SalSari Resto & Coffee

Pulau Dewata Bali memang terkenal sebagai surga bagi para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Hampir tiap wilayahnya suguhkan aneka destinasi indah layaknya surga. Seperti sejumlah tempat wisata Jembrana yang akan dibahas hari ini.

Jembrana merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Bali yang terletak di ujung Barat Pulau Dewata ini. Wilayah Kabupaten ini sangat subur; terlihat dari lanskap pertanian yang luas hijau membentang. Belum lagi bentangan panjang garis pantainya yang sungguh memukau.

Sebagian daratan di Kabupaten Jembrana ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat yang sangat terkenal.

Tentu Anda pasti penasaran ada tempat menarik apa saja di Jembrana, Bali, ini bukan? Seperti tak mau kalah dengan tempat wisata di Ubud yang lagi hits, Jembrana kini hadir dengan puluhan destinasi wisata yang menawan.

Namun kami hanya akan membahas 16 nama saja yang kami ambil berdasarkan popularitasnya.

Daftar Tempat Wisata Jembrana yang lagi Hits

Berikut adalah daftar 16 nama tempat wisata di Negara Jembrana, Bali, yang hits dan juga populer. Mulai dari taman kota seperti alun-alun hingga wisata pantai dan taman nasional.

Alun-alun Jembrana

Alun-alun Jembrana

Tempat wisata di Kabupaten Jembrana pertama yang kami rekomendasikan adalah Alun-Alun Jembrana. Wisata taman tengah kota ini juga terkenal dengan nama Taman Pecangakan.

Area alun-alun kota ini memiliki ciri khas air mancur di tengah taman. Seluruh area juga terlihat terang cemerlang berkat lampu-lampu hias yang indah dan fantastis saat malam hari.

Seperti alun-alun di kota-kota lain, Alun-Alun Jembrana memiliki sejumlah fasilitas umum, seperti kursi-kursi taman dan jogging track.

Tempat ini gratis dan beroperasi selama 24 jam. Namun tidak dengan kuliner-kuliner yang Anda jumpai di pinggir jalan dekat alun-alun.

Aneka jajanan dan bahkan ada makanan khas Bali yang dijual di warung-warung makan terdekat. Harganya relatif terjangkau. Anda pun bisa jajan sepuasnya.

Pantai Medewi

Pantai Medewi

Objek wisata Pantai Medewi Jembrana menjadi salah satu tempat wisata terbaru di Jembrana, Bali. Anda pecinta pantai wajib ke sini lantaran view alamnya sangat eksotis – tak kalah eksotis dengan Pantai Kuta.

Pantai ini memiliki ciri ombak pantai yang besar sehingga cocok sekali untuk surfing. Tak sedikit surfer pro, baik surfer lokal maupun surfer mancanegara, yang terlihat asik memainkan papan surfing-nya di pantai ini.

Sayangnya, lokasi Pantai Medewi di Bali ini cukup jauh dari Denpasar, yaitu sekitar 72 km. Dengan menggunakan layanan sewa mobil Pajero Bali, setidaknya perjalanan dari Denpasar ke Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana akan nyaman.

Anda tak perlu siapkan biaya untuk masuk ke kawasan wisata pantai cantik ini karena benar-benar gratis. Anda juga dapat bersantai ria di pantai ini kapanpun Anda mau karena tidak ada batasan jam operasional.

Pantai Baluk Rening

Pantai Baluk Rening

Objek wisata di Jembrana selanjutnya adalah Pantai Baluk Rening. Wisata pantai ini terletak di Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Tepatnya sekitar 30 km dari Pelabuhan Gilimanuk.

Tapi, jika kalian datang dari arah Selatan Jalan Raya Utama Denpasar–Gilimanuk, kalian hanya perlu menempuh jarak sejauh 4 km.

Yang menjadi daya tarik utama pantai ini adalah pasir pantai berwarna hitam yang sangat indah. Para wisatawan bisa puas berfoto dan merekam pemandangan pantai ini.

