earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tirta Gangga termasuk salah satu cagar budaya yang ada di Bali dan memiliki pesona keindahan yang begitu menawan. Situs bersejarah ini merupakan peninggalan dari kerajaan Karangasem dan kini beralih fungsi menjadi tempat wisata Bali yang cukup populer.

Banyak wisatawan terutama wisatawan asing yang terlihat memadati kawasan tempat wisata ini yang dulu digunakan sebagai pemandian kerajaan. Arsitektur bangunan yang unik menjadi alasan utama bagi wisatawan untuk mengunjungi Tirta Gangga.

Anda bisa mengunjungi Tirta Gangga dan beberapa tempat wisata di sekitarnya dengan menggunakan paket wisata Bali dari Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak terlebih dahulu beberapa hal menarik mengenai destinasi wisata berikut ini:

Sejarah Tirta Gangga

Sebelum dibangun menjadi Tirta Gangga, tempat ini masih berbentuk sumber mata air atau embukan yang dianggap suci oleh penduduk sekitar. Airnya mengalir dari bawah pohon banyan besar yang tumbuh di kaki bukit, dekat dengan sebuah pura suci milik masyarakat.

Sumber mata air ini sering digunakan masyarakat untuk berbagai kebutuhan mulai dari minum, masak, mencuci, hingga penyucian diri. Kemudian pada tahun 1948 Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung, membangun sebuah istana air di lokasi tersebut.

Dengan luas mencapai 1.2 hektar istana air yang diberi nama tempat wisata ini terdiri dari beberapa komplek yang menarik. Nama Tirta Gangga sendiri terinspirasi dari nama sungai Gangga, sungai suci bagi umat Hindu yang terletak di India.

Komplek Istana Air yang ada di tempat wisata ini sempat hancur saat letusan Gunung Agung yang terjadi pada tahun 1963. Meski begitu, pihak pemerintah Bali berhasil membangun kembali Tirta Gangga sebagaimana bentuk aslinya sebelum letusan terjadi.

Sekilas Tentang Tirta Gangga

Pembangunan objek wisata ini awalnya difungsikan sebagai tempat peristirahatan Raja-Raja Karangasem sehingga terdapat banyak taman dan kolam air dengan pemandangan indah. Dikelilingi persawahan hijau destinasi wisata ini menjadi tempat peristirahatan yang nyaman dan menenangkan bagi siapapun yang berkunjung,

Arsitektur Tirta Gangga tampak begitu unik karena mencampurkan antara gaya arsitektur Bali dan Cina yang begitu khas. Keunikan arsitektur ini bisa Anda lihat di setiap kompleks yang terdapat di destinasi wisata ini seperti pada kolam dan tamannya.

Bahkan sebagian besar desain arsitektur destinasi wisata ini terdapat andil dari Raja Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Sehingga gaya arsitektur Bali yang terdapat di objek wisata ini tampak begitu khas dan elegan seperti halnya sebuah kerajaan.

Fasilitas Tirta Gangga yang dibangun untuk keluarga kerajaan saat ini masih bisa Anda lihat dan gunakan dengan sangat baik. Dengan begitu Anda bisa merasakan sensasi berlibur ala kerajaan Bali saat mengunjungi destinasi wisata Karangasem ini.

Aktivitas Menarik di Tirta Gangga

Destinasi wisata ini termasuk tempat wisata Bali yang selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama wisatawan asing setiap harinya. Ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda temukan saat mengunjungi objek wisata ini dan berikut beberapa diantaranya:

Menjelajah Keindahan Taman

Tirta Gangga yang luas sangat menarik untuk Anda kunjungi dan sayang bila terlewatkan terlebih karena arsitekturnya yang unik. Kompleks objek wisata ini terbagi menjadi tiga area bertingkat yang masing-masing memiliki kolam dan hiasan patung berbeda.

Area paling bawah terdiri dari dua buah kolam besar serta menara air tinggi dan beberapa air mancur kecil di tengahnya. Kolam tersebut berisi ikan-ikan besar dan bisa Anda gunakan untuk bermain air seperti berenang atau bermain perahu.

Lalu di area diatasnya terdapat kolam-kolam berukuran kecil yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan air berjenis teratai. Pada area ini juga terdapat sebuah bangunan pura yang hingga kini masih digunakan sebagai tempat ibadah oleh masyarakat sekitar.

Komplek terakhir merupakan area country house atau villa dari Raja Karangasem untuk menghabiskan waktu beristirahat. Keindahan setiap komplek di Tirta Gangga akan membuat liburan Anda di Bali semakin berkesan serta menyenangkan.

