SalSari Resto & Coffee

Tangerang adalah sebuah kota di provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak di sebelah barat Jakarta dan merupakan bagian dari wilayah metropolitan Jakarta. Tangerang memiliki luas sekitar 437,98 km² dan penduduk sekitar 2,5 juta jiwa.

Kota Tangerang memiliki sejarah yang panjang, dahulu merupakan wilayah kerajaan Sunda yang dikenal dengan nama “Tangaran”. Pada abad ke-17, Tangerang menjadi wilayah yang dijadikan sebagai basis militer Belanda. Pada saat itu Tangerang dikenal dengan nama “Banten-Gedong”

Tangerang saat ini dikenal sebagai kota industri yang berkembang, dengan sektor industri utama seperti tekstil, kimia, elektronik, dan otomotif. Kota ini juga merupakan tujuan wisata yang populer, dengan tempat-tempat seperti Taman Wisata Alam Pembangunan Cibodas, Taman Wisata Alam Lippo Cikarang, dan Taman Wisata Alam Kebun Raya Bogor.

Lihat juga tempat wisata bali terbaru

Kota Tangerang juga memiliki beberapa tempat belanja yang terkenal, seperti Mall of Indonesia, Supermall Karawaci, dan Summarecon Mall Serpong. Tangerang juga menawarkan berbagai pilihan kuliner yang lezat, dengan makanan khas seperti sate maranggi, sate usus, dan Tangerang-style fried chicken.

Tangerang juga berkembang sebagai kota yang modern dengan banyak pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, bandara, dan jalur kereta api yang membuat aksesibilitas ke kota ini semakin mudah.

Daftar Tempat Wisata Tangerang Populer

Ternyata Tangerang menyimpan puluhan tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Ada berbagai tempat wisata tangerang yang memiliki pemandangan indah dan mempesona.

Anda bisa mengexplore berbagai tempat wisata tangerang dengan keluarga maupun rekan kerja anda. Kota metropolitan yang dekat dengan ibukota Jakarta ini punya destinasi wisata yang tidak kalah populer, viral, dan estetik dari wisata Jabodebek lainnya.

Detik-detik menjelang akhir tahun, Anda pasti sedang mencari-cari lokasi wisata yang seru buat liburan sendiri atau rame-rame bareng teman dan keluarga. Mungkin, Tangerang bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Telaga Biru Cisoka

Objek Wisata Telaga Biru Cisoka

Ada baiknya jika kunjungan pertama mengunjungi Telaga Biru Cisoka jika sedang berwisata ke Tangerang. Setelah satu tahun bekerja tentunya Anda perlu yang healing-healing.

Menikmati keindahan alam telaga yang berwarna biru dengan bukit bekas galian tambang berkapur yang mengelilinginya. Salah satu destinasi wisata alam Tangerang yang membuat Anda dapat beristirahat sejenak.

Tebing Koja

Objek Wisata Tebing Koja

Tebing Koja menjadi destinasi wisata Tangerang selanjutnya yang dapat Anda masukkan ke daftar keinginan. Tempatnya asri, teduh, dan tenang.

Anda dapat melihat tebing-tebing berbatu yang tinggi dengan bentuk-bentuk yang unik. Sungai dan sawah di sekitarnya juga menambah keharmonisan suasana alam yang alami. Pemandangan matahari di balik tebing juga menjadi pertunjukan yang menarik di Tebing Koja.

Citra Raya World of Wonders

Citra Raya World of Wonders Tangerang

Jika berlibur bersama keluarga, maka Anda harus mendatangi Citra Raya World of Wonders. Tidak hanya akhir pekan, di hari kerja pun tempat ini tetap ramai oleh pengunjung.

Terdapat berbagai mainan dan wahana yang menantang yang dapat Anda coba bersama keluarga. Tidak hanya itu, bangunan miniatur landmark membuat Anda seperti berjalan-jalan keliling dunia sekaligus menambah pengetahuan.

Hutan Kota Tangerang

Objek Wisata Hutan Kota Tangerang

Bagaimana rasanya berada di hutan tengah kota? Pengalaman ini bisa Anda dapat Hutan Kota Tangerang. Salah satu ruang terbuka hijau jika sedang tidak ingin berpergian jauh.