Selain itu, konon pasir pantai ini juga dapat mengobati penyakit asam urat dan rematik. Caranya mudah, wisatawan hanya perlu menimbun anggota tubuh dengan pasir pantai ini. Usai treatmen ini, tubuh pun akan terasa segar kembali.

Anda bebas eksplor kawasan wisata pantai Baluk Rening Desa Baluk ini secara cuma-cuma alias gratis. Meski buka 24 jam, pantai ini akan relatif sepi saat hari sudah mulai petang. Oleh karena itu, usahakan datang di pagi hari untuk dapat nikmati udara sejuk pantai ini.

Pantai Perancak

pantai perancak jembrana

Rekomendasi pantai indah selanjutnya yang wajib masuk dalam list tempat wisata Jembrana Anda adalah Pantai Perancak Jembrana.

Pantai ini terletak di Desa Perancak yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan. Jadi, tidak heran jika Anda akan melihat jajaran perahu nelayan dengan beragam warna.

Jika kalian datang berkunjung di waktu tertentu, kalian juga bisa menyaksikan perlombaan sampan dayung tradisional di pantai ini.

Sementara itu, untuk Anda yang menyukai aktivitas yang memacu adrenalin, terdapat sirkuit khusus untuk motocross dan road race.

Dan jika beruntung, Anda dapat menyaksikan turnamen motocross dan road race di kawasan pantai yang buka 24 jam ini. Pastinya momen ini akan menjadi salah satu momen terindah Anda.

Tidak ada retribusi tiket masuk Pantai Perancak Bali. Seratus persen gratis, kecuali biaya parkir kendaraan yang tarifnya mulai dari Rp5.000,00 – Rp10.000,00.

Wisata Teluk Gilimanuk

Wisata Teluk Gilimanuk

Wisata Teluk Gilimanuk terdapat di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

Jika kalian datang dari Kota Denpasar, maka harus berkendara sejauh 127 km. Kalau datang dari Kota Negara, kalian hanya harus menempuh perjalanan sejauh 34 km.

Objek wisata ini menyajikan pantai yang bagus, laut biru, keindahan hutan mangrove dan sejumlah rekreasi watersport, seperti banana boat, snorkeling dan diving.

Wisatawan juga bisa berswafoto di atas dermaga kayu dengan tulisan “The Secret Bay Teluk Gilimanuk.”

Ada juga spot foto viral yang wajib kalian kunjungi, yaitu Taman Siwa. Ikon dari taman ini adalah Patung Siwa Mahadewa yang cantik setinggi 22 meter.

Ada juga gazebo di sekeliling taman, sehingga kalian bisa menikmati pemandangan sambil bersantai.

Lokasi ini buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai jam 07.30 – 19.00 WITA. Tempat wisata ini gratis.

Taman Wisata Air Gumbrih

Taman Wisata Air Gumbrih

Jembrana juga hadirkan taman rekreasi air untuk keluarga yang ingin mengisi liburan dengan bermain aneka wahana air.

Taman Wisata Air Gumbrih, atau terkenal dengan Taman Wisata Air Tirta Lestari Gumbrih berada di Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Jembrana.

Di sini, wisatawan bisa menaiki wahana perahu (jukung) untuk menikmati keindahan Sungai Pangyangan sepanjang 2 km.

Selama perjalanan, Anda bisa menyaksikan keindahan alam dan beraneka macam hewan liar. Misal Burung Kokoan, udang, ikan kakap merah, kepiting, Julit (jenis ikan lele yang berukuran panjang), dan biawak.

Sekali mengikuti trip dengan perahu, waktu tempuhnya sekitar 30 menit dengan biaya tiket Rp5.000,00 per turis lokal. Sementara wisatawan asing harus membayar tarif sebesar Rp100.000,00 sekali trip.

Untuk mencapai Taman Wisata Air Gumbrih, wisatawan bisa berkendara sejauh 2 jam perjalanan dari Denpasar.  Sementara itu, wisatawan yang menggunakan kendaraan umum bisa berhenti di terminal bus Kecamatan Pekutatan dan melanjutkan dengan ojek.

