SalSari Resto & Coffee

Warga Tangsel kini memiliki tempat wisata favorit yang lokasinya berada di dalam kota. Tempat wisata yang dimaksud adalah Tandon Ciater Tangsel. Lokasi wisata ini langsung hits di kalangan masyarakat Tangsel dan sekitarnya.

Alasannya, tempat wisata Tangerang Selatan ini gratis dan dekat dari pusat kota. Cocok sekali sebagai destinasi liburan bagi keluarga dan mereka yang sedang berhemat. Lantas, ada daya tarik dan fasilitas apa saja di tempat wisata ini?

Sekilas Tentang Wisata Tandon Ciater

taman Tandon Ciater foto

Tandon Ciater adalah sebuah objek wisata danau buatan di kawasan Serpong, Tangsel. Di sekitar danau, telah ada banyak fasilitas pendukung rekreasi yang memang diadakan untuk masyarakat sekitar.

Saat memasuki area wisata, pengunjung akan menjumpai playground, stand makanan khas Tangerang yang terkenal dan minumannya, stand kuda poni, dan jogging track. Selain itu, danau ini juga berhiaskan taman hijau di sekelilingnya.

Tandon ini sendiri berfungsi sebagai tempat penampungan air dalam ukuran yang sangat besar. Luasnya mencapai 7 hektar dan mampu mengairi beberapa wilayah sekitarnya.

Danau ini resmi beroperasi Januari 2016 lalu. Kapasitas tampungan airnya capai 120.000 meter kubik. Berkait keindahan dan juga fasilitas lengkapnya, area danau ini kini berubah menjadi destinasi wisata unggulan Tangsel.

Lokasi Tandon Ciater

Alamat Tandon Ciater berada di Jalan Widya Kencana, Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Jika Anda menggunakan mobil, Anda hanya bisa parkir kendaraan di dekat pintu masuk saja.

Lain hal jika Anda menggunakan sepeda motor; Anda bisa terus lanjut perjalanan hingga sampai di depan danau. Anda bisa memarkirkan sepeda motor tersebut di dekat danau.

Kemudian untuk rute, bagi Anda yang berangkat dari Kota Tangerang, pilih jalur yang melewati kantor Kementerian Agama Tangsel. Setelah itu, langsung menuju Jalan Widya Kencana.

Untuk detailnya, Anda bisa cek peta dari Google Maps. Atau cara yang paling mudah adalah dengan menyewa kendaraan di Salsa Wisata. Pilihan paket sewanya beragam. Salah satunya adalah sewa mobil Xpander Tangerang.

Jam Buka Tandon Ciater

Wisata danau buatan ini beroperasi setiap hari, mulai Senin sampai Minggu. Hari libur seperti libur nasional atau musim liburan tetap buka. Jam buka Tandon Ciater ini sebenarnya 24 jam.

Namun untuk fasilitas seperti stand makanan dan minuman, stand kuda poni, dan stand wahana permainan anak hanya beroperasi dari jam 06.00 sampai jam 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Wisata Tandon Ciater

Anda tidak perlu repot keluarkan biaya untuk memasuki area wisata Tangsel ini. Tiket masuk tempat wisata ini gratis. Tapi khusus pengunjung yang menggunakan kendaraan, ada biaya parkir tersendiri.

Kemudian untuk semua wahana permainan, kecuali playground di taman Ciater Tangsel, juga berbayar dengan tarif yang masih murah. Berikut kami bagikan info tarif parkir terbaru di objek wisata ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan
Wahana Mulai dari Rp10.000,00 sampai Rp25.000,00 per orang

Harga tiket masuk Tandon Ciater yang gratis tentu sangat menguntungkan bagi para pengunjung. Terutama bagi wisatawan dari luar Kota Tangerang.

Mereka bisa gunakan sisa budget yang ada untuk tambahan biaya menginap di Hotel Novotel Tangerang atau hotel dekat Novotel Tangerang. Atau mungkin untuk kebutuhan liburan lainnya seperti belanja buah tangan, dll.

Daya Tarik Wisata Tandon Ciater

Keberadaan objek wisata tandon yang dekat dengan pemukiman memang memudahkan masyarakat sekitar untuk berkunjung ke tempat ini. Apalagi, kawasan ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah.

