SalSari Resto & Coffee

Meski Sumatera Utara tidak kekurangan wisata alam, sekali-sekali Anda mesti coba juga wisata sejarah. Provinsi di ujung atas Sumatera ini ternyata punya banyak bangunan bersejarah yang bisa Anda kunjungi, seperti Patung Dewi Kwan Im, Vihara Avalokitesvara, dan Tjong a Fie mansion.

Yang terakhir ini mungkin Anda belum pernah dengar. Memang rata-rata dari kita biasanya memilih objek wisata untuk dikunjungi yang ada hiburan atau permainannya, seperti Mikie Funland.

Padahal, tempat-tempat yang berisikan benda-benda peninggalan sejarah juga tidak kalah seru untuk dijelajahi.

Rumah Tjong a Fie ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tujuan tempat wisata Medan yang murah jika Anda berkunjung ke kota ini. Sama seperti wisata alam, di bangunan bersejarah ini, Anda juga bisa hunting foto. Bahkan, Anda bisa dapat bonus, yakni ilmu pengetahuan.

Sejarah Tjong a Fie Mansion

sejarah Tjong A Fie Mansion

Pada tahun 1860 – 1921, rumah besar ini merupakan hunian oleh seorang pedagang kaya raya dari Tiongkok sana yang bernama Tjong a Fie. Kabarnya, Tjong a Fie memiliki hubungan dekat dengan para tokoh penting dan pejabat di Medan pada masanya.

Sebelumnya, Tjong a Fie datang dari Provinsi Guangdong di Cina dan mendarat di pelabuhan Deli pada usia 18 tahun. Dengan bekal seadanya, ia memulai hidupnya di Hindia Belanda dengan kerja serabutan.

Mengumpulkan upah dari kerja jadi pelayan di toko kelontong dan di perkebunan, Tjong a Fie berhasil membeli perkebunan sendiri.

Perkebunan milik Tjong a Fie memberi banyak keuntungan, karena beliau sendiri adalah sosok pekerja keras yang senang bergaul. Tak heran ia bisa mengembangkan usaha perkebuannya itu sampai ke Sumatera Barat. Dari situlah ia lalu membangun mansion besarnya yang legendaris.

Arsitekturnya sendiri sangat apik. Setelah masuk gerbang, begitu ada di dalam ruangan pertama, Anda akan melihat foto-foto keluarga Tjong a Fie memenuhi semua dinding. Ada juga foto Tjong a Fie sendiri sedang berpose bersama petingg Belanda pada zamannya.

Lebih ke dalam, Anda akan melihat sebuah ruangan terbuka di tengah. Di situ, akan terlihat area lantai dua dan bagian belakang mansion yang kini dihuni oleh cucu Tjong a Fie.

Di lantai dua, terdapat satu ruangan luas lengkap dengan furnitur kuno yang masih tersusun rapi. Pada ruangan inilah Tjong a Fie biasa menadakan jamuan makan dengan orang-orang penting.

Harga Tiket Masuk Tjong a Fie Mansion

Harga yang dibayar untuk bisa mengetahui sejarah luar biasa di kota Medan ini tidak mahal. Untuk bisa menikmati Tjong a Fie mansion, berikut ini tarif harganya:

Retribusi Tarif
Umum Rp35.000,00
Pelajar Rp20.000,00

Rute Menuju Lokasi Tjong a Fie Mansion

lokasi Tjong A Fie Mansion

Tjong a Fie mansion terletak di Jl. Jend Ahmad Yani No. 105, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan.

Jika Anda berangkat via udara, setelah mendarat di Bandara Kuala Namu, Anda bisa rental mobil Bandara Kualanamu murah, lalu berkendara via Jl. Tol Medan, masuk ke Jl. Tol Belmera, menuju Patumbak, masuk ke Jl. Sisingamangaraja, lalu Jl. Masjid Raya, Jl. Brigjen Katamso, Jl. Jend. Ahmad Yani, dan langsung ke rumah Tjong a Fie.

Jika Anda wisatawan lokal yang berkendara dari pusat kota, Anda bisa menuju Jl. Guru Patimpus, lalu Jl. Gatot Subroto, Jl. Kaptem Maulana Lubis, masuk ke Jl. Imam Bonjol, kemudian Jl. Palang Merah, Jl. Jend. Ahmad Yani, dan langsung menuju rumah Tjong a Fie.

