SalSari Resto & Coffee

Tempat wisata di Dumai bisa jadi pilihan alternatif destinasi saat Anda sedang liburan di Pekanbaru. Apalagi banyak destinasi seru dan menarik yang aksesnya sangat mudah serta dekat dengan pusat kota Pekanbaru.

Dari Pekanbaru jaraknya hanya sekitar 180 KM atau sekitar 3 jam perjalanan via tol. Anda pun bisa mengunjungi tempat ini dengan layanan rental mobil Avanza Pekanbaru plus sopir dari Salsa Wisata agar lebih mudah.

Dengan daya tarik Kota Dumai yang khas, ada banyak pengalaman seru yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi destinasi wisata di ini. Nah, agar Anda lebih mudah memilih, berikut ini beberapa tempat wisata hits Dumay yang recommended untuk Anda kunjungi saat liburan nanti.

Daftar Tempat Wisata Dumai Populer

Taman Bukit Gelanggang

Taman Bukit Gelanggang

Taman Bukit Gelanggang (TBG) merupakan kawasan ruang terbuka hijau yang dulunya adalah lapangan sepak bola yang luas. Dan kemudian pemerintah setempat menjadikannya sebagai ikon Kota Dumai dengan merubahnya menjadi alun-alun Kota Dumai.

Semenjak itu TBG menjadi destinasi favorit keluarga sebagai ajang meningkatkan quality time. Lokasinya pun sangat strategis berada di tengah kota, dekat dengan tempat peribadatan dan pusat perbelanjaan.

Setiap harinya banyak remaja ataupun keluarga menghabiskan waktu di sore hari terutama saat liburan. Di taman ini tersedia banyak wahana permainan, aneka jajanan kuliner khas Pekanbaru enak, arena trek jogging , bangku-bangku, dan wifi gratis.

Para keluarga yang sudah mempunyai anak lebih memilih pergi ke taman ini karena ada arena bermain anak dan penyewaan mainan. Jenis permainan yang ada mulai dari becak mini, mandi bola, odong-odong, kolam pancing, dan mainan kendaraan.

Masjid Agung Al Mannan Dumai

Masjid Agung Al Mannan Dumai

Masjid Agung Al Mannan menjadi ikon kebanggaan masyarakat Dumai yang sudah ada sejak tahun 2002. Bangunannya yang megah serta warnanya yang mencolok seakan menarik wisatawan untuk singgah sejenak melihat pesonanya.

Tampak depan masjid berdiri dua tiang kubah yang terletak di sisi kanan dan kiri. Kemudian di setiap sudutnya berdiri empat kubah yang menjulang tinggi hingga menambah kesan kemegahan seluruh masjid.

Halamannya yang luas dengan pepohonan di sekitar area masjid membuat suasana tampak lebih adem. Wisata religi Dumai ini bisa Anda sambangi di sela-sela waktu shalat sambil beristirahat sejenak setelah lelah mengitari destinasi wisata Dumai.

Lokasinya berada di Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai, Riau. Setelah energi kembali terisi, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan safari mengexplore kota Dumai ke destinasi selanjutnya.

Bandar Bakau Dumai

Bandar Bakau Dumai

Bandar Bakau menjadi pusat konservasi sekaligus tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kota Dumai. Tempatnya sangat luas dan tampak seperti hutan karena banyak pohon rindang yang tumbuh di sekitar.

Sudah pasti udaranya sangat sejuk dan terasa adem kawasan yang masih asri serta memiliki pesona menawan. Namun salah satu spot yang cukup fenomenal di sini yaitu jembatan yang membentang panjang di tengah hutan bakau.

Tampilannya sangat estetik, Anda pun bisa berfoto di atas jembatan tersebut. Selain sebagai tempat healing, berkunjung ke destinasi bisa sekaligus ajang pembelajaran dan menambah wawasan mengenai tanaman bakau.

Untuk bisa menikmati keindahannya, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Jika tertarik untuk mengunjungi wisata alam Dumai ini, langsung saja datang ke Ratu Sima, Dumai Selatan, Kota Dumai.

Pantai Koneng Dumai

Pantai Koneng Dumai

Buat Anda yang suka berwisata menikmati keindahan pantai atau bermain ombak silahkan datang ke Pantai Koneng, Dumai. Pantai ini juga termasuk salah satu yang terpopuler di Dumai dan mempunyai hamparan pasir yang menawan.

Karena keindahannya, banyak yang menggunakannya sebagai lokasi foto pre-wedding atau sekedar hunting foto-foto biasa untuk koleksi pribadi. Biasanya pantai ini semakin ramai saat sore hari menjelang sunset karena panoramanya yang mempesona.

