Anda temukan dengan mudah di sejumlah Toko Kue Basah atau Makanan khas Betawi di Jakarta. Untuk harganya sendiri kue ini dibanderol sekitar Rp1.500,00 hingga Rp3.000,00 per buahnya tergantung variasi rasa.

Kue Putu Mayang

Makanan Khas Jakarta Kue Putu Mayang

Kuliner Jakarta yang juga wajib Anda coba adalah Putu Mayang khas Betawi yang terkenal dengan rasanya yang manis dan kenyal. Kue ini mendapat pengaruh dari budaya India yakni Kue Putu Mayam namun dengan ukuran dan bentuk yang berbeda.

Kue Putu Mayang terbuat dari tepung beras atau tepung kanji dan dibentuk seperti mie dan saling menempel menyerupai kerupuk. Jajanan ini disajikan bersama campuran santan dan juga gula jawa cair atau disebut juga Kinca.

Pedagang Putu Mayang ini masih bisa Anda jumpai berkeliling menggunakan gerobak di sekitar jalanan Jakarta atau toko kue basah. Biasanya Kue Putu Mayang dijual dengan harga Rp2.700,00 per buahnya lengkap dengan kuah kinca.

Gabus Pucung

Gabus Pucung

Selain Pindang Bandeng, Betawi juga memiliki olahan ikan lain yang tidak kalah lezat yakni Gabus Pucung yang mirip dengan rawon. Kemiripan ini bisa terlihat dari kuahnya yang berwarna hitam karena menggunakan kluwek atau pucung, bumbu yang sama untuk membuat rawon.

Untuk membuat gabus pucung juga cukup mudah karena resep gabus pucung khas Betawi ini bisa Anda dapatkan di internet. Rasa daging gabus yang kenyal terasa nikmat dengan kuah asam pedas yang mampu menggugah selera makan Anda.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Gabus Pucung bisa datang ke daerah Jagakarsa tepatnya di Rumah Makan Betawi Haji Nasun. Satu porsi Gabus Pucung ini biasanya dijual dengan harga Rp20.000,00 termasuk dengan nasi putih hangat.

Dodol Betawi

Makanan Khas Jakarta Dodol Betawi

Jakarta juga memiliki variasi dodol yang tidak kalah lezat dengan Dodol Garut yang sudah lebih dulu terkenal yakni Dodol Betawi. Bentuk Dodol Betawi ini terlihat lebih gelap dengan dominan warna hitam kecoklatan namun memiliki variasi rasa yang beragam.

Biasanya Dodol Betawi memiliki varian rasa seperti rasa ketan hitam, ketan putih, dan juga dodol rasa durian. Bahan utama dari Dodol Betawi ini biasanya menggunakan ketan, gula pasir, gula merah dan santan yang dimasak selama 8 jam.

Dodol Betawi sendiri termasuk hidangan untuk acara-acara spesial seperti pernikahan, ramadhan, atau hari raya karena proses pembuatannya yang lama. Namun Anda tetap bisa menikmati Jajanan khas Betawi ini di Toko Makan khas Betawi yang ada di Jakarta. Untuk harganya Dodol Betawi biasa dibanderol sekitar Rp8.000,00 hingga Rp10.000,00 tergantung rasa dan ukuran.

Kue Sagon

Kue Sagon

Saat hari raya seperti lebaran, Kue Sagon hampir selalu tersedia di setiap rumah orang Betawi sebagai hidangan untuk para tamu. Kue kering ini mungkin terlihat biasa karena hanya polos berwarna putih tanpa hiasan, namun rasanya bisa membuat Anda ketagihan.

Bahan dasar Kue Sagon terdiri dari campuran tepung beras ketan dan juga parutan kelapa dengan tambahan sedikit gula dan garam. Untuk membuatnya parutan kelapa disangrai terlebih dahulu baru agar kandungan air sedikit berkurang. Setelah itu campur semua bahan termasuk kelapa dan aduk hingga merata sebelum dicetak dan dimasukan ke oven.

Selain di oven, ada pula kue Sagon yang proses memasaknya dengan cara dibakar sehingga memiliki aroma yang khas. Anda bisa mendapatkan satu toples Kue Sagon ini dengan harga sekitar Rp15.000,00 untuk ukuran 250 gram.

Roti Gambang

Roti Gambang

Roti Gambang termasuk makanan khas Jakarta Timur yang juga dikenal di sejumlah daerah lain seperti Semarang dengan sebutan Roti Ganjel Rel. Penamaan Roti Gambang bermula karena bentuknya yang seperti alat musik Gambang salah satu alat musik khas Betawi.

