Taman Nasional Bali Barat merupakan habitat bagi banyak flora dan fauna endemik Bali terutama yang terancam punah. Mengunjungi Taman Nasional ini bisa jadi opsi lain untuk menikmati indahnya pulau Bali.

Berbagai hewan dan tumbuhan bisa Anda temukan di dalam kawasan hutan yang asri. Terumbu karang cantik dan ikan-ikan lucu juga bisa Anda lihat di perairan Taman Nasional ini.

Anda bisa mengunjungi Taman Nasional Bali Barat dengan memanfaatkan paket liburan ke Bali dari Biro Perjalanan yang ada. Namun untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan singkat mengenai Taman Nasional Bali berikut ini.

Sekilas Tentang Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat atau disingkat TNBB terletak barat laut pulau Bali dekat dengan pelabuhan GIlimanuk. Kawasan taman nasional ini cukup luas karena mencakup sekitar 3% daratan dan perairan di pulau Bali.

Luas taman nasional ini sekitar 190 km persegi yang terdiri dari 158 km persegi daratan dan sisanya perairan. Pada sisi utara Taman Nasional ini terdapat pantai sepanjang 1 kilometer lengkap dengan terumbu karang dan pulau kecil.

Area daratan dari TNBB ini terdiri dari kawasan hutan, bakau, dan juga sabana yang menjadi habitat hewan-hewan langka. Binatang seperti rusa, burung jalak Bali, langur, babi hutan dan hewan lainnya berkeliaran bebas di dalam hutan.

Untuk area lautnya sendiri melingkupi perairan dan pantai sekitar taman nasional termasuk beberapa pulau di sekitarnya seperti Pulau Menjangan. Perairan taman nasional ini menjadi tempat tinggal dari salah satu hewan langka Indonesia yakni Penyu Sisik.

Secara keseluruhan Taman Nasional Bali ini menjadi habitat lebih dari 353 spesies. Diantaranya  seperti 17 spesies mamalia, 176 spesies tanaman, 160 spesies burung, dan beberapa jenis reptil serta ikan

Pada tahun 1917, kawasan ini masih berupa nature park yang dibuat Pemerintah Belanda di Bali untuk menjaga keasrian alam di Bali. Tempat ini baru resmi menjadi Taman Nasional Indonesia pada tahun 1941 sebelum masa kemerdekaan.

Sejak saat itu Taman Nasional Bali ini menjadi salah satu pusat kegiatan konservasi dan edukasi alam di Bali. Tempat ini cocok untuk Anda kunjungi jika sudah bosan dengan tempat wisata di Bali yang itu-itu saja.

Kegiatan Seru di Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali

Mengunjungi Taman Nasional Bali Barat tidak hanya sekedar datang dan melihat-lihat saja. Ada banyak aktivitas seru yang bisa mengisi waktu liburan Anda di sini dan berikut ini beberapa diantaranya

Trekking Area Taman Nasional

Pengelola Taman Nasional Bali menawarkan kegiatan trekking untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi taman nasional. Pengunjung akan diajak untuk berkeliling selama 3-4 jam menyusuri berbagai area di dalam Taman Nasional Bali Barat.

Trekking ini dilakukan bukan dengan berjalan kaki tetapi dengan menunggangi kuda melewati jalan setapak yang tersedia. Selama perjalanan Anda akan didampingi pemandu yang sekaligus dapat menjelaskan mengenai kawasan dan hewan yang ditemui.

Kegiatan ini juga menjadi salah satu sarana edukasi yang disediakan pihak pengelola untuk para pengunjung. Anda bisa mempelajari berbagai hal sambil berkeliling menikmati pemandangan yang sudah pasti akan menjadi pengalaman baru yang tak terlupakan

Menyelam

Selain paket trekking Anda juga bisa mendapatkan paket wisata bahari dari pihak pengelola. Paket wisata ini akan mengajak Anda untuk menikmati keindahan bahari dari Taman Nasional Bali dengan berbagai cara seperti diving.

Para pengunjung akan dibawa ke salah satu spot menyelam terkenal Bali yakni teluk Menjangan yang ada di Pulau Menjangan. Pulau ini sudah terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang indah, bahkan banyak Paket Wisata Banyuwangi yang juga memasukan pulau ini sebagai destinasi.

Pemandangan tebing terumbu karang di kedalaman 10 hingga 60 meter mampu memikat siapapun yang melihat. Arus yang tenang dan jarak pandang yang luas akan memudahkan Anda menikmati indahnya perairan Taman Nasional Bali Barat.

Mengamati Hewan dari Dekat

Selama berkeliling Anda dapat melihat berbagai hewan yang ada di Taman Nasional Bali ini. Salah satu binatang yang selalu dicari adalah Jalak Bali, burung langka yang hanya ada di Pulau Bali.

Burung berwarna putih dengan mata berwarna biru ini sering terlihat hinggap di ranting-ranting pohon dan berterbangan dengan bebas. Selain itu hewan-hewan seperti rusa, lutung, dan babi hutan juga terkadang dapat Anda lihat  melintas.