Wisata alam Pekanbaru ini wajib Anda kunjungi terutama saat sedang berada di Kota Dumai. Lokasinya cukup strategis, jaraknya dari pusat kota hanya 20 KM atau sekitar 40 menit berkendara.

Akses jalannya pun sudah cukup bagus, bisa untuk kendaraan motor ataupun mobil. Mengenai tiket masuk dihitung berdasarkan kendaraan seperti Rp5.000,00 untuk motor, Rp20.000,00 untuk mobil, dan Rp30.000,00 untuk bus.

Pantai Marina Dumai

Pantai Marina Dumai

Selanjutnya di Dumai ada juga Pantai Marina yang hits dan sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Apalagi pesona keindahan lautnya sangat menawan dengan bibir pantai yang luas sehingga cocok untuk berbagai aktivitas seru.

Berbicara mengenai fasilitas, Pantai Marina termasuk menyediakan sarana dan prasarana yang cukup memadai. Terdapat toilet untuk mandi bilas dan buang air, semacam pondokan untuk tempat berteduh.

Selain itu di sekitar area pantai banyak warung yang menjual jajanan dan aneka hidangan makanan. Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 20 KM dari pusat Kota Dumai. Akses jalannya sudah cukup memadai, bisa untuk mobil bahkan bus sekalipun.

Tentunya telah tersedia pula area parkir yang luas untuk menampung para wisatawan yang datang berombongan menggunakan layanan rental mobil elf Pekanbaru murah. Tiket masuknya sendiri sangat terjangkau jadi cocok untuk Anda yang mau liburan murah.

Taman Telaga Tirta Patra

Taman Telaga Tirta Patra

Lokasinya berada di sisi Dumai Selatan, tepatnya di Jl. Cilacap Umum, Bukit Datuk, Dumai Selatan, Kota Dumai. Dari pusat kota mungkin cukup jauh namun, akses jalannya sudah cukup bagus untuk berbagai maca kendaraan.

Sesampainya di area taman, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan telaga yang menawan dengan air jernih dan pohon hijau di sekitarnya. Suasana area tamannya masih sangat asri dan cukup nyaman untuk tempat melepas penat.

Anda bisa refreshing sambil piknik kecil-kecilan bersama keluarga, atau hanya sekedar jalan-jalan mengelilingi kawasan telaga. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan untuk disantap nanti di lokasi.

Tak banyak wahana permainan yang tersedia selain suasananya yang nyaman. Walaupun begitu, Anda masih bisa berkeliling telaga menggunakan kapal bebek. Silahkan ajak keluarga Anda untuk menikmati wisata dumai gratis satu ini.

Pantai Akasia Indah

Pantai Akasia Indah

Pantai Akasia Indah termasuk tempat wisata hits Dumai yang banyak dikunjungi para wisatawan untuk berlibur. Wisata pantai Dumai ini berjarak sekitar 1 KM dari Jalan Arifin Ahmad, yang merupakan jalan utama Kota Dumai.

Pantai Akasia mempunyai ombak yang relatif aman, sehingga Anda bisa leluasa bermain di pinggiran pantai. Para wisatawan yang hobi fotografi juga bisa hunting foto di sini, karena menyajikan landscape pantai yang luar biasa.

Daya tarik lainnya, Pantai Akasia mempunyai pasir pantai yang eksotis berwarna hitam karena telah tercampur dengan sesai. Mengenai fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai dan nyaman untuk wisatawan.

Terdapat pondokan kayu yang terbuat dari bahan alam sebagai tempat beristirahat dan berteduh. Untuk bisa menikmati keindahannya, Anda cukup mengeluarkan biaya Rp20.000 saja sebagai retribusi masuk.

Hutan Wisata Dumai

Hutan Wisata Dumai

Buat Anda yang suka petualangan menjelajahi alam terbuka, mungkin berkunjung ke Hutan Wisata Dumai bisa menjadi tempat mengisi liburan. Selain sebagai lahan konservasi satwa liar, hutan ini juga dibuka untuk umum.

Rekomendasi kegiatan yang bisa Anda lakukan bisa menyusuri area hutan sambil melihat flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Tak perlu khawatir tersesat, karena sudah banyak papan petunjuk arah yang menempel di pohon.

Selain itu, jalanan untuk menyusuri hutan sudah terbuat dari semen, sehingga akan nampak jelas mana jalur yang benar. Menikmati udara segar hutan merupakan aktivitas healing terbaik untuk melepas penat dari kebisingan kota.