Daya Tarik Tjong a Fie Mansion

Berikut ini hal yang membuat mansion megah tersebut menarik minat pengunjung penggiat sejarah:

Mengagumi Arsitektur

pemilik Tjong A Fie Mansion

Bahkan meski Anda awam dalam hal arsitektur, Anda akan kagum oleh rancangan bangunan ini. Mansion ini melambangkan kekayaan budaya masyarakat Medan yang sudah jelas terlihat dari tahun 1800-an.

Gaya arsitekturnya sendiri tidak melulu khas Cina. Ada sentuhan Melayu dan Eropa juga di sana-sini. Bayangkan sendiri seunik apa mansion megah ini dengan tiga gaya arsitektur sekaligus. Wajar jika bangunan ini kemudian jadi salah satu ikon kota Medan.

Belajar Sejarah

dapur Tjong A Fie Mansion

Tentu saja, mengunjungi rumah ini tidak akan lengkap kalau tidak belajar sejarah sekalian. Di sini, ada banyak bukti-bukti sejarah yang bisa Anda saksikan. Pemandu wisata akan menjelaskan kepada Anda tentang cerita di balik foto-foto Tjong a Fie, berikut peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bangungan ini.

Hunting Foto

spot foto Tjong A Fie Mansion

Setiap sudut dari mansion besar bisa menjadi objek foto yang bagus. Anda juga bisa mengabadikan bagian dinding-dinding mansion-nya yang penuh dengan foto. Jangan lupa untuk foto di bagian gerbangnya yang lengkap dengan atap kecil.

Mansion ini sebetulnya terdiri dari tiga kompleks: halaman belakang di sebelah utara, rumah utama, dan pintu masuk di area timur. Semua kompleks ini bisa jadi latar belakang foto yang bagus dan Instagramable.

Fasilitas Tjong a Fie Mansion

fasilitas Tjong A Fie Mansion

Tidak seperti tempat wisata Medan hits lainnya, fasilitas Tjong a File mansion memang tidak begitu banyak. Meskipun begtu, semua yang tersedia cukup untuk membuat pengunjung nyaman.

Lahan parkir yang luas, contohnya. Kalau Anda membawa kendaraan sendiri, atau kalau Anda menggunakan jasa rental mobil Innova Medan plus sopir, Anda bisa memanfaatkan tempat parkir yang ada.

Selain itu, ada juga berbagai tempat makan yang berjajar. Itu berarti, Anda bisa sekalian menikmati wisata kuliner Medan yang terkenal selagi berada di ibukota Sumatera Utara ini.

Warung-warung makan ini dikelola oleh penduduk sekitar dan menunya bisa dicicipi dengan harga terjangkau.

Anda juga bisa menikmati semilir angin dan pemandangan sekitar di gazebo. Ada beberapa gazebo yang ada di sana untuk tempat wisatawan melepas lelah. Bisa sambil menikmati minuman segar yang dijual di warung.

Toilet umum pun tersedia. Salah satu fasilitas penting ini dibangun sehingga Anda dan wisatawan lainnya tidak perlu mencari toilet di luar. Kemalaman? Tenang, ada hotel dan penginapan di sekitar area rumah Tjong a Fie yang bisa dipilih sesuai budget.

Jam Operasional Tjong a Fie Mansion

Tjong a Fie Mansion buka dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Kalau Anda ingin mengunjungi tempat ini saat belum banyak wisatawan lain, disarankan untuk datang pagi, begitu mansion-nya buka. Datang di sore hari juga disarankan, karena udara sudah lebih sejuk dan matahari tidak terik lagi.

Berkunjung ke Tjong a Fie Mansion akan lebih mudah dengan Salsa Wisata. Mengapa? Karena Salsa Wisata adalah salah satu agen perjalanan terpercaya yang punya banyak paket wisata lengkap.

Bersama Salsa Wisata, Anda bisa memaksimalkan pengalaman liburan Anda. Semua tersedia lengkap sesuai budget Anda.



By Categories: Destinasi, Medan

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)