Anda juga bisa menggunakan layanan sewa mobil di Bali dengan driver melalui Salsa Wisata. Pilihan kendaraannya sangat lengkap.

Mulai dari kendaraan yang ramah untuk liburan keluarga hingga kendaraan berkapasitas besar seperti bus pariwisata.

Wisata Desa Sangkaragung

Lokasi Desa Sangkaragung terletak di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Desa ini menjadi desa wisata karena penduduknya yang masih setia melestarikan budaya dan seni Bali.

Daya tarik utama dari desa ini adalah pertunjukkan seni tari yang diiringi oleh Gamelan Jegog.

Pertunjukkan tersebut sangat terkenal dan sering menjadi performa utama di berbagai event. Contohnya saat perayaan HUT Kabupaten Jembrana, Tradisi Makepung, dan Pesta Kesenian Bali.

Jika ingin menyaksikan pertunjukkan Tari Jegog, kalian harus melakukan pemesanan beberapa hari sebelumnya dengan jumlah minimal penonton 10 orang.

Pertunjukkan ini berlangsung di Sanggar Jegog Suar Agung di Desa Sangkaragung. Anda dapat menyaksikan tarian tradisional ini setiap hari Kamis, mulai pukul 19.00 – 21.00 WITA.

Anda dapat menginap di hotel yang ada di Jembrana. Rekomendasinya cukup banyak. Bahkan ada beberapa nama hotel murah di Bali dibawah 200 ribu yang cocok untuk para backpacker.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

Perjalanan tidak akan terasa lengkap jika tidak mengunjungi Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Taman nasional ini terletak diantara dua kabupaten besar, yaitu Jembrana dan Buleleng.

Alamat Taman Nasional Bali Barat ini sekitar 100 km dari Denpasar. Taman nasional ini merupakan ‘rumah’ dari ratusan spesies liar. Dan menjadi satu-satunya habitat bagi Jalak Bali Putih.

Dengan luas 19.000,89 hektar, tipe habitat yang ada di dalamnya sangat beragam. Mulai dari hutan hujan tropis hingga sabana kering. Kondisi landskap ini mengingatkan kita pada daratan di Afrika.

Wisatawan dapat berjelajah di area-area tertentu saja dan sebaiknya sesuai dengan jam operasional wisata Taman Nasional Bali Barat, yakni pukul 08.00-18.00 WITA.

Cukup membeli tiket masuk Taman Nasional Bali Barat seharga Rp200.000,00 per orang, Anda dapat mengeksplorasi taman nasional ini. Biaya ini tidak termasuk biaya parkir dan biaya fasilitas lain seperti perahu, alat diving dan snorkeling, dll.

Twin Tower Jembrana

Twin Tower Jembrana

Jika berkunjung ke Bali, tentu saja harus membeli oleh-oleh khas Bali. Bagi wisatawan yang masih berada di Daerah Jembrana, tidak perlu bingung memikirkan oleh-oleh.

Anda bisa mengunjungi Twin Tower Jembrana atau Gedung Kesenian DR Ir. Soekarno, yang terletak di Jalan Raya Denpasar–Gilimanuk.

Sangat mudah Anda capai dengan kendaraan bermotor; Hanya 2-3 menit dari Taman Pecangakan atau Alun-alun Jembrana.

Lokasi ini berupa gedung kembar yang dikelilingi kolam berisi ikan-ikan air tawar. Jadi, selain berburu oleh-oleh, wisatawan juga bisa menikmati berbagai macam wahana seperti sepeda air atau bebek-bebekan.

Di halaman Gedung Twin Tower ini terdapat panggung terbuka yang sering digunakan untuk acara-acara spesial atau live music.

Untuk memasuki gedung Twin Tower Jembrana, pengunjung tidak dikenakan biaya apa pun. Sementara untuk berbagai wahana dan fasilitas lainnya, pengunjung akan dikenai tarif.

