SalSari Resto & Coffee

Gunung Burangrang memang menjadi destinasi menarik untuk wisata. Namun, selain itu Jawa Barat juga memiliki Urban Farming Purwakarta sebagai pilihan rekreasi keluarga yang edukatif.

Objek wisata Urban farming menyajikan keseruan wisata keluarga di alam terbuka dengan spot foto instagramable. Tempat ini sangat cocok untuk mengisi waktu akhir pekan atau liburan.

Pengunjung akan mendapatkan wawasan yang baru tentang budidaya tanaman dan hewan ternak. Dengan begitu, wisatawan akan lebih peduli terhadap lingkungan.

Tempat ini memang begitu cantik dan memanjakan mata. Bagi Anda yang masih penasaran seperti apa keindahan salah satu tempat wisata hits di Purwakarta maka bisa menyimak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Urban Farming Purwakarta

Urban Farming Center

Urban Farming Purwakarta adalah destinasi wisata sekaligus edukasi untuk masyarakat perkotaan untuk mencintai bercocok tanam. Kawasan wisata hits ini merupakan tempat rekreasi sekaligus pusat pelatihan pertanian perkotaan.

Sebuah produsen benih hortikultura yaitu PT East West Seed Indonesia (Ewindo) merupakan pendiri dari tempat ini. Tujuannya adalah sebagai pusat informasi, edukasi dan pelatihan teknis pertanian perkotaan.

Kawasan ini berdiri di atas lahan seluas 6.500 meter persegi dan memiliki berbagai sarana dan prasarana untuk menunjang aktivitas teknis maupun non-teknis.

Tidak sedikit pengunjung yang datang ke sini mempunyai tujuan untuk memperdalam pengetahuan mengenai lingkungan. Anda juga akan mendapat perbekalan mengenai cara bertani atau berkebun dengan konsep yang benar.

Rute Menuju Urban Farming Purwakarta

urban farming purwakarta

Urban Farming Purwakarta Jalan Pertanian, Benteng, Cempaka, Purwakarta, Jawa Barat. Rute menuju lokasi terbilang mudah Anda jangkau menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil.

Meski berada di lingkungan pedesaan, namun akses jalan menuju lokasi cukup mudah. Jika Anda berangkat dari Purwakarta, maka Anda akan menempuh jarak sekitar 10.5 kilometer atau sekitar 30 menit perjalanan.

Rute yang bisa Anda pilih adalah melalui Jalan Ganda Negara lalu ke Jalan Ipik Gandamanah dan kemudian menuju ke Jalan Cempaka. Setelah itu, Anda akan memasuki kawasan Benteng dan tujuan Anda sudah dekat.

Rekomendasi terbaik bagi Anda yang ingin datang ke sini adalah menggunakan layanan rental mobil Avanza dari Salsa Wisata. Perjalanan Anda akan lebih aman dan nyaman bersama Salsa Wisata.

Harga Tiket Masuk Urban Farming Purwakarta

Bila ingin berwisata ke Urban Farming, Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Pasalnya, harga tiket masuk wisata Urban Farming Purwakarta bisa Anda dapatkan hanya dengan biaya Rp15.000,00 saja per orang.

Harga tersebut sudah termasuk satu jenis benih tanaman untuk nanti ditanam di lahan konservasi yang telah disediakan. Anda pun juga bisa membawa pulang bibit tanaman tersebut ke rumah bila ingin menanamnya sendiri di taman rumah.

Menariknya Anda bebas memilih satu bibit tanaman yang Anda suka. Selain tiket masuk, Anda juga perlu menyiapkan uang untuk parkir dan membeli oleh-oleh. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga di bawah ini.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp15.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00
Parkir motor Rp2.000,00

Semua informasi harga yang tertera di atas tentunya masih dapat berubah-ubah tergantung dari kebijakan pengelola. Oleh karena itu, kami akan terus mengupdate dan memberikan informasi harga terbaru.

Daya Tarik Urban Farming Purwakarta

Urban Farming Purwakarta sangat populer dan menjadi favorit pengunjung yang mencari tempat rekreasi alam. Anda bisa mengikuti pelatihan pembibitan dari bermacam macam varietas hortikultura.

Selain itu, ada banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di tempat ini seperti bersantai, jalan-jalan, berburu momen terbaik hingga menikmati makanan khas Sunda yang enak.

Belajar Bercocok Tanam

Bercocok tanam di Urban Farming Center

Banyak masyarakat perkotaan yang saat ini sedang menyukai kegiatan urban farming. Oleh sebab itu, tempat ini bisa menjadi alternatif Anda untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana bercocok tanam di perkotaan.

Saat berada di sini, Anda akan mendapatkan kebebasan untuk belajar apapun yang Anda inginkan mengenai bercocok tanam. Bahkan ada juga trainer yang akan menemani Anda dan bertugas untuk mendampingi.

Anda juga akan mendapatkan modul terkait teknologi pertanian. Sehingga Anda bisa belajar mengenai bagaimana memanfaatkan lahan yang terbatas untuk bercocok tanam.

