Ada banyak sisi menarik dari kota Medan. Kota terbesar ketiga di Indonesia dan terbesar di Sumatera. Pertama, wisata kuliner Medan yang enak dan nendang.

Lalu, sebagai gerbang barat pariwisata di Indonesia, Medan juga memiliki pesona wisata yang tak kalah menawan untuk kamu jelajahi. Selain itu, keragaman budaya di Medan juga sangat khas.

Dari berbagai fakta menarik di atas, ada satu hal yang pas untuk dibahas, yaitu wisata kuliner Medan.

Bagi yang baru pertama kali liburan ke Medan pasti bakalan bingung. Nah, biar kamu nggak bingung, berikut daftar tempat wisata kuliner Medan. Dari yang sedang hits saat ini maupun yang sudah legend.

Di beberapa rekomendasi tempat ini, kamu juga bisa cicipi makanan khas Medan yang nggak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke sini.

Dafta Tempat Wisata Kuliner Medan Populer

Kuliner Malam di Merdeka Walk

Merdeka Walk

Selain sebagai tempat kuliner terbesar di Medan, Merdeka Walk mudah dijangkau. Karena lokasinya persis di depan Hotel Grand Aston.

Merdeka Walk disebut sebagai pusat wisata kuliner Medan hits karena banyaknya pedagang makanan di sini, 30 outlet. Jadi, di sini tempat yang pas untuk kamu berburu makanan apa saja. Makanan yang lagi kekinian juga ada loh.

Contoh: soto, lontong sayur, sushi, steak, bahkan aneka jajanan juga ada. Karena ada banyak pilihan makanan, harga makanan di sini bervariasi antara Rp5.000-Rp100.000.

Selain sebagai pusat kuliner malam Medan, Merdeka Walk juga kerap menjadi tempat nongkrong seru para anak muda. Misalnya lomba nari atau dance, nonton bareng bola, dan lomba band.

Jam Buka 24 Jam
Alamat Jl. Balai Kota, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20231

Kedai Durian Ucok

Durian Ucok

Kedua, Kedai Durian Ucok. Tujuan pertama untuk mendapatkan durian Medan.

Bahkan, kalau belum ke sini, kamu belum boleh mengaku pernah ke Medan.

Jadi, durian Medan itu kan terkenal banget karena daging buahnya yang tebal dan manis. Selain, legend kedai ini juga populer banget akan cita rasa duriannya.

Selain itu, kalau rasa duriannya nggak sesuai, misal nggak enak, bisa kamu tukar.

Dulu, kedai milik Zainal Abidin ini berlokasi di Jalan Iskandar Muda, saat ini sudah pindah ke Jalan Wahid Hasyim. Namun, kedai ini enggak punya cabang.

Sementara itu, Kedai Durian Ucok bisa menghabiskan 6.000 buah setiap hari. Uniknya, stok duriannya nggak pernah habis karena pengambilan durian yang dari berbagai daerah di Sumatera.

Harga duriannya mulai dari Rp85.000 sampai Rp110.000 untuk durian kupas, sedangkan durian berbentuk buah menyesuaikan dengan ukuran buahnya. Kamu juga bisa order via web, bisa kirim luar pulau juga loh.

Alamat Jl. K.H. Wahid Hasyim No.68, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20152
Nomor Telepon +6282134409106
Jam Buka 08.00 WIB-00.00 WIB

Sate Memeng H. Muhammad Saimin

Sate Memeng

Selanjutnya, ada sate Memeng.

Buat milenial muda, sate Memeng memang kurang menarik. Toh sama-sama memberikan varian daging kemudian disate.

Namun, bagi yang sudah berusia lanjut atau kelahiran 1990 ke bawah, pasti tahu betapa enaknya Sate Memeng. Sate paling enak di Medan, juga legendaris. Harganya ramah kantong, yaitu Rp20.000 saja satu porsinya.

Karena saat ini warungnya sendiri sudah dikelola oleh generasi ketiga. Menurut cerita, pertama buka pada tahun 1945. Ternyata, usianya sama seperti usia Indonesia merdeka.

Sate Memeng juga terbuat dari potongan daging sapi atau ayam. Kemudian ditusuk dan disiram kuah kacang atau kuah khas sate Padang.

Selain, daging ayam dan sapi, kamu juga bisa memilih ingin sate hati, usus, atau campur. Di sisi lain, bumbunya juga tersedia tiga varian: bumbu kacang, bumbu kecap, dan bumbu sate Padang.

