Umbul Sidomukti, sumber mata air di bukit ungaran ini disulap menjadi destinasi wisata yang pas untuk keluarga dan rombongan. Panorama daerah pegunungan dengan udara sejuk jadi modal utama wisata Umbul Sidomukti sangat diminati.

Tidak hanya kolam pemandian, Umbul Sidomukti juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung liburan Anda. Penasaran bagaimana indah dan serunya berlibur di Umbul Sidomukti, simak pembahasan nya berikut ini.

Tentang Umbul Sidomukti

Wisata Umbul Sidomukti awalnya sekedar sumber mata air di kaki gunung Ungaran. Namun di tahun 2007 tempat ini dibuat sedemikian rupa untuk menjadi sebuah kawasan wisata.

Terletak di ketinggian 1.200 mdpl, pemandangan dari lokasi ini akan terlihat sangat epik. Selaras dengan tagline nya The Unforgettable Adventure Place, Umbul Sidomukti merupakan kawasan wisata yang lengkap.

Lahan seluas 32 hektar dikembangkan menjadi one stop recreation yang menakjubkan. Pengunjung bisa menikmati Umbul Sidomukti dengan berbagai cara saking lengkapnya fasilitas di tempat ini.

Daya Tarik Umbul Sidomukti

Terdapat banyak sekali wahana yang bisa membuat liburan Anda ke Umbul Sidomukti sangat berkesan. Mulai dari wisata alam, bersantai menikmati pemandangan, hingga berpetualang memacu adrenalin bisa Anda lakukan.

Berikut ini beberapa wahana yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Wisata Umbul Sidomukti.

Kolam Renang Alam

Wahana ini merupakan wahana utama dari Umbul Sidomukti. Kolam renang ini menawarkan pemandangan indah dan air yang segar karena berasal langsung dari sumber mata air.

Wahana ini terdiri dari 3 kolam bertingkat dengan bentuk unik yang bisa dicoba oleh pengunjung. Kolam paling luas memiliki kedalaman sekitar 1.5 meter dan dibuat khusus untuk orang dewasa.

Sedangkan di tingkatan paling bawah dibuat sedalam 30 cm saja agar bisa dinikmati anak-anak. Kolam Renang Alam ini akan memberikan sensasi berenang di resort mahal dengan pemandangan yang mempesona terutama saat kabut menyelimuti.

Area Outbound

Selain Kolam Renang Alam, wahana unggulan dari Umbul Sidomukti adalah area Outbound. Di area ini terdapat banyak sekali permainan yang akan memacu adrenalin Anda.

Permainan seperti Flying Fox, Jembatan gantung Highest Triangle dan Marina bridge, serta Paralayang akan menguji nyali Anda. Selain itu permainan outbound berkelompok juga bisa Anda mainkan di area ini.

Area Outbound juga menyediakan penyewaan ATV untuk Anda berkeliling sambil berkendara. Kawasan ini juga sering dijadikan spot camping karena udara yang sejuk dan lahan yang luas dengan pemandangan perkebunan hijau.

Little Ranch

Little Ranch ini merupakan area perkebunan hijau yang ada di sekitar kawasan Umbul Sidomukti dan buka saat weekend. Pengunjung bisa menikmati udara segar perkebunan dan pemandangan yang indah sambil melihat para petani yang bekerja.

Jika tidak ingin lelah berjalan kaki, wisatawan bisa menyewa kuda untuk berkeliling dan dipandu oleh guide Umbul Sidomukti. Apapun pilihannya suasana hijau perkebunan akan menyegarkan pikiran dan hilangkan semua penat rutinitas Anda.

Goa Tirta Mulya

Menjadi wahana baru di Umbul Sidomukti tidak membuat Goa Tirta Mulya sepi pengunjung. Justru wahana ini menjadi salah satu yang selalu diincar wisatawan yang datang.

Anda akan dibawa masuk melewati goa sepanjang 135 meter dan menembus langsung menuju pemandangan indah kaki gunung Ungaran. Saking indahnya pemandangan dari ujung goa Tirta Mulya, banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini lokasi foto prewedding mereka.

Panahan dan Downhill

Umbul Sidomukti juga memiliki spot panahan yang bisa dicoba wisatawan yang datang. Dengan aktivitas ini selain menyehatkan, ketangkasan dan konsentrasi Anda akan terlatih dengan baik.

Anda yang memiliki hobi bersepeda juga bisa berpetualang bebas di lintasan downhill kaki gunung Ungaran yang disediakan. Suasana sejuk sangat pas untuk berbagai kegiatan yang menyehatkan. Jika Anda dan keluarga ingin mengunjungi tempat wisata ini, Salsa Wisata sudah menyediakan paket tour semarang murah lengkap dengan penginapannya.

Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti

Untuk masuk kawasan Umbul Sidomukti, biaya yang harus dikeluarkan sangat murah. Harga sewa dari wahana yang ada juga terjangkau, berikut ini rincian harga untuk bisa menikmati Umbul Sidomukti.

Kunjungan Harga Tiket
Weekday Rp5.000,00
Weekend Rp10.000,00

Harga yang tercantum di atas sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pengelola. Selain itu masih ada beberapa fasilitas lain yang belum tercantum, jadi siapkan uang lebih untuk berjaga-jaga.

Lihat tempat wisata semarang lainnya: Candi Gedong Songo.