Pohon-pohon tingginya menyejukkan membuat Anda betah disini. Selain itu, kebersihannya juga terjaga dengan baik.

Floating Castle Froggy Edutography

Floating Castle Froggy Edutography

Berfoto dengan latar kastil bisa Anda lakukan di Floating Castle Froggy. Arsitektur gaya Eropa sangat indah menambah kesan berada di negeri dongeng karena kastil seperti melayang di udara.

Jangan lupa eksplor tempat-tempat lain disini yang tak kalah menarik. Terutama untuk wisata keluarga karena menghadirkan permainan edukasi.

Pintu Air 10

Pintu Air 10

Rekomendasi selanjutnya yang bisa Anda kantongi yaitu wisata air Pintu Air 10 atau Bendungan Pasar Baru Cisadane yang telah dibangun sejak tahun 1927.

Bendungan yang menjadi tumpuan ekonomi tidak hanya warga di sekitarnya, tapi juga kawasan Jabodetabek. Memiliki desain arsitektur Belanda yang masih otentik dengan 10 pintu air dengan masing-masing 10 meter.

Pada malam hari, Anda akan disuguhkan pemandangan indah dari lampu-lampu di sekitar bendungan yang meng-highlight bendungan. Tidak jarang, wisatawan menghabiskan senja dengan bersantai, foto-foto, bahkan berolahraga. Karena lokasi yang luas dengan jogging track.

Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio menjadi lokasi wisata religi dan sejarah Tangerang yang wajib untuk disambangi. Merupakan salah satu cagar budaya Indonesia yang dilestarikan pemerintah.

Anda dapat mengenal lebih dekat bagaimana suasana Pecinan di masa Belanda dengan gaya bangunannya yang sangat khas Shanghai. Warna-warna merah dan ukiran-ukirannya menambah kesan kental peradaban China.

Di altar Hok Tek Tjeng Sien ada sebuah lonceng sejak tahun 80-an. Aroma dupa dan lilin menyelimuti seluruh klenteng. Seperti namanya yang artinya kebaikan, selain menjadi tempat ibadah juga dapat berpengaruh pada orang-orang yang telah berkunjung.

Upside Down World Alam Sutera

Upside Down World Alam Sutera

Pernahkah Anda semasa kecil bermimpi berada di dunia terbalik? Kalau pernah, mungkin penggambaran realitanya dapat Anda temui di Upside Down World Alam Sutera.

Beberapa kota sudah mempunyai dunia terbalik sendiri. Namun, tidak ada salahnya mencoba upside down versi Tangerang yang tidak kalah unik. Setiap ruangan memiliki tema yang berbeda-beda. Seperti di luar angkasa, ruang bermain, dan studio band yang bisa Anda rasakan saat posisi terbalik. Main jadi lebih seru.

Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir

Banyak yang tidak tahu kalau Tangerang punya pantai. Salah satu pantainya yang sering menjadi destinasi liburan yaitu Pantai Tanjung Pasir.

Lokasinya dapat ditempuh 1 jam dari pusat kota. Salah satu wisata terdekat Tangerang. Berbagai aktivitas air dapat Anda lakukan, misalnya mendayung perahu, bermain air, memancing, dan menjala ikan. Sambil duduk menikmati pantai dan makan dari warung yang ada di sekitar pantai.

Taman Buaya Tanjung Pasir

Taman Buaya Tanjung Pasir

Kalau mendengar kata buaya apa yang Anda bayangkan? Seram dan menakutkan tentunya. Tapi, tidak ada salahnya mencoba mengadu adrenalin bertemu mereka di Taman Buaya Tanjung Pasir.

Santai saja, karena semua buaya telah aman di kandangnya masing-masing serta ada pagar besi yang merintangi. Petugas juga selalu berjaga-jaga dan mendampingi agar semua pengunjung merasa aman. Anda dapat melihat aktivitas buaya makan, berjemur, berendam, dan lain sebagainya lebih detail.

Kandank Jurank Doank

Kandank Jurank Doank

Kandank Jurank Doank (KJD) adalah sekolah alam milik aktor Dik Doank yang telah ada sejak tahun 1993. Tempat wisata Tangerang hits di kalangan masyarakat untuk bermain dan belajar yang ramah anak.