Enaknya dari sate ini, potongan dagingnya besar, tebal, juga bumbunya meresap ke dalam sampai serat dagingnya. Maknyus banget.

Alamat Jl. Irian Barat No.2, Gg. Buntu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20136
Jam Buka Jl. Irian Barat No.2, Gg. Buntu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20136

Lontong Sayur Kak Lin

Lontong Sayur

Kemudian, buat kamu yang pengin variasi saat sarapan cobain dulu Lontong Kak Lin.

Tempat jualannya nyaman karena berada di ruko, bukan warung tenda. Selain itu, terdapat beberapa sajian. Pertama dan paling favorit adalah lontong pecal.

Sementara dilihat dari tampilannya, lontong ini mirip pecel atau gado-gado yang berpadu dengan kuah kental yang gurih.

Rasanya enak, gurih, juga pedas. Agar makin mantap kamu padukan dengan sate kerang.

Misal kamu kurang suka, kamu juga bisa memilih lontong sayur biasa, lupis, atau nasi gurih. Untuk kisaran harganya bersahabat banget, yakni antara Rp10.000-Rp20.000 saja.

Alamat Jl. Teuku Cik Ditiro No.8m, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151
Jam Buka Senin-Jumat 07.00 WIB – 16.00 WIB

Sabtu 07.00 WIB – 14.00 WIB

Minggu 07.00 WIB – 12.00 WIB

Soto Udang Kesawan ‘Enak Tenan’

Soto Udang

Jika umumnya kamu menyantap soto dengan daging sapi atau ayam, di sini kamu akan menemukan sajian yang berbeda dan unik, yaitu soto dengan daging udang.

Meski menu ini andalan, tetapi kamu juga bisa membeli soto daging ayam atau kombinasi keduanya. Jadi, jangan khawatir jika kamu alergi udang.

Kemudian, gimana rasanya? Gurih dan pastinya enak disantap selagi hangat. Meski kuahnya sedikit pucat, tapi enggak mengurangi rasa nikmatnya. Selain itu, rasa daging udangnya enggak amis.

Agar makan lebih nikmat lagi santap bersama sambalnya yang nendang pedasnya karena terbuat dari cabe rawit. Bisa juga dengan perkedel dan peyek.

Jangan khawatirin harga, ya, karena harganya itu enggak bikin kantong jebol, cuma Rp25.000-Rp30.000.

Alamat JL. Ahmad Yani, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20231
Nomor Telepon 0614514518
Jam Buka Senin-Sabtu 08.00 WIB – 14.00 WIB

Mie Sop Methodist H. Siran

Mie Sop

Selanjutnya, ada Mie Sop Methodist.

Pertama kali buka pada tahun 1970-an di dekat Sekolah Methodist. Kemudian pindah ke Jalan Hang Tuah. Karena cita rasanya yang enak, banyak pelanggan yang mencari dan mendatangi tempat jualannya yang baru.

Karena memang dikenal sebagai penjual mie sop di Methodist akhirnya sampai sekarang kuliner ini dikenal dengan nama tersebut, Mie Sop Methodist.

Sementara untuk satu porsi diberi harga Rp30.000 dan disajikan dengan kuah hangat. Rasanya segar, rempahnya juga enggak begitu kuat. Namun, rasanya ini pas, gurih.

Sajiannya ada bihun, macam-macam jeroan sapi yang empuk, dan bakso kemudian diguyur kuah kaldu sapi yang keruh.

Karena ada banyak macam jeroan, yang paling menonjol dari makanan ini adalah dagingnya banyak.

Alamat Jl. Hang Tuah No.17, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151
Nomor Telepon
Jam Buka Senin-Sabtu 10.00 WIB – 17.00 WIB

Kedai Kopi Apek

Kedai Kopi Apek

Lebih lanjut ada salah satu kedai kopi tertua di Medan, Kedai Kopi Apek. Pertama kali beroperasi pada tahun 1923. Agar enak, kamu bisa mengunjunginya setelah puas jalan-jalan dengan paket wisata kota Medan. Karena di sini emang pas banget buat bersantai dan ngobrol.

Kedainya memiliki suasana yang bersahabat jadi terasa sekali familiarity-nya. Karena suasananya ini, membuat kedai ini laris manis dan semua kursinya pasti penuh setiap hari. Yang datang juga kebanyakan pelanggan setia.

Meski begitu, kamu enggak bisa melewatkan keberadaannya. Sementara menunya ada kopitiam tua dan KoSuDi atau kopi susu dingin. Secangkir kopinya dibanderol dengan harga Rp20.000-Rp30.000.