Anda juga bisa belajar mengenai beberapa teknik seperti hidroponik, vertikultur, dutch bucket dan lain sebagainya. Selain itu, ada berbagai macam kegiatan yang bisa Anda ikuti seperti penyemaian benih, pengenalan media tanam hingga pelatihan pembibitan hortikultura.

Rumah Ala Eropa

Rumah Eropa Urban Farming Center

Jika Solo punya The Heritage Palace, maka Purwakarta memiliki kawasan menarik dengan rumah ala Eropa. Wahana ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk berfoto.

Ada banyak spot foto menarik dan instagramable. Anda bisa mengabadikan gambar dengan latar belakang rumah-rumah ala Eropa yang indah.

Spot foto cantik ini tak pernah sepi pengunjung lantaran memiliki latar belakang yang sangat menarik. Rumah petani bergaya Eropa ini juga memiliki beragam warna seperti pink, hijau, kuning, dan biru.

Pemandangan rumah dengan gaya Eropa tersebut lebih cantik dengan keberadaan bunga-bunga dan tanaman yang berada di depannya. Foto Anda pasti akan sangat menarik dan cocok untuk mengisi media sosial.

Berkeliling Kampung Mini

kampung mini Urban Farming Center

Bagi Anda yang suka menjelajah, maka Kampung Mini adalah wahana yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja ketika berkunjung ke sini. Taman wisata ini mempunyai desain menyerupai sebuah pemukiman, tak kalah dari Kampoeng Wisata Cinangneng.

Anda akan menemukan wahana yang menyerupai pemukiman lengkap dengan sawah, peternakan kecil seperti ayam, angsa dan lainnya di lokasi satu. Suasana kampung yang nyaman akan membuat Anda betah berlama-lama.

Anda juga bisa jalan-jalan dan berkeliling area. Suasananya yang sejuk akan membuat Anda tak akan merasa lelah meskipun menyusuri kampung mini ini dalam waktu yang lama.

Di sini, Anda akan menemukan beragam jenis tanaman yang tertata dengan rapi. Makna wahana kampung mini ini adalah untuk menginspirasi masyarakat perkotaan agar dapat menata tanaman di lahan sempit yang mereka miliki.

Mini Zoo

mini zoo Urban Farming Center

Jika Anda ingin pergi ke Taman Safari Bogor namun belum sempat, maka mini zoo di kawasan ini bisa sedikit mengobati rasa penasaran Anda akan kebun binatang terkenal itu.

Terlebih bagi Anda yang membawa anak kecil. Anda dapat mengenalkan hewan ternak kepada anak-anak.

Hewan-hewan tersebut berkeliaran bebas di tempat ini. Wahana ini juga menjadi sarana edukasi yang tepat dan menyenangkan untuk buah hati Anda.

Fasilitas Urban Farming Purwakarta

Fasilitas Urban Farming

Urban Farming Purwakarta akan memanjakan Anda dengan fasilitas yang lengkap. Tempat wisata ini telah menjadi salah satu destinasi unggulan di Purwakarta sehingga pembenahan fasilitas terus dilakukan guna menunjang kenyamanan dari wisatawan.

Anda akan mendapatkan area parkir yang cukup luas ketika tiba di kawasan wisata ini. Selain itu, fasilitas kantin juga menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ini.

Anda bisa memilih berbagai menu mulai dari makanan khas hingga santapan lain sesuai dengan selera, jadi Anda bisa menikmati kelezatan wisata kuliner Purwakarta yang lezat. Di kantin tersebut Anda dapat menikmati berbagai kuliner lezat yang akan mengenyangkan perut.

Banyak wisatawan yang menyempatkan untuk membeli oleh-oleh khas Jawa Barat sebelum meninggalkan tempat wisata ini. Ada banyak makanan dan souvenir yang bisa Anda pilih, mulai dari tas, kaos dan juga pernak pernik lain.

Anda juga akan mendapatkan fasilitas berupa mushola sehingga tidak perlu khawatir jika ingin beribadah di tempat ini. Ada juga perlengkapan sholat seperti mukenah dan sajadah untuk Anda yang tidak membawanya dari rumah.

Ada juga toilet yang bersih untuk Anda dan keluarga. Selain itu, tempat ini menyediakan berbagai wahana menarik untuk menghabiskan akhir pekan.

Jam Operasional Urban Farming Purwakarta

Urban Farming Purwakarta buka setiap hari kecuali hari Senin mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Jadi, jangan sampai Anda salah hari ketika berkunjung ke sini.

Ada paket perjalanan menarik yang bisa Anda gunakan untuk jalan-jalan ke Purwakarta dan tempat wisata lainnya di sana, yaitu paket wisata murah dari Salsa Wisata.

Salsa Wisata adalah biro perjalanan profesional yang sudah terpercaya dan sudah malang melintang di berbagai daerah di Indonesia. Dengan pengalaman tersebut, Salsa Wisata akan memberikan layanan terbaik kepada Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (7 votes)