Pura Rambut Siwi

Pura Rambut Siwi

Bali juga terkenal dengan situs-situs wisata religinya. Tak terkecuali di Jembrana. Terdapat sejumlah pura sakral nan suci di sini. Salah satunya yaitu Pura Rambut Siwi Jembrana Bali.

Alamat Pura Rambut Siwi Bali ini berada di sebelah Timur Desa Yeh Embang, Distrik Mendoyo, Kabupaten Jembrana. Tepatnya di Jalan Utama Denpasar–Gilimanuk.

Pura ini memiliki candi utama yang terletak di tebing. Tentu saja pemandangan dari sana sangat bagus mengingat posisi pura ada di atas tebing.

Siapapun boleh mengunjungi situs suci ini karena pura ini selalu terbuka bagi publik. Kondisi pura akan lebih ramai saat hari-hari tertentu (Pidoalan).

Untuk masuk ke Pura Rambut Siwi, wisatawan cukup membayar sekitar Rp15.000,00 hingga Rp20.000,00 per orang. Namun wisatawan yang ingin menjalankan ibadah, mereka tidak akan dikenakan biaya.

Air Terjun Juwuk Manis

Air Terjun Juwuk Manis

Lokasi Air Terjun Juwuk Manis Jembrana ini terletak di Dusun Juwuk Manis, salah satu dusun di Desa Manggissari, Kec. Pekutatan, Jembrana.

Untuk mencapainya, wisatawan harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari Bandara Ngurah Rai.

Anda wajib berhati-hati saat akan menuju ke air terjun ini mengingat aksesnya yang sedikit menanjak dan penuh dengan belokan.

Meski lelah karena berjalan kaki sejauh 1 km dari area parkir, Anda akan takjub saat melihat kemegahan air terjun ini. Anda wajib abadikan momen spesial ini dengan berswafoto di depan air terjun.

Selain asik berfoto, Anda dapat mencoba kesegaran airnya yang langsung dari mata air pegunungan. Dengan berenang atau cukup bermain air.

Tidak memerlukan biaya tiket masuk untuk dapat menikmati kesegaran air terjun. Wisatawan dapat membayar seikhlasnya jika ingin.

Umumnya wisatawan yang datang akan turut memberikan sumbangan sekitar Rp10.000,00 – Rp15.000,00 untuk biaya perawatan dan pengelolaan.

Air Terjun Batu Belah Dewasana

Air Terjun Batu Belah Dewasana

Spot air terjun lainnya yang patut kalian kunjungi adalah Air Terjun Batu Belah Dewasana. Air terjun ini juga terkenal dengan sebutan wisata alam Cegur.

Berlokasi di Dewasana, Pendem, Jembrana, air terjun ini menawarkan view alam yang menyegarkan mata. Lokasi Air Terjun Batu Belah Dewasanan ini sebenarnya cukup dekat dengan Alun-alun Jembrana. Waktu tempuhnya hanya 19 menit saja dari alun-alun.

Lagi-lagi Anda harus berjalan kaki untuk menuju air terjun gratis ini. Tapi semua akan terbayarkan dengan sempurna setelah Anda tiba di lokasi.

Setelah sampai, yang akan Anda saksikan adalah sebuah pemandangan yang unik. Uniknya adalah terdapat air terjun di sebuah batu besar, seolah sedang membelah batu tersebut.

Puncak Mawar Dewasana

Puncak Mawar Dewasana

Tak jauh dari Air Terjun Batu Belah Dewasana, terdapat objek wisata Puncak Mawar Dewasana yang tak kalah menarik.

Puncak Mawar Dewasa Roses Peak Jembrana terletak di perbukitan Desa Dewasana, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana.

Wisatawan bisa berjalan kaki selama 1 menit menuju lokasi setelah asyik bermain di Air Terjun Batu Belah Dewasana.

Tempat wisata Jembrana ini memang tergolong baru tapi namanya langsung hits baru-baru ini.