Semua yang datang dapat mencoba fasilitas outbound seperti panjat dinding, flying fox, dan lain sebagainya. Lokasi luas menyatu dengan alam. Terdapat juga lapangan sepakbola, lapangan basket, kolam, perpustakaan, studio, panggung, dan taman bermain. Banyak sekolah-sekolah juga melakukan study tour ke sini.

The Breeze BSD City

The Breeze BSD City

Memanjakan diri di kawasan bisnis dan gaya hidup seperti The Breeze BSD City sesekali boleh menjadi pilihan. Anda tetap dapat bersantai di tempat yang mempunyai konsep modern.

Menikmati suasana di alam terbuka dengan danau dan tamannya di sisi kawasan BSD. Melepas penat setelah lama beraktivitas dengan berjalan santai, menikmati angin, atau makan makanan enak.

Ocean Park Water Adventure

Ocean Park Water Adventure Tangerang

Berikutnya ada Ocean Park Water Adventure, sebuah destinasi wisata bagi Anda yang suka wahana rekreasi air. Bermain dan berenang bersama keluarga dan teman lebih seru di taman air seperti ini. Tempatnya mirip dunia fantasi dengan banyak fasilitas yang menambah keseruan.

Selain itu, banyak juga wahana-wahana lain untuk Anda bersenang-senang. Untuk makanan, tersedia restoran-restoran yang memungkinkan memilih makanan sesuai selera Anda.

Garden Lantern Maze Market

Garden Lantern Maze Market

Satu lagi wisata terbaru Tangerang yang bisa Anda nikmati di malam hari yaitu Garden Lantern Maze Market. Lampion-lampion indah terpasang warna-warni dengan berbagai bentuk yang menawan.

Lampu lampion yang berpendar membangun suasana romantis. Banyak wisatawan datang bersama keluarga, teman, dan pasangan untuk menikmati momen bersama dengan mengabadikan lewat foto.

Branchsto Equestrian Park

Branchsto Equestrian Park

Apakah Anda ingin belajar menaiki kuda namun tidak tahu lokasi yang tepat? Langsung saja mencobanya di Branchsto Equestrian Park. Taman di Tangerang yang out of the box karena berani beda dengan taman lainnya.

Disini, Anda akan belajar berkuda dengan ahlinya yang setia menemani sampai bisa. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan ATV dan olahraga panahan yang biasanya dianggap olahraga mahal. Namun, semua bisa Anda coba di Branchsto Equestrian Park.

Pasar Lama Tangerang

Pasar Lama Tangerang

Pasar Lama cocok untuk Anda yang suka wisata kuliner atau mencoba berbagai jenis makanan. Tempat ini akan semakin ramai oleh penjual makanan pada malam hari.

Wisatawan pecinta kuliner dapat menikmati beraneka ragam jajanan di pinggir jalan seperti halnya pasar malam. Anda juga dapat membeli oleh-oleh atau berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari di Pasar Lama ini.

Taman Bambu

Taman Bambu

Destinasi wisata selanjutnya ada Taman Bambu. Dimana Anda akan bersantai ditemani bambu-bambu yang mengeluarkan suara menenangkan dan angin yang berhembus yang seju

Selain hutan bambunya, kawasan ini juga mempunyai beragam bangunan dan fasilitas dari bambu yang jarang Anda temui di tempat lain. Cocok untuk tempat berpiknik dan menyandarkan pikiran sejenak.

Keramat Solear

Keramat Solear

Tangerang juga memiliki makam ahli agama yang bisa Anda ziarahi. Adalah makam Syekh Mas Masad atau orang-orang mengenal tempat wisata ini dengan sebutan Keramat Solear.

Lokasi wisata ini terletak di hutan lindung yang luas. Sehingga, Anda dapat berinteraksi dengan monyet-monyet yang dibiarkan hidup bebas disana.

Lihat juga tempat wisata di lembang terbaru

Untuk mengunjungi makam Syekh Mas Masad. Anda tidak harus berjalan jauh. Karena letaknya cukup mudah ditemukan, yaitu berada di bawah dua pohon besar dan dikelilingi pagar logam.

Tangerang menjadi salah satu kota yang terkenal di Indonesia. Maka, tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi tempat wisata Tangerang yang ternyata punya puluhan wisata yang unik dan menarik. Tentunya Tangerang akan meninggalkan kesan yang indah untuk akhir tahun Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

4.3/5 - (6 votes)