Roti Gambang memiliki cita rasa khas berkat aroma kayu manis serta gula aren yang menjadi salah satu bahan baku pembuatannya. Biasanya roti ini disajikan dalam bentuk balok dengan taburan biji wijen diatasnya dan jadi teman bersantai minum kopi. Teksturnya yang lebih padat dari roti biasanya membuat Roti Gambang bisa menjadi pengganjal rasa lapar dan baik untuk pencernaan.

Bahkan Roti Gambang ini pernah masuk kedalam daftar 50 roti terbaik di dunia berkat rasa dan aromanya yang khas. Anda bisa menikmati Roti Gambang ini dengan harga sekitar Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung ukurannya.

Es Goyang

Es Goyang

Jakarta juga memiliki jajanan tempo dulu yang masih eksis dan bisa Anda nikmati hingga sekarang yakni Es Goyang. Es ini dinamakan Es Goyang karena pada proses pembuatannya wadah atau gerobak penjual harus digoyang-goyang supaya es membeku sempurna.

Bahan pembuatan Es Goyang pun cukup sederhana yaitu santan, gula pasir, pemanis, dan juga tepung hunkwe serta buah sebagai pelengkap. Setiap bahan tersebut dicampur hingga mengental dan siap dicetak dalam pendingin dan digoyang-goyang, jangan lupa untuk memberi tusukan sebelum membeku. Setelah jadi Es Goyang dicelupkan ke coklat cair dan diberi taburan kacang lalu siap disantap.

Selain rasa original, Anda juga bisa mencoba variasi lain dengan rasa alpukat, durian, strawberry hingga rasa coklat. Cukup dengan uang Rp2.000,00 Anda sudah bisa menikmati sensasi lembut Es Goyang yang lumer di mulut.

Laksa Betawi

Makanan Khas Jakarta Laksa Betawi

Laksa terkenal sebagai salah satu hidangan khas negara asia melayu seperti Malaysia, Singapura, dan juga Thailand. Namun siapa sangka ternyata Jakarta juga memiliki variasi hidangan Laksa yang tidak kalah nikmat yakni Laksa Betawi.

Ciri khas utama dari Laksa Betawi adalah kuahnya yang berwarna kekuningan dari campuran santan dan juga bumbu laksa. Selain itu aroma khas ebi, udang rebon, dan daun kemangi juga mengimbangi rasa lezat dari Laksa Betawi. Tidak lupa isian laksa seperti ketupat, tauge, telur rebus, kucai, tahu dan bihun turut membuat rasa Laksa Betawi semakin mantap.

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati hidangan Laksa Betawi ini berada di Mall Kuningan City tepatnya di Kafe Betawi. Satu porsi Laksa Betawi biasa dibanderol mulai dari Rp25.000,00 hingga Rp90.000,00 tergantung isian dari laksa tersebut.

Wajik Betawi

Wajik Betawi

Selain Dodol, Betawi juga memiliki hidangan khas manis lain dalam bentuk Wajik yang dikenal dengan Wajik Betawi. Secara umum terdapat dua jenis Wajik Betawi yang bisa Anda nikmati yakni Wajik Betawi Tenong dan juga Wajik Kertas Minyak.

Perbedaan keduanya hanya terletak pada penggunaan parutan kelapa di dalam adonan wajik dan bagaimana cara penyajian. Wajik Betawi tenong biasanya memiliki warna coklat dari penggunaan gula merah dalam adonan ketan dan santannya serta dicetak pada tenong. Sedangkan Wajik Betawi kertas minyak ditambahkan parutan kelapa serta pewarna makanan sehingga memiliki warna lebih menarik lalu dibungkus kertas minyak.

Hidangan ini biasa disajikan saat hajatan seperti pernikahan adat Betawi berlangsung atau acara adat Betawi lainnya. Namun Anda juga bisa membeli langsung Wajik Betawi dengan berbagai rasa di sejumlah toko kue basah makanan khas Jakarta Pusat. Untuk harganya Wajik Betawi ini biasa dijual sekitar Rp4.000,00 per buah atau sekitar Rp45.000,00 per toplesnya.

Kue Cincin

Kue Cincin

Salah satu kue khas Betawi yang cukup unik adalah Kue Cincin atau di beberapa daerah Jawa Barat disebut Ali Agrem. Sekilas kue ini berbentuk mirip dengan kue donat namun dengan ukuran yang lebih kecil dan berwarna coklat.