Ada juga beberapa makanan ringan untuk menemani. Namun, kamu juga boleh pesan makanan dari luar kedai loh.

Alamat Jl. Hindu No.37, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20231
Nomor Telepon
Jam Buka 24 jam

Murni Martabak Piring

Murni Martabak Piring

Biasanya, kamu menyantap martabak itu empuk. Maka di sini kamu disajikan martabak yang berbeda. Martabaknya mini, memiliki tekstur garing, tipis, dan kering sehingga agak crispy, sedangkan isinya juga simpel, hanya meses, kacang, keju, dan mentega.

Yang unik adalah cara masaknya, masih menggunakan tungku arang. Sedangkan, cetakannya menggunakan piring berdiameter satu jengkal.

Langkah pertama memasaknya, tuang adonan, encer atau pekat. Setelahnya baru ditambahkan toping sesuai pesanan.

Harga martabak ini murah meriah, loh, yaitu Rp3.500-Rp6.000.

Alamat Jl. Tjong Yong Hian, Ps. Baru, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20159
Nomor Telepon
Jam Buka 18.00 WIB – 23.30 WIB

Rujak Kolam Takana Juo

Rujak Kolam Takana Juo

Ternyata, Medan juga memiliki rujak, loh.

Namanya Rujak Kolam Takano Juo, rujak khas Medan Minang yang memiliki rasa unik juga pedas.

Karena lokasinya berada di dekat kolam yang ada di Taman Sri Deli. Maka dinamakan rujak kolam. Sedangkan Takano Juo karena pemiliknya berasal dari Sumatera Barat.

Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menemukannya.

Di sisi lain, keotentikan bumbunya menjadi keunikan bagi rujak ini. Pertama, ada kacang giling dengan campuran pisang batu dan terasi yang menjadi bumbu utama. Pisangnya sendiri nggak tergilas halus sehingga ada kesan sepat dan manis. Sedangkan terasinya akan menambah rasa gurih dan lebih beraroma.

Untuk bumbu tambahan lainnya sama seperti bumbu rujak lainnya, hanya saja kacang tergilas kasar. Di sisi lain, kamu juga bisa pesan bumbunya dipisah bila suka sensasi rujak cocol.

Satu porsi rujaknya dibanderol dengan harga Rp20.000.

Alamat 10.00 WIB – 23.00 WIB kecuali Jumat, karena Jumat tutup.
Nomor Telepon
Jam Buka 18.00 WIB – 23.30 WIB

Kesawan Square

Kuliner Kesawan Square

Tenang, masih ada beberapa lagi rekomendasinya, kok. Jadi, kamu bisa puas-puasin untuk wisata kuliner di Medan.

Selanjutnya ada Kesawan Square, yaitu kawasan kuliner Medan yang memiliki beraneka jajanan siap memanjakan lidahmu.

Namun, yang perlu kamu garisbawahi, makanan di sini ada yang halal dan nonhalal. Membedakan makanannya juga enggak sulit kok karena ada atributnya. Yang halal memiliki atribut berwarna biru, sedangkan nonhalal berwarna merah.

Uniknya lagi, di sini kamu bukan hanya menikmati enaknya makanan saja tetapi juga akan terbawa suasana untuk mengenang masa dulu karena berjejernya bangunan tua peninggalan masa penjajahan.

Selain itu, harganya sangat murah, ya. Di sini, kamu bisa kenyang hanya dengan uang pas-pasan, yaitu sekitar Rp3.500 sampai Rp25.000 harga makanan-makanannya.

Alamat JL.Ahmad Yani , Aur, Medan Kota, 20151 Medan , Sumatera Utara, Kesawan, West Medan, Medan City, North Sumatra 20151
Nomor Telepon
Jam Buka 24 jam

Teh Susu Telur (TST) Pak Haji

Teh Susu Telur Pak Haji

Jika biasanya ngopi, ini beda nih, yaitu Teh Susu Telur atau TST Pak Haji.

Cocok diminum saat malam hari. Tempatnya luas, jadi bisa kumpul-kumpul juga bareng dengan teman, keluarga, atau lainnya.

Selain bisa menghangatkan tenggorokan dan mengenyangkan, minuman ini memiliki khasiat, meningkatkan stamina. Kamu juga bisa memilih, ingin menggunakan telur bebek atau ayam.

Agar staminamu pulih setelah seharian berkeliling dengan rental mobil alphard Medan, kamu bisa meminum TST Pak Haji. Setelah meminumnya, rasakan badan jadi bugar dan siap untuk menjelajahi kota Medan.