Pengunjung yang datang ke sini akan disuguhkan dengan panorama danau buatan ditambah udara yang masih asri. Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru berikut.

Berpiknik Bersama Keluarga

Dengan luas yang mencapai 7 hektar, ada berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan jika berkunjung bersama keluarga. Salah satu yang lazim dilakukan para pengunjung lainnya adalah berpiknik.

Berpiknik bisa menjadi kegiatan yang sangat pas untuk liburan keluarga Anda. Jangan lupa untuk membawa tikar dan makanan ringan seperti oleh-oleh khas Tangerang terdekat dengan lokasi.

Sembari berpiknik bersama keluarga, Anda bisa merilekskan pikiran. Suasana sejuk dan alami yang ada di sini bisa menjadi obat tersendiri. Terlebih Anda ditemani dengan keluarga tercinta.

Bermain Bersama Si Kecil

Tandon Ciater tangsel

Jangan khawatir jika Anda membawa anak-anak ke tempat ini. Mereka dijamin tidak akan bosan dan rewel sebab sudah ada berbagai pilihan permainan yang seru. Seperti memberi makan ikan.

Anda bisa membawa makanan ikan seperti pelet dari rumah. Atau jika tidak, ada beberapa penjual yang menyediakan pelet ikan. Jadi, Anda tidak perlu repot membawa pakan ikan dari rumah.

Alternatif lainnya yaitu mengajak si kecil untuk menunggang kuda. Di lokasi wisata ini terdapat kumpulan kuda yang bisa Anda sewa. Bila si kecil belum berani menunggang kuda, ajak si kecil untuk bermain mobil-mobilan atau motor kecil.

Mobil dan motor di sini adalah wahana berbaterai yang dapat dinavigasi dengan menggunakan remote control. Jadi akan aman.

Berolahraga Santai

Jika datang ke sini pada akhir pekan, maka Anda akan menemukan banyak pengunjung yang berolahraga santai. Lokasi ini memang sangat cocok digunakan untuk berolahraga seperti bersepeda, jogging, atau juga bermain sepatu roda.

Anda bisa menggunakan jalur yang mengelilingi tandon untuk melakukan aktivitas tersebut. Terlebih untuk jogging karena pihak pengelola sudah menyediakan jalur khusus untuk pengunjung yang ingin berolahraga jogging.

Lintasan untuk jogging terbentang sejauh 1,6 kilometer. Sembari asik jogging, Anda juga bisa menikmati pemandangan danau buatan yang indah.

Berfoto

Ketika mengunjungi tempat wisata, jangan lupakan aktivitas yang satu ini, yaitu berfoto. Di tandon ini sendiri, ada berbagai spot foto yang instagramable yang cocok Anda jadikan background.

Spot yang paling terkenal di sini adalah tulisan ‘Tandon Ciater’. Selain itu, ada sejumlah tempat lainnya seperti taman yang hijau dan pemandangan alam sekitar.

Di dekat taman, berkumpul sebuah area khusus wisata kuliner malam Tangerang. Di sini, ada banyak pilihan penjual kaki lima, warung sederhana, hingga gerai makanan dan minuman kekinian.

Fasilitas di Lokasi Wisata Tandon Ciater

tiket masuk Tandon Ciater

Kawasan wisata danau buatan ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti:

  • tempat sampah
  • camping ground
  • area parkir kendaraan
  • pendopo atau Rumah Blandongan
  • warung makan
  • stand makanan dan minuman
  • playground
  • wahana permainan
  • jogging track

Dari fasilitasnya saja sudah sangat lengkap; tak kalah lengkap dengan sejumlah mall di Tangerang Selatan. Ditambah lagi daya tarik yang bak ‘magnet’ bagi para wisatawan.

Bagi Anda yang berminat liburan ‘tipis-tipis’ di Taman Tandon Ciater, segera agendakan. Jika berencana untuk singgah di beberapa objek wisata sekitarnya, gunakan layanan paket wisata dari Salsa Wisata. Tarif murah, fasilitas berkelas.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)