Sebab, tempat ini sangat kekinian berkat banyaknya bunga mawar warna-warni yang tumbuh di sini. View ini tentu saja sangat Instagramable.

Wisata puncak ini juga identik dengan sebuah patung mawar raksasa yang sangat ikonik. Banyak wisatawan yang kemudian menjadikan patung bunga mawar ini sebagai spot foto favorit.

Untuk mendapatkan koleksi foto-foto terbaru di puncak ini, Anda tak harus membayar mahal. Harga tiket masuk Puncak Mawar Dewasana sangat murah; Hanya Rp10.000, 00 per orang.

Bendungan Palasari

Bendungan Palasari

Bendungan Palasari terletak di Desa Ekasari, Jembrana. Hawanya sejuk dengan menampilkan pemandangan waduk besar dan hutan lindung.

Awalnya, sejarah Bendungan Palasari adalah sebuah sarana pengendali banjir dan juga sebagai sistem irigasi. Selain itu, daerah genangan waduk yang cukup luas juga bermanfaat bagi usaha perikanan air tawar.

Lokasi Bendungan Palasari ini sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin mencari ketenangan tapi tidak ingin benar-benar menjauh dari keramaian.

Selain itu, wisatawan juga bisa memancing, karena di Bendungan Palasari terdapat banyak ikan, seperti ikan mujair, nila, gurame, gabus, lele, udang dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk wisata ini sangat murah, yaitu sebesar Rp1.000,00 untuk kendaraan roda dua dan Rp2.000,00 untuk kendaraan roda empat.

Bunut Bolong

Bunut Bolong

Situs Bunut Bolong Jembrana adalah Pohon Bunut raksasa yang sangat terkenal karena bentuk dan mitosnya. Lokasi atau alamat Bunut Bolong terletak di Desa Manggissari, Jembrana.

Pohon Bunut raksasa yang sudah sangat tua ini merupakan landmark alam yang disucikan oleh masyarakat sekitar.

Kata “bunut” adalah kosakata Bahasa Bali untuk jenis pohon tertentu yang memiliki karakteristik yang mirip dengan beringin. Sedang kata “bolong” berarti “lubang.”

Pohon Bunut Bolong ini memang mirip dengan pohon beringin. Tapi, akar-akar yang bergelantungan langsung menyentuh permukaan tanah dan menjadi batang baru.

Penampakannya sangat indah, disertai lekukan dan bagian tengahnya yang terlihat seperti lubang. Ukuran lubang ini cukup besar sehingga menyerupai lorong gua. Bahkan sebuah kendaraan bisa muat melewati lorong tersebut.

Landmark Bali yang unik ini terletak di daerah dataran tinggi yang sejuk. Kabut sering muncul di pagi dan sore hari, menambah aura magis pada pohon ini.

Tidak ada biaya kunjungan bagi wisatawan yang hendak menikmati keindahan Pohon Bunut Bolong ini. Tapi, wisatawan yang berkunjung biasanya akan mampir ke warung-warung di pinggir jalan yang menjual makanan khas Bali.

Itulah daftar 16 tempat wisata paling hits dan paling populer di Kabupaten Jembrana. Permudah diri Anda untuk mengunjungi satu per satu destinasi di atas, yaitu dengan cara reservasi paket wisata.

Salsa Wisata Tour Organizer siap membantu Anda kapan saja Anda membutuhkannya. Dengan beragam layanan paket wisata Bali yang kami tawarkan, Anda dapat memilih salah satunya yang cocok dengan budget dan kebutuhan Anda.

Kami menerima permintaan paket wisata untuk pasangan bulan madu, keluarga, dan bahkan rombongan. Khusus untuk rombongan, kami akan tawarkan bus pariwisata sebagai moda transportasinya.

Bersama rombongan, Anda dapat liburan ke sejumlah rekomendasi tempat wisata Jembrana di atas dengan nyaman. Bahkan Anda bisa singgah ke pusat wisata kuliner terhits yang tawarkan aneka makanan khas 34 provinsi Indonesia.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)