Ikan dan penyu yang berenang di sekitar terumbu karang juga dapat Anda temukan dengan mudah saat melakukan penyelaman. Melihat hewan-hewan tersebut bebas di alam liar dapat menjadi pengalaman baru yang berbeda dari sekedar mengunjungi kebun binatang.

Mengunjungi Pura

Tidak ada yang mengira di dalam kawasan taman nasional ini terdapat banyak sekali pura menarik yang bisa dikunjungi. Pura yang ada disini pun sudah ada sejak zaman dulu dan memiliki nilai sejarah nya sendiri.

Salah satu nya adalah pura Prapat Agung yang terletak di sebelah barat Taman Nasional Bali Barat ini. Tidak jauh dari pura Anda bisa menemukan pantai Prapat Agung yang memiliki pasir putih serta pemandangan indah Pulau Jawa.

Pura Lain yang juga bisa Anda kunjungi adalah Pura Segara Rupek yang terletak di pesisir utara taman nasional. Setiap pura ini masih digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu untuk melakukan berbagai upacara keagamaan.

Menikmati Panorama Alam

Keindahan alam Taman Nasional Bali ini tidak lepas dari keberadaan beberapa gunung vulkanik kuno yang ada di dalam taman. Salah satu gunung tertinggi di tempat ini adalah Gunung Patas yang memiliki ketinggian 1412 meter diatas permukaan laut.

Disamping itu, hutan-hutan dengan berbagai jenis pohon di sini memberikan suasana sejuk dan asri yang nyaman. Anda pun dapat berfoto dengan bebas di kawasan sabana yang sering menjadi tempat beberapa hewan seperti rusa terlihat.

Keindahan pantai dari Taman Nasional Bali ini juga jangan sampai terlewatkan. Pasir putih dengan ombak biru nya menyimpan dengan sempurna pesona kecantikan pantai-pantai di Bali.

Selain kegiatan dan tempat yang disebutkan diatas, masih banyak tempat lain yang bisa Anda kunjungi di Taman Nasional Bali Barat ini. Seperti misalnya Pura Gili Kencana, Candi Taman Sari, Pura Pulaki, Pura Jayaprana, dan lain-lainnya

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Bali

Untuk memasuki kawasan taman nasional ini Anda harus membayar tiket masuk di kantor pengelola taman nasional. Biaya yang dibebankan terbilang cukup mahal namun sebanding dengan pengalaman yang Anda dapatkan, berikut ini rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp200.000,00
Pemandu Wisata Rp350.000,00 per 2 jam
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pihak pengelola. Namun harga ini bisa Anda gunakan untuk perkiraan dan persiapan jika Anda berencana mengunjungi Taman Nasional Bali ini.

Untuk biaya berlibur yang lebih murah, gunakan saja Paket Wisata yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata dengan biaya terjangkau dan segala urusan akomodasi yang sudah diatur.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Nasional Bali Barat

Jika Anda ingin mengunjungi Taman Nasional Bali Barat ini bisa terlebih dahulu melapor ke salah satu kantor Pengelola Taman Nasional. Kantor pertama terletak di Jl Denpasar Gilimanuk Cekik, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana.

Sedangkan untuk kantor kedua berada di Jl. Labuhan Lalang, Sumber Klampok, Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Lokasi Taman Nasional Bali Barat ini sendiri memang berada di dua kabupaten yakni Jembrana dan Buleleng sehingga cukup mudah untuk diakses menggunakan sewa fortuner Bali.

Anda yang datang dari pelabuhan Gilimanuk bisa langsung ke arah selatan menuju pertigaan Cekik untuk bisa mendaftar. Sedangkan Anda yang datang dari arah Pantai Lovina bisa langsung mengikuti Jl Singaraja Gilimanuk menuju arah Labuan Lalang.

Untuk lebih mudah menuju lokasi Anda bisa menggunakan Google Maps yang akan menunjukan rute terbaik menuju Pusat Informasi Turis TNBB. Jadi dari manapun Anda berangkat, tidak perlu pusing memikirkan jalan yang benar.

Namun jika Anda hanya ingin menikmati wisata bahari ke Pulau Menjangan atau Teluk Gilimanuk bisa langsung carter kapal yang bisa mengantar. Jadi Anda tidak perlu melapor terlebih dahulu ke kantor pusat informasi.

Jam Operasional Taman Nasional Bali Barat

Waktu operasional Taman Nasional Bali Barat dimulai sejak pukul 08.00 WITA hingga pukul 18.00 WITA setiap hari. Musim hujan bisa menjadi waktu terbaik untuk Anda yang ingin menikmati keindahan hutan dari Taman Nasional Bali ini.

Pepohonan dan sabana di sini akan terlihat berwarna hijau indah. Selain itu musim hujan menjadi musim bertelur bagi burung jalak Bali sehingga burung ini lebih mudah ditemukan.

Tetapi jika Anda ingin menikmati keindahan bawah laut Pulau Menjangan dan sekitarnya sebaiknya datang saat musim kemarau. Langit cerah tanpa awan dapat menambah keindahan pantai dan terumbu karang yang terlihat di bawah air.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)