Bahan utama kue cincin khas Betawi ini adalah sagu, tepung beras, dan juga gula merah yang dicampur bersama. Proses pembuatan kue ini cukup lama karena membutuhkan waktu satu hari untuk mendiamkan adonan sebelum digoreng.

Meski begitu rasa manis dan unik dari Kue Cincin ini membuatnya terasa nikmat sekaligus bisa membawa Anda bernostalgia. Harga satu toples kue cincin ini biasa dibanderol sekitar Rp25.000,00 hingga Rp40.000,00 tergantung ukuran toples.

Kue Biji Ketapang

Biji Ketapang

Selain terkenal dengan kue basahnya yang enak, warga Jakarta khususnya orang Betawi juga memiliki kue kering nikmat yakni Biji Ketapang. Biji Ketapang yang dimaksud bukan biji ketapang asli melainkan hasil adonan tepung terigu, margarin, santan, dan telur yang digoreng.

Bentuk potongan kue yang berukuran kecil dan lonjong dengan warna kecoklatan inilah yang membuatnya disebut sebagai kue Biji Ketapang. Rasa manis, gurih, dan renyah dari Biji Ketapang membuatnya menjadi favorit banyak orang terutama saat lebaran.

Saat ini Kue Biji Ketapang masih bisa Anda temukan di berbagai toko oleh-oleh khas Betawi yang ada di Jakarta. Untuk harganya, satu toples kue Biji Ketapang dijual dengan harga Rp15.000,00 hingga Rp30.000,00 untuk 250 gram.

Geplak Betawi

Makanan Khas Jakarta Geplak Betawi

Geplak Betawi merupakan makanan tradisional khas Betawi yang sudah mulai langka dan berbeda dengan Geplak Makanan Khas Jogja. Bahan dasar Geplak Betawi terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula cair dan parutan kelapa.

Proses pembuatannya yang dipukul dan diaduk dengan tangan inilah yang membuat kue ini disebut kue Geplak. Saat sudah dingin dan terbentuk dengan baik di cetakan, Geplak Betawi ini ditaburi dengan tepung agar awet disimpan hingga seminggu.

Meski tergolong kue yang langka, Anda masih bisa membeli Geplak Betawi ini di beberapa Toko Oleh-oleh khas Jakarta. Biasanya Geplak Betawi ini dijual dengan harga mulai dari Rp25.000,00 hingga Rp100.000,00 tergantung dengan ukurannya.

Kue Akar Kelapa

Akar Kelapa

Jajanan unik lain yang wajib Anda coba di Jakarta adalah kue Akar Kelapa, kue kering khas Betawi yang lezat. Bentuk kue ini memanjang seperti akar kelapa dengan rasa manis dan gurih yang begitu terasa dan sedikit mirip dengan churros.

Untuk membuat kue akar kelapa diperlukan tepung ketan, tepung kanji, telur, santan, mentega dan juga gula. Semua bahan tersebut diaduk dan diuleni hingga menjadi kalis dan tidak lengket ditangan, setelah itu siapkan cetakan dan goreng.

Kue ini sering kali disajikan saat lebaran tiba dan menjadi camilan favorit anak-anak. Anda bisa mendapatkan kue akar kelapa di sejumlah toko kue kering atau makanan khas Jakarta Timur dengan harga murah. Satu toples akar kelapa ukuran 250 gram biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp20.000,00.

Bir Pletok

Bir Pletok

Selain Kerak Telor, Bir Pletok juga menjadi salah satu minuman legendaris khas Betawi yang wajib untuk Anda coba. Anda juga tidak perlu khawatir, meski disebut bir, minuman khas Betawi ini sama sekali tidak mengandung alkohol dan sangat berkhasiat.

Bahan utama bir pletok adalah rempah-rempah seperti jahe, pandan, kayu secang dan juga serai sehingga mampu menghangatkan badan. Warnanya yang merah kecoklatan dan mampu menghangatkan badan inilah yang membuat minuman ini disebut bir pletok.

Saat ini Bir Pletok sudah cukup sulit ditemukan dan hanya bisa Anda dapatkan di toko khusus penjual Bir Pletok. Harga satu botol besar Bir Pletok ini juga cukup murah yakni sekitar Rp25.000,00 untuk ukuran 600 ml.