Berenang dan Bermain Air

Hampir setiap kolam yang ada di destinasi wisata ini bisa Anda gunakan untuk berenang mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Sumber mata air yang alami menjadikan air yang ada di Tirta Gangga terasa begitu menyegarkan saat menyentuh badan.

Selain itu airnya yang jernih membuat Anda dapat melihat dengan jelas dasar kolam yang terbuat dari batu alam. Anda bisa puas berenang ke sana kemari karena ukuran kolam yang sangat luas dan jumlahnya yang cukup banyak.

Untuk anak-anak juga tersedia kolam yang cukup dangkal serta waterslide di salah satu sisi kolam khusus anak-anak. Selain itu pihak pengelola juga telah menyediakan pelampung yang bisa disewa pengunjung untuk menjamin keamanan selama berenang.

Naik Perahu

Anda yang tidak ingin basah-basahan juga tetap bisa seru-seruan bermain air dengan menaiki perahu yang telah pihak pengelola sediakan. Dengan perahu ini Anda bisa berkeliling mengitari area kolam terbesar di objek wisata ini melewati jembatan seperti Venice.

Perahu tradisional Bali ini memiliki kapasitas 3 hingga 5 orang sehingga bisa Anda gunakan beramai-ramai bersama teman. Bersama warga lokal yang mendayung laju kapal, Anda bisa duduk santai menikmati pemandangan indah dari kapal.

Sambil menaiki perahu Anda bisa memberi makan ikan-ikan besar yang hidup di dalam kolam sehingga perjalanan Anda semakin seru. Pengalaman menaiki perahu di tengah kolam Tirta Gangga ini bisa menjadi pengalaman baru dan seru untuk Anda coba.

Berfoto di Berbagai Spot Menarik

Foto Tirta Gangga

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Objek wisata ini juga menjadi destinasi wisata Bali yang sangat populer untuk Anda yang senang fotografi dan mencari tempat instagramable. Hampir setiap sisi Tirta Gangga bisa menjadi spot foto yang menarik untuk Anda jadikan latar berfoto seperti bagian gapuranya.

Salah satu spot favorit di tempat wisata ini adalah kolam ikan dengan hiasan patung serta pijakan batu di bagian tengahnya. Dari tempat ini Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Agung yang menjulang gagah dengan sangat jelas.

Selain itu area taman serta hiasan patung yang tersebar di Tirta Gangga bisa menjadi latar yang apik untuk Anda berfoto. Dengan mengunjungi Tirta Gangga Anda bisa mendapatkan banyak sekali foto-foto menarik untuk Anda unggah ke sosial media selama liburan.

Harga Tiket Masuk Tirta Gangga

Untuk masuk kawasan Tirta Gangga, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal karena tarifnya masih sangat terjangkau. Hanya dengan beberapa ribu rupiah Anda sudah bisa bebas berkeliling di tempat wisata ini hingga puas, lebih jelasnya perhatikan tabel berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Dewasa Rp25.000,00
Tiket Masuk Wisatawan Anak Usia 5-12 Tahun Rp15.000,00
Tiket Perahu Rp15.000,00
Tiket Berenang Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu masih dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar di atas bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya dan pertimbangan saat akan mengunjungi Tirta Gangga.

Dapatkan pula kemudahan mengunjungi berbagai tempat wisata di Bali dengan menggunakan Paket Wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini memungkinkan Anda menikmati berbagai makanan khas Bali atau membeli setiap oleh-oleh khas Bali yang Anda inginkan.

Lokasi dan Rute Menuju Tirta Gangga

Tirta Gangga terletak di Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem yang dekat dengan Puri Agung Karangasem. Jaraknya hanya sekitar 7.2 km dari Puri Agung Karangasem dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit berkendara.

Anda bisa dengan mudah menuju Tirta Gangga dengan menggunakan petunjuk navigasi dari Google Maps yang akan menunjukan Anda rute terbaik. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari rental mobil innova Bali atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Tirta Gangga

Kawasan wisata Tirta Gangga ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA. Biasanya tempat ini akan mulai ramai oleh wisatawan saat siang hari setelah makan siang hingga pukul 15.00 WITA.

Jika Anda ingin berkunjung usahakan datang saat musim kemarau agar bisa terhindar dari hujan atau cuaca yang buruk. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan destinasi wisata ini sambil bermain air dan berfoto hingga puas tanpa gangguan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (1 vote)