Untuk satu gelas TST seharga Rp12.000 sedangkan apabila ingin menambah telurnya, telur satu seharga Rp2.000. Jadi, kalau beli TST dua telur harganya Rp14.000 sedangkan tiga telur harganya Rp16.000.

Alamat Jl. Puri, Kota Matsum IV, Kec. Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara 20211
Nomor Telepon
Jam Buka 17.00 WIB – 00.00 WIB

Wajir Seafood

Wajir Seafood

Selanjutnya, kuliner bagi pecinta seafood. Karena tempat kuliner seafood di Medan ini bisa memuaskan kecintaan akan makanan laut.

Untuk konsepnya sendiri outdoor jadi kamu bisa sekalian menikmati ramainya kota Medan.

Sementara dari sisi menu, ada kepiting lunak dan cumi telur asin yang menjadi menu paling favorit. Namun, ada banyak olahan enak lainnya juga kok kamu bisa pilih makanan kesukaanmu. Untuk harganya, dari makanan sampai minuman berkisar antara Rp2.500-Rp50.000.

Alamat Jl. Kol. Sugiono No.31, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20212
Nomor Telepon 0614573785
Jam Buka 16.00 WIB – 22.00 WIB, kecuali hari Minggu, karena hari Minggu buka dari pukul 11.00 sampai 22.00

Es Pokat Kocok Simpang Glugur Buk Iyah

Es Pokat Kocok

Pertama kali yang terpikirkan ketika cuaca sedang panas adalah makan atau minum yang dingin-dingin, iya, kan?

Nah rekomendasi kali ini ada Es Pokat Kocok Simpang Glugur yang memberikan sensasi adem, segar, manis, dan nagihin.

Dengan uang Rp12.000 kamu sudah bisa mendapatkan Es Pokat-nya. Meski begitu, ada menu lainnya juga, contohnya es campur seharga Rp8.000.

Alamat Jl. Kol. Yos Sudarso No.21 K, Glugur Kota, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20115
Nomor Telepon +6282364384488
Jam Buka 11.00 WIB – 22.00 WIB

Ci Cong Fan O’on

Ci Cong Fan O’on

Selanjutnya, makanan tradisional Medan yang berupa mie dikemas layaknya kwetiau.

Namun, makanan ini campuran alias ada isian daging sapi dan daging babi. Selain itu, ada juga isian sayur dan mie.

Agar enak, kamu bisa bertanya dulu kepada penjualnya apakah bisa memisahkan yang halal dan nonhalal. Karena sebenarnya ini adalah kuliner China dan makanan ini merupakan street food paling laris di Medan.

Itulah mengapa Ci Cong Fan O’on jarang tersedia di restoran. Karena ini adalah street food murah meriah per buahnya, yaitu Rp4.000. Ya sekitar Rp20.000 per mika atau box makan.

Alamat Jl. Asia.kompleks asia mega mas.block N.depan J&T ekspres., Sukaramai II, Kec. Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara 20224
Nomor Telepon +6281361631818
Jam Buka 14.00 WIB – 22.00 WIB

Teri Bajak Medan

Teri Bajak Medan

Terakhir ada tempat untuk berburu oleh-oleh khas Medan, yaitu Teri Bajak Medan.

Pada umumnya, sambal cocok untuk menemani santap siang. Namun, Teri Bajak Medan ini juga bisa menjadi camilan.

Rasanya gurih, manis, juga pedasnya nendang pol! Teksturnya sendiri renyah karena melalui proses goreng garing terlebih dahulu.

Selain bisa beli untuk menemani makan, kamu juga bisa membelinya untuk oleh-oleh. Apalagi, Teri Bajak ini tahan lama juga loh.

Harganya tergantung ukuran, yaitu 150 gram seharga Rp40.000.

Alamat Teri Bajak, Gg. Sejahtera Jl. Sisingamangaraja No.50B, Harjosari II, Kec. Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara 20147
Nomor Telepon +628116155866
Jam Buka 08.30 WIB – 17.00 WIB

Setelah puas berkeliling tempat wisata Medan hits, kamu memang wajib banget icip-icip kulinernya.

Di sisi lain, mengunjungi Medan itu nggak sulit. Sementara itu, aksesnya gampang, banyak wisata alam Medan yang menarik. Juga, banyak tempat bisa dikunjungi.

Bahkan, fasilitasnya lengkap. Mau rental bus pariwisata Medan juga bisa.

Namun, pastinya, kamu harus mengunjungi 15 daftar tempat wisata kuliner Medan di atas, ya.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)