Jika tertarik ingin ekspedisi petualangan jelajah hutan langsung datangi lokasinya di Bukit Timah, Dumai, Kota Dumai. Tiket masuk kawasan hutan wisata ini pun sangat terjangkau jadi tidak menghabiskan banyak biaya.

Pantai Purnama Dumai

Pantai Purnama Dumai

Dulunya kawasan di Pantai Purnama hanyalah sebuah perkebunan kelapa milik warga kampung sekitar pantai dan kawasan pantainya berlumpur. Banyak batu-batuan besar sebagai tempat bersandar perahu setelah pulang menangkap ikan.

Kemudian oleh warga setempat direnovasi menjadi destinasi wisata yang estetik, rapi, dan, bersih sehingga menarik wisatawan. Pantai Purnama menawarkan sensasi lain dalam menikmati keindahan pantainya.

Tersedia banyak pondokan kayu yang berjejer rapi untuk tempat bersantai para wisatawan yang sedang berkunjung ke pantai ini. Di sini, Anda juga bisa menikmati aneka hidangan lezat sambil menikmati keindahan Pantai Purnama.

Warung apung atau pondokan kayu di Pantai Purnama ini pun menawarkan view laut lepas langsung. Jika tertarik untuk mengunjunginya, silahkan langsung datang ke Desa Purnama, Dumai Barat, Kota Dumai.

Atlantic Waterpark Dumai

Atlantic Waterpark Dumai

Selain pantai, Dumai juga mempunyai destinasi lain berupa waterpark yakni Atlantik Waterpark. Di dalamnya tersedia banyak wahana permainan air yang seru mulai dari seluncuran besar, ember tumpah, jembatan gantung, dan air mancur.

Semua wahana tersebut pun cocok untuk semua kalangan lengkap dengan fasilitasn yang memadai. Pengelola menyediakan mushola, tempat parkir, kamar mandi bilas, gazebo, cafe, restoran, dan persewaan alat renang.

Anda pun bisa mengunjunginya kapan saja karena taman rekreasi ini buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Selain itu, tiket masuk kawasan ini pun masih sngat terjangkau dengan nominal Rp20.000,00 saat weekdays dan Rp25.000,00 saat weekend.

Tunggu apa lagi, segera datang ke Jl. Soekarno-Hatta, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai, Riau untuk bermain di Atlantik Waterpark Dumai. Jangan lupa ajak keluarga dan saudara untuk seru-seruan bareng di sana.

Pantai Wisata Bahtera Alam Guntung

Pantai Wisata Bahtera Alam Guntung

Dari sekian banyak wisata pantai yang ada di Dumai, Pantai Batera Alam merupakan yang paling luas. Menawarkan hamparan pasir pantai yang bersih dan pesona pantainya yang menawan dengan bentang alam yang sangat indah.

Terdapat pula spot foto Instagramable yang bisa Anda coba sewaktu berkunjung ke sini. Fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai, mulai dari mushola, tempat parkir yang luas, dan juga pondok kayu sebagai tempat berteduh.

Anda pun bisa memesan berbagai menu makanan khas Pekanbaru enak di warung sekitar pantai. Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan pusat kota, hanya berjarak sekitar 14 KM atau kurang dari 30 menit berkendara.

Akses jalannya pun sudah bagus karena merupakan jalan kota. Jika tertarik mengunjunginya langsung saja datang ke lokasinya di Jl. Arifin Ahmad, Guntung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai.

Taman Kampong Pulai Bungkuk Dumai

Taman Kampong Pulai Bungkuk Dumai

Tempat wisata Dumai ini menawarkan sebuah taman yang ada di kawasan pantai berpasir hitam yang eksotis, namanya adalah Taman Pulai Bungkuk Damai. Lokasinya terletak di Kelurahan Mundam, Medang Kampai, Kota Dumai.

Pasir pantai yang berwarna hitam terbentuk karena bercampur dengan sesai atau serpihan kayu bakau. Sementara nama pantai diambil dari sebatang pohon pulai yang sedang membungkuk ke arah laut.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sini seperti bermain ombak, bermain pasir atau mencoba banana boat yang seru. Selain itu banyak tersedia spot-spot foto Instagramable yang bisa Anda gunakan untuk tempat narsis.

Jika ingin berwisata ke pantai Dumai yang sedang hits ini tak memerlukan biaya yang besar. Pasalnya harga tiket masuk kawasan Pantai Pulai Bungkuk hanya Rp2.000 saja. Sangat murah bukan?