Sayur Babanci

Sayur Babanci

Sayur Babanci atau biasa disebut juga dengan ketupat babanci ini adalah makanan khas Jakarta Selatan legendaris yang sudah sangat langka. Langkanya sayur Babanci ini karena bumbu yang diperlukan sudah sangat sulit didapatkan seperti kedaung, tai angin, botor, dan bangle. Selain itu proses memasak sayur babanci ini butuh keahlian khusus dan proses yang panjang.

Meski disebut sebagai sayur, hidangan ini tidak memasukan sayur ke dalam masakan dan hanya menggunakan daging bagian kepala sapi. Sekilas hidangan ini mirip dengan gulai, kari, dan juga soto sehingga banyak orang menyebutnya babanci yang tidak jelas asal usulnya.

Namun rasanya dari 21 rempah yang digunakan membuat sayur babanci lebih dekat dengan rasa gulai yang pedas dan nikmat. Untuk menikmati hidangan ini Anda harus memesan terlebih dahulu kepada orang Betawi asli atau rumah makan khas Betawi yang ada. Salah satu tempatnya adalah Rumah Makan Historia Jakarta Barat yang menjual Sayur Babanci dengan harga Rp47.000,00 per porsinya.

Kue Talam

Kue Talam

Kue Talam termasuk salah satu kue basah Indonesia yang hampir ada di setiap daerah termasuk di Jakarta. Masyarakat Betawi mengenal kue ini dengan sebutan Kue Talam Bulan karena bentuknya yang bulat dan cantik seperti bulang di langit.

Bahan utama kue talam terbuat dari tepung terigu, tepung beras, tepung tapioka, gula merah, santan, dan daun pandan. Masing-masing tepung tersebut dibuat menjadi lapisan tersendiri yang pada akhirnya membentuk kue talam seutuhnya.

Rasa kue talam ini sangat manis dengan tekstur yang begitu lembut saat dikunyah serta memiliki aroma pandan yang wangi. Biasanya kue talam ini dijual dengan harga Rp1.500,00 per potong atau sekitar Rp10.000,00 untuk satu kotaknya.

Ongol-ongol

Ongol-ongol

Makanan khas Jakarta untuk oleh-oleh yang wajib Anda coba selanjutnya adalah Ongol-ongol yang termasuk salah satu kue basah khas Betawi. Kue ini terbuat dari tepung sagu dan campuran gula aren dan ditaburi parutan kelapa pada bagian atasnya.

Cita rasa manis dan gurih dari kue ongol ongol dengan tekstur yang kenyal membuat kue ini sangat nikmat menjadi kudapan. Biasanya ongol ongol disajikan pada pesta adat Betawi atau hajatan sebagai teman bersantai minum teh.

Jajanan ini bisa Anda dapatkan di sejumlah toko kue basah dan memiliki banyak variasi seperti ongol-ongol nanas, pelangi, dan singkong. Harganya pun sangat terjangkau yakni sekitar Rp25.000,00 per loyang dengan isi yang cukup banyak.

Soto Tangkar

Soto Tangkar

Betawi juga memiliki variasi soto lain yang wajib untuk Anda coba selain Soto Betawi yakni Soto Tangkar yang menggunakan iga. Kata Tangkar sendiri merupakan sebutan untuk iga sapi dalam bahasa Betawi sejak zaman dulu.

Cara membuat soto tangkar ini tidak berbeda jauh dengan soto lain dengan bumbu seperti kunyit, lada, santan, dan lainnya. Iga sapi yang sudah dimasak selama 2 jam lebih membuatnya memiliki tekstur lembut yang menyatu nikmat dengan kuah kental soto.

Soto tangkar ini bisa Anda temukan di berbagai rumah makan khas Jakarta Utara salah satunya Soto Tangkar H. Diding. Satu porsi Soto tangkar ini biasanya dijual dengan harga Rp30.000,00 hingga Rp50.000,00 lengkap dengan nasi.

Dari sejumlah makanan yang disebutkan, Jakarta masih memiliki banyak Makanan khas Betawi lain yang bisa Anda coba. Anda bisa manfaatkan jasa sewa mobil Jakarta untuk bisa lebih mudah menjelajah berbagai tempat makan menarik dan lezat.

Para sopir lokal yang berpengalaman dan ramah bisa memberikan rekomendasi tempat-tempat seru untuk Anda kunjungi di Jakarta. Dengan begitu Anda bisa menikmati kunjungan Anda ke Ibu Kota dengan tenang, santai, dan mudah.

Jika Anda berencana datang bersama rombongan, tempat rental bus Jakarta juga siap memberikan pelayanan terbaiknya. Banyak armada bus yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda mengunjungi Jakarta.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Jakarta, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (4 votes)