Fasilitas di Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti Semarang

Umbul Sidomukti juga menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan Anda berwisata disini. Fasilitas seperti toilet, tempat ibadah, dan parkir sudah pasti ada, berikut ini beberapa fasilitas lain yang juga tersedia di kawasan Umbul Sidomukti.

Pondok Kopi

Sesuai namanya, fasilitas ini menyediakan berbagai menu kopi ala cafe bagi para pengunjung. Tempatnya yang estetik ditambah pemandangan indah selalu dipilih oleh wisatawan untuk sekedar bersantai sambil bercengkrama bersama teman.

Tempat ini semakin ramai saat sore hari, udara dingin sunset Ungaran ditambah hangatnya kopi jadi hal yang nikmat untuk menjemput malam. Harga menu yang ada pun sangat terjangkau berkisar antara Rp5.000,00 sampai Rp30.000,00 saja.

Pondok Lesehan

Selain kafe disini juga terdapat sejumlah restoran, salah satunya adalah Pondok Lesehan. Menu unggulan berbagai jenis olahan ikan dijual di restoran ini, mulai dari tradisional, bakaran, dan Chinese.

Tempatnya pun berbentuk saung dan sangat nyaman dengan konsep lesehan menikmati pemandangan. Pondok Lesehan sering menjadi tempat pelaksanaan acara kumpul-kumpul arisan, anniversary, reuni, dan lainnya.

Wedding dan Gathering Hall

Fasilitas lain yang tidak kalah menarik adalah fasilitas paket pernikahan dan gathering. Ruangan dan hotel dengan pemandangan Indah menjadi nilai lebih yang ditawarkan Umbul Sidomukti.

Untuk paket pernikahan dengan biaya Rp35.000.000,00 Anda sudah mendapatkan catering 100 orang, dekorasi pernikahan, dan 2 kamar gratis. Sedangkan untuk acara gathering atau meeting cukup dengan Rp390.000,00 per orang Anda sudah bisa menginap 2 hari satu malam dan kamar untuk 4 sampai 8 orang.

Penginapan di Umbul Sidomukti Semarang

Penginapan di Umbul Sidomukti Semarang

Dengan fasilitas nya yang lengkap tersebut kurang rasanya jika pengunjung tidak bisa menginap dan menikmati waktu lebih lama disini. Karena itu pengelola menyediakan beberapa tempat penginapan yang bisa dinikmati oleh pengunjung berikut diantaranya.

Pondok Wisata

Tempat penginapan ini berkonsep cottage dengan beberapa tipe ruangan seperti standard, superior, deluxe, dan family Room. Tiap tipe memiliki keunikan bentuk dan keunggulannya masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Selain pemandangan yang indah dari setiap kamar, di Pondok Wisata ini Anda sudah bisa mendapatkan layanan dan fasilitas kamar yang lengkap. Untuk Anda yang datang bersama rombongan besar sangat dianjurkan memilih kamar tipe Family room karena kapasitas yang lebih banyak.

Pondok Panorama

Memiliki Konsep Villa sebagai penginapan, menjadikan Pondok Panorama salah satu tempat menginap terbaik di Umbul Sidomukti. Terdapat 4 tipe villa yang semua menawarkan pemandangan Indah Sunrise Umbul Sidomukti yakni tipe small, medium, panggung, dan villa cemara.

TIap Villa Memiliki bentuk yang berbeda untuk villa tipe small dan medium terlihat seperti rumah pada umumnya dengan kapasitas 4 orang. Sedangkan Villa tipe panggung dan cemara memiliki bentuk yang unik dan sangat pas untuk pasangan atau keluarga.

Camping Ground

Jika ingin merasakan sensasi berbeda menginap di Umbul sidomukti, bisa coba menginap di area camping ground. Hawa dingin malam ditambah api unggun saat camping akan jadi pengalaman tak terlupakan di Umbul Sidomukti.

Jika Anda tidak memiliki peralatan untuk camping tenang saja karena disini tersedia tempat penyewaan alat camping. Anda juga bisa memilih camping mewah di tenda panggung atau camping biasa di tanah, semua bisa jadi hal yang seru menikmati Umbul Sidomukti.

Lokasi Rute Menuju Umbul Sidomukti

Lokasi Umbul Sidomukti berada di Jalan Umbul Sidomukti Desa Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang. Tempatnya dekat dengan Candi Gedong Songo dan jalur pendakian Gunung Ungaran.

Cara termudah menuju Umbul Sidomukti tentu menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil. Anda bisa menuju Semarang Solo Yogya sampai menemukan SPBU Lemah Abang kemudian belok menuju Bandungan.

Sampai di pertigaan Pasar Jimbaran Anda bisa langsung menuju desa Sidomukti dan sudah berada di jalur yang tepat. Jika tidak ingin bingung gunakan saja petunjuk arah dari Google Maps yang menuju langsung lokasi Umbul Sidomukti.

Jam Operasional Umbul Sidomukti

Anda yang ingin mengunjungi Umbul Sidomukti bisa datang mulai dari Jam 08.00 WIB sampai jam 24.00 WIB. Datang hari apapun tidak masalah karena Umbul Sidomukti buka setiap hari meskipun hari libur.

Jadi rencanakan dari sekarang rencana liburan Anda baik itu ke Umbul Sidomukti atau tempat wisata Semarang lainnya. Dengan perencanaan yang tepat liburan Anda bisa lebih hemat dan menyenangkan, apalagi menggunakan Paket Wisata dari Salsa Wisata.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

4.9/5 - (11 votes)