Pantai Captain Elwin

Pantai Captain Elwin

Saat berada di Dumai sempatkan pula untuk mampir ke Pantai Captain Elwin. Jaraknya masih berdekatan dengan Pantai Koneng yang hanya sekitar 150 meter. Jadi sekali berwisata Anda bisa mengunjung dua tempat indah sekaligus.

Pantai Captain Elwin menyajikan hamparan pasir putih pantai yang bersih dan pesona laut Selat Malaka yang memukau. Anda pun bisa bermain ombak di pinggiran pantainya atau berkreasi dengan pasir pantai, pasti sangat seru.

Selain itu terdapat pengelola telah menyediakan banyak spot foto Instagramable yang kekinian, tinggal pilih mana sekiranya yang paling bagus. Salah satu yang paling ikonik wahana ayunan di tepi pantainya.

Anda pun bisa berfoto sambil bermain ayunan atau sekedar menikmati semilir angin pantai dari atas ayunan. Untuk tempat menaruh barang atau berteduh, telah tersedia banyak pondok kayu di pinggiran pantai.

Taman Mina Patra

Tempat wisata Dumai yang ramah keluarga selanjutnya yaitu Taman Mina Patram yang berlokasi di kawasan Bukit Datuk, Dumai Selatan, Kota Dumai. Taman yang penuh wahana permainan ini memiliki konsep kekinian yang menarik.

Fasilitasnya pun lengkap sehingga cocok untuk berbagai aktivitas seperti olahraga. Pengunjung yang datang bisa berlari atau berjalan santai di area jogging track yang mengilingi area sekitar taman.

Saat sore hari hingga malam hari, tempat ini akan semakin ramai wisatawan terutama ketika musim liburan tiba. Kemeriahan taman tersebut semakin terlihat dari pancaran cahaya lampu warna-warni taman.

Lampu warna-warni yang terpasang akan menghiasi area taman saat malam hari. Taman Mina Patra ini bisa menjadi alternatif pilihan tempat wisata yang murah meriah karena tak harus mengeluarkan biaya sepeser pun.

Tugu Lancang Kuning

Tugu Lancang Kuning

Di Kota Dumai terdapat sebuah tugu yang ikonik melambangkan Kota Dumai, yaitu bernama Tugu Lancang Kuning. Bagian yang menarik dari tugu ini yaitu pada bentuknya, yang menyerupai tugu berbentuk kapal.

Tugu ini masih dalam satu kawasan dengan Taman Bukit Gelanggang, jadi sewaktu mengunjunginya jangan lupa untuk mampir sejenak di tugu ini. Di sana, Anda dapat menemukan perpustakaan mini yang sudah tersedia untuk wisatawan.

Saat akhir pekan kawasan ini selalu ramai oleh pengunjung, baik itu yang ingin membaca buku atau hanya sekedar menikmati suasana tamannya. Satu lagi yang tak boleh ketinggalan, yaitu berfoto dengan background tugu unik satu ini.

Pantai Legenda

Pantai Legenda Dumai

Pemandangan pantai dengan hamparan pasir pantai dan batu karang tentu sudah biasa, bagaimana jika ada taman bunga di sekitarnya? Pesona tersebut dapat Anda temukan saat berkunjung ke Pantai Legenda di Jl. Raja Laut, Pelintung, Medang Kampai, Kota Dumai.

Selain menawarkan pasir putih dan air laut yang kebiruan, di Pantai Legenda terdapat hamparan kebun bunga celosia yang mempesona. Tak hanya bunga celosia saja, ada pula kembang matahari dan miana yang turut menghiasi kawasan kebun bunganya.

Saat hendak memasuki kawasan kebun celosia, Anda akan disambut dengan deretan kerajinan origami berbentuk kincir angin yang berjejer rapi. Dengan hiasan tersebut, tentu saja menambah keestetikan taman bunganya.

Tak heran wisata pantai Dumai ini menjadi favorit wisatawan terutama dikalangan remaja yang masih suka narsis dengan berfoto-foto. Jadi jangan ragu untuk mengunjungi tempat wisata hits di Kota Dumai ini.

Nah itu tadi deretan tempat wisata di Kota Dumai paling hits dan terbaik versi Salsa Wisata. Gunakan layanan agen wisata terbaik seperti Salsa Wisata untuk menjelajahi setiap destinasi wisata Dumai.

Dengan banyaknya layanan paket wisata yang diberikan, Anda pun dapat menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Sehingga perjalanan liburan pun menjadi menyenangkan dan lebih berwarna.



By Categories: Destinasi, Dumai

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)